Uncategorized

Beasiswa PPA dan BBM Untuk Mahasiswa Berprestasi

Beasiswa PPA dan BBM Untuk Mahasiswa Prestasi – Beasiswa PPA ini adalah adalah beasiswa yang dikhususkan bagi mahasiswa berprestasi (baik nilai akademik yang bagus, atau prestasi lainnya selama menjadi mahasiswa) dan tentunya orang tuanya tidak mampu atau kesulitan dalam menanggung biaya kuliah mahasiswa tersebut.
Sebelum membahas Beasiswa PPA ini, lebih baik kita mengetahui apa itu beasiswa PPA dan tujuannya serta sasarannya ?
Beasiswa PPA

Apa itu Beasiswa PPA

Beasiswa PPA atau singkatan dari (Peningkatan Prestasi Akademik) merupakan program beasiswa dari Kementrian Riset dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) yang ditujukan bagi mahasiswa D3, D4, atau S1 yang telah menempuh pendidikan minimal semester 2 dan dikhususkan bagi mahasiswa berprestasi yang orang tuanya tidak mampu untuk membiayai pendidikannya.

Tujuan Beasiswa PPA

1. Meningkatkan akses dan  pemerataan kesempatan belajar di perguruan tinggi bagi rakyat Indonesia.
2. Mengurangi jumlah mahasiswa yang putus kuliah, karena tidak mampu membiayai pendidikan.
3. Meningkatkan prestasi dan motivasi mahasiswa, baik pada bidang akademik/kurikuler, ko-kurikuler,  maupun ekstrakurikuler.

Sasaran Beasiswa PPA

1. Mahasiswa berprestasi (baik pada bidang akademik/kurikuler, ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler).
2. Mahasiswa dengan prestasi minimal yang orang tua/wali-nya tidak mampu membiayai pendidikannya.

Status Mahasiswa Penerima Beasiswa PPA

1. Mahasiswa calon/penerima beasiswa adalah mahasiswa yang kuliah pada perguruan tinggi pengelola program beasiswa dari Kementerian Pendidikan Nasional.
2. Mahasiswa calon/penerima beasiswa adalah mahasiswa yang masih aktif, dalam jenjang pendidikan Diploma dan Sarjana.

Waktu diberikan Beasiswa PPA

PPA dan BBM diberikan kepada mahasiswa aktif berdasarkan periode tahun anggaran berjalan Kementerian Pendidikan Nasional. 

Alokasi Beasiswa PPA

1. Kuota calon penerima pada setiap perguruan tinggi ditentukan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
2. Besarnya dana dialokasikan sesuai dengan DIPA Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi sekurang-kurangnya Rp. 300.000,- (tiga ratus ribu rupiah) per mahasiswa per bulan. Khusus bagi mahasiswa baru diberikan mulai semester I dengan mempertimbangkan antara lain nilai ujian nasional dan nilai rapor.

Penghentian Penerimaan Beasiswa PPA

Pemberian PPA dan BBM dihentikan apabila mahasiswa :
1. Mahasiswa Telah lulus.
2. Mahasiswa Mengundurkan diri atau cuti kuliah.
3. Mahasiswa Menerima sanksi akademik dari Perguruan Tinggi.
4. Mahasiswa Tidak lagi memenuhi syarat yang ditentukan.
5. Mahasiswa Memberikan data kelengkapan beasiswa yang tidak benar.
6. Mahasiswa Meninggal dunia.

Persyaratan Pendaftaran Beasiswa PPA

Sebelum mendaftar beasiswa ini sangat dianjurkan untuk membaca dengan teliti apa saja persyaratan pendaftaran beasiswa PPA, karena jika dokumen saat mendaftar ada yang kurang, maka bisa menjadi penyebab kegagalan mendapatkan beasiswa tersebut, sehingga saran saya, baca ketentuan persyaratan dibawah ini dengan teliti, jika perlu sambil ditulis dikertas agar lebih mudah dalam pengecekan dokumen persyaratan.
Persyaratan pendaftaran beasiswa ini ada 2 persyaratan, yaitu persyaratan umum dan persyaratan khusus, yang mana kedua persyaratan tersebut harus diperhatikan dan terutama kelengkapan berkasnya.

1. Persyaratan Umum Pendaftaran

Diberikan dengan mempertimbangkan prestasi dan latar belakang memampuan ekonomi orang tua kepada mahasiswa:
a. Jenjang S1/Diploma IV paling rendah duduk pada semester II dan paling tinggi duduk pada semester VIII.
b. Diploma III, paling rendah duduk pada semester II dan paling tinggi duduk pada semester VI.
Mahasiswa yang memenuhi persyaratan tersebut di atas, mengajukan permohonan tertulis kepada Rektor/Ketua/Direktur atau pimpinan perguruan tinggi yang berwenang untuk mendapatkan  bantuan  dengan melampirkan berkas sebagai berikut:
a. Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan Kartu Rencana Studi (KRS) atau yang sejenis sebagai bukti mahasiswa aktif.
b. Fotokopi rekening listrik bulan terakhir dan atau bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dari orang tua/walinya.
c. Surat pernyataan tidak menerima beasiswa dari sumber lain di lingkungan Kemdiknas yang diketahui oleh Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan.
d. Fotokopi kartu keluarga.
e. Rekomendasi dari pimpinan Fakultas/Jurusan.

2. Persyaratan Khusus Pendaftaran

Calon penerima (mahasiswa yang mendaftar) wajib melampirkan :

a. Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA):

1) Fotokopi transkrip nilai dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) paling rendah 3,0 yang disahkan oleh pimpinan perguruan tinggi.
2) Surat keterangan penghasilan orangtua/wali pemohon yang disahkan oleh pihak yang berwenang (bagi pegawai negeri/swasta disahkan oleh Bagian Keuangan, dan yang bukan pegawai negeri/swasta disahkan oleh Lurah/Kepala Desa).

b. Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM):

1) Surat Keterangan tidak mampu atau layak mendapat bantuan yang dikeluarkan oleh Lurah/Kepala Desa.
2) Fotokopi  transkrip nilai dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) paling rendah 2,50 yang disahkan oleh pimpinan perguruan tinggi.
3) Fotokopi piagam atau bukti prestasi lainnya (ko-kurikuler dan atau ekstra kurikuler) yang diselenggarakan oleh Kemdiknas dan atau organisasi lain baik pada tingkat Nasional, Regional, maupun Internasional.
3. Perguruan tinggi negeri/kopertis, karena alasan atau kondisi tertentu dapat menambahkan ketentuan dan atau syarat tambahan, termasuk mengubah batas IPK terendah. Penambahan dan atau perubahan dimaksud harus dilaporkan kepada Ditjen Dikti.

Penutup

Demikian saya bagikan dan tulis mengenai beasiswa PPA untuk mahasiswa yang masih aktif kuliah dan memiliki prestasi yang cukup baik, semoga bermanfaat dan jika kamu berminat segera untuk mendaftar ya untuk mendapatkan beasiswa PPA tersebut.
Bahkan saya sewaktu masih menjadi mahasiswa, pernah mendapatkan beasiswa PPA ini, karena nilai akademik saya lumayan bagus dan mendapatkan rekomendasi dari dosen untuk mendaftar, sehingga saya begitu semakin semangat dalam menjalani kuliah tanpa memikirkan biaya SPP kuliah karena uang beasiswa PPA langsung dialokasikan ke SPP kuliah.
Bagi kamu yang ingin informasi lengkapnya, silahkan kunjungi situs kopertis berikut :

You might also like

2 Replies to Beasiswa PPA dan BBM Untuk Mahasiswa Berprestasi

  1. Permisi, mau bertanya.. Untuk beasiswa PPA kan ada persyaratan minimal telah menempuh semester 2 dan melampirkan KRS (semester 3?) Kalau harus KRS semester 3 maka kita juga baru menerima bantuan di semester 4? Mohon pencerahannya��

    1. berdasarkan pengalaman saya mbk, dulu waktu kuliah saya menerima beasiswa disemester 3 juga, jadi nanti mbknya akan ada informasi mengenai beasiswanya, bisa di semester 3 atau disemester 4 menerimanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *