Contoh Makalah Tentang Pull Up Lengkap


Makalah Tentang Pull Up - Makalah Pull Up ini saya tulis untuk membantu pembaca untuk mendapatkan referensi makalah seputar Pull Up serta untuk menambah wawasan pembaca, semoga makalah Pull Up ini dapat membantu dan menambah referensi makalah yang sedang dibuat.

Makalah Tentang Pull Up

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas makalah yang berjudul Makalah Pull Up ini tepat pada waktunya.

Adapun tujuan dari penulisan dari makalah ini adalah untuk memenuhi tugas bapak guru pada mata pelajaran penjaskes. Selain itu, makalah ini juga bertujuan untuk menambah wawasan tentang Pull Up bagi para pembaca dan juga bagi penulis.

Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak guru, selaku guru mata pelajaran bahasa indonesia yang telah memberikan tugas ini sehingga dapat menambah pengetahuan dan wawasan sesuai dengan bidang studi yang saya tekuni.

Saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membagi sebagian pengetahuannya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini.

Saya menyadari, makalah yang saya tulis ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun akan saya nantikan demi kesempurnaan makalah ini.

Surakarta, 25 Mei 2020


Penulis
Dedi Nugroho

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR  .................
DAFTAR ISI ..........................

PENDAHULUAN ....................

Latar Belakang .......................
Rumusan Masalah ..................
Tujuan ........................................
PEMBAHASAN ..................
  1. Pengertian Pull Up
  2. Manfaat Pull Up
  3. Jenis Gerakan Pull Up 
PENUTUP ............................
DAFTAR PUSTAKA ...................

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Olahraga merupakan salah satu cara yang harus dilakukan agar kita terhindar dari berbagai macam penyakit, selain itu olahraga juga dapat menyehatkan baik secara jasmani maupun secara mental.

Banyak jenis olahraga yang dapat menyehatkan tubuh kita, contohnya seperti push up, pull up, squad jump, sit up, back up, renang, lompat tali (skipping), sepak bola, bola voli, bola basket dan olahraga lainnya.

Dari banyaknya olahraga tersebut, pull up dapat menjadi contoh olahraga yang mudah unt
uk dilakukan namun memiliki banyak manfaat, banyak juga jenis gerakan dalam pull up.

Rumusan Masalah

Dapat disimpulkan rumusan masalah berdasarkan latar belakang diatas adalah :
  1. Apa pengertian pull up ?
  2. Apa manfaat dari pull up ?
  3. Apa saja jenis gerakan pull up ?


Tujuan

Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui pengertian, manfaat dan jenis gerakan dari pull up.

PEMBAHASAN

1. Pengertian Pull Up

Pull-up merupakan sebuah latihan kekuatan tubuh bagian atas. Pull-up adalah gerakan rantai tertutup di mana tubuh ditangguhkan oleh tangan dan ditarik ke atas. Ketika ini terjadi, siku menekuk dan bahu menambah dan memperpanjang untuk membawa siku ke batang tubuh.

Pull-up adalah cara umum untuk mengukur kekuatan tubuh bagian atas dari "otot-otot penarik". Mereka digunakan oleh Korps Marinir Amerika Serikat sebagai bagian dari Tes Kebugaran Fisik , meskipun marinir juga dapat memilih untuk mengganti push-up .

2. Manfaat Pull Up

Banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika melakukan pull up, diantaranya adalah :
  • Menguatkan otot tangan dan tubuh bagian atas
  • Membentuk otot terutama pada tangan dan lengan
  • Menguatkan otot punggung
  • Menambah kekuatan pegangan
  • Menguatkan otot lengan dan bahu
  • Melatih persendian
  • Menjaga kesehatan tubuh
  • Meningkatkan kekuatan tubuh dan stamina
  • Baik untuk kesehatan mental

3. Jenis Gerakan Pull Up

  • Assisted Pull Up
Pada gerakan pull up jenis ini, alat yang digunakan adalah bar yang lebih pendek di mana tujuan penggunaannya adalah supaya tubuh bisa lebih kuat melalui sedikit tarikan. Pastikan untuk ambil posisi duduk lebih dulu di bawah bar lalu telapak tangan bisa mulai memegang bar menghadap ke arah depan. Tubuh bisa diluruskan sambil ditarik sambil menjaga kaki berada di lantai dan menekukkan lutut.

Berat tubuh yang ditarik bisa hanya 50 persen saja dan teruslah melakukan proses tarikan hingga dagu berada agak di atas bar. Lanjutkan gerakan dengan turun perlahan seperti posisi awal tadi sebelum kemudian kita bisa melanjutkan atau mengulangi gerakan yang sama.

  • Pull Up Lompat
Pada gerakan jenis ini, praktiknya adalah kita perlu melakukan lompatan lebih dulu barulah kemudian melakukan pull up. Dari lompatan yang dilakukan kita otomatis akan bisa memperoleh momentum tepat sehingga kita bisa menarik tubuh sampai dagu ada di atas bar.

Awali dengan berada di bawah bar sambil berdiri, lalu pegang bar dengan arah telapak tangan ke depan. Ambil gerakan melompat yang dilanjutkan dengan tarikan pada waktu yang bersamaan. Tariklah tubuh ke atas bar secara perlahan dan turunkan tubuh secara perlahan juga sebelum kemudian gerakan kita ulangi kembali sebanyak yang kita mampu.

  • Negative Pull Up
Pull up jenis ini memiliki gerakan yang cukup mirip seperti pull up pada umumnya, tapi penggunaan topangan demi mendukung gerakan menarik tubuh ke atas bisa dilakukan. Awali dengan posisi berdiri di atas sebuah kotak atau kursi sambil ada orang lain yang mengawasi kita.

PENUTUP

Kesimpulan

Pull Up merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat memberikan banyak manfaat sekaligus ke tubuh, baik itu kesehatan jasmani maupun kesehatan mental, kekuatan otot tangan juga berpengaruh terhadap berapa lama bisa melakukan olahraga pull up ini.

Saran

Olahraga pull up sangat baik jika rutin dijalankan setiap hari, pagi hari ataupun sore hari, bahkan malam hari, selain menyehatkan, pull up juga dapat memberikan stimulus kepada tubuh agar tetap aktif dan kuat.

DAFTAR PUSTAKA

https://translate.google.com/translate?u=https://en.wikipedia.org/wiki/Pull-up_(exercise)&hl=id&sl=en&tl=id&client=srp (diakses pada 25 mei 2020)

https://olahragapedia.com/cara-melakukan-pull-up (diakses pada 25 mei 2020)

https://www.sehatq.com/artikel/selain-tubuh-sehat-ini-manfaat-pull-up-untuk-tubuh (diakses pada 25 mei 2020)




Kata kunci : Makalah Pull Up, Makalah Pull Up, Makalah Pull Up, Makalah Pull Up, Makalah Pull Up

Post a comment for "Contoh Makalah Tentang Pull Up Lengkap"