Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Makalah Virus Corona Pengaruh Terhadap Anak

Makalah Virus Corona Pengaruh Terhadap Anak ini saya tulis untuk membantu dan menambah wawasan seputar virus corona, serta menambah referensi seputar virus corona dalam pembuatan makalah.


Makalah Virus Corona Pengaruh Terhadap Anak

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas makalah yang berjudul Makalah Pengaruh Virus Corona Terhadap Anak  ini tepat pada waktunya.

Adapun tujuan dari penulisan dari makalah ini adalah untuk memenuhi tugas bapak guru pada mata pelajaran bahasa indonesia. Selain itu, makalah ini juga bertujuan untuk menambah wawasan tentang covid19 bagi para pembaca dan juga bagi penulis.

Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak guru, selaku guru mata pelajaran bahasa indonesia yang telah memberikan tugas ini sehingga dapat menambah pengetahuan dan wawasan sesuai dengan bidang studi yang saya tekuni.

Saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membagi sebagian pengetahuannya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini.

Saya menyadari, makalah yang saya tulis ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun akan saya nantikan demi kesempurnaan makalah ini.

Dirumah, 28 April 2020



Penulis
Dedi Nugroho


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR  .................

DAFTAR ISI ..........................

PENDAHULUAN ....................
Latar Belakang .......................
Rumusan Masalah ..................
Tujuan ........................................

PEMBAHASAN ..................
  1. Pengaruh Virus Corona Terhadap  Anak ..........
  2. Anak Belajar Dari Rumah ..........
  3. Apa Yang Harus dilakukan Bila Anak Menunjukkan Gejala Virus Corona ...................


PENUTUP ............................

DAFTAR PUSTAKA ...................

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Dewasa ini kita dihadapkan dengan wabah pandemi yang luar biasa berbahaya bagi kesehatan manusia, bukan hanya sakit tetapi dapat mengakibatkan kematian jiwa manusia, bahkan hingga kini data manusia yang sudah meninggal dunia akibat wabah virus corona ini sudah diatas 200.000 jiwa, angka yang sangat besar jika dibandingkan dengan teknologi dibidang kesehatan yang sudah sedemikian hebatnya masih belum bisa menangani virus jenis baru ini.

Banyak kalangan yang merasa takut akan virus corona ini, sehingga permasalahannya mulai banyak pertanyaan muncul seputar virus jenis baru ini, baik itu orang dewasa hingga anak-anak.

Cara yang paling tepat adalah kita harus selalu memantau perkembangan virus corona ini, baik dari data yang positif terinfeksi, maupun update informasi seputar cara pencegahan virus corona ini.

Rumusan Masalah

Dapat disimpulkan rumusan masalah berdasarkan latar belakang diatas adalah :
  1. Bagaimana cara menyampaikan kepada anak mengenai berbahayanya virus corona ini ?
  2. Bagaimana cara anak belajar ?
  3. Apa Yang Harus dilakukan Bila Anak Menunjukkan Gejala Virus Corona ? 

Tujuan 

Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui apa pengaruh virus corona terhadap anak

PEMBAHASAN

1. Pengaruh Virus Corona Terhadap Anak 

Dengan adanya wabah virus corona ini mengakibatkan hampir semua orang baik itu dewasa hingga anak-anak mengalami kepanikan dan berbagai pertanyaan muncul mengenai virus corona ini, anak kecil pun banyak yang bertanya mengenai virus corona ini, lalu apa yang harus orang tua katakan kepada anak jika anak bertanya mengenai virus corona dan cara mencegahnya ?

Pengaruh virus corona terhadap anak jelas sangat berbahaya, terlebih imunitas atau tingkat kekebalan tubuh anak belum sekuat dan setebal orang dewasa, sehingga sangat berbahaya jika terkena virus corona ini.

Lalu apa yang harus dilakukan ?

Sederhana, sampaikan saja hal-hal berikut ini pada anak :

  • Jelaskan hal terpenting yang kita perlu lakukan adalah cuci tangan pakai sabun dan air mengalir minimal 20 detik (Gunakan cara mudah mengukur durasi 20 detik semisal menyanyi lagu Selamat Ulang Tahun 2x)
  • Cuci tangan pakai sabun dan air mengalir saat tiba di rumah, tempat kerja atau sekolah, sebelum makan, sebelum menyiapkan makanan, dan setelah menggunakan toilet. Bila anak masih kecil, bantu dia mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir yang benar
  • Gunakan cairan pembersih tangan (minimal 60% alkohol) bila sabun dan air mengalir tidak tersedia
  • Jaga jarak paling sedikit 1 meter dengan orang. Jangan berada dekat orang yang tidak sehat
  • Tutup mulut dan hidung dengan siku terlipat saat batuk atau bersin atau gunakan tisu, yang langsung dibuang ke tempat sampah tertutup setelah digunakan. Ingatkan anak untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan cairan pembersih tangan
  • Hindari menyentuh wajah karena mulut, hidung mata dapat menjadi pintu masuk virus
  • Hindari bersalaman dan sebagai pengganti, lambaikan tangan, salam siku atau beri senyum
  • Sampaikan pada anak : tidak semua yang dari media sosial itu benar, karena itu jangan langsung dipercaya. Arahkan mereka untuk mendiskusikan dengan orang tua atau guru

2. Anak Belajar Dari Rumah

Bagaimana agar anak bisa tetap semangat belajar dari rumah seperti halnya saat belajar di sekolah ?
Selalu melakukan aktifitas seperti biasa saat sebelum berangkat sekolah itu perlu dan harus untuk dilakukan agar semangat belajar tetap terjaga.
  • Mandi di pagi hari
  • Sarapan pagi
  • Mulai belajar dengan mata pelajaran yang diinstruksikan guru
  • Setelah selesai belajar, anak bisa mengisi waktu luang dengan melakukan hobi atau bermain seperti : menggambar, bercerita dengan saudara dan orang tua, menonton film dari laptop atau handphone, bermain musik, berolahraga, bermain permainan tradisional dengan saudara dirumah, dan tetap dikondisikan agar tidak keluar rumah.
  • Selalu menjaga kebersihan diri walau didalam rumah.

3. Apa Yang Harus dilakukan Bila Anak Menunjukkan Gejala Virus Corona

Segera cari petolongan medis namun ingat bahwa gejala-gejala infeksi virus corona yang baru ini (batuk atau demam) sebetulnya tidak berbeda dengan gejala-gejala flu biasa.

Terus lakukan perilaku bersih cuci tangan pakai sabun dan pastikan anak telah diimunisasi sehingga anak Anda terlindungi dari virus dan penyakit lain.

Hindari tempat umum (tempat kerja, sekolah, transportasi umum) untuk mencegah penyebaran.

PENUTUP

Berdasarkan dari pembahasan dari rumusan masalah diatas dapat disimpulkan bahwa kita harus selalu waspada dengan virus corona ini, tetapi jangan panik, tetap melakukan pencegahan demi pencegahan agar penyebaran virus corona ini tidak semakin luas dan bisa lebih cepat berakhir dan kita dapat beraktifitas normal seperti biasanya.

DAFTAR PUSTAKA

Diambil dari internet dengan alamat situs resmi info covid19 indonesia : https://www.covid19.go.id/


Post a comment for "Makalah Virus Corona Pengaruh Terhadap Anak"

Berlangganan via Email