Uncategorized

Makalah Renang Gaya Bebas Terlengkap

Makalah Renang Gaya Bebas TerlengkapLukisan-lukisan tentang perenang dari Zaman Batu telah ditemukan di “gua perenang” yang berdekatan dengan Wadi Sora di Gilf Kebir, Mesir barat daya. Catatan tertulis tentang berenang sudah ada sejak 2000 SM. Pada tahun 1538, Ni96. Pada tahun 1900, gaya punggung dimasukkan ke dalam Perlombaan Olimpiade sebagai suatu acara. Pada tahun 1902, gaya trudgen terbaik dimenangi oleh Richard Cavill, menggunakan tendang keribas. Persatuan renang dunia yang pertama, Federation Internationale de Natation, dibentuk pada tahun1908. Gaya kupu-kupu yang pada awalnya merupakan salah satu kelainan gaya dada diterima sebagai suatu gaya tersendiri pada tahun 1952.

Makalah Renang Gaya Bebas Terlengkap


Teknik berenang

Ada empat gaya berenang yang umum dilakukan orang: gaya bebas, gaya dada, gaya punggung, dan gaya kupu-kupu(dolpin).

Gaya bebas

Dibandingkan gaya berenang lainnya, gaya bebas adalah gaya berenang yang bisa membuat orang berenang lebih cepat. Tidak seperti halnya ketiga gaya berenang lainnya, renang gaya bebas tidak diatur oleh Federasi Renang Internasional (FINA).Gaya bebas (bahasa Inggris: front crawl) adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Kedua belah tangan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh, sementara kedua belah kaki secara bergantian dicambukkan naik turun ke atas dan ke bawah. Sewaktu berenang gaya bebas, posisi wajah menghadap ke permukaan air. Pernapasan dilakukan saat lengan digerakkan ke luar dari air, saat tubuh menjadi miring dan kepala berpaling ke samping. Sewaktu mengambil napas, perenang bisa memilih untuk menoleh ke kiri atau ke kanan.


 
Dibandingkan gaya berenang lainnya, gaya bebas merupakan gaya berenang yang bisa membuat tubuh melaju lebih cepat di air. Tidak seperti halnya gaya punggung, gaya dada, dan gaya kupu-kupu, Federasi Renang Internasional (FINA) tidak mengatur teknik yang digunakan dalam nomor renang gaya bebas. Walaupun sebenarnya masih ada “gaya bebas” yang lain, gaya bebas (front crawl) digunakan hampir secara universal oleh perenang dalam nomor renang gaya bebas

Teknik untuk melakukan berenang dengan gaya bebas

1. Gerakan kaki. Pelajaran pertama yang harus dipraktikkan adalah menggerakkan kaki ke arah atas dan bawah seperti berjalan kaki secara bergantian. Dalam gerakan ini, kaki dan paha harus dalam posisi lurus dan lutut tidak boleh ditekuk. Ulangi gerakan ini secara berulang-ulang sebagai dasar untuk berenang dengan gaya bebas.

2. Gerakan tangan. Gerakan pada tangan ini dibagi menjadi 5 kategori. Kategori pertama yaitu posisi awal dimana posisikan kedua tangan lurus di atas kepala. Usahakan telapak tangan dalam posisi berdekatan tetapi tidak sampai menempel. Setelah posisi kedua tangan sudah di atas kepala, tarik tangan kiri Anda ke bawah sampai ke belakang. Kemudian, angkat tangan kiri keluar dari permukaan air. Dalam posisi ini, ayunkan tangan kiri tersebut ke depan sejauh mungkin yang Anda bisa. Ketika tangan kiri diangkat dari permukaan air, gerakkan tangan kanan Anda ke bawah sampai belakang sehingga akan ada gilirian antara tangan kiri ke atas dan tangan kanan ke bawah dan seterusnya.

3. Jari-jari tangan. Jangan sampai Anda membuka jari-jari tangan Anda, karena hal itu akan mengurangi gaya dorong yang timbul. Yang benar, rapatkanlah satu sama lain, ketika tangan Anda melakukan kayuhan dan ekstensi. Satu-satunya saat dimana Anda tidak harus melakukannya adalah ketika tangan Anda melakukan recovery.

4. Teknik berenang gaya bebas yang berikutnya adalah gerakan kombinasi tangan, kaki dan mengambil nafas. Pengambilan nafas ini dilakukan ketika tangan kiri Anda ayunkan ke depan untuk masuk ke dalam air kembali. Pada saat ini, tangan kanan naik ke permukaan air. Gerakan tersebut dibarengi dengan gerakan kepala ke kanan untuk mengambil nafas di atas permukaan air. Gerakan pengambilan nafas ini dapat Anda lakukan sesuai dengan kenyamanan Anda baik dengan menggerakkan kepala ke kiri atau kanan.

5. Lakukan kayuhan mulai dari saat berakhirnya ekstensi sampai dengan tangan Anda melampaui sisi paha Anda. Jangan sekali-kali mengeluarkan tangan Anda sebelum tangan Anda menyentuh sisi paha Anda, meskipun Anda kelelahan.

Selain teknik berenang gaya bebas di atas, Anda juga dapat menerapkan beberapa tips berikut ini :

· Ketika sedang mengambil nafas atau ketika sedang melakukan gerakan lain, usahakan kaki Anda untuk terus bergerak. Selain kaki yang terus bergerak, tangan kanan dan kiri juga usahakan untuk terus bergerak secara bergantian.

· Kemudian, saat mengambil nafas, gerakkan kepala Anda kembali ke dalam air secara cepat dan tidak perlu menunggu gerakan tangan kanan atau kiri sampai selesai.

· Terakhir, untuk mempercepat gerakan berenang gaya bebas disarankan untuk mengambil nafas setelah 2 atau 3 kali gerakan tangan.

 

· Teknik renang gaya bebas baru ditemukan beberapa puluh tahun setelahnya oleh Arther Trudgen. 

· 

· Trudgen terinspirasi oleh gaya renang yang dilakukan oleh masyarakat asli benua Amerika yaitu bangsa Indian yang waktu itu melakukan renang dengan gaya bebas. Gaya renang ini kemudian ditiru oleh Arthur Trudgen kemudian turut mempopulerkannya pada tahun 1873 oleh karena itu selanjutnya gaya renang bebas juga disebut gaya renang trudgen. Namun beberapa tahun kemudian gaya renang bebas ini disempurnakan lagi oleh Richard Cavil pada tahun 1902. Richard Cavil saat itu menambahkan kombinasi gerakan tendangan kaki untuk menambah laju badan saat berenang di air.

· Sama dengan Trudgen Richard Cavil saat itu juga terinspirasi dari gaya renang bangsa Indian Amerika lalu mengembangkan gaya renang ini saat di kepulauan Solomon. Hanya saja Richard Cavil melakukan dengan teknik tendangan yang berbeda. Bisa jadi teknik ini ditemukan secara tak sengaja oleh Richard Cavil lalu ia mengembangkannya.

· Richard Cavil saat itu sedang berenang bersama Arthur atau dijuluki Tums salah satu dari enam anaknya. Cavil melihat Alick Wickham yang adalah orang kepulauan Solomon sedang berenang dengan gerakan kaki yang mengibas dan melecut.

· Cavil lalu mengadopsi teknik renang tersebut dan menggunakannya untuk berkompetisi. Berkat teknik renang itu Richard Cavil berhasil menjuarai kompetisi renang international pada tahun 1902 dengan catatan waktu 58,8 detik untuk renang sejauh 100 yard.

· Pada tahun 1908 terbentuklah federasi renang yang pertama tingkat dunia yaitu Federation Internationale de Natation de Amateur atau Federasi Renang Amatir Internasional. Saat itu memang teknik renang gaya kupu-kupu masih dipahami sebagai bagian dan variasi dari teknik renang gaya dada namun sejak tahun 1952 kemudian teknik renang gaya kupu-kupu berdiri sendiri terpisah dari kategori renang gaya dada.

Pertandingan renang dibagi menjadi nomor renang perorangan dan nomor renang beregu. Masing-masing nomor renang memiliki nomor renang untuk putra dan putri. Kolam renang yang digunakan terdiri dari kolam renang dengan lintasan 50 meter dan lintasan pendek 25 meter.

PERLOMBAAN RENANG DI INDONESIA

Pertandingan renang dibagi menjadi nomor renang perorangan dan nomor renang beregu. Masing-masing nomor renang memiliki nomor renang untuk putra dan putri. Kolam renang yang digunakan terdiri dari kolam renang dengan lintasan 50 meter dan lintasan pendek 25 meter.

Rekor dunia yang diakui pada kolam 50 meter dan 25 meter adalah untuk jarak dan gaya berikut ini:

· Gaya bebas: 50 m, 100 m, 200 m, 400 m, 800 m, 1500 m

· Gaya punggung: 50 m, 100 m, 200 m

· Gaya dada: 50 m, 100 m, 200 m

· Gaya kupu-kupu: 50 m, 100 m, 200 m

· Gaya ganti perorangan: 100 m (hanya dipertandingkan di kolam 25 meter), 200 m, 400 m

· Estafet gaya bebas: 4 x 100 m dan 4 x 200 m

· Estafet gaya ganti: 4 x 100 m (urutan: gaya punggung, gaya dada, gaya kupu-kupu, gaya bebas).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!