Rekomendasi Situs Freelance Untuk Anak SMK
Bisnis, Pekerjaan

Rekomendasi Situs Freelance Untuk Anak SMK

Perkembangan teknologi membawa dampak besar pada beragam sektor di Indonesia, salah satunya yaitu Pekerjaan. Dewasa ini banyak pekerjaan baru yang muncul, dari mulai ramainya profesi programmer, youtuber, bahkan influencer. Di perkembangan teknologi seperti ini, mendapatkan pekerjaan bukanlah hal yang mudah, tentunya karena persaingan yang semakin ketat. Bagi kalian para fresh graduate atau para lulusan SMA/SMK yang ingin mencari kerja namun belum ada pengalaman, kalian bisa loh menjadi freelancer asalkan kalian memiliki skill yang dapat dijual. Mari kita berkenalan sebentar dengan Freelancer.

Rekomendasi Situs Freelance Untuk Anak SMK

Apa itu Freelancer?

Tentunya bagi kalian yang sangat mengikuti perkembangan zaman tidak asing lagi dengan kata ini. Freelancer ini sendiri yaitu orang yang bekerja secara mandiri atau biasa disebut pekerja lepas yang tidak terikat dengan kontrak manapun dan cenderung melakukan project jangka pendek. Karena bekerja secara mandiri, tentunya freelancer ini dapat melakukan pekerjaannya dimanapun dan kapanpun, mereka tak perlu kantor yang mewah, cukup di dalam kamar saja, asal ada laptop dan internet, maka semuanya dapat berjalan lancar. Freelancer ini juga dapat dijadikan kerja sampingan loh, jika memang kalian sudah memiliki pekerjaan tetap, namun masih butuh dana ataupun ingin menyalurkan skill, kalian dapat menjadi freelancer di hari – hari weekend. Bagi kalian yang ingin menjadi freelancer saja, harus memiliki skill yang sekiranya dapat dijual, contohnya editor video, desain grafis, programmer, penulis, dsb.

Baca Juga

50+ Peluang Usaha Mahasiswa Setelah Lulus Kuliah

Lalu dimana kalian akan menawarkan jasa kalian? Nah di artikel kali ini kami akan bagikan beberapa situs Freelance Untuk Anak SMK

1.Projects.co.id

Projects.co.id merupakan situs yang dapat digunakan oleh para pekerja lepas, situs tersebut mempertemukan para freelancer dengan para owner.

Di situs tersebut terdapat 2 transaksi pertama transaksi project. Transaksi project  artinya para owner memasang project yang ingin diselesaikan, lalu para worker mencari project yang sekiranya dapat mereka lakukan. Setelah itu para owner memilih worker yang sekiranya memenuhi syarat, setelah project selesai dikerjakan, selanjutnya dapat melakukan pembayaran.

Sedangkan transaksi kedua yaitu jual beli produk digital antara seller dengan buyer.

2.Sribulancer

Situs kali ini, tentunya sudah tidak asing lagi di telinga para freelancer, masih sama seperti yang sebelumnya, sribulancer juga merupakan situs yang mempertumakan para freelancer dengan klien. Kategori yang ada di sribulancer juga beragam dari mulai pengembangan website, pemasaran, penulisan, desain, serta penerjemah. Untuk registrasi menjadi freelancer di sana pun tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis.  Di sribulancer pun kliennya tidak main – main, mereka sudah bekerjasama dengan beberapa perusahaan ternama diantaranya Google, Traveloka, LINE, Gojek. Untuk menjadi freelancer disana tidak perlu syarat yang sulit asal kalian memiliki skill dan portoflio yang menarik maka klien akan menghire kalian.

3.Upwork

Jika tadi merupakan situs yang berasal dari Indonesia, maka beda lagi dengan situs yang satu ini, Upwork merupakan situs yang sangat populer di kalangan para freelancer Indonesia maupun dunia. Situs yang berasal dari Amerika Serikat ini memiliki para freelancer yang berbakat di bidang masing – masing. Kategori yang ditawarkan pun cukup menarik diantaranya

  1. Web, Mobile, Software
  2. Design & Creative
  3. Writing
  4. Sales & Marketing
  5. Data Analyst
  6. Admin Support
  7. Customer Service

Dan masih banyak lagi, namun kedengarannya, untuk mendapatkan project pertama di Upwork cukup sulit, selain skill, kita juga harus membuat cover letter yang menarik agar para owner tertarik dengan jasa kita. Meskipun cukup sulit, namun fee nya juga cukup menggiurkan. Pembayaran di Upwork pun tidak main – main, karena situsnya sudah menjangkau dunia, maka menggunakan mata uang dollar.

4.Sribu

Bagi kalian para freelancer yang berkecimpung di dunia desain, situs ini dapat menjadi solusi kalian. Sribu sebeneranya masih satu perusahaan dengan Sribulancer, namun bedanya Sribu hanya fokus di kategori desain saja. Desain tersebut dibagi lagi menjadi beberapa kategori diantaranya

  1. Logo Design
  2. Invitation Design
  3. Banner Design
  4. Poster Design
  5. Web Design

Dan masih banyak lagi kategori lainnya, klien yang mencari jasa lewat Sribu pun beragam, terdapat perusahaan besar seperti Pertamina, Kompas, Telkomsel,Trans TV dan dsb. Sribu ini sudah berdiri sekitar 6 tahun yang lalu, dan pastinya sudah mendapatkan achievement yang begitu banyak.

5.Fastwork

Masih dalam situs freelance Indonesia, kali ini terdapat Fastwork. Situs ini masih sama seperti situs freelance pada umumnya, namun ada yang menarik dari Fastwork yaitu salah satu kategorinya yang jarang muncul di situs lain yaitu Jasa Konsultasi. Konsultasi ini beragam, dari mulai konsultasi marketing, hukum, branding bahkan konsultasi pengembangan diri. Di fastwork pun para freelancer dapat membuat iklan sendiri, dan para owner pun dapat memilih secara langsung freelancer mana yang memenuhi persyaratan pengerjaan projectnya.

6.Freelancer

Freelancer merupakan situs yang berasal dari Australia. Meskipun berasal dari Australia, situs ini sudah menggunakan bahasa Indonesia, agar para freelance yang berasal dari Indonesia tidak menglami kesulitan saat akan mencari atau menawarkan projectnya. Karena situs ini berasal dari luar negeri, harga project yang ditawarkan pun bukan per rupiah, namun per dollar.

Freelancer ini sendiri memiliki kategori yang lebih banyak daripada situs freelance yang lain, di website nya tercatat ada 1.350 kategori yang berbeda. Dan sudah bekerjasama dengan perusahaan ternama di dunia seperti Miscrosoft dan Intel.

7.99Designs

Selain situs Sribu yang berfokus pada kategori desain, terdapat juga situs lain yaitu 99Designs, bedanya situs ini berasal dari Amerika. Kategori design yang ditawarkan pun menarik diantaranya

  1. Landing Page Design
  2. WordPress Theme Design
  3. Website Builders
  4. Web Page Design, hingga
  5. T-Shirt Design

Tidak kalah menarik bukan? Dengan Sribu. Selain mempertemukan freelance dengan para klien 99Designs ini juga memiliki beberapa perbedaan, yaitu terdapat artike seputar dunia desain, yang dapat kalian baca sewaktu – waktu untuk menambah wawasan kalian, selain itu juga website 99Designs yang friendly ditambah ilustrasi – ilustrasi yang menarik, membuat kalian akan betah berlama – lama di sana.

8.Fiverr

Situs yang terakhir ini sudah kategori Internasional, seperti Upwork dan Freelancer, terbukti dengan pembayaran yang dilakukan menggunakan mata uang dollar. Kategori yang ditawarkan pun tak jauh berbeda dengan situs sebelumnya, seperti desain, digital marketing, programming,dsb.

Namun, ada yang menarik dari Fiverr ini, yaitu kategori Music & Audio dan Animation & Video. Di kategori tersebut terdapat animation for kids, video editing, game trailers, product photography, voice over, podcast editing dan masih banyak lagi. Bagi kalian yang suka di bidang video, fotografi, dan animasi. Kalian wajib mendaftar di Fiverr.

Nah, itulah beberapa situs yang dapat para freelance gunakan untuk mencari project atau menawarkan jasa mereka. Dari mulai situs lokal sampai internasional. Untuk mendapatkan project sebenarnya tidaklah sulit, asalkan kalian memiliki skill yang mumpuni di bidang kalian masing – masing, dan kalian dapat meyakinkan klien, maka project akan mudah didapatkan.

Demikianlah informasi seputar situs bagi para freelance, jangan lupa bagikan jika dirasa artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Terimakasih atas kunjungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *