review bibit
Bisnis

Review Bibit,Aplikasi Investasi Online

Review Bibit . Bagi kebanyakan orang saat mereka memiliki sejumlah uang dan aset umumnya mereka berusaha agar uang yang mereka miliki terus berkembang atau umumnya mereka akan menyimpannya di bank entah untuk tabungan atau deposito. Untuk terus mengembangkan uang atau harta yang kalian miliki kalian dapat menggunakan suatu cara salah satu caranya yaitu berinvestasi.

Apa itu investasi?

Mungkin semua orang juga sudah tidak asing dengan kata ini, namun bisa jadi mereka tidak tahu artinya. Lalu apa itu investasi? Secara umum investasi yaitu penanaman modal pada suatu perusahaan atau bisnis, atau dapat dikatakan bahwa investasi adalah suatu cara untuk terus mengembangkan atau menaikkan jumlah nilai uang atau asset yang kita miliki di masa mendatang. Lalu mengapa kita harus mulai berinvestasi?

Mengapa harus mulai berinvestasi?

Seperti pengertian investasi itu sendiri, bahwa investasi bertujuan untuk mendapatkan keuntungan aset di masa depan. Kalian tentunya tidak tahu di masa yang akan datang akan terjadi hal apa pada asset kita, oleh karena itu kalian harus mengetahui seberapa pentingnya investasi. Simak poin berikut ini.

  • Mempersiapkan masa depan

Kebutuhan di masa depan tentunya akan meningkat setiap tahunnya, oleh karena itu kalian perlu sedikit demi sedikit berinvestasi karena saat kalian berinvestasi, kalian akan merasakan keuntungannya sendiri di masa depan nanti.

  • Meningkatkan nilai aset yang kita miliki sekarang

Saat kalian berhasil melakukan investasi, tentunya akan mendapatkan upah atau imbal balik yang lebih banyak, dengan catatan kalian telah melakukan investasi dengan cara yang benar, misalkan tahun ini kalian berinvestasi sebanyak 10 juta, lalu satu tahun kemudian kalian bisa saja mendapatkan imbal lebih sebesar 20% dari dana yang sudah kalian investasikan. Sebenarnya jika kalian dapat melakukan investasi itu dengan benar, maka dapat memberikan lebih daripada hanya deposito di bank.

Investasi pada umumnya dibagi menjadi 2 macam, yaitu

1.Investasi dengan aset Rill

Aset rill disini maksudnya adalah aset yang kalian miliki berupa fisik, diantaranya rumah, bangunan, tanah, atau bahkan emas. Nilai investasi dengan aset rill cenderung meningkat tiap tahunnya, terlebih untuk emas, barang tersebut dapat sewaktu – waktu menjadi murah bahkan sangat mahal.

2.Investasi dengan aset Finansial

Aset finansial sendiri merupakan kebalikan dari aset rill diatas, dimana jika aset rill berwujud, maka berbeda halnya dengan aset finansial, seperti contohnya saham, deposito bank, dan reksadana.

Perkembangan teknologi yang kian pesat membawa dampak perubahan pada banyak sektor. Segala hal dapat kita lakukan sekarang, asal ada smartphone dan internet. Salah satu sektor yang terdampak yaitu keuangan/finansial, dengan contoh nyata yaitu adanya investasi online. Bagi kalian yang ingin memulai investasi namun tidak memiliki waktu banyak untuk mengurus segala keperluannya, atau katakanlah tidak mau ribet, investasi online bisa menjadi salah satunya cara untuk mengatasi hal tersebut. Nah, apa saja manfaat berinvestasi online.

Manfaat investasi online

  1. Mudah diakses, dengan adanya investasi online ini, kalian dapat mengaksesnya dimana saja dan kapan saja, untuk melakukan investasi kalian tidak perlu bertatap muka langsung, cukup buka aplikasinya dan kalian dapat langsung melakukannya.
  2. Cepat, karena semua dilakukan online, maka proses investasi akan lebih cepat daripada harus bertatap muka langsung.
  3. Dapat menjangkau negara lain, dengan adanya internet pintar ini, kalian tidak hanya dapat melakukan investasi secara local, atau dalam negeri saja, tetapi juga dapat merambah ke luar negeri atau pasar internasional.
  4. Monitoring yang mudah, dengan adanya aplikasi online yang dapat kalian buka kapan saja, tentunya memberikan kemudahan kepada kalian saat melakukan monitoring pada investasi – investasi yang sedang kita jalankan.

Seperti yang telah dibicarakan diatas tadi, bahwa investasi dibagi menjadi dua yaitu aset rill dan aset finansial, bagi kalian yang baru terjun ke dunia investasi, kami sarankan untuk mencoba mulai dari yang memiliki risiko terendah yaitu aset finansial dan lebih tepatnya reksadana. Singkatnya reksadana adalah wadah yang menampung dana dari para masyarakat yang selanjutnya akan diinvestasikan oleh manajer investasi dalam portfolio efek. Manajer investasi inilah yang nantinya akan bertanggungjawab atas kinerja reksadana. Oleh karena itulah mengapa reksadana sangat diminati oleh kalangan para pemula sekarang ini.

Berbicara mengenai reksadana, saat ini sudah banyak platform atau aplikasi yang sengaja menyediakan investasi online khususnya reksadana, salah satunya yaitu Bibit.

Apa itu Bibit?

Bibit atau PT Bibit Tumbuh Bersama merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang online yang menjadi Agen Penjual Efek Reksa Dana, yang tentunya sudah terjamin keamanannya karena sudah diawasi langsung oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) .

Perusahaan Bibit ini sendiri baru mulai ramai dikenal masyarakat pada tahun 2019 lalu karena berdasarkan informasi yang beredar, Bibit telah diakusisi oleh Stockbit pada tahun 2019 lalu.

Mengapa harus Bibit?

Setiap aplikasi pastinya memiliki kurang lebihnya masing – masing, maka dari itu kalian harus pandai – pandai untuk memilih platform yang akan kita gunakan, terlebih pada investasi. Nah berikut keunggulan aplikasi bibit.

  1. Gratis pada biaya transaksi

Saat pembelian reksadana di aplikasi bibit, para investor tidak akan dikenakan biaya pembelian maupun penjualan. Berbeda jika kalian membelinya di bank pada umumnya. Hal ini tentunya dapat memberikan sedikit keringanan saat kalian akan mencoba investasi.

  • Transaksi pembayaran yang mudah

Pada Bibit kalian tidak perlu pusing – pusing saat akan melakukan pembayaran atau penarikan karena di aplikasi ini kita dapat melakukan lewat virtual account ataupun gopay.

  • Kualitas Manajer investasi dan reksa dan yang bagus

Bibit.id sebelum melakukan kerjasama dengan para Manajer investasi, mereka telah melakukan serangkaian seleksi agar mendapatkan para Manajer yang maksimal. Selain itu pula Bibit.id telah telah melakukan riset agar mendapatkan reksadana yang cocok yang nantinya dapat kalian pilih sendiri.

  • Minimum investasi

Bagi kalian yang masih ragu akan berinvestasi dengan dana yang besar, maka kalian dapat memulainya dari dana yang paling minimum di Bibit.id yaitu 10 ribu rupiah.

  • User Interface yang ramah

Pada setiap aplikasi tentunya tampilan merupakan salah satu kunci utama pada kualitas aplikasi, Bibit.id memiliki UI dan UX sederhana, hal itu dapat membuat para pengguna bibit betah berlama – lama di sana.

Fitur penting pada Bibit                        

  • Fitur Robo Advisor

Pada aplikasi bibit terdapat Robo Advisor. Robo Advisor merupkan produk kecanggihan buatan atau biasa disebut AI. Di sini ia bertugas untuk membangun profil resiko dan portfolio. Fitur ini nantinya akan membantu kalian berinvestasi, terlebih jika kalian baru pertama kali mencoba. Robo Advisor juga nantinya akan memberikan rekomendasi reksadana yang cocok untuk kalian.

  •  Fitur nabung rutin

Bagi kalian orang yang gemar menabung, kalian dapat memanfaatkan fitur ini. Di fitur ini juga kalian dapat menyetel pengingat yang nantinya memberikan notifikasi berupa peringatan menabung sesuai jadwal yang sudah kalian tetapkan sendiri.

Bagaimana cara pendaftaran di Bibit

  1. Masuk aplikasi bibit, lalu pilih Register
  2. Lalu jawab beberapa pertanyaan yang diberikan, usahakan jawab dengan jujur, karena jawaban kalian nantinya akan berpengaruh pada investasi kalian.
  3. Isikan informasi yang dibutuhkan seperti email, nomor hp yang nantinya akan diverifikasi.
  4. Setelah berhasil verifikasi, akan dibawa pada halaman registrasi selanjutnya, di sana kalian akan diminta mengisi beberapa data seperti pendidikan, pendapatan dan sumber penghasilan.
  5. Setelah step 2 berhasil maka kalian dapat langsung menggunakan akun kalian, dan dapat mulai berinvestasi.

Bagi kalian yang baru ingin belajar berinvestasi reksadana Bibit.id dapat menjadi salah satu solusi kalian, dengan berinvestasi online, kalian tidak perlu mengeluarkan banyak waktu untuk mengurus berkas investasi lainnya, cukup membuka platform tersebut, maka kalian sudah dapat berinvestasi dari mana saja dan kapan saja. Bagi kalian yang masih bimbang atau takut akan investasi, baiknya coba dulu sebelum menyimpulkan. Karena di bibit.id keamanannya sudah terjamin langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Demikian informasi mengenai platform investasi Bibit.id semoga dapat menjawab pertanyaan kalian yang masih bingung saat akan berinvestasi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *