Uncategorized

Pengertian CMS dan Contohnya

Pengertian CMS (Content Management System)

Membuat website semakin hari semakin mudah, yaitu dengan banyaknya tools atau alat bantuan untuk mempermudah membuat dan membangun website bahkan tanpa harus membuat website (sistem) tersebut dari awal, dengan cms (content management system) kita bisa lebih mudah dalam membuat website sendiri tanpa harus memahami bahasa pemrograman tertentu seperti PHP, JAVA, C# dan bahasa pemrograman yang lainnya.

cms dediblog



Lalu apa itu CMS ?


CMS (Content Management System) adalah sebuah sistem yang digunakan untuk menambah atau mengubah isi dari suatu website, bahkan kita bisa mengubah tampilan (tema) website agar tampilan website lebih terkesan profesional.


Dalam CMS memiliki 2 tampilan :


Pertama, tampilan administrator yang digunakan untuk mengubah tampilan (tema) website, menambah postingan artikel, menghapus isi website dan hanya bisa diakses oleh admin (pengelola website saja) atau secara private.


Kedua, tampilan user (bagian front) yang digunakan untuk menampilkan website secara publik dan dapat diakses oleh semua orang.


Banyak sekali CMS yang bisa atau sering digunakan :


1. WordPress
2. Joomla
3. Drupal
4. Opencart
5. PrestaShop


Dan CMS yang paling populer digunakan untuk membuat dan membangun website adalah WordPress, wordpress mempunyai banyak sekali kelebihan baik dari tema maupun plugin yang lebih baik dibanding CMS yang lain, walaupun tidak bisa dipungkiri bahwa CMS yang lain juga mempunyai kelebihannya tersendiri.


Apa saja yang bisa dibuat dengan menggunakan CMS ?


Kita bisa membuat website company profile, portofolio pribadi, e-commerce (toko online), blog, forum diskusi, dan website yang lainnya.











2 Replies to Pengertian CMS dan Contohnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *