Uncategorized

Beberapa Pekerjaan Yang Cocok Untuk Lulusan Jurusan IT

Pekerjaan Yang Cocok Untuk Lulusan IT . Saat ini perkembangan teknologi memang sedang berkembang dengan pesat. Tentunya hal ini menyebabkan pengaruh yang sangat besar untuk berbagai bidang, salah satunya bidang teknologi IT. Oleh karena itu, tidak heran jika kini jurusan IT di beberapa kampus di Indonesia menjadi salah satu jurusan yang paling diminati dan sangat populer.

Pekerjaan Yang Cocok Untuk Lulusan IT


Nah bagi Anda yang berniat untuk mengambil jurusan IT namun masih bingung prospek kerja setelah lulus seperti apa. Berikut ini Beberapa Pekerjaan Yang Cocok Untuk Lulusan IT. Simak ulasannya sampai akhir ya!

IT Consultant

Salah satu profesi yang bisa dilakukan oleh para lulusan IT yaitu dengan menjadi IT Consultant. Perlu Anda ketahui bahwa tugas dari seorang IT Consultant yaitu memecahkan permasalahan dari suatu sistem yang tentunya sedang mengalami kendala ataupun masalah. Oleh karena itu, untuk bisa mengatasi berbagai permasalahan tersebut dibutuhkan seorang IT Consultant yang handal supaya sistem yang sedang mengalami masalah ini bisa segera lancar kembali. Hal ini memang tidak dapat dipungkiri bahwa sistem yang terbaik sekalipun pastinya dalam suatu waktu akan mengalami suatu permasalahan baik itu besar maupun kecil.

Network Administrator

Daftar pekerjaan selanjutnya bagi para lulusan IT yaitu Network Administrator. Pekerjaan dari Network Administrator ini adalah untuk menjaga keamanan dari sistem jaringan yang ada sehingga tidak akan bisa diretas oleh hacker. Tentunya pekerjaan yang satu ini sangat penting. Mengingat dengan teknologi saat ini yang semakin canggih, orang-orang pun bisa melakukan berbagai macam cara untuk bisa mendapatkan berbagai informasi yang diinginkannya dengan cara meretas sistem jaringan.

Software Tester

Sesuai dengan namanya, Software Tester merupakan daftar pekerjaan para lulusan IT yang memiliki tugas untuk bertanggung jawab atas software atau perangkat lunak yang telah diciptakan dengan mengujinya terlebih dahulu. Jika fungsinya telah sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan, maka perangkat lunak tersebut bisa lolos dan bisa digunakan oleh banyak orang.

System Analiyst

Menjadi System Analiyst merupakan suatu pekerjaan lulusan IT yang terbilang gampang-gampang susah. Pasalnya, dalam hal ini mereka diharuskan untuk menganalisis setiap sistem yang digunakan. Oleh karena itu, pekerjaan ini membutuhkan ketelitian yang cukup tinggi supaya bisa memantau sistem dengan cermat. Sebenarnya tidak hanya itu saja, ketika seseorang memutuskan untuk mengambil pekerjaan ini, maka ia harus bisa melakukan berbagai inovasi untuk meng-upgrade sistem yang telah ada.

Application Developer

Suatu profesi atau pekerjaan yang bisa dibilang sedang digandrungi oleh para lulusan IT yaitu menjadi Application Developer atau seorang pengembang aplikasi. Ditambah lagi kondisi saat ini, dimana para perusahaan sangat membutuhkan seorang Application Developer untuk mengembangkan aplikasinya. Maka dari itu tidak heran jika banyak sekali lowongan pekerjaan yang membutuhkan seorang developer aplikasi ini.

Namun tentunya untuk menjadi seorang Application Developer ini dibutuhkan daya kreativitas yang sangat tinggi dan juga bisa memahami algoritma dengan baik. Bagaimana Anda tertarik untuk terjun ke dalm pekerjaan ini?

Web Designer

Teknologi yang semakin canggih mengakibatkan dunia internet pun mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Sebagaimana kita ketahui bahwa saat ini banyak sekali website yang bisa diakses oleh para user. Oleh karena itu, menjadi seorang Web Designer ini sangat dibutuhkan. Tentunya tugas yang harus dilakukan oleh pekerjaan bagi lulusan IT ini yaitu mendesain halaman website sehingga lebih tertata rapi, menarik, dan pastinya cantik.

