10 Cara Menebar Kebaikan dengan Berbagi Terhadap Sesama


Bulan Ramadhan sebentar lagi akan tiba, mari perbanyak menebar kebaikan terhadap sesama dengan cara berbagi, berbagi adalah salah satu cara yang sebenarnya mudah kita lakuin tapi sulit untuk konsisten, berbagi adalah suatu solusi bagi orang lain yang sedang mengalami kesulitan, kesusahan dalam hidupnya dan kita hadir memberikan sesuatu yang mungkin bagi kita sendiri sudah tidak membutuhkan tapi ternyata untuk orang lain sangat bersyukur bisa mendapatkannya.

menebar kebaikan dediblog

Berikut saya bagikan 10 cara menebar kebaikan dengan berbagi terhadap sesama :

1. Membagikan beberapa pakaianmu 
Pasti kita punya pakaian yang sudah tidak terpakai namun masih tetap layak untuk dikenakan, baik itu berupa kaos, kemeja, celana, jaket, seragam sekolah, sweater, sepatu dan jenis pakaian lainnya yang sekiranya masih layak dan patut untuk dikenakan, jangan sampai memberikan pakaian yang sudah tidak layak pakai karena akan menyinggung si penerima.

2. Membagikan koleksi bukumu
Bagi seorang pelajar sekolah menengah atau mahasiswa pasti memiliki beberapa koleksi buku sebagai bahan bacaan, baik itu buku akademik, maupun buku bacaan motivasi, buku cerita, novel, komik dan buku jenis lainnya.

Nah, kita bisa membagikan beberapa koleksi buku kita untuk kita bagikan ke orang lain, lebih baik lagi jika kita membagikan sesuai dengan kategorinya, contohnya kita ingin membagikan buku paket sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas, ya kita bagikan ke mereka yang masih menjalankan pendidikan di sekolah tersebut sesuai kategori bukunya. 

Sehingga manfaat dari buku tersebut dapat lebih dirasakan si penerimanya.

3. Mentraktir makan siang rekan kerja
Saat makan siang adalah saat yang tepat untuk kita lebih dekat dengan rekan kerja atau teman sekolah, jadi itu juga waktu yang tepat untuk kita mentraktir makan siang kepada rekan kerja kita atau teman sekolah kita, baik itu mentraktir makan di kantin atau makan diluar, yang terpenting poinnya adalah berbagi.

4. Memberikan tip (uang tambahan) untuk driver transportasi online
Misalkan kita sedang bepergian menuju tempat kerja, atau rumah saudara dan kita naik kendaraan umum yakni transportasi online maka saat yang terbaik untuk berbagi adalah dengan cara memberikan uang tambahan kepada driver tersebut atau menolak uang kembalian jika uang yang kita berikan ada kembaliannya atau juga bisa dengan memberikan rating bintang yang bagus di aplikasi pemesanan transportasi online tersebut.

5. Lakukan minimal satu hal kebaikan dalam satu hari kepada orang di sekitarmu
Jadikan ini prinsip kita sebagai makhluk sosial untuk selalu menjaga silaturahmi terutama melakukan hal-hal yang baik minimal sekali dalam sehari.

Contoh : membeli dagangan orang lain (orang yang sudah tua) yang kesulitan menjual barang dagangannya.

6. Menyisihkan uang jajan untuk donasi atau sedekah 
Uang jajan yang kita terima saat sekolah atau sedang kuliah pasti ada sisa yang bisa kita donasikan atau sumbangkan kepada yang lebih membutuhkan.

KIta bisa menyisihkan sedikit demi sedikit kita kumpulkan dalam jangka waktu tertentu, sebulan misalnya.

Sehingga dalam waktu sebulan sekali kita bisa donasi menggunakan sisa uang jajan dalam jumlah nominal tertentu, sebenarnya nggak peduli seberapa banyak jumlahnya, yang terpenting adalah seberapa konsistennya kita dalam berdonasi atau sedekah dalam bentuk materi atau harta.

7. Mendengarkan orang lain / teman bercerita
Ketika teman atau orang lain sedang bercerita, maka cara terbaik kita adalah dengan mendengarkannya walaupun sebenarnya kita sendiri tidak paham apa yang diceritakan, tapi setidaknya kita bisa menjadi pendengar yang baik, terlebih jika kita bisa memberikan feedback yang positif tentu ini lebih baik.

Entah memberikan kritik, saran atau tambahan lain yang positif tentunya.

8. Biasakan membuang sampah pada tempatnya
Membuang sampah pada tempatnya adalah salah satu cara terbaik bagi kita untuk menebar kebaikan, kenapa ? karena sampah yang menumpuk disatu tempat itu bisa mengakibatkan banyak hal negatif, baik itu bau tidak sedap, sumber penyakit, menyebabkan banjir (jika sampah menumpuk di sungai dan saluran air).

KIta juga bisa memberikan contoh kepada orang lain untuk selalu menjaga etika dalam kebersihan salah satunya dengan membuang sampah pada tempatnya.

Jika ada orang yang membuang sampah sembarangan atau tidak pada tempatnya, kita bisa menegurnya dan memberikan informasi seputar buang pada tempatnya, itu lebih baik.

9. Memberikan kursimu untuk orang yang lebih membutuhkan
Jika kita sedang dalam perjalanan menuju suatu tempat dan menggunakan transportasi umum seperti bus atau kereta, kita pasti menemui orang lain yang lebih membutuhkan tempat duduk dibandingkan kita yang masih muda, seperti misalkan orang yang sudah tua, ibu hamil, orang dengan kebutuhan khusus dan orang yang lebih membutuhkan lainnya.

Selain kita bisa berbagi kenyamanan kepada mereka yang membutuhkan, kita juga secara tidak langsung memberikan contoh kepada orang lain agar kita bisa berbagi kursi kepada yang lebih membutuhkan, dengan kata lain agar membuang ego ketika ditempat umum.

10. Selalu memberikan komentar dan tanggapan yang positif
Jaman yang serba sosial media seperti sekarang ini memungkinkan kita untuk memberikan komentar atau tanggapan kita kepada orang lain melalui postingan status di akun media sosial tersebut.

Banyak sekali orang tidak menyadari bahwa memberikan komentar yang positif itu bisa memberikan dampak yang signifikan terhadap orang lain tersebut, bisa memberikan tambahan motivasi serta bisa meningkatkan mood yang baik terhadap orang tersebut.

Demikian 10 cara menebar kebaikan dengan berbagi terhadap sesama, semoga menginspirasi dan membuat kita lebih baik lagi dalam menebar kebaikan, semangat.



Belum ada Komentar untuk "10 Cara Menebar Kebaikan dengan Berbagi Terhadap Sesama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel