Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Jurusan Kedokteran dan Prospek Kerjanya

Jurusan Kedokteran dan Prospek Kerjanya - Jurusan ilmu kedokteran atau pendidikan kedokteran merupakan jurusan yang sangat banyak peminatnya tetapi hanya sedikit yang bisa kuliah dijurusan tersebut, banyak faktor yang mempengaruhi, seperti biaya yang lebih mahal dibanding jurusan yang lain, passing grade nilai minimal yang sangat tinggi, dan faktor lainnya.

Disini kita akan membahas selengkap mungkin seputar jurusan kedokteran ini, baik itu dari pengertiannya, prospek kerjanya, peminatannya, hingga referensi universitas terbaik untuk kuliah di jurusan kedokteran ini.

Jurusan kedokteran ini termasuk kedalam jurusan kuliah IPA saat SMA, karena memang sudah mempunyai basic pelajaran biologi saat SMA IPA tersebut. Mari kita mulai pembahasannya :

Jurusan Kedokteran

Apa itu ilmu kesehatan dan ilmu kedokteran?

Ilmu kesehatan dan ilmu kedokteran adalah ilmu-ilmu yang mempelajari segala hal yang berkaitan dengan kesehatan manusia dan hewan, sehingga kedua jenis ilmu tersebut tidak dapat dipisahkan walaupun berada dirumpun pendidikan yang berbeda.

Apa perbedaan antara Ilmu Kedokteran dengan Ilmu Kesehatan ?

Sebenarnya memang ada sedikit perbedaan antara ilmu kesehatan dan ilmu kedokteran meskipun keduanya termasuk ilmu terapan disatu bidang yaitu kesehatan.

Mari kita kupas apa itu ilmu kesehatan dan ilmu kedokteran !

Ilmu kesehatan adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang bagaimana cara kita menjaga kesehatan, cara kita mencegah sakit, dan bagaimana cara kita mengobati penyakit tersebut, baik itu dengan obat hingga dengan medis lainnya.

Sedangkan Ilmu kedokteran adalah bagian dari ilmu kesehatan yang mempelajari tentang penyakit dan cara mengobati penyakit tersebut.

Oleh karena itu kamu akan melihat bahwa jurusan-jurusan yang termasuk ilmu kedokteran sangat berkaitan dengan penyakit dan pengobatannya dan jurusan-jurusan yang termasuk ilmu kesehatan terkait dengan pencegahan penyakit dan pemeliharaan kesehatan seperti misalkan ilmu gizi.

Mengapa kuliah kesehatan dan kedokteran di Indonesia?

Dibawah ini merupakan beberapa alasan kita mengapa memilih kuliah kesehatan dan kedokteran diindonesia :

1. Prospek kerja lulusan yang unggul

Kita tidak bisa pungkiri bahwa ilmu kesehatan dan ilmu kedokteran merupakan bidang yang cukup dihormati dan disegani oleh masyarakat indonesia, terlebih jika kita mengabdi bekerja didaerah pedesaan dan daerah terpencil di indonesia.

Dan juga profesi sebagai dokter atau sejenisnya dibidang ilmu kesehatan dan kedokteran menjadi profesi yang bermanfaat bagi banyak orang.

2. Banyak pilihan tempat kuliah

Setiap pelajar tentunya ingin melanjutkan pendidikan di institusi kuliah ternama. Tetapi, jumlah kampus terkemuka di dalam negeri yang menawarkan bidang kesehatan dan kedokteran masih sedikit.

Kuliah kesehatan dan kedokteran di Indonesia memiliki lebih banyak pilihan tempat kuliah. Ada berbagai institusi kuliah ternama di bidang kedokteran dan kesehatan.

Walaupun memang terkadang passing grade yang harus dicapai untuk bisa duduk di kursi kuliah kedokteran sangat tinggi dan susah untuk digapai, tetapi dengan persaingan yang lebih sedikit tentunya akan membuat kita lebih semangat dalam belajar.

3. Banyak Pilihan Program Pendidikan

Alasan memilih kuliah kesehatan dan kedokteran di Indonesia ternyata tidak hanya memberikan kelebihan pada ragam pilihan insitusi kuliah saja melainkan juga pilihan program pendidikan.

Di Indonesia, berbagai universitas menyediakan program pendidikan yang beragam seperti: program foundation atau pra-universitas, program diploma, program sarjana, program pascasarjana, program doktoral, dan program penelitian.

Gelar sarjana jurusan kesehatan atau kedokteran di Indonesia adalah gelar internasional dan begitupun dengan gelar magister dan doktor.

4. Diajarkan oleh Ahli dibidang Kesehatan dan Kedokteran

Para pelajar jurusan kesehatan dan kedokteran yang menempuh pendidikan baik tingkat foundation atau pra-universitas, sarjana, dan lainnya akan mendapatkan berbagai pengetahuan dan keterampilan dari para dosen yang merupakan para ahli pada bidangnya masing-masing.

Para pengajar tersebut juga merupakan para peneliti yang akan memberikan pengetahuan ilmiah terkini agar lebih relevan.

Pengajaran dari para ahli ini juga didukung dengan fasilitas berteknologi tinggi sehingga kamu pun tidak ketinggalan zaman.

5. Kesempatan Karir dibidang Kesehatan dan Kedokteran Internasional.

Apabila kamu memilih kuliah kedokteran dan kesehatan di Indonesia maka keterampilan bahasa Inggris kamu akan terlatih secara profesional.

Prospek Kerja Jurusan Kedokteran

Kita tahu bahwa kesehatan adalah hal yang sangat penting, kesehatan menjadi nomor utama dibandingkan dengan hal lainnya, sehingga semakin hari semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya kesehatan, pentingnya berobat dan pentingnya untuk memeriksakan diri ke dokter jika terjadi keluhan didalam tubuhnya.

Dengan banyaknya kebutuhan akan tenaga ahli kesehatan dan dokter, maka peluang kamu untuk menjadi dokter akan sangat terbuka lebar.Berikut ini contoh prospek kerja jurusan kedokteran dan kesehatan :

1. Dokter
2. Dokter hewan
3. Dokter gigi
4. Penasihat diet
5. Apoteker
6. Perawat
7. Bidan
8. Counsellor
9. Pakar psikologi
10. Peneliti

Tentunya jika dibedah lebih luas, akan ada lebih banyak prospek kerja jurusan kedokteran ini, tetapi untuk yang paling umum dan paling sering kita temui ya seperti contoh diatas.

Program Studi Jurusan Kedokteran

Ada banyak pilihan program akademik pada bidang kesehatan dan kedokteran di Indonesia. Program-program akademik tersebut cukup lengkap. Daftar program akademik yang tersedia mulai dari tingkat foundation atau pra-universitas yang merupakan tingkat persiapan sebelum kuliah S1 di Indonesia.

Setelah itu, ada juga pilihan kuliah untuk program sarjana (S1), program pascasarjana (S2), program doktoral, dan penelitian.

Berdasarkan informasi kuliah yang ada, setiap program memiliki durasi kuliah yang berbeda.

1. Rata-rata kuliah S1 atau Sarjana bidang kesehatan dan kedokteran itu durasi waktunya adalah sekitar 4-6 tahun. 
2. Rata-rata kuliah S2 atau PascaSarjana itu durasi waktunya adalah sekitar 2-4 tahun. 

Peminatan Jurusan Kedokteran 

Semua jurusan kuliah pasti ada yang namanya peminatan atau fokus disatu bidang saat sudah semester akhir, biasanya saat berada di semester 6 akan diberikan mata kuliah peminatan.

Ada banyak peminatan atau jurusan yang ditawarkan oleh universitas-universitas di Indonesia pada bidang kesehatan dan kedokteran.

Contoh Peminatan Ilmu Kesehatan :

1. Nutrisi
2. Farmasi
3. Keperawatan
4. Kebidanan
5. Psikologi
6. Kesehatan Masyarakat
7. Health Care
8. Bimbangan dan Konseling

Contoh Peminatan Ilmu Kedokteran

1. Kedokteran
2. Pengobatan Tradisional Cina
3. Kedokteran dan Ilmu Bedah
4. Bedah Gigi
5. Fisioterapis
6. Radiografis

Persyaratan Kuliah Jurusan Kedokteran

Sebelumnya sudah saya katakan bahwa untuk kuliah dijurusan kedokteran itu akan susah karena kebanyakan universitas memasang passing grade (batas minimal nilai) yang sangat tinggi, bahkan ada beberapa yang memiliki peminat terbanyak seperti kedokteran gigi, dan lainnya.

Persyaratan kuliah yang ada di berbagai universitas memiliki perbedaan tersendiri. Hal ini dipengaruhi oleh karakteristik jurusan yang dipilih, negara tujuan, dan kebajikan khusus setiap universitas tersebut.

Contoh syarat minimal adalah :
1. Ijazah SMA dengan nilai rata-rata 8 hingga 9
2. Ijazah D3 (jurusan yang linear) dengan IPK minimal adalah 3,5

Contoh nilai diatas sangat sulit dicapai jika kita saat sekolah memiliki nilai yang biasa saja.

Selanjutnya kita membahas mengenai biaya kuliah jurusan kedokteran.

Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran

Biaya kuliah kesehatan dan kedokteran di Indonesia memiliki nilai yang sangat besar bahkan bisa saya katakan sebagai jurusan dengan biaya paling besar dibandingkan dengan jurusan kuliah yang lain.

Biaya kuliah kedokteran dan kesehatan di Indonesia memiliki kisaran rata-rata antara Rp 120.000.000,- hingga lebih dari Rp 3 milyar per tahun.

Tentunya nilai angka diatas adalah rata-rata biaya kuliah jurusan kedokteran di universitas ternama indonesia.

Ada beberapa faktor yang membuatnya perbedaan pada biaya kuliah ini. Beberapa faktor tersebut seperti : 

1. Lokasi universitas (dipusat kota biasanya lebih mahal), 
2. Jenis universitas (semakin bagus kampus tersebut, maka akan semakin mahal biayanya)
3. Jurusan kuliah tersebut
4. Durasi lamanya kuliah (Semakin lama kuliah, maka akan semakin mahal biayanya)

Dan tentunya beberapa faktor lainnya hanya pihak universitas yang menentukan dan mengetahui.

Selanjutnya kita bahas tentang universitas terbaik untuk kuliah di jurusan kedokteran.

Universitas Terbaik Kuliah Jurusan Kedokteran di Indonesia

1. Universitas Airlangga
2. Universitas Diponegoro
3. Universitas Sebelas Maret
4. Universitas Brawijaya
5. Universitas Gadjah Mada
6. Universitas Indonesia
7. Universitas Hasanuddin
8. Universitas Mataram
9. Universitas Padjajaran
10. Universitas Udayana

Universitas Terbaik Kuliah Jurusan Kedokteran di Luar Negeri


1. The Australian Nation University
2. University Of Sydney
3. University Of Warwick

Apakah ada tanda kecocokan untuk kuliah di jurusan kedokteran ? karena sangat disayangkan jika ketika kita sudah masuk dijurusan tersebut, lalu ada hal-hal yang ternyata kita tidak cocok berada diposisi tersebut, sangat disayangkan jika harus keluar dan pindah jurusan, selain sudah memakan banyak biaya juga sudah membuang waktu.

Maka dari itu kita bahas apa tanda kecocokan kuliah kedokteran.

5 Tanda Bahwa Kamu Cocok Untuk Kuliah di Jurusan Kedokteran

1. Niat yang mulia untuk menjadi dokter 
2. Mempunyai jiwa sosial dan jiwa menolong yang tinggi
3. Komunikatif
4. Memiliki kemampuan analisa yang baik
5. Senang dengan pelajaran biologi (tentang organ tubuh manusia)

Referensi : Quipper Campus.

Penutup

Demikian yang bisa saya tulis dan bahas mengenai jurusan kuliah kedokteran ini, semoga memberikan gambaran dan referensi untuk tujuan kamu kuliah kedepannya.

Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share (bagikan) ke teman-teman kamu yang lain agar mendapatkan informasi seputar jurusan kuliah kedokteran juga secara detail dan lengkap.

Terima kasih.



Post a comment for "Jurusan Kedokteran dan Prospek Kerjanya"

Berlangganan via Email