Cara Install Visual Studio Professional 2019
Materi Kuliah, Programming

Cara Install Visual Studio Professional 2019

Cara Install Visual Studio Professional 2019. Pengembangan aplikasi semakin sini sudah semakin maju, dari mulai aplikasi android, iOS, bahkan aplikasi windows. Karena tuntutan pengembangan aplikasi itulah muncul berbagai perangkat lunak untuk menunjang pembuatan aplikasi. Salah satunya adalah Visual Studio. Bagi kalian para developer mungkin sudah tak asing lagi dengan aplikasi ini. Visual Studio ini merupakan perangkat lunak untuk pengembangan aplikasi, yang di dalamnya sudah mencakup kompiler, SDK, IDE. Kompiler itu sendiri beragam dari mulai Visual C++, Visual C#, Visual Basic dan masih banyak lagi. Visual Studio ini memiliki 3 edisi diantaranya community, professional, dan perusahaan. Di aritikel kali ini kami akan sedikit membahas mengenai Visual Studio 2019 edisi Professional. Lalu apa saja yang akan kalian dapatkan dari VS Professional ini?

Cara Install Visual Studio Professional 2019

  1. Develop, di sana kalian akan mendapatkan peningkatan kerja yang lebih produktif, pembersihan kode instan,dan hasil penelusuran yang lebih baik.
  2. Collaborate, kalian dapat berkolaborasi melalui alur Git-first, pengeditan dan debugging yang real time, dan review code langsung di VS.
  3. Debug, kalian dapat mengoptimalkan penggunaan memori, dan mengambil snapshot secara otomatis dari aplikasi yang sedang kalian eksekusi

Untuk cara penginstallannya langsung simak caranya berikut ini.

1.Bagi kalian yang belum mendownload extension VS Professional 2019, kalian bisa mendapatkan langsung dari website resmi miscrosoft ini https://visualstudio.microsoft.com/vs/. Lalu akan muncul gambar seperti di bawah ini, di segitiga kecil pilih Proffessional 2019. Lalu akan otomatis terdownload. Namun, bagi yang sudah lanjut ke step berikutnya.

2.Setelah selesai mendownload, di file explorer kalian di bagian Downloads, akan muncul seperti ini, selanjutnya klik dua kali.

3.Setelah klik dua kali, akan muncul tampilan seperti persiapan menginstall, selanjutnya akan muncul gambar seperti di bawah ini. Lalu klik Continue saja.

4.Selanjutnya muncul tampilan seperti ini, tunggu hingga Downloading dan Installing selesai.

5.Setelah selesai, akan muncul jendela seperti ini, lalu lanjut ke step selanjutnya.

6.Di step ini, kalian diminta untuk memilih fitur – fitur mana yang ingin kalian install. Seperti di sini contohnya kami memliih ASP.NET and web development.  Untuk installation detailsnya kami biarkan default saja.

7.Jika sudah selesai memilih fitur mana saja langsung klik Install. Dan tunggu sampai proses selesai. Namun, jika masih ada yang ingin ditambahkan atau dikurangi lanjut step di bawah ini.

8.(Opsional) Jika kalian ingin menambahkan atau mengurangi fitur buka di tab sebelahnya yaitu Individual components lalu pilih sesuai keinginan kalian.

9.(Opsional) Jika kalian ingin menggunakan bahasa yang lain pada Visual Studio kalian dapat memilih di tab Language packs. Dan pilih bahasa mana lagi yang ingin kalian gunakan.

10.(Opsional) Setelah selesai memilih fitur, selanjutnya pilih lokasi dimana Visual Studio kalian akan diinstal. Saran kami biarkan lokasinya default yaitu di C. Karena agar Visual Studionya berjalan cepat. catatan : apabila setelah berhasil install kalian ingin memindah lokasi penyimpanannya, maka kalian harus re-install dari awal.

11.Setelah pemilihan benar – benar selesai, dan sudah yakin, kalian dapat langsung menginstallnya. Jika space required nya besar, kemungkinan akan membutuhkan proses install cukup lama. Dan tunggu hingga proses selesai.

12.Setelah proses instalasi selesai, kalian dapat langsung membuat project dengan Create a new project. Dan kalian dapat langsung membuat code di sana. Catatan : apabila setelah instalasi selesai kalian ingin menginstall fitur lain cukup pilih Tools > Get Tools and Features lalu pilih fitur mana yang ingin ditambahkan lagi.

Kira – kira seperti itulah cara install Visual Studio Professional 2019, mudah bukan? Langsung saja kalian praktekan di komputer kalian masing – masing. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *