Materi Kuliah Jurusan Sistem Komputer
Materi Kuliah

Materi Kuliah Jurusan Sistem Komputer

Semakin majunya arus teknologi di dunia, membawa dampak besar ke banyak bidang, salah satunya adalah bidang pendidikan. Seperti yang kita lihat sekarang banyak ilmu – ilmu baru yang muncul, khususnya di jenjang perguruan tinggi.  Banyak jurusan baru muncul yang berkaitan dengan teknologi. Hal itulah yang membuat jurusan di bidang ini sangat diincar oleh para calon mahasiswa baru. Salah satunya karena, di masa depan orang – orang teknologi akan sangat amat dibutuhkan karena pada zaman sekarang tidak ada pekerjaan yang tidak menggunakan teknologi, hampir semuanya membutuhkan IT  , bahkan sekarang pun sudah banyak lowongan – lowongan seperti developer, programmer, dan profesi pekerjaan lain yang berkaitan dengan IT. Prospek kerja yang bagus, dan lowongan pekerjaan yang amat luas membuat jurusan ini digandrungi para camaba. Jurusan di bidang teknologi pun cukup banyak diantaranya terdapat Informatika, Telekomunikasi, Elektro, Sistem Informasi, dan yang akan kita bahas kali ini adalah Sistem Komputer. Nah mari berkenalan sebentar mengenai jurusan Sistem Komputer.

Materi Kuliah Jurusan Sistem Komputer

Mengulas Sedikit Jurusan Sistem Komputer atau Teknik Komputer

Jika di Informatika kalian difokuskan untuk pengembangan perangkat lunak, dan kebanyakan akan ngoding maka berbeda halnya dengan jurusan yang satu ini. Di jurusan Sistem Komputer kalian akan mengkombinasikan software dan hardware, nah maksudnya di sini kalian akan belajar perancangan atau perakitan komputer. Jadi dapat dibilang Sistem komputer adalah gabungan dari Teknik Elektro dan Teknik Informatika, kalian akan belajar mengenai hardwre dari komputer contohnya mikroprosesor dan juga pemrograman untuk ‘otak’ komputer itu sendiri.

Di perguruan tinggi, materi perkuliahan dibagi menjadi dua yaitu wajib dan pilihan, untuk matkul wajib, semua mahasiswa wajib mengikuti matkul tersebut, dan matkul pilihan, yang nantinya tiap mahasiswa bebas memilih. Di setiap program studi, pastinya terdapat matkul yang tergolong ilmu umum atau tidak berkaitan dengan jurusan, namun memang harus dipelajari untuk bekal yang akan datang, diantaranya seperti di bawah ini.

  1. Pendidikan Agama
  2. Kewarganegaraan
  3. Bahasa Indonesia
  4. Bahasa Inggris

Di matkul ini ilmu yang dipelajari tidak jauh – jauh dari jenjang pendidikan sebelumnya, hanya saja lebih tinggi tingkatannya.

Berikut ini materi yang akan dipelajari pada Jurusan Sistem Komputer

1.Kalkulus

Kalkulus merupakan salah satu cabang lanjutan dari ilmu matematika. Di materi ini kalian akan belajar mengenai konsep limit, turunan, diferensial dan juga penerapannya di bidang system komputer. Mengapa di beberapa jurusan IT mempelajari Kalkulus? Karena ketika kalian belajar atau mengerjakan materi tersebut, kalian akan terbiasa dengan pemecahan masalah, seperti yang kita tahu, tak banyak mahasiswa yang mengeluhkan matkul ini.

2.Organisasi dan Arsitektur Komputer

Organisasi dan Arsitektur Komputer sendiri memiliki arti yang berbeda, Organisasi komputer merupakan ilmu yang mempelajari bagian atau unit komputer tersebut, seperti sinyal, memori, atau unit hardware lainnya. Sedangkan Arsitektur Komputer cenderung lebih ke programnya contohnya pengalamatan, mekanisme input/output, atau intruksi – instruksi lainnya.

3.Sistem Digital

Sistem Digital atau biasa disebut SimDig merupakan ilmu yang mempelajari prinsip – prinsip dari sistem digital, diantaranya seperti sistem kode, sistem bilangan, aljabar Boolean, gerbang logika, sampai penyederhanaan rangkaian logika. Materi ini akan sangat membantu kalian saat melakukan perancangan atau perakitan sistem komputer.

4.Elektronika Dasar

Pada matkul Elektronika Dasar kalian akan belajar konsep – konsep dasar elektronika, komponen elektronika seperti dioda dan transistor. Karena ini jurusan Sistem Komputer maka hanya belajar dasar – dasarnya saja, berbeda dengan jurusan Elektro yang sampai pada inti – intinya.

5.Basis Data

Basis data atau biasa disebut database adalah tempat dimana data – data kita disimpan, pada mata kuliah ini kalian akan belajar dasar basis data dari mulai teori sampai pengimplementasian database pada sebuah aplikasi.

6.Rangkaian Listrik

Jika berbicara mengenai rangkaian listrik, maka tidak jauh – jauh seperti pelajaran fisika. Di sana kalian akan belajar tentang elemen – elemen listrik. Dan di matkul ini juga terdapat matematikanya seperti untuk menghitung besaran arus listrik, tegangan, dll. Kalian juga akan melakukan praktek di matkul ini.

7.Jaringan Komputer

Pada mata kuliah Jaringan Komputer atau biasa disebut Jarkom kalian akan belajar tentang konsep dan beragam pemodelan jaringan komputer, selain itu pula kalian akan mengenai perkembangan teknologi jaringan dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari –hari, dan juga perencanaan pembangunan jaringan yang baik.

8.Mikrokontroler

Bagi kalian yang masih asing dengan Mikrokontroler, biar kami jelaskan lebih dulu. Mikrokontroler ini adalah sebuah chip yang dalam komputer, yang bertujuan agar komputer tersebut dapat berfungsi sebagaiamana mestinya. Nah, dalam matkul ini kalian akan belajar mulai dari pemahaman konsep Mikrokontroler, arsitekturnya sampai pengembangan Mikrokontroler.

9.Keamanan Komputer dan Jaringan

Semakin berkembangnya teknologi juga berdampak negative pada keamanan jaringan dan komputer kita, tak sedikit berbagai ancaman cyber crime baik itu di sekolah, rumah, maupun kantor, padahal di komputer itu terdapat data – data penting atau justru rahasia. Oleh karena itu untuk mengatasi hal tersebut, kita perlu belajar mengenai sistem keamanan dan jaringan. Di matkul inilah kalian nanti dibekali ilmu tersebut.

10.Interaksi Manusia dan Komputer

Saat menggunakan komputer, itu artinya kita sedang berinteraksi dengan komputer, agar manusia merasa mudah berinteraksi dengan komputer tersebut, tentunya ada ilmunya, nah di matkul ini kalian akan belajar ilmu mengenai interaksi antara manusia dengan komputer/barang elektronik lainnya, diantaranya seperti perancangan sampai implementasi antar muka atau interface.

11.Robotika

Mata kuliah yang terakhir yaitu Robotika, di matkul ini kalian akan belajar dasar robotika, analisis mekanisnya dan perencanaan untuk sebuah aplikasi robot. Diharapkan di materi ini kalian dapat memahami cara kerja dari aplikasi robot, bahkan kalian dapat mengimplementasikan konsepnya sampai menjadi robot itu sendiri.

Demikan materi di atas hanya sebagian kecil dari matkul yang ada, bahkan setiap perguruan tinggi pun mungkin punya rencana studi berbeda – beda. Namun, diharapkan informasi tersebut dapat memberi gambaran bagi kalian para mahasiswa baru jurusan Sistem komputer agar dapat belajar dahulu sebelum memasuki bangku perkuliahan.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan ke sesama. Terimakasih atas kunjungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *