Daftar Aplikasi Yang Wajib Dimiliki Data Analyst
Pekerjaan, Programming

Daftar Aplikasi Yang Wajib Dimiliki Data Analyst

Daftar Aplikasi Yang Wajib Dimiliki Data AnalystPrinsip dasar dari analisis data berpacu kepada pemakaian data mentah yang mana harus menggunakan sistem komputer yang khusus. Nantinya sistem ini mempunyai tugas untuk mengolah, mengubah, dan menyortir data menjadi suatu bentuk atau pola yang dapat dimengerti, Nah, pengolahan data ini menghasilkan banyak manfaat kepada sebuah perusahaan. Misalnya saja untuk pengoptimalan produktivitas sampai pengambilan sebuah keputusan.

Daftar Aplikasi Yang Wajib Dimiliki Data Analyst

Memilih sebuah aplikasi yang tepat dalam menganalsis data akan lebih mempermudah pekerjaan kamu. Namun dibalik itu semua ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan. Seperti contohnya saja kebutuhan dan kecocokan kepada sistem yang sudah digunakan oleh perusahaan sebelumnya. Untuk itu, kami di sini berusaha membantu kamu dalam memilih aplikasi untuk menganalisis data. Nah, mari simak pembahasan singkat di bawah ini.

Berikut Daftar Aplikasi Yang Wajib Dimiliki Data Analyst

Tableau

Untuk aplikasi yang wajib dimiliki data analyst pertama yaitu tableau, aplikasi ini dapat diandalkan sebagai ujung tombak untuk analsis data. Tableau merupakan sebuah aplikasi yang memiliki kemampuan Big Data yang luar biasa. Fungsi dari Big Data sendiri yaitu untuk menampung, mengumpulkan dan mengolah informasi pelanggan. Dengan begitu perusahaan dapat tahu hal apa saja yang dibutuhkan oleh para konsumen. Sebagai aplikasi Big Data tentunya aplikasi ini dapat menghubungkan banyak data baik itu Microsoft Excel, internet dan data.

Domo

Domo merupakan sebuah aplikasi yang berfungsi untuk memajemeni bisnis yang mana basisnya berupa cloud. Kemampuan khusus yang dimiliki aplikasi ini yaitu dapat menggabungkan banyak sumber data semisal databasespreadsheet, dan pastinya aplikasi berbasis cloud. Domo ini menitik beratkan pada kecepatan dan pehaman data. Kolaborasi visual dan fitur komentar dapat tersedia melalui kemampuan business intelligence yang dimilikinya. Hal lainnya yang membuat aplikasi ini istimewa yaitu dapat diakses dengan mobile.

Looker

Looker merupakan aplikasi yang wajib dimiliki data analyst, karena aplikasi ini sangat cocok bagi mereka yang berpengalaman. Pengguna dapat mengubah dan membentuk data sesuai kebutuhan dengan fitur extract, load, dan transform yang tersedia di dalamnya. Kelebihan lainnya, aplikasi ini dapat menyampaikan data langsung ke tool  dan aplikasi yang kamu pakai. Pengguna juga dapat memberikan pertanyaan rumit selama bahasa yang dipakai masih dalam kaidah bisnis yang umum.

Sisense

Kalau kamu ingin menyederhanakan data yang dianalisis cobalah pakai sisense. Data yang dihasilkan dari aplikasi ini tidak hanya dapat dipahami oleh seorang data analyst, tapi juga bagi para orang awam. Dalam aplikasi ini banyak fitur yang sangat memanjakan pengguna, seperti contohnya tampilan dashboard yang variatif dan interakitf.

Skytree

Skytree merupakan salah satu aplikasi yang wajib dimiliki data analyst, karena kemampuannya yang sangat luar biasa. Aplikasi ini dapat membangun model data yang sangat akurat dan cepat. Fitur yang dimiliki di dalamnya yairu algoritma yang dapat diukur, model interpretability, Articifial Intelegence, serta akses programatik dan GUI.

RapidMiner

RapidMiner merupakan sebuah aplikasi open-source yang sangat banyak memiliki keunggulan. Penggunaan dari aplikasi ini juga dapat diterapkan untuk segala jenis bisnis. Keunggulan yang dimaksud disini adalah aplikasi ini dapat menjalankan secara otomatis proses analisis data dan kemudian menyederhakannya. Dengan begitu tugas kamu hanya berfokus pada penginterpretasian data saja.

Itulah beberapa aplikasi yang wajib dimiliki data analyst. Semoga informasi ini dapat membantu pekerjaan kamu dalam menganalisis data.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *