Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Apa itu Programmer, Tugas Programmer dan Gajinya

Tugas Programmer dan Jobdesk Programmer - Ketika kamu ingin menjadi seorang programmer atau ingin bekerja sebagai programmer, maka harus mengetahui apa saja tugas programmer dan jobdesk programmer, banyak hal yang perlu diketahui sebelum menjadi programmer, agar nantinya lebih maksimal dalam bekerja diposisi tersebut.

Programmer yang saya maksud disini adalah semua jenis programmer, baik itu web programmer, desktop programmer, mobile programmer (android, ios, dll), 

Apa itu Programmer, Tugas Programmer dan Gaji Programmer

Sebelum membahas mengenai tugas programmer, alangkah lebih baik jika kita mengetahui apa itu programmer.

Apa itu Programmer

Programmer adalah seseorang yang memiliki kemampuan dan skill menulis dan merancang kode program-program komputer menggunakan bahasa-bahasa pemrograman komputer seperti misalkan Java, Php, Javascript, Phyton, C++ dan bahasa pemrograman lainnya.

Tugas Programmer dan Jobdesk Programmer

Setelah kita mengetahui apa itu programmer, selanjutnya kita harus mengetahui apa saja tugas programmer yang merupakan termasuk kedalam jobdesk programmer, simak dibawah ini :

1. Memecahkan suatu permasalahan yang ada, baik itu permasalahan didalam bisnis sehingga diselesaikan menggunakan aplikasi yang akan dibuat, atau permasalahan didalam pembuatan program itu sendiri, intinya ya problem solving.

2. Ketika menulis kode program, diharapkan untuk menulis dan menyusun dokumentasi pengembangan program dan revisinya, dokumentasinya berupa komentar di setiap kode program yang ditulis beserta fungsinya, sehingga orang lain dapat memahami alur kode program yang dibuat.

3. Melakukan testing aplikasi yang dibuat, baik itu aplikasi program sederhana hingga aplikasi besar, bertujuan untuk memastikan bahwa kode program tersebut dalam berjalan lancar dan menghasilkan informasi beserta aplikasi yang diinginkan.

4. Merevisi dan melakukan perbaikan kode program secara langsung dan pengembangan program untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kinerja.

5. Menganalisis dan menulis ulang program ketika ada program yang harus diperbaiki atau perpindahan dari bahasa pemrograman satu ke pemrograman lainya.

6. Memperbaiki kesalahan dengan membuat perubahan yang sesuai dan memeriksa kembali program untuk memastikan bahwa hasil yang diinginkan telah berhasil.

7. Selalu berkonsultasi dan berkomunikasi dengan leader IT dan manajer perusahaan untuk memperjelas maksud program yang akan dibuat, sekaligus mempresentasikan rencana program yang akan dibuat.

8. Menerjemahkan dokumen hasil dari perancangan dan desain aplikasi kedalam kode program sesuai dengan aplikasi yang akan dibuat.

9. Membuat dokumentasi hasil aplikasi yang sudah jadi, bertujuan sebagai dokumentasi program agar user atau pengguna dapat membaca dokumentasi dalam menjalankan aplikasi tersebut.

Pembahasan selanjutnya adalah berapa sih gaji programmer itu sendiri ?

Walaupun kita tahu bahwa programmer itu ada banyak posisi jika dirinci, tetapi saya akan membahas sedikit mengenai gaji seorang programmer standar di indonesia.

Berapa Gaji Programmer ?

Setelah membahas mengenai apa itu programmer dan tugas programmer (jobdesk programmer), selanjutnya kita akan membahas mengenai gaji seorang programmer, kira-kira berapa sih gaji saat bekerja sebagai programmer, apakah bisa mencapai 10 juta dalam sebulan ?

Kita simak penjelasan dibawah ini :

Saya sebenarnya sudah membuat artikel mengenai gaji programmer , dan lengkap dengan bagaimana komentar orang lain yang juga berprofesi sebagai programmer di beberapa forum, seperti kaskus dan quora.

Berikut saya bagikan informasi gaji programmer secara singkat, karena saya sudah membahas di artikel lainya.

Gaji Programmer 

Gajinya adalah sekitar Rp. 4.000.000 (UMR Jakarta) atau UMR daerah masing-masing (freshgraduate), jadi untuk programmer pemula freshgraduate itu gajinya sekitar UMR didaerah masing-masing, misal UMR Solo 2 juta ya gajinya sekitar 2 juta rupiah.

Gaji Systems Analyst

Gaji adalah sekitar Rp 8.000.000 dengan pengalaman 3 hingga 6 tahun pengalaman.

Gaji Cloud engineer 

Gaji adalah sekitar Rp 5.500.000 dengan pengalaman 3 hingga  7 tahun pengalaman.

Gaji Data Analyst 

Gaji adalah sekitar Rp 11.000.000 dengan pengalaman 2 tahun pengalaman.

Gaji Database adminstrator

Gaji adalah sekitar Rp 7.000.000 dengan pengalaman 4 hingga 7 tahun pengalaman.

Gaji IT Auditor 

Gaji adalah sekitar Rp 7.000.000 dengan pengalaman 4 hingga 7 tahun pengalaman.

Gaji Project Manager, IT infrastructure 

Gaji adalah sekitar Rp 22.000.000 dengan pengalaman 5 hingga 10 tahun pengalaman.

Gaji Senior Systems Engineer 

Gaji adalah sekitar Rp 38.000.000 dengan pengalaman 5 hingga 10 tahun pengalaman.

Gaji Software developer 

Gaji adalah sekitar Rp 15.000.000 dengan pengalaman 5 hingga 10 tahun pengalaman.

Gaji Software QA & Test analyst 

Gaji adalah sekitar Rp 8.000.000 dengan pengalaman 3 hingga 5 tahun pengalaman.

Gaji Android/iOS developer apps 

Gaji adalah sekitar Rp 9.500.000 dengan pengalaman 4 tahun pengalaman.

Gaji Systems/Network administrator 

Gaji adalah sekitar Rp 6.000.000 dengan pengalaman 3 tahun pengalaman.

Gaji IT Support 

Gaji adalah sekitar Rp 5.500.000 dengan pengalaman 2 tahun pengalaman.

Gaji UI/UX Manager 

Gaji adalah sekitar Rp 11.000.000 dengan pengalaman 5 hingga 6 tahun pengalaman.

Penutup

Sekian yang bisa saya bagikan mengenai apa itu programmer, tugas programmer dan jobdesk programmer serta gaji programmer, semoga bermanfaat dan dapat menjadikan gambaran mengenai programmer itu sendiri, karena keputusan untuk menjadi programmer bukan keputusan yang mudah dan sepele, sehingga harus difikirkan secara matang-matang.

Terima kasih.

Post a comment for "Apa itu Programmer, Tugas Programmer dan Gajinya"

Berlangganan via Email