5 Fakta Menarik Kuliah Jurusan Hukum | DediBlog

5 Fakta Menarik Kuliah Jurusan Hukum

2 min read

5 Fakta Menarik Kuliah Jurusan Hukum

Dediblog.id – Tidak banyak orang yang berani memilih jurusan hukum. Alasannya, jika masuk ke jurusan hukum, maka mereka harus berani berargumen. Mereka harus mau berdebat. Mereka yang tidak suka ribut, kuliah jurusan hukum sepertinya bukan pilihan yang tepat.

5 Fakta Menarik Kuliah Jurusan Hukum

Akan tetapi, apakah benar mahasiswa hukum itu anak yang suka ribut atau anak yang suka sekali berdebat? Terlalu sempit jika mengartikan bahwa kuliah di jurusan hukum hanya untuk anak yang suka berdebat. Ada fakta menarik yang tak banyak orang tahu mengenai mahasiswa hukum.

Fakta-Fakta Anak Jurusan Hukum

Mungkin Anda sama sekali tidak tertarik untuk menjadi mahasiswa hukum karena stereotype tertentu. Dan mungkin juga Anda akan berubah pikiran setelah tahu fakta menarik mengenai mahasiswa yang kuliah jurusan hukum berikut ini:

Pintar Bicara

Suka ngeyel. Mungkin itu kalimat yang terdengar negatif. Namun, bagaimana jika dibahasakan yang berbeda. Anak hukum itu pintar bicara. Dan ini sangat dibutuhkan, tidak hanya ketika mereka sudah lulus dan menjadi pengacara. Kemampuan berbicara yang baik juga sangat bagus untuk kehidupan sosial dan kariernya meskipun tidak berkarier di bidang hukum.

Mengapa anak hukum pintar bicara? Karena salah satu mata kuliah yang diajarkan adalah ilmu komunikasi dan juga logika. Dengan pengetahuan ini, anak hukum bisa menjelaskan suatu hal dengan kalimat yang efektif sehingga mudah dipahami dan diterima oleh pendengar. Bukankah ini sangat diperlukan oleh siapa saja?

Terlihat Keren

Anak jurusan kedokteran biasanya yang terlihat keren. Akan tetapi, anak hukum juga tidak kalah keren. Mulai saat mereka masih berada di kampus, mereka harus membiasakan diri agar terlihat percaya diri. Tujuannya agar orang lain yang diajak bicara atau berargumentasi tidak merendahkannya.

Dan tidak hanya cara bicara saja yang harus terdengar percaya diri. Anak jurusan hukum juga harus terlihat keren agar semakin percaya diri. Mereka sangat selektif dalam memilih outfit. Makanya, anak yang kuliah jurusan hukum itu selalu terlihat cool.

Mudah Berteman

Ini ada kaitannya dengan kemampuan berbicara. Kebanyakan, orang yang bisa berkomunikasi dengan baik mudah sekali berteman dengan orang baru. Dan anak hukum punya skill tersebut. Maka dari itu, mereka mudah bergaul dan menjalin pertemanan dengan orang baru. Dan jangan kaget jika anak hukum mudah sekali cari pasangan atau pacar.

Siap Menghadapi Perubahan

Terdengar berlebihan jika dikatakan anak yang kuliah di jurusan hukum itu sangat adaptive? Sebenarnya tidak juga. Anda harus tahu anak hukum itu dituntut untuk sensitif terhadap isu terbaru. Inilah kemampuan intelektual yang paling mereka butuhkan. Karena itu, mereka selalu update dengan berita atau perkembangan terbaru. Saat itulah mereka juga bisa memprediksi bagaimana kemungkinan masa depan.

Tidak Semua Yang Masuk Jurusan Hukum Menjadi Pengacara

Tidak semua yang masuk jurusan hukum harus jadi pengacara atau bekerja di law firm ya, teman-teman. Ketika kamu masuk jurusan ini, kamu akan mendapatkan banyak sekali skill yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan berpikir, menganalisis, menulis, dan problem solving akan sangat diasah. Berbagai skill dasar ini tentu dapat diaplikasikan pada banyak profesi. Tidak melulu seperti yang sering kita tonton di TV, yaitu kasus pidana dan perdata saja. Lihat saja Najwa Shihab, jurnalis cantik nan kritis ini dulunya mahasiswa hukum lho. Selain itu ada Once yang memilih berkarier sebagai penyanyi. Bisa dikatakan jurusan ini memiliki fleksibilitas pilihan kerja ketika lulus nanti. Kamu bisa kerja di dunia kreatif, human resource, pengusaha, dan sebagainya.

Jadi, masuk akal bukan jika anak hukum lebih siap menghadapi perubahan? Jika masih ragu, coba lihat banyak ahli hukum yang berusia senja masih mengikuti perkembangan zaman. Saat menjadi pengacara, mereka selalu bisa menjelaskan hal yang mungkin di zaman muda mereka tidak ada.

Fakta menarik kuliah jurusan hukum tersebut bisa semakin meyakinkan Anda untuk mengambil jurusan. Belum lagi dengan prospek kerja yang begitu gemilang. Anda pasti akan semakin yakin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *