Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Jurusan Farmasi dan Prospek Kerjanya

Jurusan farmasi dan prospek kerjanya - jika kamu ingin kuliah dengan mempelajari tentang obat-obatan dan kesehatan maka jurusan farmasi ini bisa menjadi referensi untuk kamu kuliah dijurusan ini, banyak yang bisa dipelajari dan digali mengenai obat-obatan baik itu dari meracik obat, menganalisis obat hingga membuat obat tersebut layak untuk dikonsumsi secara aman.

Pembahasan ini akan mengulas seputar jurusan farmasi, mata kuliah jurusan farmasi, hingga prospek kerja untuk lulusan jurusan farmasi itu sendiri.

Jurusan Farmasi

Apa itu Jurusan Farmasi

Farmasi adalah program studi atau jurusan yang mempelajari tentang obat-obatan. Disini kita akan belajar dan membahas mengenai pengenalan struktur senyawa obat dan bagaimana cara sintesisnya, kemudian mengolahnya menjadi obat yang layak dikonsumsi. 

Dijurusan farmasi ini kamu akan akan belajar, mencampur, meracik, melakukan formulasi, mengidentifikasi, mengombinasi, menganalisis, dan menciptakan obat yang memenuhi standar kualitas dan kelayakan. Bahkan tidak hanya meracik obat, kamu juga harus mengetahui bagaimana cara penggunaan obat-obatan tersebut secara aman dan memenuhi standar kelayakan konsumsi.

Jurusan farmasi ini bisa menjadi pilihan yang cocok bagi kamu jika ingin berkecimpung di dunia medis selain menjadi dokter, bidan, perawat dan lainnya. 

Farmasi merupakan kombinasi antara ilmu kesehatan dengan ilmu kimia dan tentunya sangat diperlukan di dunia medis. Selama kuliah di jurusan Farmasi, kamu akan banyak berkutat dengan senyawa kimia untuk dikembangkan jadi bahan obat. 

Bukan nggak mungkin kalau suatu saat nanti kamu bisa saja menjadi salah satu penemu obat penyembuh dari berbagai penyakit. Selain itu, kamu akan mempelajari bagaimana menggunakan obat-obatan secara efektif dalam ilmu kesehatan hingga pengobatan alami.

Di jurusan Farmasi kamu akan belajar banyak mata kuliah atau materi lintas ilmu seperti ilmu medis, anatomi- histologi serta faal. kamu juga akan belajar beberapa ilmu psikologi, ataupun apalagi menyinggung agrikultur bila kalian tertarik menekuni tumbuhan obat. Tidak hanya menekuni ilmu menimpa obat- obatan, kamu pula akan belajar bermacam ilmu yang berhubungan dengan hitung- menghitung sampai ilmu yang memerlukan nalar yang baik. 

Mengapa Kamu Harus Kuliah di Jurusan Farmasi

Ada banyak alasan kenapa kamu harus kuliah di jurusan farmasi, diantaranya adalah :

1. Kamu lulusan farmasi dibutuhkan oleh lembaga layanan kesehatan mulai dari Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik Pengobatan, maupun Laboratorium Klinik yang bertanggung jawab untuk meracik obat hingga menyediakan informasi obat.

2. Kamu lulusan Farmasi dibutuhkan oleh instansi pemerintah seperti BPOM untuk menjamin suatu makanan dan minuman tidak memiliki kandungan yang berbahaya sehingga layak edar.

3. Kamu lulusan farmasi juga dibutuhkan oleh industri kosmetik serta industri makanan dan minuman.

4. Jika sudah lulus pendidikan dan ujian profesi Apoteker, kamu bisa menjadi Apoteker sekaligus berwirausaha dengan membuka Apotek.

5. Kamu juga bisa bekerja di bidang perdagangan besar farmasi atau yang juga dikenal sebagai distributor tentunya dengan mendirikan perusahaan yang berbentuk badan hukum terlebih dahulu.

Baca juga : Jurusan Kuliah IPA.

Spesialisasi atau Peminatan Jurusan Farmasi

Setiap jurusan kuliah pasti ada spesialisasinya, jurusan farmasi pun begitu, ada beberapa spesialisasi yang bisa dipilih sesuai dengan bakat minat kamu atau rencana kerja kamu dimasa depan, walaupun tidak semua universitas memiliki spesialisasi seperti berikut :

1. Spesialisasi Farmakologi

Spesialisasi farmakologi ini mempelajari tentang bagaimana obat-obatan mempengaruhi dan berinteraksi dengan tubuh manusia. Bidang farmatologi ini meliputi topik mengenai efek terapi dan racun dari berbagai obat dan bahan beracun, bagaimana obat-obatan berinteraksi dengan berbagai nutrisi makanan dan sebagainya.

2. Spesialisasi Clinical Practice

Spesialisasi Clinical Practice ini bertujuan untuk menyiapkan mahasiswa dalam memberikan layanan kesehatan secara langsung kepada pasien, termasuk di dalamnya mendiagnosis, memberi resep, arahan serta komunikasi dan support kepada pasien dengan baik dan sesuai prosedur yang ada.

3. Spesialisasi Mikrobiologi dan imunologi

Spesialisasi mikrobiologi lebih fokus kepada studi terhadap mikroba yang juga penting dalam dunia farmasi karena mikroba-mikroba ini dapat menyebabkan berbagai penyakit. Spesialisasi mikrobiologi juga erat kaitannya dengan virologi (studi tentang virus), bakteriologi (studi tentang bakteri) dan mycology (studi tentang jamur). 

Spesialisasi mikrobiologi juga sering diajarkan bersamaan dengan imunologi, yaitu studi tentang sistem imun, termasuk penyakit-penyakit yang muncul karena lemahnya sistem imun, kegunaan imunoterapi dan hubungan antara sistem imun dengan tahapan dalam kehidupan, seperti kehamilan dan perkembangan anak di masa-masa krusial.

4. Spesialisasi Drug Development

Spesialisasi drug development adalah studi tentang berbagai proses yang dibutuhkan untuk menciptakan obat-obatan baru dan memasarkannya.

5. Spesialisasi Teknologi farmasi

Spesialisasi teknologi farmasi ini biasanya ditawarkan untuk mahasiswa level master yang berfokus pada berbagai teknologi modern yang digunakan di sektor farmasi.

Spesialisasi teknologi farmasi ini termasuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk secara langsung mempelajari berbagai masalah yang dihadapi dalam industri farmasi dalam skala global.

Pengetahuan dan Keahlian

1. Kemampuan meneliti
2. Kemampuan menganalisis
3. Kemampuan pelayanan kefarmasian
4. Kemampuan penjaminan mutu
5. Kemampuan komunikasi
6. Pemahaman kimia
7. Pemahaman biologi

Mata Kuliah Jurusan Farmasi

1. Anatomi Fisiologi Manusia
2. Farmasi Fisika
3. Kimia Organik
4. Botani Farmasi
5. Farmasetika Dasar
6. Biokimia
7. Kimia Sintesis
8. Kimia Analitik
9. Teknologi dan Formulasi Sediaan Semisolida dan Likuida
10. Biologi Sel dan Molekuler
11. Farmakologi Dasar dan Toksikologi
12. Farmakognosi
13. Analisis Fisikokimia
14. Fitokimia
15. Imunologi
16. Patofisiologi
17. Farmakologi Sistem Organ
18. Mikrobiologi Farmasi
19. Kosmetika
20. Farmasi Bahan Alam
21. Farmakologi Khemoterapetika
22. Bioteknologi Farmasi
23. Teknologi Formulasi Sediaan Steril
24. Analisis Biomedik
25. Radiofarmasi
26. Farmasi Forensik
27. Etnofarmasi
28. Parasitologi
29. Interaksi Obat
30. Analisis Farmasi
31. Farmakoterapi
32. Teknologi dan Formulasi Sediaan Solida
33. Stabilitas Obat
34. Biofarmasi
35. Farmasi Klinik
36. Pemodelan Molekul Obat 

Apa sih gelar sarjana dari lulusan farmasi ?

Jadi lulusan jurusan farmasi akan memperoleh gelar Sarjana Farmasi (S.Farm), dan dapat meneruskan pendidikan Apoteker untuk mendapatkan gelar Apoteker (Apt). Lulusan Farmasi ini tidak harus dan tidak wajib untuk menjadi Apoteker dan berada di apotek, tapi juga bisa berada di rumah sakit, laboratorium, dan klinik sesuai dengan keinginan kamu dan tentunya kebutuhan dari medis lainnya. 

Prospek Kerja Jurusan Farmasi

Pembahasan selanjutnya adalah membahas prospek kerja, berbicara mengenai prospek kerja farmasi itu tidak akan pernah ada habisnya karena kesehatan itu nomor satu dan berbanding lurus dengan lulusan farmasi yang dibutuhkan. Bahkan akan terus berkembang seiring waktu, sebab penyakit pun ikut berkembang dan membutuhkan penanganan yang tepat dari ahlinya.

Lulusan Farmasi juga dibutuhkan di berbagai lembaga penelitian baik milik swasta maupun pemerintah seperti Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), 

Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dan lain-lain. Di sektor industri obat, makanan, dan kosmetik, lulusan Farmasi juga dapat berkarir sebagai peracik dan pengembang obat-obatan, konsultan, dan manajemen mutu.

Berikut beberapa prospek kerja jurusan farmasi :

1. Menjadi Ahli Bioteknologi
2. Ahli Kecantikan (Aesthetician)
3. Dosen Farmasi
4. Staf Ahli Informasi Medis (Rekam Medis)
5. Menjadi Apoteker
6. System Analyst
7. Bagian Administrasi Rumah Sakit
8. Bagian Perencanaan, Pengembangan, dan Penelitian Produk Bioteknologi
9. Wirausaha (Entrepreuner)
10. Research And Development (RnD)
11. Bagian Penjualan (Sales)
12. Peneliti Bioteknologi
13. Blogger, dengan Niche Farmasi

Karakter Siswa Yang Cocok di Jurusan Farmasi

1. Siswa yang teliti.
2. Siswa yang tekun.
3. Siswa yang detail dan cermat.
4. Siswa yang observan.
5. Siswa yang terstruktur atau terencana.
6. Siswa yang independen.
7. Siswa yang senang menganalisis sesuatu.
8. Siswa yang senang melakukan riset atau penelitian.
9. Siswa yang senang memecahkan masalah (problem solving).

Referensi : Quipper Campus.

Penutup

Demikian yang bisa saya bagikan mengenai jurusan farmasi ini, banyak hal yang harus dipelajari terkait dengan jurusan farmasi ini, baik itu mengenai mata kuliahnya, peminatannya, hingga prospek kerjanya juga harus kita cermati terlebih dahulu.

Silahkan di bagikan ke teman yang lain jika dirasa artikel ini memberikan manfaat dan referensi dalam memilih jurusan kuliah.

Terima kasih sudah berkunjung, baca artikel terkait dibawah ini.

Post a comment for "Jurusan Farmasi dan Prospek Kerjanya"

Berlangganan via Email