Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tentang Perusahaan Outsourcing, Bagaimana Sistem Kerjanya ?


Perusahaan outsourcing berbasis teknologi biasanya melabelkan perusahaannya dengan sebutan IT Consultant, siapa customernya ? yang jelas bukan perorangan tetapi customernya adalah perusahaan pihak ketiga, misalkan pihak ketiga membutuhkan programmer java dengan skill a, b, c atau programmer PHP dengan skill a, b, dan c.

perusahaan outsourcing

Menurut saya jika ada perusahaan yang prosesnya adalah sebagai penyedia sumber daya manusia (pekerja) berarti itu adalah perusahaan outsourcing, tetapi banyak juga perusahaan oursourcing yang sudah berkembang dengan baik dan memiliki kerja sama dengan perusahaan besar seperti BUMN maupun BUMS terkenal.

Perusahaan Outsourcing kini jumlahnya kian banyak, baik dari perusahaan kecil, menengah hingga perusahaan besar. Memang banyak perusahaan yang kesulitan untuk menemukan atau mencari karyawan yang sesuai dengan kualifikasi bidang perusahaan, baik itu softskill maupun hardskill, susah mencari karyawan yang bisa langsung menyesuaikan diri bekerja sesuai bidangnya tanpa memberikan pelatihan atau training yang begitu detail. Nah, disinilah peluang untuk membuat perusahaan outsorcing yang dapat memberikan training atau pelatihan khusus di berbagai bidang, sehingga nanti lulusan training dapat langsung bekerja sesuai bidangnya dengan ilmu yang diperoleh selama mengikuti pelatihan di perusahaan outsourcing tersebut.

Lalu apa yang dimaksud dengan perusahaan outsourcing ?

Perusahaan outsourcing adalah perusahaan yang menyediakan jasa dan sumber daya manusia (tenaga kerja) dengan keahlian (skill) tertentu untuk perusahaan lain yang membutuhkan.

Contoh :
KIta melamar di sebuah perusahaan A, dengan skill yang masih sedikit, kemudian di perusahaan A kita diterima dan diberikan pelatihan selama 1 - 3 bulan. Lalu setelah lulus pelatihan kita hanya menunggu untuk diberikan job desk menyelesaikan pekerjaan di perusahaan B.

Nah, dari contoh diatas, perusahaan A adalah perusahaan outsourcing (penyedia sdm dan melatih sdm sehingga siap kerja), dan perusahaan B adalah perusahaan yang membutuhkan karyawan dengan skill dan keahlian yang terampil atau minimal siap terjun ke pekerjaan.

Apa kelebihan bekerja di perusahaan outsourcing ?

a. Kita akan diberikan pelatihan terlebih dahulu sesuai dengan bidang yang kita lamar sebelumnya, sehingga saat nanti kita disalurkan untuk bekerja diperusahaan lain, kita sudah memiliki skill dan keahlian yang memadai.

b. Lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan, dikarenakan adanya kerja sama antara pihak perusahaan dengan perusahaan outsourcing, sehingga akan memudahkan kita diterima bekerja diperusahaan tersebut walaupun status kita adalah karyawan outsourcing.

Ketika seseorang sudah diterima di perusahaan outsourcing, maka walaupun nanti dia kerjanya ditempatkan di perusahaan BUMN, kita akan tetap tercatat sebagai karyawan dari perusahaan outsourcing tersebut, dan di BUMN akan menganggap kita sebagai vendor (orang lain yang membantu menyelesaikan pekerjaannya).

Apa kekurangan bekerja di perusahaan outsourcing ?

a. Kita bekerja diperusahaan lain yang secara prosedur dan struktur itu bukan perusahaan kita, tetapi perusahaan pihak ke 3 yang bekerja sama dengan perusahaan outsourcing tempat kita berasal.

b. Kita akan bekerja berpindah-pindah tempat.
contoh : kita diterima di perusahaan outsourcing dengan kontrak 2 tahun, dalam 2 tahun kita tidak akan bekerja di perusahaan tersebut, tetapi akan berpindah-pindah tempat sesuai dengan kebutuhan pihak ke 3, misalkan 3 bulan awal bekerja di perusahaan Telkom, kemudian 5 bulan berikutnya bekerja di BRI, 4 bulan kemudian bekerja di Pertamina, sehingga 2 tahun itu akan selalu beradaptasi dengan lingkungan baru sesuai dengan jobdesk kita bekerja dimana.

c. Gaji hanya mentok sesuai dengan kontrak saat pertama tanda tangan di perusahaan outsourcing, selama 2 tahun akan menerima gaji yang sama (tanpa penambahan) walau kita berhasil tembus dan menyelesaikan pekerjaan di perusahaan elit sekelas Pertamina, Telkom, BRI ataupun perusahaan BUMN lain.

Sistem gaji di perusahaan outsourcing ?

Sistem gajinya adalah kita menerima dari hasil kesepakatan saat tanda tangan kontrak dengan perusahaan outsourcing tersebut, misalkan 4 juta selama 2 tahun, ya gajinya akan segitu aja walaupun selama 2 tahun itu kita kerja di perusahaan sekelas pertamina, kita akan menerima gaji dari perusahaan outsourcing bukan dari perusahan pertamina.

Walaupun secara kerja sama perusahaan, pertamina akan membayar dalam nominal tertentu kepada perusahaan outsourcing untuk diminta bantuan mencarikan karyawan dengan keahlian tertentu yang dibutuhkan perusahaan pertamina.

Demikian sedikit penuturan saya mengenai perusahaan outsourcing, saya sendiri pernah keterima di perusahaan outsourcing pada bidang programmer java, tetapi gagal diseleksi ke 2, karena memang hanya diambil yang benar-benar sesuai kebutuhan perusahaan pihak ketiga. Tapi ya bagi saya ini adalah pengalaman yang berharga, jadi paham sistem kerja perusahaan outsourcing secara langsung.

Post a comment for "Tentang Perusahaan Outsourcing, Bagaimana Sistem Kerjanya ?"

Berlangganan via Email