Uncategorized

7 Pertanyaan Interview Programmer Saat melamar kerja

Pertanyaan Interview Programmer – Berikut ini saya akan berbagi pengalaman saat melamar pekerjaan pada posisi programmer, untuk bagian contoh tes programmernya sendiri saya sudah buatkan postingan 70 contoh soal tes programmer silahkan di klik link tersebut dan pengalaman tes dan interview di perusahaan IT Consulting.

Pertanyaan Interview Programmer
 

Ada beberapa perusahaan yang melakukan perekrutan programmer dengan cara tes terlebih dahulu sebelum interview atau wawancara, tetapi ada juga yang interview dulu & nego gaji kemudian baru tes technicalnya.

7 Pertanyaan Interview Programmer Saat melamar kerja

1. Perkenalan 

Perkenalan ini adalah tahap awal dan semua interview diposisi apapun, pasti HRD minta kita untuk memperkenalkan diri sebelum nantinya kita akan diberikan berbagai macam pertanyaan.

kamu akan ditanya mengenai biodata diri yang terdapat pada cv kamu, mengenai nama (lengkap dan panggilan), kondisi keluarga, tempat tinggal, alamat domisili asli, kapan lulus (wisuda), saudara kandung dan seputar pertanyaan perkenalan umum lainnya.

2. Pengalaman kerja 

Kamu akan ditanya mengenai pengalaman kerja dibidang programmer tentunya, menjadi dilema ketika kamu seorang freshgraduate yang belum mempunyai pengalaman apapun didunia kerja (Saya pernah diposisi itu bahkan sampai tulisan ini diposting), sehingga kamu harus tetap menjawab pertanyaan ini dengan baik.

Misalkan dengan menjawab bahwa kamu pernah magang di perusahaan IT atau perusahaan non IT, pernah bekerja sama membuat program a, b dan c. atau jika kamu benar-benar tidak punya pengalaman magang ya bilang aja dengan jujur sesuai keadaan saat kuliah, tetapi coba yakinkan HRD bahwa kamu walaupun belum pernah bekerja atau magang secara formal, kamu pernah dan sering membuat project program baik sebagai tugas kuliah atau sebagai latihan sendiri (memperbanyak portofolio).

3. SKILL 

Ini yang menjadi penentu diterima kerja atau tidak, biasanya perusahaan akan lebih memilih kandidat yang punya skill segudang bahkan lebih dari itu.

Dibawah ini saya akan tampilkan skill yang perusahaan butuhkan untuk seorang programmer, saya ambil dari portal pencari kerja aplikasi jobstreet :

Pertanyaan Interview Programmer

Pertanyaan Interview Programmer

Pertanyaan Interview Programmer

Pertanyaan Interview Programmer

Nah, gambar diatas adalah contoh lowongan pekerjaan untuk bagian web programmer, sebenarnya banyak juga perusahaan yang nggak minta skill lebih kepada calon karyawan untuk bagian programmer, hanya saja meminta untuk calon karyawannya punya semangat belajar yang tinggi dan siap untuk belajar hal baru (terlebih belajar bahasa pemrograman baru) menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

4. Perkuliahan 

Udah lulus kuliah tapi masih ditanya kegiatan waktu kuliah, apa yang dilakuin selama kuliah selain masuk kelas, dan banyak pertanyaan seputar perkuliahan (terutama bagi freshgraduate) yang membuat kita akan langsung flashback mengingat apa telah kita lakukan selama kuliah dulu (ingat, harus jujur !!).

Untuk perkuliahan akan ditanya mengenai kesibukan selain belajar dikelas, pernah magang dimana dan posisi apa (ngerjain apa aja selama magang), mata kuliah yang disukai, organisasi yang diikuti (posisi sebagai apa), kegiatan sosial yang diikuti juga, dan semua perkuliahan mu yang selama 4 tahun lebih itu harus dijelaskan dalam waktu yang singkat, jadi perbanyak latihan ya.

5. Organisasi

Ada beberapa perusahaan yang tidak terlalu mementingkan calon karyawannya pernah ikut organisasi atau tidak, tapi lebih banyak perusahaan yang ingin calon karyawannya pernah bahkan sering ikut dan bergabung dengan organisasi, baik organisasi formal (lingkup kuliah, seperti BEM, LDK, MAPALA, dan lainnya) ataupun organisasi non formal (seperti Sosial, komunitas seni, dan lainnya).

Kenapa perusahaan lebih condong memilih calon karyawannya yang pernah ikut organisasi ?

Karena tentu pengalaman organisasi membuat mental orang menjadi lebih baik dalam berhadapan dengan banyak orang, kemampuan komunikasi dan menyampaikan pendapat tidak perlu diragukan lagi, sehingga ketika nanti ada rapat kerja dapat berpartisipasi dalam menyampaikan pendapatnya tanpa takut ngomong (karena udh terbiasa saat organisasi tersebut).

Saya rasa ini tipe interview umum yang pasti setiap perusahaan akan menanyakan, bahkan untuk posisi programmer pun juga ditanyakan, karena programmer kan identik dengan tipe yang jarang ngomong, dan lain-lain.

6. Kelebihan dan kekurangan Saya beberapa kali ditanyakan tentang kelebihan dan kekurangan dalam diri saya, kalau misalkan pertanyaan dalam bentuk tulisan sih masih bisa ngarang, tapi kalau waktu interview, ini yang susah.

Kenapa susah ?

Karena pasti posisinya serba salah, mau ngomong kelebihan juga takut sombong, mau ngmongin kekurangan juga takut ntar gak jadi diterima diperusahaan, jadi ini perlu dilatih, merangkai kata yang pas agar lebih enak diterima oleh HRD mengenai kelebihan dan kekurangan kita.

7. Tentang Perusahaan 

Setelah kamu yang banyak bicara, kemudian HRD akan yang gantian banyak ngmong tentang perusahaan, profile perusahaan, industri perusahaan dibidang apa, hingga kamu udah paham mengenai perusahaan tersebut berjalan.

8. Jobdesk 

Setelah itu kamu akan diberikan informasi mengenai jobdesk atau deskripsi pekerjaan yang akan kamu jalani nanti jika diterima sebagai karyawan (lulus tes), ini yang sangat penting karena jika jobdesknya ada yang tidak kamu sukai (atau tidak kamu kuasai) akan membuat kamu merasa tertekan dan tidak nyaman saat bekerja nantinya, jadi harus banyak bertanya dibagian ini dan pahami tentang deskripsi pekerjaan ini serta katakan dengan jujur jika ada jobdesk yang belum pernah kamu pelajari sebelumnya.

9. Gaji 

Bagian ini biasanya yang terakhir dan yang paling penting juga, karena menyangkut dengan keberlangsungan hidup kita, haha. kamu akan dijelaskan secara rinci mengenai gaji pokok, tunjangan, uang makan / transport, dan lainnya sesuai dengan kapasitas dan besarnya perusahaan (tiap perusahaan berbeda).

Pastikan negosiasi gaji hingga kedua belah pihak benar-benar puas dan setuju.

Penutup

Demikian tulisan saya mengenai interview programmer saat melamar kerja, diatas real dari pengalaman saya sendiri, jadi bisa saya pertanggungjawabkan apabila ada yang merasa tersinggung atau kurang berkenan dengan tulisan saya diatas.

Semoga bermanfaat.

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *