Pengalaman Melamar Pekerjaan Programmer


Pengalaman melamar kerja, pengalaman ini murni dari saya sendiri yang seperti berpetualang dari satu perusahaan ke perusahaan lain, mungkin ini juga jalan agar saya bisa tau perbedaan antara satu perusahaan dengan yang lain, baik itu bisnisnya, karakter HRD nya, perekrutan karyawannya, contoh tes dan interviewnya, model gedungnya, jam kerja nya dan lainnya yang pasti banyak hikmah dari banyaknya saya melamar kerja dibanyak perusahaan.

Ini adalah cerita perjalanan seorang freshgraduate (baru lulus kuliah - belum ada pengalaman bekerja).

Saya akan bercerita disini - diblog pribadi saya sendiri mengenai pengalaman saya melamar pekerjaan  atau mencari kerja, silahkan disimak, dibaca, dan dijadikan referensi jika kalian juga seorang freshgraduate yang mau cari kerja, semoga bermanfaat.

Sebenarnya saya selama kuliah pernah beberapa kali bekerja secara parttime atau fulltime, diantaranya yaitu :

1. Kerja jadi sales honda motor dengan pusatnya di dealer sukoharjo, lebih tepatnya menjadi sales counter, tugasnya menjaga stand yang telah dibuat oleh pihak dealer, promosi via online dan offline, menyebarkan brosur diberbagai tempat terutama saat adanya event-event umum.

2. Kerja jadi karyawan di konter pulsa dan handphone di mojosongo, surakarta. jobdesknya adalah melayani penjualan pulsa, kuota internet, voucher internet, kartu perdana, handphone dan aksesoris handhpone yaitu ada kasing hp, headset, earphone, speaker aktif, speaker bluethoot, dan aksesoris lainnya.

3. Kerja jadi karyawan di evicom sriwedari, surakarta. lebih tepatnya saya menjadi tukang ketik. Jobdesknya adalah melayani jasa pengetikan, desain, print kertas, print foto, internet, membuat proposal, makalah, dan tugas-tugas sekolah lainnya.

Oke itu awal saya cerita mengenai pengalaman kerja, gak ada yang diatas 1 tahun karena saya belum menemukan pekerjaan yang aku banget, mungkin belum kali ya, oke lanjut ke pembahasan selanjutnya.



Betapa susahnya seorang freshgraduate atau seorang yang baru lulus untuk mencari pekerjaan, tidak ada pihak yang salah, pihak perusahaan nggak salah, pihak kita yang melamar kerja juga nggak salah, tetapi hanya berbeda pemikiran.

Pihak perusahaan ingin merekrut karyawan yang udah punya pengalaman kerja minimal 1 atau 2 tahun diposisi yang sama dan itu susah nyarinya, karena biasanya orang yang udah kerja diposisi tersebut selama 1 tahun atau 2 tahun akan bertahan diperusahaan atau resign untuk mencari kerja diposisi yang berbeda dikarenakan bosan atau ingin mencari pengalaman lain.

Pihak kita pencari kerja (freshgrad) ingin mencari kerja untuk mencari pengalaman karena belum punya pengalaman kerja (ya karena baru lulus juga), dan itu juga susah nyarinya, dilain sisi banyak sekali perusahaan yang hanya menerima karyawan yang sudah memiliki pengalaman kerja, dan disisi lain kita akan bersaing saat tes dan interview dengan orang lain yang kemungkinan sudah memiliki pengalaman kerja, ya jelas kita kalah saing lah.

Walaupun tidak semua yang berpengalaman itu berkualitas, pun sebaliknya tidak semua yang baru lulus itu tidak tau apa-apa, yah itu hanya kalimat untuk menenangkan diri agar tidak terlalu pusing memikirkan kenapa sulitnya mencari kerja bagi yang baru lulus.

Saya hanya ingin bercerita sedikit pengalaman saya melamar & mencari pekerjaan, jika berkenan silahkan dibaca, siapa tau ada beberapa perusahaan yang diincar juga kan.


Pengalaman Melamar Pekerjaan Oleh Seorang Fresh Graduate
gambar dari sukoharjonews.com


Wisuda

Alhamdulillah pada tanggal 15 Oktober 2019 saya di wisuda, saya dan kawan-kawan seangkatan (angkatan 2015) jurusan teknik informatika, sistem informasi, manajemen informatika dan teknik komputer berhasil menyelesaikan pendidikan perguruan tinggi (S1) dengan waktu yang tepat. 