Untuk menjadi seorang Web Designer ini dibutuhkan kemampuan dalam mengintegrasikan berbagai komponen baik itu gambar, file, ataupun berbagai multimedia lainnya untuk dijadikan sebagai content page yang menarik.

Web Developer

Jika sebelumnya kita telah membahas tentang developer aplikasi, daftar pekerjaan kali ini bagi lulusan IT yaitu dengan menjadi Web Developer. Sesuai dengan profesinya, dalam hal ini seseorang yang menjadi Web Developer maka memiliki tanggung jawab untuk membuat suatu aplikasi yang berbasis website, mulai dari pemanggilan database, menciptakan sebuah halaman website yang dinamis, sampai dengan mengatur pengunjung dari sebuah website yang telah diciptakan.

Blogger

Bagi para lulusan IT yag memiliki hobi dalam dunia kepenulisan, salah satu pekerjaan yang bisa dilakukan yaitu dengan menjadi seorang blogger. Mengapa untuk menjadi seorang blogger ini dibutuhkan dasar-dasar ilmu informatika? Ya, hal ini dikarenakan ketika membuat blogger tentunya sangat berkaitan dengan berbagai dunia teknologi. Sehingga menjadi seorang blogger ini sangat cocok untuk kalian para lulusan IT yang senang menulis.

SEO Specialist

Selain menjadi seorang blogger, bagi para lulusan IT yang senang mengenal dunia kepenulisan ini pun bisa menjadi seorang SEO Specialist. Adapun pekerjaan dari SEO Specialist ini pun yaitu untuk membuat website berada di halaman pertama ketika dicari oleh user. Pekerjaan sebagai SEO Specialist ini telah merebak semenjak adanya Google sebagai mesin pencari.

Desainer Grafis

Jika Anda merupakan seorang lulusan IT pastinya sudah tidak asing lagi bukan ketika mendengar profesi menjadi seorang desainer grafis. Pekerjaan ini sangat sesuai bagi mereka yang senang dengan hal-hal yang berkaitan dengan desain, ilustrasi, fotografi dan yang lainnya. Untuk menjadi seorang desainer grafis saat ini memang bisa dibilang cukup mudah, apalagi bagi para lulusan IT. Hal ini dikarenakan banyak sekali software yang bisa digunakan oleh seorang desainer grafis ini seperti Photoshop, Corel, dan beberapa software lainnya. 

Cloud Architect

Komputasi awan atau penyimpanan awan memang tengah digemari oleh para user saat ini. Akibatnya dengan merebaknya penyimpanan awan ini dibutuhkan seorang Cloud Architect. Peluang dari pekerjaan bagi para lulusan IT ini bisa dibilang masih cukup besar. Pasalnya, saat ini masih sangat jarang orang yang memiliki minat untuk menjadi seorang Cloud Architect ini karena ada beberapa hal yang sangat perlu untuk dikuasai seperti sistem operasi Windows maupun Linux, paham dengan jaringan baik itu TCP, HTTP, maupun DNS, dan paham akan bahasa pemrograman.

Game Developer

Merebaknya perkembangan teknologi yang semakin canggih saat ini mengakibatkan banyak orang mengambil pekerjaan sebagai game developer. Terlebih saat ini banyak sekali game-game baru yang bermunculan dan sangat diminati oleh para gamers. Hal ini pun tentunya mendorong beberapa orang untuk membuat suatu game terbaru yang lebih menarik dan lebih canggih. Maka tidak heran jika pekerjaan menjadi game developer ini sangat dibutuhkan oleh berbagai pihak tertentu.

Dosen IT

Menjadi dosen IT merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi mereka para lulusan IT. Hal ini karena untuk menjadi dosen IT tentunya harus memiliki berbagai macam pengetahuan mengenai dunia teknologi untuk dibagikan kepada para mahasiswanya.

Mungkin itulah ulasan mengenai daftar pekerjaan bagi para lulusan IT. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi Anda yang sedang kebingungan mengenai prospek kerja dari seorang alumnus jurusan IT. 

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *