Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Info Beasiswa KIP Kuliah 2020 dan Cara Daftarnya

Info Beasiswa KIP Kuliah dan Cara Mendaftarnya - Saat ingin mendaftar beasiswa apapun beasiswanya maka sangat penting untuk diperhatikan syarat dan ketentuan dari beasiswa tersebut, kemudian juga harus diperhatikan bagaimana tata cara mendaftarnya, alur pendaftaran beasiswa tersebut.

Beasiswa yang baru-baru ini ramai dan banyak diminati oleh masyarakat adalah beasiswa KIP, atau dengan kepanjangan kartu indonesia pintar, maka dari itu tulisan ini akan memberikan penjelasan dan panduan mengenai beasiswa KIP.

Sebelum menuju ke cara daftar beasiswa kip, alangkah lebih baik untuk memahami tentang beasiswa kip tersebut dan membahas secara runtut dan terstruktur.

kip kuliah

Apa Itu Beasiswa KIP ?

Berdasarkan kutipan dari Permendikbud No 10 Tahun 2020 tentang Program Indonesia Pintar (PIP), PIP diperuntukkan bagi mahasiswa yang diterima di Perguruan Tinggi termasuk penyandang disabilitas yaitu dengan prioritas sasaran mahasiswa pemegang KIP, mahasiswa dari keluarga miskin/rentan miskin dan/atau dengan pertimbangan khusus, mahasiswa afirmasi (papua dan papua barat serta 3T dan TKI) serta mahasiswa terkena bencana, konflik sosial atau kondisi khusus.

Melalui PIP (Program Indonesia Pintar) di tahun 2020, pemerintah memberikan bantuan pendidikan bagi mahasiswa yang diterima di perguruan tinggi termasuk penyandang disabilitas dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau disingkat dengan "KIP Kuliah" sebagai bukti kehadiran negara untuk membantu warganya memperoleh hak pendidikan tinggi. KIP Kuliah akan menjamin keberlangsungan kuliah dengan memberikan pembebasan biaya kuliah di perguruan tinggi tersebut dan juga bantuan biaya hidup bulanan bagi mahasiswa yang memenuhi persyaratan ekonomi dan akademik. 

Sedangkan KIP Kuliah bagi mahasiswa Afirmasi akan diatur dengan pedoman dan ketentuan tersendiri. 

Pada tahun 2020, pemerintah melalui pihak Kemendikbud akan memperluas sasaran dan tujuan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan tinggi kepada 818 ribu mahasiswa melalui KIP Kuliah ini, termasuk dengan penerima bidikmisi on going sampai masa studi selesai. 

Pada tahun 2020, pemerintah indonesia akan mentargetkan penerima KIP Kuliah sejumlah 400.000 penerima baru. Selain itu KIP Kuliah juga akan lebih banyak memberi akses kepada pendidikan vokasi yakni lebih banyak daripada di tahun-tahun sebelumnya.

Persyaratan Penerima Beasiswa KIP Kuliah

1. Penerima Beasiswa KIP Kuliah adalah siswa SMA, SMK atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus 2 (dua) tahun sebelumnya.

2.Siswa yang bersangkutan memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah.

3. Siswa yang mendaftar beasiswa KIP kuliah telah lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada program studi dengan Akreditasi A atau B, serta dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada program studi dengan Akreditasi C.

Syarat-syarat Penerima Beasiswa KIP Kuliah

Syarat penerima beasiswa KIP Kuliah adalah dibuktikan dengan adanya bukti keterbatasan ekonomi oleh siswa tersebut, bukti kuat dengan adanya kepemilikan program bantuan pendidikan nasional dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau berasal dari mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan, keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH) serta keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Bagaimana Siswa Yang Belum Memiliki Salah Satu Syarat diatas ?

Jawabannya adalah masih bisa mendaftar beasiswa KIP Kuliah dengan syarat lain yaitu dibuktikan dengan pendapatan kotor dari orang tua atau wali sebesar kurang lebih sekitar Rp 4.000.000 (empat juta rupiah) atau pendapatan kotor dari orang tua atau wali dibagi jumlah anggota keluarga menjadi totalnya maksimal Rp750.000 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

kartu kip kuliah

Apa Keunggulan Penerima KIP Kuliah

1. Adanya pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi (apapun biaya pendaftarannya, dibebaskan), Ujian Tulis Berbasis Komputer atau biasa disebut dengan UTBK serta seleksi lain yang diusulkan oleh masing-masing panitia dan perguruan tinggi bagi siswa yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos).

2. Adanya pembebasan biaya kuliah atau biaya pendidikan yang dibayarkan langsung ke perguruan tinggi.

3. Adanya bantuan biaya hidup sebesar Rp. 700.000,00 (tujuh ratus ribu rupiah) per bulan.

Jangka Waktu Beasiswa KIP Kuliah

Program Regular :

a. Jangka waktu Sarjana adalah maksimal 8 (delapan) semester.
b. Jangka waktu Diploma Empat adalah maksimal 8 (delapan) semester.
b. Jangka waktu Diploma Tiga adalah maksimal 6 (enam) semester.
c. Jangka waktu Diploma Dua adalah maksimal 4 (empat) semester.
d. Jangka waktu Diploma Satu adalah maksimal 2 (dua) semester .

Program Profesi:

a. Jangka waktu Dokter adalah maksimal 4 (empat) semester.
b. Jangka waktu Dokter Gigi adalah maksimal 4 (empat) semester.
c. Jangka waktu Dokter Hewan adalah maksimal 4 (empat) semester.
d. Jangka waktu Ners adalah maksimal 2 (dua) semester.
e. Jangka waktu Apoteker adalah maksimal 2 (dua) semester.
f. Jangka waktu Guru adalah maksimal 2 (dua) semester.

Bagaimana Cara Pendaftaran Beasiswa KIP Kuliah ?

Berikut tata cara pendaftaran KIP Kuliah untuk seluruh jalur masuk (SNMPTN, SBMPTN, SNMPN, SBMPN dan Mandiri) dilakukan secara online melalui laman KIP Kuliah resmi yaitu kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

Pendaftaran beasiswa KIP ini juga dapat dilakukan secara mobile (handphone) dengan terlebih dahulu cara mengunduh dan melakukan install aplikasi KIP Kuliah mobile apps berbasis android di Play Store.

kip kuliah

Apa Saja Tahapan Pendaftaran KIP Kuliah ?

1. Siswa melakukan pendaftaran secara mandiri di sistem online KIP Kuliah melalui laman atau situs kip-kuliah.kemdikbud.go.id dan jika menggunakan handphone melalui KIP Kuliah mobile apps yang dapat diunduh dan diinstall di Play Store.

2. Pada saat proses pendaftaran, siswa harus memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang aktif.

3. Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan untuk mendapatkan Beasiswa KIP Kuliah.

4. Jika proses validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan untuk mendapatkan Beasiswa KIP Kuliah berhasil, Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan nomor berupa Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang telah didaftarkan sebelumnya.

5. Siswa yang telah menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan kemudian memilih proses seleksi yang akan diikuti baik itu SNMPTN atau SBMPTN atau SNMPN atau SBMPN atau Mandiri.

6. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi sesuai jalur seleksi yang dipilih pada seleksi nasional atau pada seleksi masuk di perguruan tinggi.

7. Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Jadwal Pendaftaran Beasiswa KIP Kuliah.

1. Pendaftaran Akun Siswa KIP-Kuliah, dibuka pada : 26 Februari 2020, ditutup pada : 31 Oktober 2020

2. SNMPTN, dibuka pada : 02 Maret 2020, ditutup pada : 31 Maret 2020

3. Seleksi Mandiri PTN, dibuka pada : 18 Mei 2020, ditutup pada : 30 September 2020

4. SNMPN, dibuka pada : 25 Februari 2020, ditutup pada : 13 Maret 2020

5. UTBK-SBMPTN, dibuka pada : 18 Mei 2020, ditutup pada : 19 Juni 2020

6. SBMPN, dibuka pada : 18 Mei 2020, ditutup pada : 24 Juni 2020

7. Seleksi Mandiri PTS, dibuka pada : 08 Juli 2020, ditutup pada : 31 Oktober 2020.

Pertanyaan yang sering ditanyakan seputar Beasiswa KIP Kuliah

1. Berapa beasiswa KIP kuliah ?

Beasiswa KIP kuliah sebesar totalnya adalah 6,6 juta per semester, dengan rincian : 2,4 juta untuk biaya kuliah dan 4,2 juta untuk biaya hidup.

2. Apakah ketika sudah kuliah bisa mendapatkan beasiswa KIP kuliah ?

Sesuai dengan penjelasan lengkap diatas bahwa penerima KIP kuliah ini adalah siswa SMA atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau 2 tahun sebelumnya.

3. Kapan mulai dibuka KIP Kuliah Untuk SNMPTN ?

Jalur seleksi SNMPTN membuka KIP Kuliah pada tanggal 2 maret 2020

4. Bagaimana dengan kendala NIK, NISN dan NPSN tidak terbaca oleh sistem KIP Kuliah ?

Diharapkan untuk segera berkoordinasi dengan operator DAPODIK atau EMIS di sekolah masing-masing untuk perbaikan data secara mandiri oleh operator di situs http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/  

Dan bagi siswa lulusan silahkan untuk melakukan pengajuan perbaikan di Verval Lulusan di alamat situs http://pd.data.kemdikbud.go.id/index.php?r=pengajuan/PengajuanLulusan

Sumber informasi : Beasiswa KIP Kuliah.

Penutup

Demikian informasi beasiswa KIP kuliah lengkap dengan bagaimana cara mendaftar KIP kuliah tersebut, dengan adanya informasi seputar beasiswa KIP kuliah ini, diharapkan siswa-siswi yang membutuhkan beasiswa untuk kuliah segera untuk mendaftar dengan dilengkapi syarat dan ketentuan yang telah berlaku.

Semoga bermanfaat dan bagikan artikel ini kepada teman yang membutuhkan, terima kasih.

4 comments for "Info Beasiswa KIP Kuliah 2020 dan Cara Daftarnya"

  1. Terima kasih informasinya kakak.

    Kakak apakah KIP kuliah bisa juga untuk kami yang mau masuk semester 3.

    Terima kasih kakak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dibaca lagi ya syarat dan ketentuannya.

      Coba daftar beasiswa ppa dan bbm dengan syarat nilai akademik bagus (diatas 3.0 IP nya)

      Delete
  2. Hai..saya skrng semster 3 ..apakah saya masih bisa mendapatkan KIP kuliah...klo bisa gimana caranya

    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dibaca lagi ya syarat dan ketentuannya.

      Coba daftar beasiswa ppa dan bbm dengan syarat nilai akademik bagus (diatas 3.0 IP nya)

      Delete

Berlangganan via Email