Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email + Contohnya

Cara Mengirim Lamaran Lewat Email - Saat ini banyak sekali perusahaan yang mulai menerapkan mengirim lamaran kerja lewat email, atau melalui situs website perusahaan tersebut, namun kebanyakan memang mengirim surat lamaran kerja itu lewat email.

Hal ini yang menjadi pendukung dari perusahaan yang telah lama membuka lowongan pekerjaan lewat online, entah itu website, blog, sosial media (instagram, facebook), forum online, dan lainnya. Sehingga ketika lowongan kerja dibuka lewat media online maka mengirim lamaran kerja lewat email juga bisa menjadi keharusan.

Hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan sebelum mengirim lamaran kerja lewat email.

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dalam mengirim lamaran kerja lewat email, dan tentunya harus disesuaikan dengan lowongan kerjanya, misalkan didalam lowongan kerja disyaratkan melampirkan surat kesehatan ya didalam lampiran lamaran kerja harus disertakan surat kesehatan, dan begitu dengan persyaratan yang lainnya.

Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email

Berikut hal yang perlu dipersiapkan sebelum mengirim lamaran kerja lewat email secara umum :

1. Penulisan surat lamaran kerja yang baik dan benar

2. CV (Curriculum Vitae) yang menarik dan isinya sesuai dengan skill yang dimiliki.

3. Scan ijasah pendidikan terakhir

4. Scan nilai akademik (pendidikan sesuai ijasah)

5. Scan KTP (Kartu Tanda Penduduk)

6. Scan KK (Kartu Keluarga)

7. Photo 3*4 atau 4*6 (Menyesuaikan persyaratan dalam lowongan kerja perusahaan)

8. Scan sertifikat keahlian atau pendidikan non formal (jika ada)

9. Surat keterangan sehat (Menyesuaikan persyaratan dalam lowongan kerja perusahaan)

10. Scan SKCK (Menyesuaikan persyaratan dalam lowongan kerja perusahaan)

11. File lampiran jangan terlalu besar, kompress file jpg terlebih dahulu

12. Format file berbentuk .PDF lebih baik (Menyesuaikan persyaratan dalam lowongan kerja perusahaan terkait ekstensi yang dikirimkan lewat email)

13. Teliti terlebih dahulu kelengkapan berkas pendukung, jangan sampai ada yang tertinggal setelah dikirim.

Selain berkas diatas ada banyak berkas lain yang menjadi pendukung lamaran kerja, seperti hasil Tes TOEFL atau TOEIC, dan menyesuaikan kebutuhan dari perusahaan. Misalkan perusahaan membutuhkan surat sehat dari dokter, atau surat bebas narkoba, atau keterangan tinggi badan dan berat badan.

Tips Mengirim Lamaran Lewat Email

1. Mempersiapkan seluruh berkas yang dibutuhkan

Persiapkan seluruh berkas pendukung baik itu CV, ijazah terakhir, nilai akademik, sertifikat, pas photo, KTP, KK, dan berkas pendukung lainnya sesuai dengan yang sudah dijelaskan diatas.

Format file (ekstensi file berkas) juga harus diperhatikan, lebih baik PDF , tetapi format jpg untuk yang scan juga tidak masalah, kecuali jika perusahaan mensyaratkan agar seluruh berkas pendukung di format PDF.

Dan juga ukuran file tidak boleh terlalu besar, kompress dahulu file berkas pendukung agar lebih kecil.

2. Nama email menggunakan nama sesuai KTP

Dalam penulisan email, lebih baik menggunakan nama asli (nama lengkap) sesuai KTP, contoh nama KTP dedi nugroho, maka nama emailnya dedinugroho@gmail.com atau misalkan nama tersebut sudah ada yang menggunakan tambahkan angka dibelakangnya menjadi dedinugroho1@gmail.com, itu lebih baik dibandingkan email dedigantengsekali@gmail.com.

3. Waktu pengiriman

Ada waktu terbaik dalam mengirim lamaran kerja lewat email, yaitu waktu dimana HRD sedang aktif bekerja, yaitu sekitar jam 09.00 - 11:30 dan 13:30 - 16:00 , waktu tersebut adalah waktu terbaik untuk mengirim email lamaran kerja.

Selain karena agar lamaran kerja kita lebih cepat dibuka, juga untuk menunjukkan bahwa kita profesional mengirim email pada saat jam kerja.

4. Mengirim melalui Gmail

Saat ini ada dua email yang paling populer didunia, bahkan diindonesia kedua email ini juga paling banyak yang digunakan yaitu gmail dan yahoo. 

Namun seiring berkembangnya sistem operasi android, menyebabkan kita harus memiliki akun gmail sehingga disarankan mengirim lamaran kerja lewat gmail dibandingkan yahoo, walaupun tidak ada salahnya jika ingin mengirim melalui email yahoo.

Cara Mengirim Lamaran Lewat Email

Berikut akan saya berikan panduan bagaimana cara mengirim lamaran lewat email.

1. Buka alamat https://mail.google.com/ , 

kemudian login menggunakan email dan password, jika belum mempunyai email, maka silahkan register terlebih dahulu.

Lebih baik gunakan nama gmail yang sesuai dengan nama asli, agar lebih mudah ketika pihak HRD perusahaan ingin menghubungi kembali jika diterima untuk melakukan tes selanjutnya.

2. Setelah gmail terbuka, maka tampilannya seperti berikut :

Cara Mengirim Lamaran Lewat Email

Bagi yang sudah terbiasa mengirim email pasti akan paham fungsi dari setiap tombol diatas.

3. Pilih tombol "Tulis" yang berada dibawah logo gmail sebelah kiri bagian atas.

Untuk memulai menulis lamaran kerja klik tombol tulis (jika berbahasa indonesia).

Cara Mengirim Lamaran Lewat Email


4. Terdapat tiga kolom yang perlu diisi yaitu bagian penerima, bagian subjek, dan bagian isi.


Cara Mengirim Lamaran Lewat


Penerima : alamat email perusahaan yang akan kamu lamar

Subjek : berisi subjek email 

Isi : berisi lamaran dan berkas pendukung lainnya (Seperti yang sudah dijelaskan diatas)







5. Isi 3 kolom tersebut dengan baik dan benar, teliti sebelum mengirim lamaran kerja dan berkas pendukungnya.


Bagian subject diisi dengan bagian yang kamu lamar - nama lengkap kamu.

Contoh kamu melamar kerja sebagai staff produksi, maka ditulis staff produksi - nama lengkap kamu.



Untuk bagian isinya bisa kamu tulis lamaran kerja kemudian baru dilampirkan berkas pendukung.

Cara Mengirim Lamaran Lewat Email

Kemudian lampirkan file atau berkas pendukung, klik tombol "Lampirkan File

Cara Mengirim Lamaran Lewat Email

5. Teliti terlebih dahulu sebelum mengirim.

Jangan tergesa-gesa untuk segera mengirim lamaran kerja tanpa diteliti terlebih dahulu, lebih baik diteliti dahulu bagian penulisan lamaran kerjanya, kemudian kelengkapan berkas pendukung apakah sudah sesuai dengan yang disyaratkan perusahaan.

6. Jika sudah lengkap, maka bisa tekan tombol kirim, dan tunggu balasan dari perusahaan tersebut untuk melanjutkan tes atau interview.

Jika merasa sudah lengkap, maka kirim pada waktu jam kerja seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Contoh Lamaran Kerja Lewat Email


Hal            : Lamaran Pekerjaan
Lampiran  : Berkas Terlampir

KepadaYth.

Bapak/Ibu HRD PT Air Line di Tempat.

Dengan Hormat,

Berdasakan informasi yang saya baca dari loker.id pada tanggal 01 Januari 2021. Melalui email ini saya bermaksud mengajukan lamaran untuk berkerja di PT Air Line sebagai Staff Produksi.

Berikut ini data singkat diri saya :

Nama : Dedi Nugroho
Tempat & Tgl.Lahir : Surakarta, 10 Januari 2021
Pendidikan terakhir : SMA IPA, SMA N 1 Surakarta
Alamat : Jl. Ahmad Yani No.384 Kerten Solo
HP : 081252345232
Email : dedinugroho@gmail.com

Saya memiliki kondisi kesehatan yang sangat baik, berpenampilan menarik, mampu membangun komuniasi dengan baik dan mampu berkerja secara personal maupun tim. Saya mampu berbahasa inggris dengan baik secara lisan maupun tulisan. Dengan pengalaman kerja di dunia produksi selama 1 tahun.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

1. Pas Photo Berwarna (3*4)
2. CV (Curriculum Vitae) Terbaru
3. Scan KTP.
4. Scan Ijazah.
5. Scan Transkrip Nilai.
6. Scan Sertifikat Pendukung

Demikian surat pemohonan pekerjaan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Saya sangat berharap Bapak/Ibu bersedia untuk memberikan kesempatan tes dan wawancara kepada saya, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih rinci tentang potensi yang saya miliki. Atas perhatian Ibu saya ucapkan terimakasih. 

Hormat Saya,

Dedi Nugroho


Keuntungan Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email

Banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari kita mengirim surat lamaran kerja lewat email, baik itu keuntungan dari pihak pelamar kerja, maupun keuntungan dari pihak perusahaan.

Apa saja keuntungan yang didapatkan dari mengirim lamaran pekerjaan lewat email ?

Keuntungan dari Pelamar Kerja

1. Hemat Waktu

Bagi pelamar kerja, mengirim lamaran kerja lewat email adalah salah satu cara untuk menghemat waktu, baik itu waktu perjalanan ke tempat perusahaan, waktu mencetak berkas yang dibutuhkan, waktu menunggu saat sudah di perusahaan, yang semua itu pasti menghabiskan banyak sekali waktu.

2. Hemat Biaya

Selain hemat waktu, hemat biaya juga menjadi keuntungan para pencari kerja atau pelamar kerja, biaya mencetak berkas yang dibutuhkan, biaya transportasi, yang pasti akan menghabiskan biaya yang tidak sedikit, padahal pelamar kerja tidak hanya melamar disatu perusahaan saja, melainkan dibanyak perusahaan, maka akan menghabiskan semakin banyak biaya disitu.

3. Hemat Tenaga

Selain hemat waktu dan biaya, para pelamar kerja juga mendapatkan keuntungan yakni hemat tenaga, tanpa harus keluar rumah, tanpa harus perjalanan jauh ketempat perusahaan, bahkan dengan hanya dikamar kita bisa melamar kerja diposisi yang kita inginkan, jelas ini menghemat tenaga.

4. Lebih Mudah dan Efektif

Mengirim lamaran kerja lewat email akan terasa lebih mudan dan efektif dibandingkan dengan pelamar datang ke perusahaan hanya untuk memberikan surat lamaran kerja beserta berkas pendukung, yang kita tidak tahu apakah lamaran kerja yang kita berikan tersebut dibuka atau tidak, atau langsung masuk ke tong sampah, kita tidak pernah tahu.

Makanya lebih efektif mengirim lamaran kerja lewat email, kalaupun email yang dikirim tidak dibuka, setidaknya kita juga tidak mengeluarkan biaya untuk itu, kecuali kuota internet saja.

5. Membuka Peluang Melamar Kerja di Perusahaan Lain Juga

Hal ini pasti sering dilakukan oleh pelamar kerja, jika melamar kerja lewat online maka itu bisa membuka peluang besar bagi kita untuk juga melamar kerja ke perusahaan lain, dan banyak perusahaan tentunya (yang membuka lamaran kerja lewat email).

Sekali mendayung, banyak perusahaan terlampaui, itulah ungkapan untuk para pelamar kerja yang mengirim lamaran kerja dibanyak perusahaan, kemungkinan untuk diterima akan lebih besar dibanding hanya mengirim di satu atau dua perusahaan saja.

Keuntungan dari Perusahaan 

1. Mengurangi penumpukan kertas dan map / amplop

Ketika para pelamar kerja mengirim lamarannya lewat email, ini akan berdampak pada pengurangan penumpukan kertas lamaran kerja maupun kertas-kertas berkas pendukung lainnya, seperti CV, Pas Photo, Ijasah, Nilai Akademik, Sertifikat, dan berkas lainnya.

2. Memudahkan dalam memfilter atau memilih calon karyawan 

Kedua, akan menghemat waktu dan tenaga dalam memilih para pelamar kerja yang lolos administrasi (kelengkapan kriteria berkas), sehingga berdampak pada kemudahan HRD dalam memilih mana pelamar kerja yang lengkap berkasnya tanpa harus membuka semua file tersebut.

Demikian cara mengirim lamaran kerja lewat email yang sangat mudah dan cepat, yang paling penting adalah teliti dan kelengkapan berkas pendukung agar kemungkinan diterima lebih besar.




Kata kunci : Cara Mengirim Lamaran Lewat Email

Post a comment for "Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email + Contohnya"