Pengertian Interface MPLS
Materi Kuliah

Apa itu Interface MPLS ? Berikut Penjelasannya!

Dalam perusahaan modern dalam pembangunan infrastruktur jaringan perusahaan teknologi MPLS dapat diterapkan. Apa sajakah fitur? Apa keuntungan yang dimilikinya dibandingkan teknologi perutean tradisional?

Pengertian Interface MPLS

PENGERTIAN INTERFACE MPLS

Sebenarnya MPLS itu apa? Apa teknologi ini? MPLS adalah konsep yang menurutnya jaringan komputer diimplementasikan paket penerusan. Fitur utama alternatif untuk analisis header IPLP tipe router untuk menyediakan semua paket, yang dilakukan untuk menentukan arah transmisi ke bagian selanjutnya dari infrastruktur. Jika teknologi yang dimaksud diaktifkan, analisis header dilakukan sekali setelah masuk ke interface MPLS dan kemudian memeriksa konsistensi antara parameter dan properti aliran paket.

 FITUR DESAIN MPLS

Teknologi yang dikembangkan Spesialis MPLS tertarik pada realisasi protokol komunikasi universal yang cocok untuk infrastruktur saluran yang dialihkan sirkuit dan untuk aplikasi di mana paket dikirim. IP, ATM, Ethernet, SONET, SDH – Jaringan MPLS dapat ditransfer ke berbagai jenis lalu lintas. Pengembangan konsep dilakukan dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan laporan sebelumnya untuk tujuan yang sama. Misalnya, dalam beberapa aspek MPLS ini melibatkan implementasi algoritma sederhana dibandingkan dengan pendekatan yang digunakan dalam solusi tradisional. Menurut para ahli, peralatan jaringan yang mendukung teknologi MPLS mampu menggantikan pasar solusi tradisional, yang menunjukkan bahwa pengembang MPLS telah melakukan pekerjaan yang baik dalam mengoptimalkan dan menguniversalkan konsep tersebut.

MPLS DAN IP

Jadi kita tahu dasar-dasar pengertian MPLS tentang jenis teknologi apa. Dalam jaringan konvensional, yang menggunakan protokol TCP-IP, perutean paket diimplementasikan menggunakan alamat IP komputer tujuan pengiriman paket. Dalam jaringan dengan semua router memiliki informasi tentang apa yang diaktifkan antarmuka selama transfer data, serta di komputer tempat Anda mengarahkan paket saat ini.

Dalam kasus keterlibatan MPLS, pendekatan yang berbeda diterapkan. Dia, seperti yang telah kita ketahui, meliput implementasi Protocol Label Switching. Mereka terikat pada satu paket, yang dikirim melalui jaringan. Router menerima, pada saat yang sama, informasi tentang transmisi data pada – berdasarkan nilai tertentu, yang diberi label MPLS. Dapat dicatat bahwa ini terletak di header MPLS yang terletak di antara frame dan paket sesuai dengan formatnya. Patut diperhatikan bahwa beberapa label dapat ditempatkan pada satu kemasan. Untuk menunjukkan bahwa label tertentu – yang terakhir dalam grup, bendera khusus digunakan.

Akan sangat membantu untuk mempertimbangkan secara lebih rinci keuntungan dari teknologi yang dimaksud, untuk solusi tradisional.

KEUNGGULAN UTAMA MPLS: EFISIENSI PENGOLAHAN DATA

Keuntungan utama dari MPLS adalah waktu yang lebih singkat untuk pemrosesan data dibandingkan saat membandingkan alamat IP. Selain itu, teknologi MPLS mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk penerusan paket melalui router inti. Peralihan secara praktis dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa protokol yang menggunakan label khusus dalam paket data yang dikirim melalui jaringan. Arus yang dialihkan terpisah dengan formulir ini.

MANFAAT MPLS: VERSATILITAS

Fitur penting lainnya dari konsep ini – keserbagunaan. Hampir semua jaringan IP MPLS dapat diimplementasikan. Teknologi yang dimaksud didukung dengan baik di tingkat perangkat keras. Pada dasarnya mungkin, gunakan solusi yang terjangkau untuk mengimplementasikan MPLS – Mikrotik, misalnya. Untuk membawa prinsip-prinsip universal infrastruktur ke kondisi yang dapat digunakan. Namun, desain konfigurasi perangkat keras jaringan MPLS harus dilakukan oleh spesialis yang berpengalaman. Pertama-tama – di bagian dari pemahaman yang kompeten tentang fitur arsitektur jaringan dari komponen perangkat keras.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *