Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pentingnya Mencari Situs Berita Terkini dan Terupdate

kumparan.com - Kita berada dizaman dimana internet sudah menjadi tujuan untuk mencari informasi, yah informasi yang tentunya update dengan berita-berita terkini dan terupdate serta valid bukan sekedar hoax yang juga banyak bertebaran diinternet.

Pengguna internet di indonesia sekarang sudah bukan lagi anak-anak muda seperti saat sedang booming sosial media bernama facebook, tetapi sekarang berbagai kalangan sudah menggunakan internet, baik itu anak kecil, remaja, dewasa hingga orang tua pun menggunakan internet di ponselnya.




Saya ingin memberikan sedikit fakta bahwa pengguna internet sekarang bukan hanya anak muda atau remaja saja, tetapi orang tua dan anak-anak pun juga menggunakannya.

Siapa pengguna internet dan untuk apa mereka menggunakannya ? Berikut data fakta infografis dan hasil survei pada tahun 2018 mengenai siapa saja pengguna internet berdasarkan usia.

Pentingnya Mencari Situs Berita Terkini dan Terupdate


Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa dari usia 5 hingga 65 tahun keatas adalah pengguna internet pada tahun 2018, sekarang tahun 2020 pasti lebih banyak lagi penggunanya pada masing-masing usia.

Pengguna usia remaja dan dewasa usia 10 hingga 39 tahun masih menjadi pengguna internet terbanyak dengan presentase diatas 60 persen, anak-anak usia 5 hingga 9 tahun dengan presentase 25 persen, lalu untuk usia diatas 50 tahun juga cukup banyak penggunanya.

Lalu apa hubungannya pengguna internet dengan usia ? Mari kita berfikir sejenak, bahwa semakin banyak pengguna internet, maka semakin banyak informasi yang dibutuhkan, terutama informasi yang bersangkutan dengan fakta-fakta lapangan yang ada.

Anak-anak mungkin menggunakan internet untuk bermain game, menonton video di youtube atau hanya sekedar bersosial media untuk hiburan.

Remaja dan dewasa menggunakan internet untuk berkomunikasi, bersosialisasi (sosial media), bermain game, bekerja, mencari info berita terupdate, hingga untuk membuat konten diinternet baik itu menulis blog, atau membuat video di youtube.

Sedangkan orang tua biasanya menggunakan internet hanya ada 2 kemungkinan, pertama untuk berkomunikasi, kedua untuk membaca berita atau menonton video yang berkaitan dengan berita terkini dan terupdate.

Mengapa kita butuh informasi yang valid dan terupdate ? Mengapa kita butuh informasi yang valid ?

Karena pengguna internet di indonesia kebanyakan mencari informasi yang update, baik itu berita atau informasi lainnya, seperti kesehatan, sosial, politik, ekonomi dan lainnya.

Berikut saya bagikan datanya :

Pentingnya Mencari Situs Berita Terkini dan Terupdate
Image from APJII

Sebanyak kurang lebih 31 juta pengguna internet di indonesia menggunakan internet untuk update informasi yang diantaranya mengupdate berita terkini.

Sehingga bukan sebuah alasan untuk kita mengabaikan hal ini.

Apakah banyak berita yang tidak menyediakan berita valid ?

Banyak sekali. Banyak berita terpercaya tapi juga banyak yang tidak terpercaya.

Banyak sekali situs berita yang bertebaran diinternet, baik dari perorangan maupun hingga perusahaan besar yang menyediakan sumber berita terpercaya, tapi semakin hari semakin banyak juga hoax (berita bohong, tidak terpercaya) bertebaran diinternet.

Saya tau mereka (situs hoax) hanya ingin mencari pengunjung yang banyak dengan cara membuat atau menulis berita yang tidak sesuai fakta hanya untuk menarik perhatian.

Apakah itu berbahaya ?

Saya jawab , iya.

Kita lihat kembali pengguna internet berdasarkan usia diatas, banyak juga orang tua yang menggunakan internet untuk membaca berita, orang tua pasti akan langsung membagikan berita yang dirasa menarik untuk ditanyakan, seperti halnya berita-berita hoax.

Maka dari itu kita membutuhkan situs berita yang terpercaya dan terupdate dengan informasi yang ada, demi keselamatan para pembaca agar tidak tersesat dengan berita yang ada.

Lalu apa situs berita terpercaya, terkini dan terupdate yang bisa untuk dibuka setiap saat ?

Saya akan bagikan rekomendasi dan referensi situs terkini dan terupdate, yaitu kumparan.com.

Saya berikan review mengenai situs berita kumparan.com sebagai referensi untuk mencari berita yang terpercaya, terkini dan terupdate.



Image from kumparan.com


kumparan.com menyediakan informasi berita terkini dan terupdate, apa saja topiknya ?

banyak.

ada trending, video, collection, krispi, opini dan berita, news, entertainment, otomotif, woman, bisnis, mom, bola dan sports, tekno dan sains, food dan travel.

Berbagai topik coba disajikan oleh kumparan.com, saya akan coba bahas satu persatu.

1. Trending


Image from kumparan.com


Topik "trending" di kumparan.com ini memudahkan kita untuk mencari apa saja topik atau berita yang sedang hangat-hangatnya beredar diinternet terutama di kumparan.com.

Berita trending bukan hanya soal politik, tapi juga ada entertainment, kesehatan, dan lainnya.

2. Video


Image from kumparan.com


Topik "video" di kumparan.com menyajikan berita informasi berupa video pendek dengan durasi sekitar 1 menit hingga 2 menit, tidak hanya video, dibawahnya juga diberikan informasi lengkap yang memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai video tersebut.

Topik ini lebih cocok untuk orang tua yang ingin mendapatkan berita berupa video seperti halnya saat mereka sedang nonton tv, lebih mudah menerima dibanding saat mereka membaca text atau tulisan.

3. Collection


Image from kumparan.com


Topik "collection" di kumparan.com ini menyajikan berbagai pilihan baik itu pilihan redaksi, sports, daily, religi, pusat informasi corona, bisnis, otomotif dan pembahasan lain yang tentunya tidak akan membuat kita bosan dengan berita yang ada.





Image from kumparan.com


PIlihan seputar olahraga terutama sepakbola akan menjadi daya tarik tersendiri untuk kaum pria usia 20 an yang suka menonton bola dan membaca berita seputar sepakbola.


4. Krispi



Image from kumparan.com

Topik "krispi" di kumparan.com ini berupa cerita-cerita yang bisa jadi disukai oleh beberapa orang walau bukan sebuah berita selayaknya media lain yang hanya fokus pada berita saja.

Sebagai contoh cerita di topik krispi ini adalah cerita "bekas rumah sakit" yang hingga tulisan ini di posting, sudah ada hingga part 11, yang berarti ceritanya bersambung dan pastinya menarik untuk diikuti.

5. Opini dan berita


Image from kumparan.com


Topik "opini dan berita" di kumparan.com menyajikan informasi seputar opini atau pendapat dari berbagai narasumber yang membuat kita tertarik untuk membacanya satu persatu berita yang muncul.



Image from kumparan.com


Tulisan yang mengundang minat saya untuk membaca karena topiknya bukan seperti berita yang judulnya kaku, tapi ini seperti orang lain berkomentar tapi dibuat sebuah tulisan yang dapat membuka wawasan kita tentang suatu hal melalui sudut pandang orang lain.

Sangat menarik bukan ?

Mari kita lanjutkan topik selanjutnya.


6. News


Image from kumparan.com

Topik "news" di kumparan.com memberikan informasi terkini seputar berita di tanah air, bahkan berita yang update dengan situasi saat ini, seperti saat virus corona menyerang, kumparan.com sigap dalam menyajikan informasi yang dibutuhkan masyarakat indonesia.



Image from kumparan.com

Bahkan berita yang disajikan tidak hanya seputar tanah air saja, tetapi dari berita luar negeri yang bersangkutan dengan situasi dan kondisi indonesia juga disajikan.

7. Entertainment 


Image from kumparan.com

Topik "entertainment" di kumparan.com memberikan informasi seputar entertainment, cocok buat kalian yang generasi muda, tahun 90 an keatas, pasti lebih suka memilih topik seputar entertainment dari pada berita.

Nah, kumparan.com juga menyajikan informasi terupdate mengenai dunia entertainment loh, jadi siap-siap pantau terus kumparan.com ya.



Image from kumparan.com

8. Otomotif


Image from kumparan.com

Kali ini saya akan berikan informasi bahwa kumparan.com juga memberikan info terkait otomotif terkini dan terupdate, topik ini cocok dan biasanya lebih suka dibaca oleh para kaum pria dibanding wanita.

Topik "otomotif" di kumparan.com tergolong segar beritanya dan menyesuaikan dengan kondisi terkini di indonesia.


Image from kumparan.com

9. Woman


Image from kumparan.com

Topik "woman" di kumparan.com memang sengaja khusus untuk para kaum wanita yang ingin bahan bacaan untuknya, bahkan kaum pria tetap boleh kok membaca topik woman ini untuk mengetahui sifat sisi lain dari wanita, jadi biar lebih peka gitu, hehe.


Image from kumparan.com

10. Bisnis


Image from kumparan.com

Topik "bisnis" di kumparan.com ini juga cocok untuk pebisnis atau orang yang ingin tau berita seputar bisnis, baik itu bisnis perorangan, ukm hingga bisnis pemerintahan tersedia disini, pantau terus ya untuk mendapatkan ilmu sekaligus bisa gak kudet berita seputar bisnis.

11. Mom


Image from kumparan.com


Nah topik "mom" di kumparan.com ini memang khusus untuk para ibu yang butuh bacaan, yang update dan terpercaya, di topik mom ini banyak judul yang sangat menarik untuk di baca dan menambah informasi, baik itu seputar tips mengurus anak, masakan, makanan, kesehatan, dan lainnya.

12. Bola dan sports


Image from kumparan.com

Selain otomotif , ada juga loh topik buat para pria atau biasanya memang pembacanya mayoritas pria, yaitu topik "bola dan sports" di kumparan.com, topik ini memberikan informasi terkini seputar olahraga terutama sepakbola, dimana sepakbola adalah olahraga paling populer didunia saat ini.

13. Tekno dan sains



Image from kumparan.com

Topik "tekno dan sains" di kumparan.com

14. Food dan travel


Image from kumparan.com

Kamu suka informasi seputar makanan ? travelling ? jika iya, maka topik "food dan travel" di kumparan.com ini bisa menjadi pilihan topik yang tepat buat kamu, banyak judul menarik yang bisa kamu baca sesuai selera, buruan klik kumparan.com dan jangan sampai ketinggalan informasi menarik terkininya.


image from kumparan.com

#TenanguntukMenang
#BerkahNulisdiRumah


1 comment for "Pentingnya Mencari Situs Berita Terkini dan Terupdate"

  1. Saya tertarik ikut kompetisi blognya, makasih atas informasi nya mas dedi, semoga mas dedi mendapatkan hasil yang terbaik dan menang, hehe, semoga saya nanti juga dapet hadiah.

    ReplyDelete

Berlangganan via Email