Uncategorized

Cara Membuat CV yang Menarik Terbaru 2020 untuk Melamar Pekerjaan Impian

Cara Membuat CV yang Menarik Terbaru 2020 untuk Melamar Pekerjaan Impian – Ketika melamar suatu pekerjaan tentu ada sejumlah hal yang perlu dipersiapkan dengan cukup baik. Salah satu yang perlu dipersiapkan secara matang adalah CV atau daftar riwayat hidup. CV menjadi dokumen pendukung yang cukup penting untuk Anda lampirkan ketika mengajukan lamaran pekerjaan pada suatu instansi atau perusahaan.

Cara Membuat CV yang Menarik Terbaru 2020 untuk Melamar Pekerjaan Impian


Mengingat bahwa CV merupakan suatu hal yang sangat penting, maka banyak orang yang berupaya untuk membuat CV sebaik mungkin agar dapat dilirik oleh HRD atau pihak calon pemberi kerja. Daftar riwayat hidup biasanya digunakan oleh Perusahaan untuk menilai dan juga melakukan evaluasi kompetensi dari pihak pelamar kerja.

Tips Membuat CV yang Menarik Terbaru 2020

Membuat CV atau daftar riwayat hidup tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Tentu ada sejumlah aspek yang harus diperhatikan dalam membuat CV agar tampilannya terlihat menarik. Tampilan CV yang menarik tentu akan meningkatkan peluang lamaran Anda untuk dilirik oleh pihak HRD tempat perusahaan yang Anda lamar pekerjaannya. Berikut merupakan sejumlah Cara Membuat CV Yang Menarik Terbaru 2020 yang perlu Anda perhatikan.

Perhatikan Kelengkapan Unsur Dalam CV

Sudah seharusnya CV atau daftar riwayat hidup memuat sejumlah informasi penting yang terkait dengan data diri Anda. Beberapa informasi yang seharusnya Anda cantumkan dalam proses pembuatan CV antara lain adalah identitas diri lengkap seperti nama, alamat, no telepon, dan juga alamat email.

Selain itu lengkapi juga dengan paparan singkat, padat, dan juga jelas tentang karakter Anda. Selain itu menampilkan deskripsi keterampilan yang Anda miliki juga sangat dianjurkan dalam pembuatann CV ini. Jika Anda sebelumnya sudah pernah bekerja, jangan ragu untuk menampilkan posisi dan juga pencapaian yang telah Anda raih pada pekerjaa di kantor yang sebelumnya.

Menggunakan Foto Dengan Tampilan Kasual

Secara umum, menampilkan foto di dalam sebuah CV bukanlah merupakan sesuatu yang bersifat wajib. Namun jika Anda ingin menampilkan foto dalam daftar CV Anda pun tidak menjadi masalah. Dengan begitu maka calon pihak pemberi kerja akan semakin lebih mengenal Anda.

Ketika menampilkan foto dalam daftar CV, Anda tidak harus menggunakan foto resmi seperti yang tercantum dalam ijazah ataupun juga KTP. Anda bisa menggunakan foto dengan tampilan kasual baik dalam bentuk full-face ataupun juga full-body. Namun yang perlu diperhatikan ketika Anda menampilkan foto dalam CV, sebisa mungkin wajah Anda tetap terlihat dengan jelas.

Sangat disarankan untuk tidak menggunakan foto selfie. Terlebih lagi jika Anda menggunakan gaya yang terkesan ‘aneh-aneh’ dalam foto selfie tersebut. Hal ini bisa saja membuat orang lain menilai Anda sebagai pribadi yang kurang profesional.

Cantumkan Skill Atau Kemampuan Yang Anda Miliki

Jika Anda memiliki sejumlah kemampuan atau kompetisi, jangan ragu untuk mencantumkannya dalam CV. Hal ini tentu dapat menjadi nilai lebih bagi Anda. Terlebih lagi jika skill yang Anda miliki tersebut merupakan kemampuan penunjang pekerjaan Anda. Sebaiknya, Anda menampilkan skill yang benar-benar Anda kuasai dengan baik dan Anda yakin dengan kemampuan tersebut.

Membuat Desain Yang Unik

Desain sebuah CV tidak harus selalu hitam putih dengan gaya yang monoton. Anda juga bisa menggunakan sejumlah layout yang keren dan menarik dalam membuat CV Anda. Misal dengan memadukan kombinasi warna yang lebih ‘menggoda’ selain warna hitam dan putih.

Agar tampilan menjadi lebih menarik, sebaiknya sampaikan informasi penting dalam CV Anda secara singkat, jelas, dan padat dalam bentuk kisi sehingga membuatnya lebih mudah untuk dibaca karena tidak bertele-tele.

Untuk membuat desain tampilan yang menarik, tentu hal ini membutuhkan daya kreativitas Anda. Dengan sedikit melakukan riset maka Anda tentu dapat mengembangkan imajinasi yang kreatif dalam membuat desain tampilan CV yang unik dan juga menarik.

 

Itulah beberapa tips tentang Cara Membuat CV Yang Menarik Terbaru 2020 untuk melamar pekerjaan impian. Membuat sebuah desain tampilan CV memang terkesan gampang-gampang susah. Perlu daya imajinasi dan juga kreativitas tersendiri untuk membuat suatu daftar riwayat hidup. Tentu semakin banyak melakukan riset maka Anda pun akan semakin kreatif dan juga inovatif dalam membuat sebuah CV yang unik dan memiliki tampilan menarik.

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *