Uncategorized

Mengenal Beberapa Jurusan SMK Di Indonesia Paling Banyak Diminati

Mengenal Beberapa Jurusan SMK Di Indonesia Paling Banyak Diminati – SMK memang menjadi pilihan utama bagi anak-anak yang ingin memilih penjurusan lebih dalam. Usahakan dalam memilih jurusan harus sesuai dengan passion yang ada dalam diri sendiri. Selain itu, Anda juga harus bisa memperkirakan pekerjaan yang sesuai dengan jurusan yang akan dipelajari pada jenjang SMK.


Oleh karena itu, kenalilah beberapa jurusan yang bagus dan diminati oleh banyak orang. Ini bisa membuka peluang Anda untuk prospek kerja di masa depan. Perhatikanlah penjelasan artikel berikut ini untuk mengetahui beberapa jurusan SMK di Indonesia yang paling banyak diminati

Otomotif

Otomotif memang menjadi salah satu trend SMK terutama untuk anak laki-laki. Ini dikarenakan pelajaran yang didalamnya sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari dan bahkan banyak perusahaan yang mencari lulusan jurusan ini. Ini dikarenakan banyak berkembangnya perusahaan otomotif di Indonesia.

Salah satu perusahaan otomotif yang terkenal adalah Astra group. Perusahaan ini bahkan mencari lulusan terbaik otomotif tiap tahunnya. Satu daerah kota atau kabupaten akan diambil 10 hingga 20 siswa terbaik dan direkrut untuk bekerja di perusahaan.

Rekayasa Perangkat Lunak

Mengenal beberapa jurusan SMK di Indonesia paling banyak diminati, RPL adalah salah satu jawabannya. Dengan berkembangnya teknologi yang begitu cepat, rekayasa perangkat lunak juga sangat dibutuhkan untuk mengimbanginya. Jurusan ini akan membawa Anda pada pembuatan software atau pemrograman komputer.

Banyak yang mengatakan bahwa lulusan RPL bisa bekerja dengan mandiri. Maksud dari pernyataan ini adalah ketika Anda sudah ada ilmu tentang merekayasa perangkat lunak, pekerjaan dapat Anda buat dengan sendirinya. Anda bisa membuat software dan kemudian dijual ke beberapa perusahaan atau perorangan.

Multimedia

Berbeda dengan jurusan rekayasa perangkat lunak, multimedia akan membawa pemahaman yang lebih tentang pengembangan web. Jurusan multimedia ini akan mempelajari mengenai pengembangan multimedia, web, permainan, industri media, bahkan produksi sinema. Jika Anda belajar disini, Anda akan diajarkan secara teori dasar dan langsung praktik di dalamnya.

Dengan begitu, penguasaan keterampilan Anda pada multimedia akan terasah setiap harinya. Pekerjaan yang ada di kantor bahkan perusahaan sangat membutuhkan adanya orang yang ahli dalam bidang ini.

Analisis Kesehatan

Selanjutnya, Anda harus mengetahui analisis kesehatan sebagai pembahasan mengenal beberapa jurusan SMK di Indonesia paling banyak diminati. Tenaga kesehatan memang selalu dibutuhkan di setiap masa. Ini dikarenakan setiap manusia tidak bisa dalam keadaan sehat setiap harinya. Untuk itu, orang yang ahli mengenai analisis kesehatan sangat dibutuhkan.

Analisis kesehatan ini mempelajari tentang analisa penyakit yang ada dalam diri seseorang. Jika orang yang lulus analisis kesehatan ini pasti nantinya akan bekerja pada lab kesehatan di rumah sakit. Tidak banyak SMK yang menyediakan jurusan ini. Untuk itu, jika Anda memang passion dalam bidang ini maka carilah SMK yang bagus akan pendidikan analisis kesehatan.

Analisis Kimia

Jika di SMA terdapat jurusan IPA yang didalamnya meliputi pembelajaran biologi, fisika, dan kimia maka di SMK langsung penjurusan pada analisis kimia. Pada jurusan ini Anda akan diajarkan mengenal pengenalan zat-zat kimia. Setelah itu, Anda akan diajarkan mengenai analisa zat tersebut. Banyak yang mengatakan jika jurusan ini termasuk salah satu penjurusan yang berat di SMK.

Akan tetapi, melalui proses tersebut Anda akan mudah untuk memahami zat yang ada dalam kehidupan. Pekerjaan yang membutuhkan ahli analisis kimia juga sangat banyak. Untuk itu, Anda tidak perlu ragu jika ingin mengambil jurusan ini. Karena analisis kimia adalah termasuk salah satu point dalam pembahasan mengenal beberapa jurusan SMK di Indonesia paling banyak diminati.

Demikianlah penjelasan mengenai  mengenal beberapa jurusan SMK di Indonesia paling banyak diminati. Sebelum masuk dan memilih penjurusan, Anda diharapkan supaya memilih sesuai dengan passion yang dimiliki. Selain itu, Anda bisa menganalisa apakah jurusan tersebut akan sesuai dengan pekerjaan yang Anda inginkan.

Jangan terlalu terburu-buru jika ingin mengambil langkah awal pemilihan jurusan. Selain itu, janganlah Anda masuk ke dalam SMK hanya untuk ikut-ikut karena banyak teman disana. Oleh karena itu, siapkan mental Anda untuk belajar di SMK agar bisa terlatih dan terasah baik kemampuan teori maupun praktik.

 

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *