Apa itu VPLS dan Perbedaannya Dengan MPLS?
Materi Kuliah

Apa itu VPLS dan Perbedaannya Dengan MPLS?

Apa itu VPLS dan Perbedaannya Dengan MPLS? . Pemimpin TI memiliki banyak pilihan ketika mempertimbangkan teknologi terbaik untuk menghubungkan jaringan perusahaan mereka. Sementara jaringan MPLS telah menjadi jaringan pribadi pilihan yang mapan untuk beberapa waktu sekarang, kami semakin melihat penyedia jaringan merekomendasikan VPLS sebagai alternatif yang “lebih baik”. Jadi apa pengertian VPLS sebenarnya? Dan apa perbedaan dari MPLS dan VPLS itu sendiri?

Apa itu VPLS dan Perbedaannya Dengan MPLS?

PENGERTIAN VPLS

Virtual Private LAN Service (VPLS) adalah cara menyediakan (Ethernet saja) lapisan 2 VPN melalui MPLS Wide Area Network (WAN).

PROPOSAL VPLS

Ada dua miskonsepsi yang sering kita dengar tentang teknologi VPLS.

Kesalahpahaman 1: “VPLS lebih cepat”

Beberapa penyedia menyarankan bahwa VPLS lebih cepat karena menggunakan perutean Layer 2 daripada perutean Layer 3. Namun, saat VPLS dijalankan melalui MPLS, Anda sebenarnya menambahkan header VPLS ke setiap paket, jadi mungkin ada overhead tambahan. Selain itu, dengan perute dan sakelar yang lebih canggih saat ini, tidak ada perbedaan yang mencolok antara perutean Layer 2 dan perutean Layer 3.

Kesalahpahaman 2: “VPLS lebih baik dalam perutean”

VPLS tidak melakukan perutean, tetapi hanya membuat jaringan Layer 2 yang besar. Dengan membuat jaringan Layer 2 yang besar, Anda berpotensi membuka jaringan Anda ke sejumlah besar lalu lintas siaran dan kueri tabel yang dapat memengaruhi kinerja.

Jadi, jika VPLS tidak lebih cepat atau lebih baik dalam perutean, apa keuntungannya? Itu semua tergantung pada apa yang ingin Anda capai.

PENGGUNAAN KHAS VPLS

Jaringan Voltage Layer 2 mendukung aplikasi yang tidak dapat dipisahkan oleh jaringan Layer 3 standar. Contohnya dapat berupa aplikasi bisnis yang harus ditempatkan di berbagai bagian negara dan memerlukan konektivitas Layer 2 untuk ketersediaan tinggi atau tujuan replikasi.

VPLS juga berguna ketika perusahaan menginginkan solusi “hanya kabel” dan memiliki keahlian internal dan keinginan untuk mengimplementasikan dan mengelola router dan protokol routing itu sendiri.

PERBEDAAN VPLS DAN MPLS

Multiprotocol Label Switching (MPLS) adalah jenis teknik pembawa data untuk jaringan telekomunikasi berkinerja tinggi. Ini mengirimkan data dari satu node jaringan ke node berikutnya berdasarkan label pendek alih-alih alamat jaringan yang panjang, menghindari pencarian yang rumit. untuk yang belum mengetahui tentang MPLS bisa membaca disini Apa itu Interface MPLS ? Berikut Penjelasannya!

Sebagian besar penyedia layanan membuat Jaringan Pribadi Virtual (VPN) Layer 3 untuk memisahkan dan mengamankan lalu lintas pelanggan melalui infrastruktur MPLS bersama. (Istilah “MPLS VPN” biasanya disingkat menjadi MPLS saja.).

Sementara MPLS VPN dan VPLS sebagian besar didasarkan pada teknologi MPLS dasar yang sama, keduanya adalah dua produk terpisah yang dirancang untuk dua tujuan berbeda.

MPLS memungkinkan penyedia layanan untuk menyediakan “jaringan pribadi virtual” yang hemat biaya dan fleksibel melalui infrastruktur jaringan inti bersama, memilih dari teknologi last mile.

VPLS memungkinkan penyedia layanan untuk memperluas jaringan Layer 2 di seluruh situs yang tersebar secara geografis menggunakan infrastruktur jaringan inti bersama, tetapi hanya dapat memanfaatkan teknologi Ethernet last mile.

Jadi mengapa, kemudian, VPLS dipasarkan sebagai alternatif yang “lebih baik” dari MPLS?

Kenyataannya adalah Anda tidak harus memilih antara MPLS atau VPLS karena ini biasanya teknologi operator yang disembunyikan dari pelanggan oleh ISP. Setiap teknologi memiliki tempatnya dan biasanya bukan pilihan di atas satu sama lain. Penyedia jaringan terkemuka merancang solusi Anda sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda – tidak pernah menawarkan solusi sampai Anda memahami kebutuhan bisnis individu Anda.

Spinae menawarkan saran yang jelas untuk membuat solusi teknis yang kompleks menjadi sederhana. Kami menyesuaikan layanan kami dengan kebutuhan Anda. Hubungi kami untuk konsultasi tanpa kewajiban.

One Reply to Apa itu VPLS dan Perbedaannya Dengan MPLS?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *