Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Berapa Gaji Programmer dan Posisi IT Lainnya di Indonesia

Gaji Programmer di Indonesia - berbicara masalah gaji memang tiada habisnya, setiap orang juga memiliki keinginan untuk mempunyai gaji dinominal tertentu, tetapi kembali lagi bahwa disini saya akan membagikan mengenai standar gaji programmer di indonesia, baik itu tingkatan programmer itu sendiri, system analyst, hingga IT Consultant.

Gaji Programmer

Apakah menjadi programmer harus kuliah IT ?

Saya sering mendapatkan pertanyaan seputar "apakah untuk menjadi programmer itu harus kuliah di jurusan IT ?", menurut saya tidak harus, tetapi akan lebih baik jika kamu kuliah di jurusan IT.

Kenapa ?

Karena, dengan kamu kuliah di jurusan IT, baik itu Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknik Komputer, Manajemen Informatika, dll, kamu akan mempunyai basic teori seputar pemrograman dan algoritma bahkan tidak jarang dosen memberikan ilmu seputar analis sistem, itu penting, bahkan sangat penting.

Gaji Programmer dan Profesi Sejenisnya

Berikut ini adalah daftar gaji dari masing-masing posisi, baik itu posisi programmer, softtware engineer, system analyst, database engineer hingga IT consultant.

Programmer

Pertama adalah programmer, tugas utama dari seorang programmer adalah membuat dan merancang konsep yang datang dari system analyst agar dapat dijalankan dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu, contohnya seperti bahasa pemrograman PHP, JAVA, .NET, hingga Android Studio, Flutter dan lainnya. 

Sebenarnya untuk posisi programmer itu ada beberapa macam pilihan, baik itu sebagai web programmer, aplikasi programmer, desktop programmer hingga programmer untuk industri game.

Berapa gajinya ?

Berdasarkan pengalaman saya saat mencari lowongan kerja web programmer, untuk freshgraduate itu sekitar UMR hingga 1 juta diatas UMR, mengapa saja sebut UMR ? karena tergantung dimana perusahaan berada.

Misalkan perusahaan dijakarta ya gaji awal programmer freshgraduate sekitar 4 jutaan hingga 5 jutaan.

Bahkan jika pengalaman lebih dari 3 tahun bisa lebih dari 10 juta perbulan, tergantung seberapa besar perusahaan tempat bekerja.

Software Engineer

Yang kedua adalah software engineer, tugas dari seorang software engineer sebenarnya mirip dengan pekerjaan sebagai seorang programmer dan system analyst, maka dari itu software engineer diwajibkan paham mengenai keduanya bahkan ada beberapa perusahaan yang memberikan syarat untuk bisa masuk di posisi ini, harus punya pengalaman kerja dibagian programmer dan system analyst walau hanya 1 tahun dimasing2 bagian. 

Dan juga biasanya profesi software engineer ini dibutuhkan oleh suatu perusahaan yang memang bergerak di bidang IT seperti bidang pengembangan website, aplikasi dan lainnya.

Berapa gaji posisi software engineer ?

Pekerjaan diposisi software engineer dapat memperoleh gaji rata-rata dengan rentang Rp5.000.000 sampai Rp8.000.000 perbulan. 

Bahkan ada riset mengenai perusahaan seperti bukalapak dan traveloka, mereka memberikan gaji kepada software engineer sebesar Rp. 11.000.000 hingga Rp. 12.000.000 perbulan.

DIkarenakan memang untuk menjadi software engineer bukan hal yang mudah, dibutuhkan skill yang tinggi dan analisa yang sesuai dengan kebutuhan.

IT Consultant

Posisi yang ketiga adalah IT Consultant, IT consultant bekerja memberi saran dan ide kepada client tentang bagaimana mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi baik itu website atau aplikasi mobile, untuk memenuhi target bisnis atau menyelesaikan suatu permasalahan dalam bisnis dan perusahaan. 

Berapa gaji seorang IT Consultant ?

Gaji yang diperoleh saat bekerja sebagai IT Consultant adalah sekitar 6.000.000 hingga 11.000.000 perbulan, cukup besar untuk gaji di indonesia karena memang untuk menjadi IT Consultant itu diperlukan waktu pengalaman kerja yang banyak diatas 5 tahun diposisi programmer maupun software engineer, maka wajar jika gajinya diatas rata2.

System Analyst

Yang keempat adalah posisi system analyst, pekerjaan utama seorang yang bekerja di posisi system analyst adalah untuk merancang sistem informasi (IT) di perusahaan yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi bisnis dan organisasi bisnis di perusahaan.

System analyst biasanya berawal dari seorang programmer yang sudah mahir dan memiliki pengalaman sebagai pengembang aplikasi, sehingga dibutuhkan rata-rata 3-5 tahun sebagai programmer untuk bisa menjadi system analyst. 

Berapa gaji seorang yang bekerja di posisi system analyst ?.

Untuk gajinya adalah sekitar Rp. 6.500.000 hingga Rp. 12.000.000, posisi sebagai system analyst merupakan posisi pekerjaan yang sangat diinginkan oleh programmer, selain lebih mudah dalam bekerja, juga gaji yang didapatkan lebih tinggi dibandingkan programmer, meskipun tanggung jawabnya juga besar.

Database engineer

Yang kelima adalah bekerja di posisi database engineer, database engineer umumnya bekerja untuk mendesain dan memonitor database kompleks. Mereka bertanggung jawab di bidang pemeliharaan yang memastikan database tersebut responsif dan dapat menyediakan data yang valid. 

Berapa gaji di posisi database engineer ?.

Gaji seorang yang bekerja sebagai database engineer adalah sekitar Rp. 4.000.000 hingga Rp. 5.500.000 perbulan, gaji sebagai seorang database engineer termasuk gaji yang relatif kecil dibanding dengan pekerjaan dibidang IT diatas, karena memang pekerjaan relatif lebih ringan dan lebih mudah.

Systems Analyst

Gaji sekitar Rp 8.000.000 (Sekitar 3 hingga 6 tahun pengalaman).

Cloud engineer 

Gaji sekitar Rp 5.500.000 (Sekitar 3 hingga  7 tahun pengalaman).

Data Analyst 

Gaji sekitar Rp 11.000.000 (Sekitar 2 tahun pengalaman).

Database adminstrator

Gaji sekitar Rp 7.000.000 (Sekitar 4 hingga 7 tahun pengalaman).

IT Auditor 

Gaji sekitar Rp 7.000.000 (Sekitar 4 hingga 7 tahun pengalaman).

Project Manager, IT infrastructure 

Gaji sekitar Rp 22.000.000 (Sekitar 5 hingga 10 tahun pengalaman).

Senior Systems Engineer 

Gaji sekitar Rp 38.000.000 (Sekitar 5 hingga 10 tahun pengalaman).

Software developer 

Gaji sekitar Rp 15.000.000 (Sekitar 5 hingga 10 tahun pengalaman).

Software QA & Test analyst 

Gaji sekitar Rp 8.000.000 (Sekitar 3 hingga 5 tahun pengalaman).

Android/iOS developer apps 

Gaji sekitar Rp 9.500.000 (Sekitar 4 tahun pengalaman).

Systems/Network administrator 

Gaji sekitar Rp 6.000.000 (Sekitar 3 tahun pengalaman).

IT Support 

Gaji sekitar Rp 5.500.000 (Sekitar 2 tahun pengalaman).

UI/UX Manager 

Gaji sekitar Rp 11.000.000 (Sekitar 5 hingga 6 tahun pengalaman).

Poin di Gaji Programmer

Sangat tidak adil jika rasanya hanya pendapat saya saja di artikel ini, maka saya akan memberikan tambahan berupa pendapat dari orang lain di beberapa forum, seperti itu quora dan kaskus.

Pendapat dari Komentar di Quora terhadap Pertanyaan Serupa.

1. Yasin Habib Ankhairi, bekerja sebagai Web Developer di PT. Kalacakra Teknologi

Menjawab seperti berikut :

"Saya kurang setuju bahwa perusahaan terlalu melihat lulusan dari mana, menurut saya IPK pun tidak menjadi acuan, yang terpenting melihat nilai mata kuliah yg berhubungan dengan pekerjaan (khususnya fresh graduate)".

"Sebenarnya lebih baik ketika kamu pengen jadi programmer carilah perusahaan yang baru akan merintis, karena bakal banyak banget pengalaman yang bakal didapat, karena apa? Biasanya perusahaan yang baru merintis 1 orang karyawan harus bisa multi tasking contoh : programming, query database (setidaknya bisa ddl dan dml), analisa sistem, maupun analisa bisnis".

"Untuk gaji untuk seorang fresh graduate programmer rata rata adalah dipatok umr, dan akan naik gajinya seiring dengan kinerja, dan selama saya bekerja 3 tahun sudah mengalami kenaikan 3x dan sekarang gaji saya sekitar 2x gaji pertama saya".

"Sebisa mungkin ketika kamu merasa ilmu yang didapat dari perusahaan tersebut tidak dapat bertambah lagi dan merasa stuck lebih baik mencari perusahaan lain yang lebih baik. Dan perbanyaklah portofolio baik itu seperti website, aplikasi android, aplikasi desktop, sesuai dengan apa yang ingin kamu tingkatkan, karena skill kamu akan tercermin pada portofolio itu sendiri".

2. Yufi Eko Firmansyah, Sebagai Web Developer

Menjawab seperti ini :

"Gaji yang didapat akan dipengaruhi oleh :"

- Lokasi daerah bekerja
- Keahlian dan pengalaman
- Perusahaan
- Kontrak pekerjaan (penuh atau paruh waktu)
- Nego

"Saya sangat setuju dengan jawaban yang sudah ada diatas, sepengetahuan saya, gaji paling rendah untuk programmer terutama saat masih freshgraduate (masih baru lulus kuliah) adalah disekitar UMR (bisa kurang sampai lebih sedikit) dilokasi perusahaan yang dilamar dan dimanapun berada".

"Pola pikirnya dari sekarang harus memperbanyak pengalaman dan keahlian, bisa dengan mulai ambil pelatihan online yang sangat banyak bertebaran diinternet, seperti di Udemy, Coursera dan sebagainya, bisa juga dengan mulai ambil proyek. Itu nanti akan jadi salah satu modal penting ketika melamar pekerjaan sebagai programmer".

"Oh ya satu lagi, selain gaji yang identik dengan perusahaan, Anda juga bisa menjadi pekerja lepas (freelance) di situs seperti Upwork, Fiverr, Sribulancer, dan sejenisnya, atau buat produk aplikasi SaaS yang bisa jadi pendapatan pasif Anda".

Pendapat dari Komentar di Kaskus terhadap Pertanyaan Serupa.

1. Second.life

Berbicara masalah gaji, selain tergantung sama pengalaman, juga bergantung sama besar perusahaan, lokasi dan jenis perusahaan itu sendiri, kalau perusahaan besar biasanya lebih berani bayar mahal.

Kalau perusahaan IT (software house / consultant / sejenisnya) biasanya berani bayar mahal juga, kalau lokasinya remote (dalam artian jauh dari kota / dipelosok), biasanya sih berani bayar mahal juga, tapi yg begini sih biasanya ga ada untuk IT, biasanya untuk pekerja alat-alat berat dipertambangan/ perkebunan.

Jadi kesimpulannya adalah kalau dapat software house yg skalanya besar, kemungkinan gaji lebih gede dari pada yg umum didapatkan. tetapi di software house harus siap capek kejar target ya, hehehe.

Penutup

Demikian informasi seputar gaji programmer dan posisi lainnya, semoga bermanfaat dan pastinya rincian gaji diatas adalah rata-rata dibeberapa perusahaan indonesia, jadi saya kembalikan lagi dimasing-masing perusahaan dibeberapa daerah, yang pasti berbeda gajinya, karena berbeda juga UMR di daerah tersebut.

Yang pasti, berapapun gaji yang diperoleh, harus tetap bersyukur dan terus meningkatkan skill agar gaji yang diperoleh meningkat nantinya.

Terima kasih, silahkan komentar dibawah ini bagi yang sudah bekerja dibeberapa posisi seperti diatas, berapa gaji yang kamu peroleh.

Post a comment for "Berapa Gaji Programmer dan Posisi IT Lainnya di Indonesia"

Berlangganan via Email