Uncategorized

Jurusan Ilmu Komunikasi dan Prospek Kerjanya

Jurusan Ilmu Komunikasi dan Prospek Kerjanya – apakah kamu memiliki minat dan bakat dibidang komunikasi saat sekolah ? jika iya maka kamu bisa jadi cocok untuk kuliah dijurusan ilmu komunikasi, jurusan yang juga banyak peminatnya, banyak bidang untuk prospek kerjanya, terlebih jika ingin kamu ingin membuka usaha atau bisnis, maka komunikasi akan menjadi kunci kesuksesan bisnis kamu kedepannya.
Jurusan ilmu komunikasi ini biasanya kebanyakan mahasiswanya berasal dari lulusan jurusan IPS di SMA nya, karena memang cocok dibandingkan lulusan jurusan IPA, walaupun banyak juga lulusan IPA yang masuk ke jurusan IPS, dengan berbagai alasan dan pertimbangan sehingga mereka masuk dan belajar di jurusan ini, apapun jurusannya saat masih SMA, yang terpenting adalah saat kuliah harus serius, dan fokus.
Jurusan Ilmu Komunikasi
Kita akan membahas apa itu ilmu komunikasi ? dan bagaimana dengan prospek kerjanya ?

Apa itu Jurusan Ilmu Komunikasi ?

Ilmu komunikasi adalah salah satu jurusan kuliah yang banyak diminati para calon mahasiswa. karena mengingat jurusan ini bisa menghasilkan lulusan yang dapat bekerja dibanyak bidang. 

Apa yang dipelajari dijurusan Ilmu komunikasi ?

Jurusan ilmu komunikasi mempelajari bagaimana cara manusia berkomunikasi dan berinteraksi dengan bahasa, baik verbal maupun nonverbal secara baik dan benar. Komunikasi yang baik harus bersifat artikulatif dan persuasif.

Pengetahuan dan Keahlian Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi

1. Mahasiswa diberikan bekal kemampuan berbicara di depan umum
2. Mahasiswa diberikan bekal kemampuan dasar desain
3. Mahasiswa diberikan bekal kemampuan dasar fotografi
4. Mahasiswa diberikan bekal kemampuan berpikir secara out of the box
5. Mahasiswa diberikan bekal kemampuan menulis kreatif
6. Mahasiswa diberikan bekal kemampuan kerja sama (Teamwork)

Kenapa Harus Memilih Jurusan Ilmu Komunikasi ?

Sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan Jurusan Ilmu Komunikasi.
1. Ilmu Komunikasi itu tak akan lekang oleh waktu (akan tetap banyak peminatnya), karena dimanapun seseorang berada, setiap saat komunikasi selalu dibutuhkan.
2. Mahasiswa yang lulus dari jurusan Ilmu Komunikasi dijamin kamu bakal punya kemampuan menulis, berbicara, dan mendengarkan yang mumpuni. 
3. Prospek kerja di dunia media terbuka lebar untuk lulusan Ilmu Komunikasi, mulai dari media televisi, radio, koran hingga digital membutuhkan Sarjana Komunikasi, sehingga kamu akan dengan mudah mencari lowongan pekerjaan, bahkan hingga membuka usaha sendiri dibidang media kreatif.
4. Lulusan Ilmu Komunikasi sangat dibutuhkan oleh perusahaan, khususnya pada divisi public relations. Karena bidang public relations di perusahaan itu memiliki peranan yang penting sebagai ujung tombak perusahaan dalam berkomunikasi dengan pihak lain.
5. Memiliki banyak kesempatan untuk melanjutkan studi ke jenjang pascasarjana (S2) yang sangat besar dengan beragam pilihan bidang minat di berbagai kampus nasional hingga kampus internasional.

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

Ketika membahas tentang prospek kerja jurusan ilmu komunikasi, ada banyak sekali bidang pekerjaan untuk mahasiswa lulusan di jurusan ini, berikut prospek kerja lulusan kuliah dijurusan komunikasi:

1. Menjadi Public Relations 

Salah satu spesifikasi dari jurusan Ilmu Komunikasi adalah hubungan masyarakat atau Public Relation. Pekerjaan tersebut fokus mengatur atau merencanakan image seseorang atau perusahaan di mata publik. maka dari itu dibutuhkan kemampuan berbicara yang baik dan menulis yang memang dipelajari di jurusan ini. Prospek kerja Ilmu Komunikasi ini memang masih lebih banyak diminati oleh perempuan, dibandingkan laki-laki.

2. Menjadi Marketing (Bidang Pemasaran)

Bukan hal mudah untuk menjadi seorang marketer yang hebat dan sukses. Keahlian dalam memasarkan dan mengiklankan sesuatu juga dipelajari di jurusan Ilmu Komunikasi secara umum. Menjadi ahli marketing dan advertising pun menjadi salah satu prospek kerja Ilmu Komunikasi. Untuk bisa bekerja di bidang ini, tentunya diperlukan skill dalam menginformasikan, mempersuasi, serta mengingatkan konsumen mengenai suatu produk, jasa, atau brand kekinian.

3. Menjadi Jurnalis Media

Salah satu prospek kerja Ilmu Komunikasi paling besar dan umum adalah bekerja di media. Kamu yang kuliah jurusan komunikasi bisa saja menjadi seorang jurnalis, penulis, editor, atau produser baik dalam media cetak maupun digital. Contohnya kamu bisa menjadi penulis di media koran jawapos, solopos, dan media koran nasional lainnya, dan juga menjadi editor dari para penulis, banyak peluang dibidang jurnalis ini yang bisa kamu kembangkan.

4. Menjadi Juru Bicara

Banyak orang sukses lulusan Ilmu Komunikasi yang tidak bekerja di media. Dengan kemampuan mengolah kata yang baik secara lisan maupun verbal, lulusan komunikasi juga bisa jadi apa saja, termasuk juru bicara. Kamu bisa mewakili seseorang atau sebuah lembaga untuk menyampaikan sudut pandang mereka kepada masyarakat dengan cara yang lebih mudah dipahami, terkadang orang yang pintar berkata-kata itu lebih enak didengar saat mereka berbicara karena kata demi kata yang mereka ucapkan berkualitas. Prospek kerja Ilmu Komunikasi ini cocok untuk kamu yang biasa berdebat atau berorasi.

5. Menjadi Konsultan Politik

Prospek kerja Ilmu Komunikasi lain yang bisa dilirik adalah sebagai konsultan politik. Meski tak selalu butuh gelar di jurusan ini, tentu akan lebih baik jika profesi tersebut punya latar belakang komunikasi. Jasa seorang konsultan politik biasanya membantu politikus terjun ke masyarakat dengan pendekatan dan cara komunikasi yang sesuai. Mereka juga sering diminta memberi saran bagaimana para politikus bisa terlihat simpatik di mata masyarakat.

6. Menjadi Penulis Buku, Novel, Blog

Kamu suka menulis ? jika iya maka pekerjaan dibidang menulis akan sangat cocok untuk kamu, karena penulis bisa jadi salah yang berpotensi memberi penghasilan besar. Cara-cara dasar menulis memang dipelajari di jurusan komunikasi tapi tentu perlu kreatifitas lebih untuk bisa menjadi seorang penulis besar. Tak hanya jadi penulis di media nasional, kamu juga bisa menjadi penulis buku, penulis novel, penulis blog (menjadi blogger) dan masih banyak lagi bidang penulis yang bisa kamu asah agar sukses kedepannya.

7. Menjadi Pengelola Event Organizer

Kamu belum menemukan perusahaan yang membutuhkan lulusan jurusan ilmu Komunikasi ? jangan khawatir ya, kamu bisa menciptakan lapangan kerja sendiri. Salah satu bisnis yang bisa dihasilkan dari jurusan tersebut adalah menjadi event organizer. Untuk bisa bekerja di bidang ini, seseorang biasanya harus memiliki skill berkomunikasi dan bekerja sama yang baik.

8. Product Manager

Peluang untuk menjadi product manager sangat terbuka lebar, karena product manager harus memiliki skill komunikasi yang mumpuni dan tentunya berkualitas.
Referensi : Quipper Campus.

Penutup

Demikianlah penjelasan mengenai jurusan ilmu komunikasi dan juga prospek kerjanya yang sangat beragam, baik itu pembicara hingga penulis, walaupun masih banyak sekali diluar sana bidang pekerjaan yang bisa untuk dijalankan sesuai dengan jurusan ini.
Semoga bermanfaat, dan jangan lupa bagikan artikel ini agar mendapatkan manfaat yang lebih besar dan lebih banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *