Programming

Perbedaan Fungsi ASC dan DESC

Perbedaan Fungsi ASC dan DESC . SQL (Structured Query Language) adalah bahasa yang digunakan dalam pemrograman

Perbedaan Fungsi ASC dan DESC . SQL (Structured Query Language) adalah bahasa yang digunakan dalam pemrograman dan di rancang untuk mengelola data yang tersimpan dalam Sistem Manajemen Database. Data yang sudah tersimpan ini tentunya harus kita olah dan pelihara, oleh karena itu penting bagi kita untuk mengetahui syntax/perintah apa saja yang terdapat dalam database.

Perbedaan Fungsi ASC dan DESC

Dalam mengelola data, seringkali kita membutuhkan urutan data tersebut sesuai abjad, untuk mendapatkannya kita bisa menggunakan ORDER BY, setelah itu diikuti parameter ASC dan DESC.

Baca Juga

Jenis-jenis Basis Data dan Pengertiannya

Apa itu ASC dan DESC

  • ASC (Ascending) merupakan query untuk mengurutkan data dari yang terkecil ke terbesar, misalnya huruf A ke Z, dan angka 1 ke 10.
  • DESC (Descending) merupakan kebalikan dari ASC, yaitu mengurutkan data dari terbesar ke terkecil, misalnya huruf Z ke A. Pada artikel kali ini kami akan memberi contoh penggunaan query ASC dan DESC pada database.

Di contoh kali ini, sebelumnya kami telah membuat table bernama Bunga, yang berisikan kolom NamaBunga dan id. Pada kolom tersebut kami sudah mengisikan sebanyak 3 data yaitu Bunga Matahari, Tulip, dan Anggrek. Nah bagaimana syntax ASC dan DESC untuk mengurutkan data tersebut? Mari simak penjelasan dibawah ini

Baca Juga

Database dan Komponen-Komponenya Yang Harus Anda Ketahui!

Syntax yang digunakan untuk mengurutkan dari data yang terkecil, yaitu

SELECT * FROM nama_tabel ORDER BY nama_kolom ASC;

Dari contoh diatas Bunga merupakan nama table, dan NamaBunga merupakan nama kolom, dan hasil datanya yaitu urutan nama bunga dari abjad terkecil. Mengapa yang id tidak? Karena pada perintah yang sudah kita tulis, kita hanya mengurutkan kolom nama bunga.

Untuk contoh yang kedua, dapat kita lihat bahwa menampilkan dari table Bunga menampilkan data dari yang terbesar ke terkecil.

Nah, itulah kira – kira perbedaan ASC dan DESC, beserta cara penggunaan syntaxnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *