Makalah Pembuatan Blog Sederhana
Makalah Pembuatan Blog Sederhana

Makalah Pembuatan Blog Sederhana

Posted on

dediblog.id – Makalah Pembuatan Blog Sederhana ini saya tulis dan rangkum dari beberapa sumber, Semoga saja apa yang saya buat kali ini bermanfaat untuk dijadikan referensi untuk para pembaca.

Makalah Pembuatan Blog Sederhana

KATA  PENGANTAR

Puji  syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas ridho dan rahmat-nya. Sehingga kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “PEMBUATAN BLOG”,ini dapat selesai tepat waktu. Meskipun kami telah berusaha semaksimal mungkin untuk menghasilkan yang terbaik, namun semua itu pasti masih ada kekurangan di dalam penyusunan makalah ini, kami sebagai penulis mengharapkan kritik dan saran yang dapat membangun guna penyempurnaan dalam penyusunan makalah ini di masa yang akan datang. Kami berharap makalah ini dapat berguna di dalam membangun generasi penerus bangsa Indonesia.

BAB I
PENDAHULUAN

A.       LATAR BELAKANG


                Semakin berkembangnya Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan di iringi juga dengan perkembangan zaman yang cepat, sehingga tidak menutup kemungkinan berpengaruh pada pola kehidupan manusia yang semakin maju terutama pada aspek kehidupan keseharian, dalam menggunakan ilmu teknologi. WAP ( Wireless Application Protokol ) merupakan suatu bentuk aplikasi yang dibuat dengan menggunakan Wireless Markup Language (WML),bahasa yang digunakan untuk membuat aplikasi yang dapat digunakan pada telepon selular. Dengan menggunakan wireless sebagai penghubung antara aplikasi dan server. Mengingat semakin padatnya aktifitas di kehidupan zaman modern ini, maka tidak dipungkiri lagi membuat keterbatasan dalam setiap hal kehidupan sehari-hari. Misalnya keterbatsan waktu untuk melakukan transaksi secara langsung dalam pemesanan tiket perjalanan baik udara, darat maupun laut. Seperti yang kita ketahui untuk memudahkan masalah tersebut, fasilitas telepon selular dengan aplikasi WAP dan internet pada zaman sekarang ini yang semakin bertumbuh pesat setiap tahunnya, adalah salah satu solusi yang dapat memudahkan pengguna untuk mengakses atau mendapatkan informasi terupdate secara online

B.       TUJUAN PEMBUATAN BLOG

1.      Mengetahui pengertian blog lebih jelas
2.      Mengetahui tentang sejarah dan perkembangan blog
3.      Mengetahui lebih jelas fungsi dan kegunaan blog
4.      Mengetahui berbagai jenis blog
5.      Memperjelas cara pembuatan blog
6.      Memperjelas   tentang  cara  menerbitkan  entri,  menambah  widget

BAB II
PEMBAHASAN MASALAH

A.   Pengertian Blog

Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997.  Jorn Barger menggunakan   istilah  Weblog   untuk  menyebut   kelompok  website pribadi  yang  selalu  diupdate  secara  kontinyu  dan  berisi  link-link  ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri. Secara garis besar, Weblog dapat dirangkum sebagai kumpulan website pribadi yang memungkinkan  para pembuatnya  menampilkan berbagai   jenis   isi   pada  web   dengan  mudah,   seperti   karya   tulis, kumpulan   link   internet,   dokumen-dokumen(file-file  Word,PDF,dll), gambar ataupun multimedia. Para   pembuat   blog   dinamakan  Blogger.  Melalui  Blognya, kepribadian  Blogger  menjadi  mudah  dikenali  berdasarkan   topik  apa yang disukai, apa tanggapan terhadap link-link yang di pilih dan isu-isu   didalamnya.  Oleh   karena   itu   Blog   bersifat   sangat   personal. Perkembangan lain dari Blog yaitu ketika Blog memuat tulisan tentang apa  yang   seorang  Blogger  pikirkan,   rasakan,  hingga  apa  yang  dia lakukan sehari-hari. Blog kemudian juga menjadi Diary Online yang berada di Internet. Satu-satunya hal yang membedakan Blog dari Diary atau  Jurnal  yang  biasa  kita  miliki  adalah  bahwa  Blog  dibuat  untuk dibaca   orang   lain.  Blogging,   atau   dalam   pengertian   Indonesianya ngeblog   dengan   merujuk   tulisan   diatas,   merupakan   aktifitas memperbaharui   blog.   Baik  mempublish   /  menerbitkan   postinganterbaru, mereply komentar yang masuk, mempromosikan blog dengan mensubmit ke berbagai direktory, dan yang lainnya.Blogging,   atau   ngeblog   merupakan   aktifitas   yang menyenangkan.  Di  antaranya  dengan  blogging  kita  bisa  menambah ilmu  pengetahuan  kita tentang  dunia maya dan seluk-beluknya, juga bisa menambah teman-teman baru dari berbagai belahan dunia dengan beragam latar belakang.“berjalan diantara maraknya blog”Disebut   juga  blogwalking.  Blog  walking  merupakan   sebuah aktivitas   (ketika   sedang   blogging)  mengunjungi   blog   orang   lain. Diantara manfaatnya adalah dengan melakukan blogwalking, kita akan endapatkan   pengetahuan   lebih,   memberikan   komentar,   dan meninggalkan jejak.“Jadwalkan  blogging 
anda”  Ya.  Salah   satu   tips  menjadikan blog terkenal adalah menjadwalkan aktivitas anda. Baik untuk mengisi posting atau pun blogwalking.

B.   Sejarah Blog


Blog  pertama  kemungkinan  besar  adalah  halaman  “What’s  New” pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Kalau kita masih ingat, Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape. Kemudian  pada  Januari  1994  Justin  Hall  memulai  website pribadinya “Justin’s  Home Page” yang kemudian  berubah  menjadi “Links from the Underground” yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang. Hingga pada tahun 1998, jumlah Blog yang ada masih sangat sedikit. Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan  khusus   tentang  pembuatan  website,  HTML,  dan  web hosting   untuk   membuat   Blog,   sehingga   hanya   mereka   yang berkecimpung  di  bidang  Internet,  System  Administrator  atau  Web Designer yang  kemudian  pada waktu  luangnya menciptakan  Blog-Blog mereka sendiri. Namun saat ini, kita tidak perlu menjadi seorang programmer untuk  menjadi   seorang  Blogger,  karena  kita  dapat  menampilkan seluruh isi dalam web dengan mudah melalui menu editor yang telah disediakan.

Keuntungan dari penggunaan Weblog antara lain:

1. Melalui weblog,kita dapat memperluas  hubungan teman/ kenalan hingga dapat membentuk suatu komunitas yang besar.

2. Weblog melebihi surat elektronik (Email), karena satu posting blog yang  anda  bahas,  dapat  dibaca  oleh  pengunjung  blog  yang   tak terbatas.  Beda  dengan  email  yang  hanya  bisa  dibaca  oleh  orang yang kita kirimkan. Selain itu, pengunjung blog juga dengan cepat dapat memberikan respon terhadap posting blog melalui komentar yang dapat langsung dituliskan di blog tersebut.Seiring   perkembangan   weblog   dari   waktu   ke   waktu, pengertian weblog juga akan berkembang seiring dengan ide – ide dan kemauan para Blogger.

C.Jenis-Jenis Blog

  • Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti    kampanye).
  • Blog  pribadi:  Disebut   juga  buku  harian  online  yang  berisikan tentang   pengalaman   keseharian   seseorang,   keluhan,   puisi   atau syair, gagasan, ide, berbagi pengetahuan, dan perbincangan teman.
  • Blog  bertopik:  Blog  yang  membahas   tentang  sesuatu,  dan  fokus pada bahasan tertentu.
  • Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang          keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
  • Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
  • Blog   perjalanan:   Fokus   pada   bahasan   cerita   perjalanan   yang menceritakan   keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
  • Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.

D.Cara Membuat Blog 

Pada  Lensa   ini  Anda   akan  dipandu  membuat  blog  dari blogger.com. Anda akan mampu membuat blog tanpa perlu berdiri terlebih dari kursi Anda saat ini, karena sangat mudahnya.  

  • Yang harus kamu siapkan dan wajib sebelum membuat atau bikin blog di blogspot (blogger) adalah memiliki email terlebih dahulu. email ini nantinya digunakan untuk mendaftar pertama kali.
  • Jika sudah membuat email, bukalah alamat www.blogger.com. klik tombol orange yang bertuliskan Memulai, untuk mulai mendaftar.
  • Kemudian lengkapi formulir pendaftaran pembuatan blog di blogspot.

Nama tampilan : isi nama kamu atau nama alias kamu (ini akan tampil bersamaan dengan posting, artikel yang kamu buat nanti) verifikasi : masukkan gambar kata yang terdapat di atas kolom. pada gambar di atas sudah saya sertakan contoh pengisiannya jika sudah diisi semua lalu klik Tombol panah orange (Lanjutkan).

  • setelah kamu klik tombol lanjutkan, nanti akan tampil halaman formulir untuk melengkapi judul blog dan alamat blog kamu
  • Isilah Judul Blog dan Alamat blog sesuai dengan keinginanmu, jika alamat blog menggunakan 2 kata atau lebih gunakan tanda ( – ). karena blogspot tidak bisa menggunakan spasi. contoh pengisiannya perhatikan gambar di atas terkadang alamat blog yang kita tulis sudah pakai oleh orang lain, jika sudah dipakai orang lain berati tidak bisa digunakan. Untuk mengetahui sudah dipakai orang lain atau belum Klik saja tombol “cek ketersediaan” jika belum dipakai orang lain, maka di bawahnya akan muncul tulisan warna hijau yang bertuliskan Alamat blog ini tersedia jika sudah selesai menentukan judul dan alamat blog, silahkan klik tombol lanjutkan
  • Setelah kamu klik tombol lanjutkan, nanti akan tampil halaman untuk menentukan tema atau template blog kamu. Untuk memilih template tinggal klik salah satu. kemudian  klik  tombol lanjutkan. Setelah tombol Lanjutkan di atas diklik,  berarti blog kamu sudah jadi, hanya saja belum ada artikelnya sama sekali. Untuk memberi artikel pertama kali, silahkan klik tombol Mulai Blogging
  • Setelah kamu klik tombol mulai blogging nanti akan tampil halaman pengisian artikel.
  • Kolom judul untuk judul artikel, kolom yang lebar di bawahnya itu untuk menulis artikel atau posting, dan kolom label untuk mengisi jenis kategory artikel. jika sudah diisi semua, tekan menu TERBITKAN ENTRI, setelah itu akan muncul pemberitahuan yang mengatakan bahwa kamu telah berhasil menerbitkan posting atau artikel seperti gambar di bawah ini.  Untuk melihat tampilan artikel yang berhasil kamu buat tadi silahkan klik tombol Lihat Entri. Sekarang blog kamu sudah selesai dibuat dengan satu buah artkel. Perhatikan sisi halaman pojok kanan atas yang dilingkari.  tombol entri baru untuk menulis artikel yang baru, tombol Desain untuk menentukan atau pengatur Desain, sedangkan tombol keluar untuk Log out, jika sudah setelah memposting artikel atau setelah mengatur blog kamu.
  • jika suatu saat nanti kamu ingin memposting artikel baru lagi, kamu tidak perlu mendaftar lagi… tinggal buka www.blogger.com kemudian masukkan email , dan password kamu , kemudian klik tombol “masuk”, dengan begitu kamu akan di bawa ke menu dashboard blogspot
  • jika kamu sudah mempunyai email di Gmail. kamu tidak perlu mendaftar dari awal… Kamu dapat langsung memasukkan alamat email gmail dan password kamu, kemudian klik tombol masuk. jika menggunakan email dari Gmail, tidak perlu memasukan password dan email lain ataupun capta kode lagi… tinggal masukkan nama tampilan saja

E.Cara Menambah Jam Pada Blog

Blog kita anggapkan saja sebagai rumah kita, yaitu tempat kita  berteduh  dari  panasnya   siang     dan  dinginnya  malam.  Blog tempat kita tinggal berada dalam suatu lingkungan yang cukup luas yang   setiap   orang   bebas   untuk   datang   ke  rumah   kita  (blog). Adakalanya   kita   juga   perlu   unutk  menghias   rumah   kita   agar kelihatan lebih indah dan rapi. Salah satu pernak-pernik yang biasanya ada di rumah (blog) adalah   jam  dan  kalender,  hidup   ini   terbatas  oleh  waktu,  dan setiap rumah pasti punya jam atau kalender, walau jaman sekarang ada saja hal-hal yang mempermudah manusia, misalnya saja di HP  sudah ada jam  dan kalendernya. Jam  adalah  sebuah  unit  waktu.  Lama  sebuah jam  adalah 1/24 (satu perduapuluh empat) hari. Satu jam bisa dibagi menjadi unit  waktu yang lebih  kecil  lagi. Satu  jam  terdiri  dari:  60 menit atau 3600 detik

a)      Cara menambah jam pada blogger.)
·         Login ke blogger.
·         Pilih Tata Letak kemudian Tambah Gadget
·         Pilih HTML/JavaScript
·          Masukan kode-kode berikut ini
·         Lalu simpan

G. Cara Mengganti Template Pada Blog Pastikan Anda telah memili file template untuk blogspot yang berekstensi .XML. Bahasa XML adalah masih keluarga dari HTML dan XHTML dan merupakan standar bahasa web yang bisa diterjemahkan oleh browser internet menjadi susunan yang sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah layout atau desain dari website/blog. Silakan Login menggunakan account blogger/Google Anda, lalu pilih salah satu blog Anda (maaf tutorial ini menggunakan setting bahasa Inggris, jika Anda menggunakan bahasa Indonesia maka letak dan posisinya adalah sama).

1: Pilih menu LayoutEdit HTML
2: Klik tombol Browse, cari lokasi penyimpanan file .xml Anda. Dalam contoh ini saya memakai template Grey Press Blogger (grey_press_blogger.xml)
3: Klik tombol Upload, pastikan tidak ada error seperti terlihat pada gambar di bawah
4: Klik tombol SAVE TEMPLATE Silakan lihat perubahannya, sebelumnya: Berubah menjadi:

H.  Cara mempublikasiklan Blog

Rasanya kurang lengkap jika Blog yang sudah kita buat ,dan susah payah kita rancang belum diketahui banyak orang,tentunya kita juga pasti ingin blog kita rame pengunjung terlebih bisa terkenal. Siapa sih yang ga mau terkenal????

Maka kita harus mempromosikan Blog yang sudah kita buat agar blog kita diketahui orang lain, banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk mempromosikan blog, dari mulai mendaftarkan blog di search engine, sampai promosi secara langsung di dunia nyata. Tapi berhubung masih kurangnya informasi dan segala keterbatasan kami, maka kami hanya bisa menjelaskan beberapa langkah sederhana dalam mempromosikan sebuah blog. Ada empat langkah yang akan kami bahas yaitu :

  • Publikasi via email
  •   Tinggalkan jejak
  • Publikasi via situs jejaring sosial
  • Publikasi di dunia nyata

Pembahasannya adalah sebagai berikut :

1 Publikasi Via Email
Publikasi lewat email ini sangat sederhana sekali, karena kita hanya tinggal menyertakan alamat blog yang ingin kita promosikan saat mengirimkan sebuah email. Tapi agar alamat blog yang ingin di promosikan bisa secara otomatis ikut terkirim saat mengrimikan sebuah email, di perlukan pengaturan terlebih dahulu. Berikut ini adalah penejelasannya :

  • Buka halaman www.yahoo.com (kebetulan email yang kami gunakan yahoo)
  • Sign in dengan akun yahoo yang telah dimiliki
  • Masuk kekotak email
  • Pilih kotak opsi yang ada dibagian atas
  • Pilih opsi mail
  •   Maka kita masuk ke menu pengaturan
  • Pilih tandan tangan
  • Lakukan pengaturan ditempat yang di ksaih lingkaran warna merah
  • Tulisakan alamat blog beserta penjelasan singkat tentang blog yang di promosikan
  • Kembali ke menu mail dan pengaturan akan tersimpan secara otomatis
  •   Hasilnya setiap kali mengirim email kepada siapapun maka alamat blog anda akan ikut terkirim

2 Tinggalkan Jejak
Meninggalkan jejak disini maksudnya memberikan komentar di blog orang lain, tentunya komentarnya harus sesuai dengan artikel atau tulisan yang anda baca dan diusahakan komentarnya harus menarik dan sopan agar mendapat respon yang baik dari pemilik blog atau blogger lain yang kebetulan membaca komentar anda. Sisipkan penejelasan mengenai blog yang ingin di promosikan berserta alamatnya, mudah-mudahan para blogger lain merasa tertarik dan mengunjungi blog yang kita promosikan.

3 Publikasi via situs jejaring sosial
Zaman sekarang ini tentunya situs jejaring sosial tentunya bukan sesuatu yang aneh karena semua orang pasti tau dan menggunakannya, nah keadaan ini bisa kita manfaatkan untuk mempromosikan blog yang telah kita buat.

Banyak cara yang bisa kita lakukan seperti update status berupa promosi tentang blog kita (di fb),atau mengirim sebuah tautan yang isinya ringkasan dari artikel atau tulisan yang ada di blog yang kita promosikan…

4 Publikasi di dunia nyata
Ini adalah langkah akhir yang harus kita lakukan , yaitu dengan mempromosikan secara langsung blog kita ke orang-orang yang kita kenal dengan langkah ini mudah-mudahan blog yang kita buat bisa cepat dikenal dan tentunya bisa dapat banyak pengunjung J.

BAB III
PENUTUP

A.   Kesimpulan 

Banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari sebuah blog,karena Blog bisa dijadikan sebagai sarana untuk menuangkan kreatifitas secara online, selain itu blog juga bisa di gunakan sebagai alat untuk mempromosikan sebuah produk, dan alat untuk menambah pertemanan.

B.   Saran

Sebelum memulai blogging kita harus menentukan tema dari blog yang akan dibuat, selain itu dalam pemilihan nama blog perlu diperhatikan kata-kata yang unik dan mudah di cari search engine hal ini untuk memudahkan blog yang kita buat ditemukan orang lain… Yang terpenting promosikan blog dengan berbagai cara yang bisa dilakukan,agar blog kita cepat dikenal orang lain dan yang tak kalah pentingnya update secara berkala tulisan atau isi dari blog kita agar orang lain yang membuka blog kita tidak akan  pernah bosan karena selalu ada hal baru yang di dapatkan dari blog yang kita buat

DAFTAR PUSTAKA

www.google.com

Baca juga :
– Makalah penjaskes push up terlengkap
– Makalah penjaskes bola voli terlengkap 
– Makalah penjaskes basket terlengkap
– Makalah penjaskes renang terlengkap
– Makalah penjaskes sepakbola terlengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *