Inilah Alasan Semakin Banyak yang Memilih Universitas Terbuka

Dediblog.id – Awalnya, banyak sekali yang underestimate dengan universitas terbuka. Ini dianggap sebagai kampus strata paling bawah setelah universitas negeri dan universitas swasta. Namun, anggapan tersebut sekarang sudah tidak berlaku lagi. Faktanya, banyak sekali lulusan SMA dan SMK yang memilih kuliah di universitas ini.

Inilah Alasan Semakin Banyak yang Memilih Universitas Terbuka

Tentu saja ada alasan mengapa fenomena ini muncul. Yang pasti, universitas yang satu ini sudah tidak kalah hebat daripada universitas lain. Dan sistem pendidikan yang diterapkan mampu memenuhi kebutuhan zaman. Lulusan yang dihasilkan pun mampu menjadi tenaga kerja yang andal.

Sekilas Apa Itu Universitas Terbuka

Mungkin Anda bertanya mengenai legalitas universitas yang satu ini. Karena sepertinya lembaga perguruan tinggi ini tidak begitu meyakinkan. Apalagi kebanyakan universitas terbuka ini tidak memiliki kampus. Mereka hanya menyewa tempat untuk menggelar perkuliahan.

Apakah ijazah yang dikeluarkan resmi? Apakah ilmu yang disampaikan sesuai dengan jenjang pendidikan tinggi? Wajah jika Anda menanyakan hal-hal semacam itu. Jadi, ada baiknya Anda memahami apa yang mendasari munculnya universitas terbuka ini.

Awalnya, ada keinginan agar lebih banyak anak yang mendapatkan kesempatan untuk mengenyam pendidikan tinggi. Sayangnya, ada masalah yang cukup sulit. Biaya kuliah yang mahal serta kampus yang jauh terutama dari daerah pelosok menjadi alasan banyak anak yang akhirnya memutuskan untuk tidak kuliah.

Nah, dengan adanya universitas terbuka ini, Anda yang berada di daerah pelosok pun bisa kuliah. Pasalnya, biaya kuliah relatif terjangkau. Anda tidak perlu ngekos karena universitas ini biasanya menggelar perkuliahan di kota atau kabupaten. Anda tidak harus datang ke kampus utama yang biasanya berada di provinsi.

Bagaimana dengan legalitasnya? Tenang saja. Universitas ini resmi dengan dasar Keputusan Presiden Nomor 41 Tahun 1984. Jadi, ada keraguan apalagi? Anda akan semakin yakin setelah tahu apa saja kelebihan kuliah di universitas terbuka ini.

Kelebihan yang Ditawarkan

Sebenarnya, tidak jauh beda antara universitas terbuka dengan kebanyakan universitas. Yaitu sama-sama memberikan pendidikan terbaik dengan pengajar dosen-dosen yang kompeten sesuai dengan keahliannya. Hanya saja, setidaknya ada 3 hal yang membedakan. Dan 3 hal berikut yang menjadi ciri khas sekaligus kelebihannya.

Apa saja itu?

Kuliah Bisa Sambil Kerja

Salah satu target mahasiswa di universitas ini adalah mereka yang tidak memiliki biaya yang cukup untuk kuliah di universitas negeri atau swasta. Makanya, ada kelonggaran, yaitu waktu kuliah yang fleksibel. Ada perkuliahan yang hanya digelar satu hari full. Bahkan, ada juga yang diselenggarakan di saat weekend. Jadi, mahasiswa bisa tetap bekerja di saat weekday. Karena hasil dari pekerjaan itulah yang biasanya digunakan untuk membayar kuliah.

Mengandalkan Teknologi

Perkuliahan tidak selalu dilakukan secara offline atau langsung. Sering kali perkuliahan dilakukan secara online. Perkuliahan tatap muka bisa saja dilakukan hanya beberapa kali saja. Selebihnya, pembelajaran dilakukan dengan menggunakan teknologi yang ada, seperti Zoom, Google Meeting, Google Classroom, dan platform digital lainnya.

Biaya Lebih Terjangkau

Biaya perkuliahan di universitas terbuka relatif terjangkau. Namun, tentu saja biaya tergantung pada jurusan yang Anda ambil. Begitu juga dengan program yang Anda ambil, apakah strata 1 atau magister.

Nah, itulah beberapa kelebihan dari kuliah di universitas terbuka. Masih ragu? Seharusnya tidak lagi. Toh sudah terbuka banyak lulusan yang diterima di dunia kerja. Bahkan, ada juga yang menjadi pegawai pemerintahan.

Leave a Comment