Proposal Rancangan Bisnis Martabak Manis | DediBlog

Proposal Rancangan Bisnis Martabak Manis

3 min read

Proposal Rancangan Bisnis Martabak Manis

dediblog.id –  Pada postingan kali ini saya akan memberikan  contoh Proposal Rancangan Bisnis Martabak Manis  , Semoga saja Proposal Rancangan Bisnis Martabak Manis ini bermanfaat bagi para pembaca semuanya .

Di blog ini ada juga contoh makalahcontoh proposalcontoh surat, yang bisa menjadi bahan bacaan dan referensi dalam mengerjakan tugas sekolah atau tugas kuliah.

Proposal Rancangan Bisnis Martabak Manis

BAB 1
PENDAHULUAN

Latar Belakang

Dalam suatu pemasaran banyak sekali bentuk dan macam-macam aneka ragam makanan dari yang kecil hingga yang besar dan dari yang murah hingga sampai yang mahal. Makanan-makanan yang tersedia dipasaran saat ini memang sudah beragam, tetapi umumnya makanan tersebut bukanlah makanan khas Indonesia, serta harga yang ditawarkan juga kebanyakan terlalu mahal.

Salah satu makanan tradisional yang cukup sederhana, tetapi sangat cocok menjadi makanan konsumsi untuk malam hari, dan sekaligus merupakan makanan yang juga cukup istimewa adalah “Martabak Manis Pelangi”.

Dengan pembuatan Martabak Manis Pelangi yang dilakukan dengan cara yang sangat sederhana, tetapi lebih higienis, sehat dan menarik serta akan dijual dengan harga yang sangat terjangkau, maka tentunya hal ini akan menarik minat masyarakat untuk membelinya.

Keberadaan Martabak Manis Pelangi sebagai salah satu makanan dengan rasa yang enak, nikmat, lezat dan unik karena dengan warna martabak yang bervariasi dan dengan isi yang bervariasi.

Dengan hal tersebut, maka saya ingin membuat usaha makanan, yaitu usaha makanan “Martabak Manis Pelangi” untuk dikembangkan menjadi usaha besar agar masyarakat tidak akan pernah lupa dengan makanan khas Indonesia tersebut.

Tujuan

Tujuan dari pembuatan proposal pendirian usaha ini adalah:

  1. Sebagai syarat untuk memenuhi tugas mata kuliah pengantar bisnis.
  2. Sebagai inisiatif wirausaha sebagai pemilik dalam membuka usaha.
  3. Untuk melatih mahasiswa agar dapat berwirausaha dengan baik.
  4. Untuk menambah pengalaman dan pengetahuan tentang berwirausaha.

Manfaat Pembuatan Proposal

Manfaat dari pembuatan proposal pendirian usaha ini adalah :

  1. Dapat membantu wirausaha untuk mengembangkan usaha, menguji strategi dan hasil yang diharapkan dari sudut pandang pihak lain (investor).
  2. Membantu wirausaha untuk berpikir kritis dan obyektif atas bidang usaha yang akan dijalankan.
  3. Membantu meningkatkan keberhasilan para wirausaha.

BAB 2
PEMBAHASAN

Analisa 4P

  1. Product (Produk)

Produk yang dijual adalah “Martabak Manis Pelangi” yang merupakan makanan selingan sehari-hari.

  • Price (Harga)

Harga perporsi Rp 20.000 karena harga ini sangat terjangkau dan relatif murah.

  • Promotion (Promosi)
  • Promosi penjualan yang bisa dilakukan adalah  penyebaran brosur usaha, promosi dari mulut ke mulut, penekanan pada pendekatan perorangan.
  • Place (Tempat)
  • Rencana lokasi operasional usaha akan ditempatkan di daerah yang memenuhi syarat sebagai berikut :

·    Lokasi berada di pusat keramaian, misalnya di dekat kampus, perkantoran, stasiun kereta api atau pusat perbelanjaan (Mall).

·    Lokasi berada ditengah kawasan penduduk.

  • Lokasi yang saya pilih adalah di daerah Jl. Margonda Raya, dengan pertimbangan sebagai berikut :

·    Lokasi dekat dengan kampus Universitas Indonesia.

·    Lokasi dekat dengan Mall Depok Town Square dan Margo City.

·    Lokasi dekat dengan stasiun kereta api seperti Stasiun Universitas Indonesia dan Stasiun Pondok Cina.

Di lokasi tersebut memungkinkan semua kalangan masyarakat dapat bekunjung.

Target Pelanggan

Target pelanggan Martabak Manis Pelangi yaitu semua kalangan baik tua maupun muda, baik dari tingkat ekonomi menengah ke bawah maupun dari tingkat ekonomi menengah ke atas

Baca Juga

Makalah Analisis SWOT Dalam Startup

Analisa Swot

1. Strenght (Kekuatan)

Kekuatan dari produk ini adalah:

  • Menjual produk untuk semua kalangan masyarakat
  • Terdiri dari beberapa macam bentuk, warna dan rasa
  • Bahan produk yang terjamin, higienis dan sehat
  • Modal untuk memulai usaha kecil
  • Respon masyarakat yang positif terhadap makanan

2. Weakness (Kelemahan)

Kelemahan dari produk ini adalah:

  • Tidak tahan lama
  • Produknya mudah ditiru
  • Opportunity (Peluang)

Peluang dari produk ini adalah:

  • Tempat strategis
  • Harga yang lebih murah
  • Fasilitas yang cukup memadai
  • Threath (Ancaman)

Ancaman dari produk ini adalah:

  • Adanya pesaing yang menjual produk dengan harga yang lebih murah

Aspek Keuangan

Analisis Bisnis

  • Modal Awal

Peralatan:

Gerobak Rp.   1.500.000,00

Tenda Rp       500.000,00

Meja dan kursi Rp       500.000,00

Peralatan masak Rp    1.000.000,00

Peralatan makan Rp       700.000,00

Papan nama Rp       300.000,00

Lain-lain Rp    1.000.000,00 +

Jumlah Rp    5.500.000,00

  • Penyusutan Peralatan

Peralatan yang mengalami penyusutan selama empat tahun dan memiliki nilai residu sebesar Rp 1.500,00 dengan menggunakan metode penyusutan garis lurus. Biaya penyusutan per tahun = (Rp 5.500.000,00 – Rp 1.500,00)/4 = Rp 1.374.600,00 per tahun atau sama dengan Rp 114.500,00 per bulan.

  • Perkiraan Penjualan Per Bulan

Asumsi per hari terjual 55 porsi

55 porsi × Rp 20.000,00 × 30 hari Rp   33.000.000,00

  • Biaya-Biaya:

Penyusutan peralatan Rp        114.500,00

Bahan baku (Rp 900.000,00 × 30 hari) Rp   27.000.000,00

Upah pegawai Rp        750.000,00

Listrik, air, dan gas Rp        230.000,00

Biaya lain-lain Rp          50.000,00 +

Jumlah Rp   28.144.500,00

  • Prive Rp        100.000,00
  • Laba Bersih Per Bulan

Penjualan – biaya-biaya – prive = laba bersih

Rp 33.000.000,00 – Rp 28.144.500,00 – Rp 100.000,00 = Rp 4.755.500,00

  • Perkiraan Modal Kembali (Pay Back Periode)

Modal awal ÷ Laba bersih per bulan = jangka waktu modal kembali (bulan)

Rp 5.500.000,00 ÷ Rp 4.755.500,00 = ± 1,1 bulan

Jadi, modal akan kembali sekitar 1,1 bulan

BAB 3
PENUTUP

Antisipasi Masa Depan

Sebagai wirausahawan yang baik, saya tidak akan membiarkan usaha ini berjalan secara mendatar. Saya akan terus mencoba memperbaiki kualitas usaha ini, agar para peminat dan konsumen puas dengan “Martabak Manis Pelangi” yang saya buat. Karena apabila kualitas martabak saya tidak saya tingkatkan kemungkinan besar usaha ini tidak akan maju, dan terancam bangkrut.

Kesimpulan

Menurut saya usaha ini dapat berkembang dan akan mencapai keberhasilan. Saya sangat yakin bahwa usaha ini akan maju dan terus berkembang karena dilakukan dengan sungguh-sungguh dan mempunyai kualitas rasa yang berbeda dengan martabak yang lain. Saya sadar bahwa usaha ini tidak akan langsung berkembang pesat tetapi saya akan terus berjuang untuk terus menjalankan dan mengembangkan usaha ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *