Berapa Gaji Lulusan ITB Sekarang?
Pekerjaan

Berapa Gaji Lulusan ITB Sekarang?

Persoalan gaji memang kerap kali masih menjadi masalah utama dalam dunia kerja. Tak jarang salah satu hal yang diincar para pencari kerja adalah gaji. Tidak masalah memang, karena nyatanya pun kita perlu uang untuk makan dan biaya hidup sehari – hari. Namun gaji tidak bisa menjadi tolak ukur, apakah kalian sudah berhasil dalam pekerjaan kalian atau belum. Terlebih para fresh graduate yang baru akan memulai di dunia kerja.  Bagi kalian para fresh graduate tersebut, jangan jadikan gaji menjadi nomor satu untuk mencari kerja, tapi carilah pekerjaan yang memang jobdesknya sesuai dengan skill kalian.

Berapa Gaji Lulusan ITB Sekarang?

Selain itu, ada salah satu hal lain yaitu ‘almamater’, pernah mendengar berita soal lulusan UI yang tak terima saat ditawari gaji 8 juta, yang pernah viral pada masanya. Persoalan tersebut masih ada di kalangan para pencari kerja sekarang, seolah – olah mereka merasa berasal dari almamater yang cukup bagus, jadi mereka meminta gaji lebih dari biasanya. Selama orang tersebut mampu dan memang memiliki skill yang dibutuhkan, atau memang sudah berpengalaman, hal tersebut bukan menjadi masalah. Namun, jika mereka saja fresh graduate dan baru masuk dunia kerja, tidak seharusnya bersikap demikian.

Di Indonesia, memang banyak almamater/perguruan tinggi yang mencetak lulusan yang berkompetensi di bidangnya. Diantaranya terdapat UGM, ITB, UI, IPB dsb. Di artikel kali ini kami akan membagikan gaji para fresh graduate dari lulusan ITB, hem kira – kira berapa ya? Mari kalian simak.

Apakah almamater mempengaruhi besarnya gaji?

Seperti yang sudah kita sama – sama tahu, bahwa almamtater tidak sepenuhnya berpengaruh pada gaji kalian, gaji tidak bergantung kalian lulusan mana, almamater kalian ibaratnya hanya menjadi nilai plus di mata para perusahaan, bahwa kalian berasal dari perguruan tinggi favorit di Indonesia, selebihnya skill dan pengalamanlah yang akan membantu kalian.

Kira – kira gaji fresh graduate lulusan ITB

Dilansir dari salah satu lulusan ITB tahun 2006, ia menceritakan bahwa untuk data gaji lulusan tahun 2007/2008 di perusahaan EPC (Engineering, Procurement, Construction and Commissioning) Nasional bagi fresh graduate sekitar 3,5 – 4 juta rupiah. Namun, ia juga menyebutkan jika pekerjanya memiliki kemampuan bagus dan layak ditugaskan ke Luar Negeri maka akan mendapat 1 juta/hari. Nominal ini tentunya setara dengan pekerjaan yang di lakukan di sana, ia juga menyebutkan jika ditotal sebulannya bisa mendapatkan kira – kira 40 juta.

Data ke dua yaitu berasal dari perusahaan schlumberger, yaitu perusahaan milik AS yang bergerak di bidang oil services company, perusahaan tersebut juga terdapat di Indonesia tepatnya Jakarta, bagi kalian yang bekerja di sana dan ditempatkan di Indonesia saja kalian akan mendapatkan  7-8 juta /bulan, namun beda lagi jika kalian ditugaskan ke Luar Negeri, kalian bisa mendapatkan sampai $3000/bulannya.

Lulusan ITB yang menceritakan perihal gaji itupun menyebutkan untuk gaji fresh graduate di perusahaan tambang, Freeport tahun 2011 mereka mendapatkan sekitar 5 juta/bulan, belum termasuk bonus per 3 bulan yang bisa mencapai 2,5 bahkan terkadang emas 1-2 gram. Bagi mereka yang ambil lembur, akan mendapatkan 1 juta/hari, menggiurkan bukan?

Gaji juga bergantung pada kalian bekerja di mana, karena setiap perusahaan memiliki standarnya masing – masing. Bagi kalian yang ingin tahu perihal gaji alumni ITB di setiap jurusannya, setiap tahun ITB mengadakan survey kepada alumni terkait kepuasan kuliah, relevansi pekerjaan, estimasi gaji dll.  Kalian bisa cek di tracer ITB di link ini https://tracer.itb.ac.id/id/report/index

Pada akhirnya besar kecilnya gaji, sebenarnya kembali lagi pada keahlian yang kalian miliki, perusahaan tentunya akan sangat ringan memberikan gaji yang fantastis pada kalian, jika memang kemampuan kalian memenuhi, begitu juga sebaliknya. Ingatlah bahwa almamater hanya memberikan nilai plus saja, selebihnya semua tergantung pada keahlian yang kalian miliki.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *