Pengertian dan Cara Kerja VOIP
Materi Kuliah

Pengertian dan Cara Kerja VOIP

Voice-over-IP (VoIP) – juga dikenal sebagai telepon IP – merevolusi teknologi telepon klasik saat ini. Data dan suara berbagi media transportasi yang umum dan telepon digunakan dalam jaringan data. Dalam jaringan ini, suara digital diangkut sebagai paket data, dirutekan dan hanya dipasang kembali di tempat tujuan

Sejumlah penawaran layanan sudah ada di pasaran dan jumlah produk serta solusi yang dapat dipasarkan terus bertambah. Dalam waktu singkat, penyedia dan perusahaan pengguna akan memperluas sistem data mereka untuk memasukkan VoIP.

Pengertian dan Cara Kerja VOIP

Pengertian VOIP

VoIP berarti telepon melalui jaringan komputer. VoIP adalah singkatan dari “Voice over Internet Protocol”: Protokol yang tersedia di Internet digunakan untuk mengirimkan data telepon dan panggilan. Selain bahasa itu sendiri, informasi kontrol juga harus dikirimkan sehingga sambungan dengan perangkat lain dapat dibuat melalui jaringan.

Namun, koneksi seperti itu tidak harus dibuat antar komputer. VoIP juga dimungkinkan antara peserta yang menggunakan perangkat telepon yang berspesialisasi dalam VoIP, antara smartphone atau kombinasi dari perangkat tersebut. Penggunaan VoIP sangat menarik berkaitan dengan telepon seluler: Jika telepon seluler memiliki akses sendiri ke Internet, alternatif gratis untuk membuat panggilan dapat dipilih dengan menggunakan tarif telepon.

Bagaimana cara kerja VoIP?

VoIP sudah memiliki alamat IP dalam namanya, tetapi dalam praktiknya VoIP tidak dapat berfungsi sebagai nomor telepon di Internet. Alasannya adalah bahwa alamat IP ditetapkan secara dinamis untuk sebagian besar peserta di Internet dan dengan demikian berubah dengan setiap sesi. Untuk alasan ini, server khusus digunakan dalam praktiknya, yang berfungsi sebagai layanan switching dan membuat sambungan antara berbagai telepon seluler terlepas dari alamat IP-nya.

Migrasi suara melalui IP

Dengan penggabungan komunikasi suara dan data, aplikasi baru dapat diimplementasikan, mis. B. dalam layanan pelanggan, penjualan, di meja bantuan dan pusat panggilan. Penggunaan bersama dari jaringan data menghasilkan banyak keuntungan dalam manajemen jaringan dan infrastruktur. Penurunan biaya telekomunikasi dimungkinkan, tetapi mengingat persaingan yang ketat di bidang telekomunikasi, tidak sebanyak yang diasumsikan sebelumnya. Operasi real-time, ketersediaan tinggi, dan persyaratan layanan baru dihadapi untuk dukungan jaringan.

Apa keuntungan dari telepon VoIP?

Keunggulan utama VoIP dapat dilihat pada fleksibilitas dan faktor biaya yang rendah. Biasanya, layanan VoIP ditawarkan secara gratis, karena koneksi internet yang ada dan berbayar di ponsel digunakan. Jika biaya untuk koneksi Internet dianggap biasa, VoIP tidak menimbulkan biaya apa pun. Namun dalam praktiknya, produk VoIP juga ditawarkan dengan biaya tambahan: Ini kemudian menawarkan fungsi yang lebih luas dan biasanya ditautkan ke akun pengguna.

Penyedia mana yang mengizinkan VoIP?

Ada banyak pilihan penyedia VoIP yang tersedia untuk pelanggan Jerman. Ini termasuk layanan berita Skype, Vortel dan Yahoo serta sipload, Callavista dan fonworld dan banyak lainnya. Namun, harus dicatat bahwa beberapa penyedia Internet tidak mentolerir VoIP sebagai bagian dari layanan mereka dan oleh karena itu menekan koneksi yang sesuai. Dalam kasus ini, penyedia harus dihubungi untuk setiap kasus.

Namun, fleksibilitas yang dihasilkan dari penggunaan VoIP juga sangat menguntungkan. Teknologi ini dapat digunakan untuk melakukan panggilan murah, terutama ke luar negeri: Seringkali hanya tarif telepon seluler yang mahal yang tersedia di sini, sehingga banyak pengguna yang enggan melakukan panggilan ke luar negeri. Dengan penggunaan VoIP, di sisi lain, lokasinya tidak relevan, seperti negara tujuan tempat panggilan dibuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *