Materi Kuliah Basis Data
Uncategorized

Materi Kuliah Basis Data

Bagi kalian yang kuliah di jurusan yang berbau komputer entah itu teknik informatika, sistem informasi, dan masih banyak lainnya pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan matkul ini, nah bagi kalian yang belum familiar dengan ini, mari kita berkenalan sedikit. Basis data atau yang biasa disebut dengan Database merupakan sekumpulan data yang tersimpan secara sistematis di server, dimana kalian bisa mengelola data tersebut, entah itu menambah, mengedit, atau bahkan menghapus . Untuk mengelola data, kalian membutuhkan perangkat lunak yang biasa disebut system database management . Nah apa tujuan dari basis data itu sendiri? Jika di informatika kalian pernah membuat sebuah aplikasi, pastinya kalian membutuhkan database untuk menyimpan datanya, jadi dapat dikatakan tujuan dari basis data adalah sebagai efisiensi yang meliputi speed, space, dan accuracy, untuk menangani data dalam jumlah besar, dan meniadakan duplikasi dan inkonsistensi data.

Materi Kuliah Basis Data

Di artikel ini, kami akan merangkum beberapa materi mengenai basis data yang akan kalian pelajari di bangku kuliah nanti.

1. Terminologi Basis dan Konsep Basis Data

Dalam mata kuliah ini kalian akan mulai berkenalan dengan database, disana kalian akan mengerti apa itu basis data, apa tujuan dari dibangunnya basis data, dan mengapa kita harus mempelajari ini.

2. Hierarki Data

Pada database terdapat tingkatan data berdasarkan kompleksitas nilai data, mulai dari yang sederhana sampai yang komplek, data tersebut itulah yang nantinya disusun ke dalam sebuah hierarki.

3. Konsep DBMS

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa kita membutuhkan perangkat lunak untuk memudahkan dan mengefisienkan pemasukan, pengeditan, penghapusan dan pengambilan informasi terhadap database, oleh karena itu kalian membutuhkan software yaitu  DBMS (Database Management Sytem). Komponen tersbut diantaranya perangkat keras, user, basis data, dan perangkat lunak. Perangkat lunak itu[un terdapat bermacam – macam diantaranya MS access, SQL Server, Oracle dsb.

4. Pemanfaatan Ilmu Basis Data

Dalam mata kuliah ini membahas mengenai pemanfaatan atau pengimplementasian ilmu basis data, yang bisa digunakan dalam banyak bidang, diantaranya bidang fungsional seperti akuntansi, reservasi, dll. Disamping itu pula dapat digunakan di bidang perusahaan, contohnya rumah sakit, perbankan, sekolah dan masih banyak lainnya.

5. Abstraksi Data

Abstraksi data merupakan tingkatan-tingkatan pengguna dalam memandang bagaimana sebenarnya data diolah dalam sebuah sistem database sehingga menyerupai kondisi yang biasa dihadapi oleh pengguna sehari-hari. Hal ini bertujuan untuk akan menyembunyikan detail tentang bagaimana data disimpan dan dipelihara, sehingga data yang terlihatoleh user sebenarnya berbeda dengan yang tersimpan secara fisik.

6. Model Basis Data

Model database merupakan konsep yang menggambarkan hubungan antar data dan batasan (constraint) dalam suatu sistem database. Model database terdapat 3 jenis yaitu model hierarki, model jaringan dan model relasi. Namun, pada saat ini model yang paling banyak dipakai adalah Model Relasi karena paling sederhana dan mudah digunakan.

7. Model ER

Entitiy Relationship atau ER merupakan model data tingkat tinggi untuk perancangan basis data, model data ini yang mendeskripsikan struktur basis data, transaksi pengambilan dan pembaruan basis data. Di mata kuliah ini pula kalian akan belajar komponen – komponen model ER.

8. Normalisasi

Normalisasi basis data merupakan proses untuk memperoleh skema relasi yang bagus menjadi bentuk normal lebih tinggi, tujuan dari normalisasi ini adalah agar tidak terjadi  redudansi atau pengulangan data dan anomaly atau ketidak-konsistenan  (inkosistensi).

Mata kuliah diatas, hanya sebagian dari banyak mata kuliah mengenai sistem basis data lainnya namun, kami berharap penjelasan ini bisa memberikan gambaran pada kalian yang masih awam dengan database dan mungkin baru pertama kali mendengarnya. Sekian informasi yang dapat kita bagikan, semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!