Contoh Surat Pernyataan CPNS + PDF Lengkap

Contoh Surat Pernyataan CPNS - Pendaftaran CPNS telah dibuka, dan pelamar CPNS diharap untuk segera memenuhi persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan dari kementrian atau lembaga yang dituju terutama membuat surat pernyataan. Setelah mendaftar dan untuk dapat lolos seleksi CPNS, peserta harus menempuh beberapa tahapan seleksi. 

Mulai dari tahap pendaftaran akun di portal SSCN BKN, kemudian tahap seleksi administrasi, lalu tahap seleksi kemampuan dasar, dan lanjutan tahapan lainnya. Setelah selesai menempuh semua proses seleksi dan informasinya dinyatakan lulus, maka pelamar akan diminta untuk membuat surat pernyataan yang mana juga merupakan bagian dari proses seleksi.

Format surat pernyataan ini sudah disediakan oleh kementerian atau pihak lembaga yang dituju oleh anda. Selain mengisikan data seperti nama, jabatan yang dilamar, nomor induk kependudukan, dan sebagainya, terdapat poin-poin yang harus anda penuhi. Poin-poin tersebut sudah tertera di dalam surat pernyataan yang anda unduh tersebut.

Apa itu Surat Pernyataan ?

Surat keterangan adalah suatu keterangan tertulis yang digunakan untuk menjelaskan kondisi atau keadaan. Surat pernyataan dapat berlaku bagi individu maupun kelompok/organisasi. Surat pernyataan digunakan untuk mengikat seseorang dalam kesanggupan tertentu, menerangkan sesuatu atau mengakui sesuatu.

Contoh Surat Pernyataan CPNS

Poin Yang Harus diisi di Surat Pernyataan CPNS

Ada beberapa poin yang harus diisi dengan data yang valid dan sebenar-benarnya, yaitu :

1. Nama
2. Nomor Induk Kependudukan
3. Alamat Domisili
4. Agama
5. Pendidikan
6. Jabatan yang Dilamar

Dibawah ini adalah contoh surat pernyataan CPNS, yang mana wajib untuk disertakan saat sudah melewati beberapa tahapan seleksi seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Contoh Surat Pernyataan CPNS


Contoh Surat Pernyataan CPNS


SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : ............................................................................
Nomor Induk Kependudukan : ............................................................................
Alamat Domisili : ............................................................................
Agama : ............................................................................
Pendidikan : ............................................................................
Jabatan yang Dilamar : ............................................................................

Merupakan pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menyatakan dengan sesungguhnya bahwa saya:

1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia, dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia;

2. Tidak terafiliasi pada ideologi yang bertentangan dengan ideologi Pancasila;

3. Sehat jasmani dan rohani/jiwa/mental;

4. Tidak mengonsumsi/menggunakan narkotika, psikotropika, prekursor, dan zat adiktif lainnya;

5. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih;

6. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai calon PNS, PNS, anggota TNI/POLRI, pegawai BUMN/BUMD atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;

7. Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit TNI, anggota POLRI, dan/atau tidak sedang menjalani perjanjian/kontrak kerja/ikatan dinas pada instansi lain, baik instansi di dalam maupun di luar lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan;

8. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis;

9. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan;

10. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan;

11. Bersedia mengabdi pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan tidak mengajukan pindah dengan alasan apapun sekurang-kurangnya 10 (sepuluh) tahun sejak TMT PNS.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya, dan saya bersedia digugurkan/dibatalkan keikutsertaan/kelulusan saya pada seleksi CPNS Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, apabila dikemudian hari terbukti pernyataan saya ini tidak benar.

…………………….., …………………
Yang membuat pernyataan,

ditandatangani

(Nama Lengkap)

*Catatan:
Poin pada nomor 1 hingga 11 wajib termuat seluruhnya dan dituliskan secara urut. Apabila ada poin yang tidak termuat maka peserta dianggap tidak setuju dengan poin tersebut sehingga dapat digugurkan keikutsertaaannya dalam seleksi CPNS Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Baca juga : Surat lamaran kerja CPNS + Pdf nya

Untuk contoh surat pernyataan CPNS pdf nya silahkan download di link disini , yang isinya sebenarnya sama saja dengan yang ditulis diatas tetapi agar lebih jelasnya bisa dilihat pdfnya.

Demikian contoh surat pernyataan CPNS beserta PDF nya, semoga bermanfaat dan dilancarkan semua tahapan seleksi bagi yang melamar di CPNS.

Post a comment for "Contoh Surat Pernyataan CPNS + PDF Lengkap"