Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

10+ Manfaat Pentingnya Penggunaan Email Profesional dalam Bisnis Anda

Pentingnya penggunaan email profesional dalam bisnis saat ini adalah salah satu pembahasan yang memang menjadi topik hangat dan mulai dilirik oleh pebisnis atau pengusaha, terutama bagi pebisnis online yang mengandalkan media online atau internet sebagai perantara berjalannya bisnis dan juga untuk menarik perhatian konsumen agar tertarik dengan bisnis yang dijalankan, atau bahkan bagi pebisnis offline yang ingin bisnis nya online dan mempunyai email profesional untuk marketingnya.

Lalu apa sih email profesional itu ? 

bukankah kita sudah memiliki email seperti @gmail.com yang dikelola oleh google yang pasti sudah profesional bukan ?

Email profesional atau biasa disebut dengan email hosting adalah sebuah layanan yang memungkinkan penggunanya untuk memiliki email dengan nama domain sendiri.

Bagaimana penggunaan email hosting ?

Penggunaan email hosting sendiri juga sangat mudah, semudah kita saat menggunakan email gratis (baik dari gmail atau yahoo), sehingga tidak akan mengurangi efektifitas penggunaan email untuk bisnis kedepannya.

Seperti apa contoh alamat email hosting ?

Contohnya saat kita pernah mendapatkan notifikasi email dari alamat email cs@domainbisnis.com, admin@domainbisnis.com, dan lainnya. 

Nah contoh alamat email tersebut adalah contoh alamat email profesional atau email hosting yang tentunya berbayar, berbeda dengan email gratis yang biasa orang umum miliki seperti misalkan alamat@gmail.com.

Apa manfaat yang bisa kita dapatkan jika kita menggunakan layanan email profesional tersebut ? 

Pastinya sangat banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dan juga mengapa kita harus mulai menggunakan email profesional dalam bisnis kita, semua akan kita bahas dibawah ini.

10+ Manfaat Pentingnya Penggunaan Email Profesional dalam Bisnis

1. Sebagai Branding perusahaan 

Manfaat penggunaan email profesional yang pertama adalah branding, branding prusahaan adalah hal yang penting agar bisnis yang kita bangun dapat diketahui oleh konsumen, baik diketahui profil perusahaannya atau diketahui sebagai layanan bisnisnya.

Sebagai contoh misalkan pihak perusahaan mengirimkan email kepada konsumen dengan tujuan untuk menawarkan layanan bisnisnya tetapi tidak ada nama perusahaan yang tertera pada alamat email (perusahaan masih menggunakan email gratisan), maka yang konsumen lakukan adalah :

- Membuka email tersebut dan tidak tertarik dengan layanannya karena dianggap email tersebut bukan dari perusahaan resmi (terpercaya).

- Menandai alamat email tersebut sebagai SPAM, karena dianggap bukan layanan bisnis dari perusahaan resmi (terpercaya).

- Mengabaikan email tersebut dan menghapus email tersebut bahkan tanpa membukanya sama sekali.

Sangat disayangkan bukan ? email yang seharusnya menjadi celah untuk memperkenalkan perusahaan kita, untuk meningkatkan branding bisnis kita, malah tidak mendapatkan respon yang positif dari pihak konsumen.

2. Meningkatkan Kredibilitas dan Reputasi Perusahaan

Salah satu cara untuk meningkatkan kepercayaan konsumen adalah dengan membuat email yang profesional yang menyertakan nama perusahaan pada alamat email seperti pada contoh diatas.

Sudah menjadi hal yang umum bagi konsumen untuk tidak percaya pada email yang masuk tanpa adanya nama perusahaan walaupun didalam email menyertakan nama perusahaan, karena ditakutkan itu menjadi celah penipuan bagi yang ingin menipu pihak konsumen.

Bahkan sudah bisa dipastikan bahwa email yang tidak profesional yang terus menerus masuk setiap hari ke email konsumen akan langsung masuk ke daftar spam, karena dinilai sangat menggangu konsumen dan tidak mempercayai layanan bisnis tersebut.

3. Dapat Terbebas dari iklan

Saat kita menggunakan email gratisan, apapun itu penyedia layanannya, pasti akun email tersebut tidak dapat terbebas dari iklan, kenapa ? ya karena akun kita gratis, cara membayarnya ya dengan cara menerima dan melihat iklan yang tayang di akun email kita.

Nah jika kita menggunakan email profesional (email hosting) kabar baiknya pada bagian inbox atau pesan masuk, kita tidak akan menerima iklan, dalam artian kita akan lebih fokus tanpa terganggu dengan iklan yang muncul diakun email kita.

4. Kapasitas Penyimpanan Email yang lebih besar

Kapasitas email gratisan yang biasa kita miliki seperti gmail dan yahoo itu memiliki kapasitas maksimal batas penyimpanan data, sehingga saat data perusahaan kita sudah banyak, hal tersebut akan mengganggu kinerja pemasaran bisnis, 

Sedangkan untuk email hosting kita dapat dengan leluasa mengelola dan mengatur sendiri kapasitas penyimpanan email dan ditambah juga dengan spesifikasi dari penyedia layanan hostingnya yang fleksibel dalam memenuhi kebutuhan email hosting kita.

5. Fitur Backup Email

Pada email gratis sebenarnya juga ada fasilitas atau fitur untuk membackup data, hanya saja pasti ada batasan untuk backup data karena dari segi penyimpanan juga sudah ada batasan. Lalu bagaimana dengan email hosting ?

Untuk fitur di email hosting ada fitur backup email yang tidak terbatas, dikarenakan kapasitas penyimpanan yang juga kita sendiri yang menentukan besarannya sehingga untuk backup data pun juga menyesuaikan dengan banyaknya data dipenyimpanan email itu sendiri.

6. Keamanan dan privasi tingkat tinggi

Keamanan adalah hal yang tidak boleh dilewatkan begitu saja, karena keamanan data adalah hal yang sangat penting untuk dijaga, apalagi menyangkut dengan data-data perusahaan, konsep bisnis, data pelanggan, serta data karyawan.

Hal inilah yang menyebabkan kebanyakan perusahaan besar menggunakan alamat email profesional dengan nama domain sendiri serta menggunakan layanan hosting yang terpercaya walaupun harus membayar yang lumayan mahal untuk ukuran perusahaan besar.

7. Kemudahan Penggunaan

Penggunaan email hosting juga membuat penggunanya merasa lebih diberikan kemudahan dalam mengakses akun, mengelola banyak akun email dari perusahaan, seperti akun email marketing, hrd, customer service, programmer, dan akun lainnya.

Kemudahan penggunaan ini berdampak pada efisiensi waktu, waktu yang dibutuhkan lebih sedikit sehingga kinerja untuk perusahaan lebih optimal.

8. Pengaturan akun yang lebih fleksibel

Pengaturan akun email memang harus fleksibel dan terintegrasi antara satu akun dengan akun email yang lain karena didalam perusahaan tidak bisa hanya mengandalkan satu akun email saja, bahkan setiap departemen perusahan diharuskan memiliki akun email hosting sendiri agar memudahkan dalam berkomunikasi.

Contohnya :
- cs@bisnis.com
- marketing@bisnis.com

- hrd@bisnis.com

Nah contoh diatas adalah contoh alamat email masing-masing departemen yang berbeda disatu perusahaan yang sama, dengan penamaan alamat email yang berbeda bagian depan tetapi bagian belakang tetap sama yaitu alamat domain bisnis perusahaan.

Jika kita menggunakan layanan email gratis seperti gmail dan yahoo maka penamaan alamat email seperti diatas tidak dapat dilakukan.

Contohnya :
- csbisnis123@gmail.com
- marketingbisnis1234@gmail.com
- hrdbisnis123@gmail.com

Contoh penamaan pada email gratis diatas sangat panjang, terlebih jika ada salah satu departemen yang namanya sudah ada yang menggunakan maka caranya adalah dengan menambahkan angka dibelakang nama email.

9. Memudahkan kita memperoleh partner

Partner bisnis itu sangat penting demi kelangsungan perusahaan, semakin banyak partner kerja, semakin luas jaringan partner kita, maka perusahaan akan semakin maju dan semakin dikenal masyarakat.

Dan untuk memperoleh partner terutama partner yang belum mengenal perusahaan kita, dan kita ingin mengajak perusahaan lain untuk bekerja sama dengan memberikan pesan via email, bagaimanakah respon perusahaan lain yang kita ajak kerja sama jika mendapatkan email dari layanan email gratisan. apakah tertarik untuk berpartner ?

Kita bisa mengetahui respon dari perusahaan lain tersebut, karena ini menyangkut dengan kredibilitas perusahaan, kepercayaan layanan bisnis dan gambaran profil perusahaan. Maka dari itu email yang profesional dengan email hosting berbayar menjadi kunci dalam mengembangkan bisnis agar mengalami kemajuan.

10. Meningkatkan profesionalitas bisnis

Bisnis yang dijalankan dengan serius pasti dianggap profesional, dan juga dengan email, jika akun email perusahaan dibuat dengan serius maka email yang dibuat juga harus profesional, karena itu menyangkut dengan profesionalitas bisnis perusahaan.

Salah satu cara untuk meningkatkan profesionalitas bisnis perusahaan adalah dengan membuat email hosting dengan hosting sendiri, email yang profesional akan dianggap serius dalam menjalankan bisnis terutama saat mengirim berbagai pesan promosi kepada konsumen.

11. Kecepatan email

Kecepatan traffic email menjadi hal yang dipertimbangkan dalam memilih layanan hosting terutama di indonesia, dengan cara menggunakan layanan email melalui penyedia hosting murah dan berkualitas maka akan membuat traffic email lebih stabil dan cepat.

Nah itulah manfaat yang bisa kita dapatkan dalam penggunaan email profesional dalam bisnis kita, lalu dimana kita harus membuat email profesional ? Terutama pihak perusahaan yang masih bingung dalam menentukan dimana mau buat email profesional sekaligus domain untuk website jika belum punya.


Penggunaan Email Profesional dalam Bisnis

Banyak sekali situs website yang menyediakan layanan hosting, domain, hingga jasa pembuatan website yang mereka tawarkan dengan kualitas yang terus ditingkatkan setiap saat, saya sendiri menyarankan untuk menggunakan jasa layanan dari rumahweb.com , berdasarkan pengalaman saya dan berbagai riset menunjukkan bahwa rumahweb.com begitu stabil dalam pelayanannya terhadap konsumen, sehingga ini yang sangat dibutuhkan bagi kita pihak perusahaan yang ingin mempunyai email profesional dengan domain sendiri.

Sehingga dapat kita simpulkan bahwa dengan membuat email profesional sesuai nama domain perusahaan merupakan salah satu jenis investasi yang besar untuk perusahaan baik secara branding ataupun kredibilitas perusahaan. 

Dan juga dengan mengeluarkan sejumlah biaya (hosting setiap bulan) untuk membuat email profesional maka akan membuat perusahaan lebih kredibel dan terpercaya dimata masyarakat serta lebih mendapatkan perhatian ketika mengirim email kepada calon pelanggan.

Silahkan tulis komentar dibawah ini jika ingin berbagi informasi mengenai pentingnya penggunaan email profesional atau email hosting yang mungkin banyak diantara kalian yang sudah mengimplementasikan diperusahaan.


Berlangganan via Email