Cara Mengatur Margin Makalah di Ms Word 2010
Materi Kuliah

Cara Mengatur Margin Makalah di Ms Word 2010

Bagi kalian para pelajar atau mahasiswa tentunya pernah mendapatkan tugas untuk membuat makalah. Nah dalam pembuatan makalah atau skripsi ini terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan seperti spasi, ukuran font, dan margin. Margin merupakan jarak batas atas, kiri, bawah dan kanan antara huruf dengan tepi halaman mengapa penting? Karena margin ini nantinya akan berpengaruh saat penjilidan makalah atau skripsi. Untuk pengaturan margin sebaiknya dilakukan sebelum menuliskan dokumen agar kalian dapat menyesuaikan dengan lembar kerja kalian.

Cara Mengatur Margin Makalah di Ms Word 2010

Untuk mengatur margin pun kalian dapat menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan dokumen kalian, terlebih pada Ms Word sudah terdapat menu Margin agar kalian dapat mengaturnya sendiri, pada artikel kali ini kami akan memberikan tutorial mengenai cara mengatur margin untuk dokumen makalah, simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Mengatur Margin Makalah di Ms Word 2010

1.Pertama, buka Ms Word kalian setelah itu buat dokumen baru atau blank document.

2.Setelah kalian membuat dokumen baru, pilih menu Page Layout, selanjutnya pilih Margins. Klik tanda segitiga kecil/dropdown lalu akan muncul gambar seperti di bawah ini lalu pilih Custom Margins untuk mengatur margin sesuai dengan yang kalian inginkan.

3.Setelah memilih Custom Margins, klik pada tab Margins lalu akan muncul pop up seperti di bawah ini.

Lalu untuk ukuran margin makalahnya seperti ini :

  • Top = 4
  • Left = 4
  • Bottom = 3
  • Right = 3

Selain 4,4,3,3 untuk pengaturan margin makalah juga biasanya menggunakan format 4,3,3,3 (Top, Left, Bottom, Right)

Pada bagian Orientation jangan lupa pilih Potrait dan pada bagian Multiple Pages pilih Normal.

4.Langkah selanjutnya buka tab Paper lalu pada bagian Paper Size pilih ukurannya menjadi A4. Seperti gambar di bawah ini.

5.Jika semuanya sudah di atur, kalian bisa klik OK, maka otomatis margin kalian sudah teratur dan kalian dapat mulai menulis.

Setelah membaca tutorial di atas, mudah bukan untuk mengcustomize margin kalian? Jika kalian ingin mengembalikannya ke awal kalian dapat memilih Page Layout > Margins > Normal. Maka margin kalian akan kembali default seperti semula. Majunya perkembangan teknologi seperti ini memang sangat memudahkan kita untuk melakukan segala pekerjaan, semuanya tergantung dari kita sendiri dapat memanfaatkannya dengan baik atau tidak.

Demikian tutorial Cara Membuat Margin Makalah di Microsoft Word, semoga membantu dna bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *