Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Contoh Soal Teori Tes Programmer

Contoh Soal Teori Tes Programmer Soal Coding - Postingan ini adalah jawaban dari Soal Tes Programmer PHP, JAVA, .NET yang saya buat, yakni bagian soal pertama mengenai teori soal tes programmer. Dalam soal tes programmer tersebut saya tulis tiga bagian soal tes yang biasanya diberikan oleh pihak perusahaan, yaitu soal teori, soal SQL (Query Database) dan soal logic, bahkan juga saya tulis contoh soal coding (bikin program) dari yang simpel hingga kompleks atau rumit, tentunya dengan estimasi waktu yang berbeda tergantung jenis soal yang diberikan.

Contoh Soal Database

Jawaban soal teori tes programmer ini akan tetap saya publish walaupun jawaban yang saya tulis belum lengkap dari setiap soalnya atau bahkan ada beberapa soal yang belum terjawab, karena kalau menunggu lengkap pasti akan membutuhkan waktu lebih lama, sehingga lebih baik jawaban yang sudah tersedia saya publish, nanti jawaban dari soal yang lainnya menyusul.

Dan juga ini yang paling penting, jawaban dibawah ini adalah hasil dari riset beberapa sumber terpercaya dan saya tulis dengan bahasa saya sendiri agar lebih mudah dipahami. Selamat belajar.

Contoh Soal Database

1. Apa itu constructor, method, class, object, variabel, parameter, function, procedure ? 

- Constructor adalah suatu method yang akan dieksekusi saat pembuatan objek, dan juga constructor ini digunakan untuk inisialisasi objek atau memperkenalkan data objek.

- Penulisan constructor sendiri itu adalah dengan menuliskan nama method constructor yang sama seperti nama class.

2. Jelaskan apa itu OOP ? Bahasa pemrograman apa saja yang bisa menggunakan OOP ? 

OOP atau biasa dikenal dengan pemrograman berorientasi objek adalah metode pemrograman yang berorientasikan kepada objek, yakni data dan fungsi (function) didefinisikan kedalam class-class atau objek agar bisa saling bekerjasama dalam memecahkan masalah.

Bahasa pemrograman yang dapat menerapkan penggunaan metode OOP ini adalah :

- Visual Foxpro
- Pascal (bahasa pemrograman)
- Java
- C++
- Visual Basic.NET
- Simula
- PHP
- Smalltalk
- Python
- Ruby
- C#
- Delphi
- Eiffel
- Perl
- Adobe Flash AS 3.0

3. Perbedaan Echo dan Print, serta Print_r dan Var dump ? 

- Echo : digunakan untuk mencetak output ke browser, dan juga echo ini lah yang paling sering digunakan dalam penulisan code untuk mencetak output ke browser.

- Print : hampir sama dengan echo yakni digunakan untuk mencetak output ke browser, tetapi bedanya print ini akan selalu menghasilkan nilai 1, dan juga print ini tidak bisa menerima lebih dari satu argumen.

- Print_r : digunakan untuk mencetak output ke browser tetapi bedanya print_r ini hanya digunakan untuk debug program yakni untuk mengetahui isi dari array maupun class (objek).

- Var dump : digunakan untuk mencetak output ke browser dan juga untuk mengetahui informasi dalam suatu nilai variabel, var_dump adalah fungsi jadi penulisannya harus menggunakan tanda kurus (). sama seperti print_r, var_dump juga digunakan untuk debug program (proses debugging) sehingga kita bisa mengetahui isi dari array tersebut atau variabel baik itu nilai dan tipe datanya.


4. Jelaskan mengenai fungsi dan penggunaan if else, while, while do, switch case, for, foreach ! 

- fungsi dan penggunaan If Else

Perintah if else adalah suatu cara untuk melakukan pengecekan suatu kondisi tertentu, penggunaan if else tidak terbatas yakni hingga kondisi berakhir else.

- fungsi dan penggunaan While

Perintah while adalah suatu perulangan yang tidak diketahui berapa kali perulangan tersebut dijalankan atau hingga kondisi terpenuhi.

- fungsi dan penggunaan While do

Berbeda dengan while, perintah while do melakukan perulangan terlebih dahulu, baru kemudian memeriksa kondisinya.

- fungsi dan penggunaan Switch Case

Perintah switch ini digunakan untuk memeriksa kebenaran suatu nilai dengan memiliki banyak pengecekan hanya saja pengecekan sudah ditentukan pada kondisi tertentu.

- fungsi dan penggunaan For

Perintah for adalah sebuah perulangan yang hampir sama dengan perulangan while hanya saja perulangan for memiliki batas berapa kali perulangan tersebut dijalankan dan batas perulangannya ditentukan oleh kondisi pada perulangan for

- fungsi dan penggunaan Foreach

Perintah foreach adalah sebuah perulangan yang isi datanya berupa array, sehingga jika kita memiliki data yang bentuknya array dan harus ditampilkan dalam perulangan maka kondisi yang tepat itu menggunakan foreach.

5. Apa itu array, dan kapan penggunaan array ? 

Array adalah suatu tipe data variabel yang menyimpan banyak data sekaligus, sehingga dalam satu variabel didalamnya dapat menyimpan banyak data.

Kapan penggunaan array ? 

 yaitu ketika kita ingin menampilkan data yang jumlahnya banyak seperti data didalam database maka gunakan array untuk menyimpan dan menampung data tersebut agar variabelnya lebih sedikit, karena tanpa array kita harus membuat banyak variabel sejumlah banyaknya data yang diinginkan.

6. Jelaskan mengenai inheritance, polymorfis, overriding, overloading, encapsulation, abstraction !

Cari sendiri ya jawabannya di google, hehe karena terlalu panjang jika dibahas disini.

7. Perbedaan HTTP dan HTTPS ? 

- HTTP adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol, digunakan untuk berkomunikasi antar sistem yang berbeda, biasanya untuk menampilkan data dihalaman website (mengirim data dari web server ke browser). 

- HTTPS adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure, yang berupa tambahan keamanan yang biasa kita sebut SSL, SSL inilah yang memastikan website benar-benar valid dan aman , juga SSL adanya enkripsi sehingga lebih aman dari pada HTTP.

8. Sebutkan contoh API ? 

API adalah singkatan dari Application Programming Interface yang berarti antarmuka pemrograman aplikasi, yaitu seperangkat antarmuka pemrograman (baik fungsi atau method) yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi.

Tujuan dari API adalah untuk mempercepat pengembangan suatu aplikasi, contoh dari API adalah :

- API Bot Telegram dan LINE
- API Twitter dan Facebook

9. Apa kelebihan menggunakan function (OOP) ? 

- Memudahkan dalam pembuatan program berkelanjutan (pengembangan sistem)
Jika kita membuat sebuah program dan program tersebut nantinya akan digunakan oleh perusahaan besar maka ada kemungkinan juga program kedepannya akan ada penambahan fitur, atau perubahan pada fitur yang telah ada dengan menyesuaikan fungsional perusahaan yang bisa saja tiap tahun ada perubahan,

nah dengan adanya OOP ini akan lebih memudahkan kita dalam pembuatan program berkelanjutan atau penambahan fitur pada program, karena penulisan code program lebih terstruktur rapi dan alur lebih terlihat jelas dari pada tidak menggunakan OOP.

- Memudahkan dalam kerjasama pembuatan program antar programmer
Programmer yang berada disebuah perusahaan besar atau sekelas startup unicorn pasti dalam pembuatan programnya tidak sendirian, artinya banyak programmer yang ikut terlibat dalam pembuatan program tersebut,

Nah salah satu cara agar antar programmer dapat sinkron atau bekerja sama dengan baik ya dengan cara menggunakan function atau OOP dalam penulisan code programnya, selain itu juga pasti ada keselarasan dalam penggunaan bahasa pemrograman, framework bahkan mungkin code editor dan browser yang digunakan sama agar bisa lebih baik lagi dalam pembuatan programnya.

- Memudahkan dalam maintenance program yang telah dibuat
Setiap program yang sudah selesai dibuat dan sudah publish baik itu website, desktop atau aplikasi mobile sekalipun pasti ada yang namanya maintenance atau perbaikan, entah itu karena eror di code program atau mungkin di server jaringannya,

nah ketika terjadi eror di code program kita akan lebih mudah melakukan perbaikan atau mencari kesalahan saat menggunakan OOP, terlebih jika program yang membuat adalah programmer lain dan udah terjadi diwaktu yang cukup lama.

- Memiliki alur program yang lebih jelas
Dengan menggunakan konsep OOP, maka alur code program menjadi lebih jelas, rapi dan kita bisa membacanya dengan lebih baik lagi, terlebih saat ada program yang dibuat oleh orang lain dengan konsep OOP pasti akan lebih mudah dalam membaca dan mempelajari code program tersebut.


10. Jelaskan mengenai MVC dan HMVC !

- MVC 

MVC adalah singkatan dari Model, View, Controller, apa fungsinya ? fungsinya adalah untuk pemisah antara query database, tampilan, dan pengontrol.

Jadi contohnya ketika kita mengakses situs www.company.com maka controller akan melihat/mengecek apa saja yang diklik user kemudian akan dicek juga dimodel apakah ada data yang perlu diolah dari database lalu dikembalikan lagi ke controller dan hasilnya dikirimkan ke view untuk menampilkan hasil proses dari sistem terhadap klik user terhadap website tersebut.

- HMVC

HMVC adalah singkatan dari Hierarchical, Model, View, Controller, dan ini adalah pengembangan dari MVC, dimana ketika ada banyak pengembang atau banyak programmer dalam menulis code program di satu folder yang sama, agar tidak terjadi kebingungan dan kekeliruan nantinya, maka dibuat folder secara terpisah dan tetap bisa disinkronkan nantinya.

Kelebihan HMVC : 

- Memudahkan banyak programmer
- Memudahkan pengembangan sistem besar
- source code lebih tertata rapi

Kekurangan HMVC : 

- Akan memperlambat sistem karena lebih banyak folder terpisah dan lebih banyak proses yang dijalankan.

Jadi semua ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tergantung dari bagaimana kita menggunakannya dan memanfaatkannya, satu lagi tergantung kebutuhan, misal untuk sistem yang besar ya bisa pake HMVC, kalo masih kecil ya cukup menggunakan MVC.

11. Mengapa setiap bahasa pemrograman itu terdapat framework, apa kegunaan framework 

Sebenarnya framework itu dibuat bertujuan untuk mempermudah dalam pembuatan aplikasi atau website skala besar dan akan mempermudah jika programmer mengerjakan projek tersebut secara tim bukan individu.

Untuk framework sendiri ada berbagai macam contoh, dan setiap bahasa pemrograman pasti memiliki framework.

Contoh :
- PHP, ada framework codeigniter dan laravel

12. Tulis tag untuk mengirim file dan memasukkan data kedalam database ! 

Cari di google dulu ya jawabannya.

13. Perbedaan method="Post" dan "Get" ?

- Post : 

1. Penulisan pada HTML yaitu method "POST"
2. Tidak akan menampilkan nilai didalam URL
3. Pengiriman data tertutup karena url tidak terlihat nilainya

- Get : 

1. Penulisan pada HTML yaitu method "GET"
2. Akan menampilkan nilai didalam URL
3. Pengiriman data terbuka dan transparan karena url terlihat nilainya

14. Jelaskan konsep mengenai web service dan fungsi apa yang digunakan untuk memanggil web service client ! 

Web services adalah mekanisme komunikasi dua aplikasi/ mesin terlepas dari arsitektur dan teknologi yang digunakan.

15. Apa bedanya mysql_fetch_Array(), mysql_fetch_row() dan mysql_fetch_assoc() ? 

Maaf jawaban masih di pending.

Demikian jawaban dari soal teori tes programmer, kalian bisa mencari referensi jawaban yang lebih baik dan lengkap sehingga hasilnya nanti akan lebih maksimal.



Kata kunci : Contoh Soal Teori Tes Programmer, Contoh Soal Teori Tes Programmer, Contoh Soal Teori, Tes Programmer

Post a comment for "Contoh Soal Teori Tes Programmer"

Berlangganan via Email