Ketika semua calon wisudawan berangkat ke gedung tempat kami wisuda, kami saling bertemu dengan wajah yang pastinya ceria, seneng gitu rasanya 4 tahun perjuangan, 4 tahun bukan waktu yang singkat buat merjuangin pendidikan, dan juga semua ingin segera meraih mimpi yang sudah direncanakan sebelumnnya, walau belum tahu apakah mudah meraih mimpi itu, atau malah hanya mimpi saja yang didapat karena banyaknya mahasiswa yang punya mimpi serupa (persaingan semakin ketat, padat, merayap, hehe).

Otw Jakarta

Hampir sebulan lamanya saya setelah wisuda (lebih tepatnya 3 mingguan), yakni pada tanggal 11 November 2019, saya memutuskan untuk merantau ke jakarta, jakarta yang katanya banyak lowongan pekerjaan, bergaji besar, kerjanya nyaman, fasilitas mewah, teknologi canggih.

Semua pernyataan diatas benar adanya, nggak salah. tetapi ingat bahwa yang dibahas mengenai jakarta biasanya hanya enaknya saja, lalu apakah ada nggak enaknya dijakarta ?

Jawabannya banyak : ada macetnya gak ketulungan, polusinya parah, banjir dimana-mana, makanan mahal (yang murah cuma warteg), mau pergi males karena macet tadi, dan yang paling utama jauh dari keluarga, jauh dari teman maen, jauh dari kegiatan sosial, biasanya kalo kost dijakarta juga cari yang murah, itupun termasuk mahal kalo dari kampung.

Mungkin ini yang menyebabkan ibukota jakarta akhirnya dipindahkan ke kalimantan juga, karena macetnya yang kian parah, karena polusi udaranya yang juga bikin sesak nafas, banjirnya yang kemarin tahun baru 2020 adalah termasuk banjir terparah 10 tahun terakhir.

Kalimat diatas itu berdasarkan pengamatan saya sendiri dan apa yang saya rasakan, mungkin cuma saya aja yang kurang bisa adaptasi di jakarta, atau mungkin sudah terlalu nyaman dengan kondisi di solo, semua punya pilihan, di jakarta bagus buat menambah pengalaman, karena kehidupan yang keras akan menempa diri menjadi mental yang lebih kuat.

Bootcamp Java Consultant PT Xsis Mitra Utama

Pada tanggal 20 November 2019, saya memulai kegiatan bootcamp di PT Xsis Mitra Utama, yang berlokasi di gedung satrio tower, kuningan, jakarta selatan. Sebelumnya pada tanggal 15 november 2019 saya mendapatkan email masuk bahwa saya diundang untuk datang menjalani tes dan interview pada hari senin, 18 november 2019, setelah saya menjalani tes ternyata saya lolos dan saya akhirnya menjalani bootcamp java ini selama kurang lebih 3 minggu.

Baca juga :
Pengalaman Tes & Interview PT XSIS Mitra Utama

Tetapi ini baru keterima menjalani bootcamp saja, belum keterima sebagai karyawan, karena harus menjalani lagi tes yang lebih susah dari sebelumnya, tentunya materi tesnya sudah ada beberapa yang diajarkan waktu materi bootcamp.

Gagal Lolos Bootcamp Selanjutnya

Gagal lolos saat tes di minggu ketiga yakni pada tanggal 10 Desember 2019, tentunya juga gagal untuk menjadi karyawan (posisi programmer java) di PT Xsis Mitra Utama, bagi yang lolos mereka harus berjuang selama 5 minggu lagi dan nanti diminggu ketujuh akan ada tes yang terakhir yakni project & dipresentasikan, jika gagal ya out, tapi jika lolos ya masih harus menunggu mendapatkan pekerjaan dari klien nya PT Xsis Mitra Utama.

PT TOG

Setelah tiga minggu menjalani bootcamp di xsis kemudian gagal dan harus out, saya pun harus move on dari gedung satrio tower walau sebenarnya kami sekelas saat itu sudah sangat akrab dan nyaman kumpul dan belajar bareng, tapi ya itulah kehidupan kadang kita kenalan dan kadang kita berpisah.

Selanjutnya pada tanggal 16 Desember 2019 saya menjalani tes coding dibagian programmer di PT Tog indonesia, waktu itu tes yang diberikan cukup sulit karena membuat sistem lengkap ada login, crud data, crud transaksi, query dan print hasil transaksi, waktu 3 jam saya tidak dapat menyelesaikan semua soal, hanya kurang 1 soal yang memang secara waktu saya kurang, walaupun sebelumnya waktunya adalah 2 jam kemudian sudah ditambah 1 jam, tetapi tetap saja saya kekurangan waktu untuk mengerjakan.

Mungkin karena inilah (tidak semua soal dikerjakan) yang membuat saya tidak dipanggil lagi setelahnya.

PT Dimarco Mitra Utama

Nah selanjutnya saya mendapatkan panggilan interview di PT Dimarco Mitra Utama yang berlokasi di jakarta pusat (cek aja di google map) tepatnya pada tanggal 17 Desember 2019 saya menjalani interview dan tes psikotest.

Saya berangkat dan sampai lokasi sekitar jam 10 pagi, kemudian saya mengisi data diri lengkap dan saya menuju ruangan HRD dimana saya mengisi tes psikotest, tes nya secara umum banyak sekali contoh di internet serta soal kepribadian juga diberikan (untuk mengetahui kita seperti apa orangnya, introvert atau ekstrovert).

Setelah mengisi data diri dan tes psikotest, saya kemudian pindah ke gedung sebelah (ternyata gedungnya ada 2) untuk interview dengan HRD dan Kepala IT nya, waktu itu saya hanya diberikan informasi mengenai perusahaan, bagian-bagian perusahaan, jobdesk bidang IT nya, negosiasi gaji, dan lain-lain.

Kemudian saya disuruh untuk datang lagi besoknya ditempat lain, untuk interview final, perkiraan saya ini perusahaan tidak memberikan tes coding apa ya, tetapi ternyata saya salah, interview final itulah yang ada tesnya, yang memberi tes langsung manajer perusahaan yang membawahi kepala IT perusahaan, haduh tau gitu belajar dong sebelumnya.

Pada tanggal 18 Desember 2019 saya menjalani interview final yang ternyata bukan interview tetapi lebih kepada tes coding, saya disuruh membuat sistem login sederhana, tanpa internet, dan menggunakan laptop perusahaan (laptopnya windows 7 dan kelihatan udah lama gitu laptopnya, keyboard banyak yang agak eror, jadi kurang konsen mengerjakannya).

Saya mengerjakan selama 2 jam kurang lebih, yang akhirnya saya menyerah dengan meminta untuk browsing membuka dokumentasi untuk membuat sistem login sederhana. Setelah itu saya pulang dan tidak ada informasi selanjutnya dari pihak perusahaan.

PT Panca Budi Group

Setelah menunggu hampir 2 minggu setelah apply lowongan kerja di jobstreet dan portal lowongan kerja yang lain, akhirnya pada tanggal 30 Desember 2019 saya mendapatkan panggilan untuk tes dan interview di PT Panca Budi Group.

PT Panca Budi Group adalah perusahaan yang memproduksi plastik berbagai merk, seperti tomat, indomart, alfamart, aladin, dan lainnya masih banyak lagi merk yang cukup terkenal yang ternyata produksinya di PT Panca Budi Group.

Hmm menarik juga jika bisa kerja jadi programmer di perusahaan produksi plastik, pasti kerjanya lebih santai karena hanya mengurusi website company profilenya perusahaan, dan tidak banyak penambahan fitur, palingan juga kalau maintenance ada error atau bug aja.

Saya datang pagi sebelum jam 8, kemudian absensi di kertas yang disediakan oleh resepsionis, lalu kami menunggu di lobby, sesudah itu ada mbak-mbak yang bilang kalau interview nya berada di gedung belakang, ruangan paling belakang, kamipun memasukin ruangan tersebut dengan membawa lengkap berkas yang dipersiapkan sebelumnya.

Tes yang diberikan adalah tes psikotest dulu sebelum mengikuti interview, jadi sistemnya adalah sistem gugur, selesai mengikuti tes psikotes maka akan langsung dihitung nilainya, jika nilainya mencukupi maka bisa mengikuti interview, tetapi jika nilainya tidak mencukupi maka harus langsung pulang (out tanpa interview), nilai yang mencukupi itu adalah nilai standard perusahaan, dan saya lolos padahal saya hanya mengerjakan setengah dari total soal yang diberikan.

Kemudian kami yang lolos tes psikotes disuruh untuk menunggu interview, saat interview yang ditanyain itu hal-hal mendasar seperti perkenalan, informasi perusahaan, kebutuhan perusahaan, dan untuk tes bagian programmer akan diadakan 2 minggu kemudian oleh kepala IT nya, dan lagi-lagi selama 2 minggu itu saya tidak mendapatkan kabar untuk kelanjutan interview tersebut, yah mungkin belum rejeki.

PT Blue Bird Tbk

Dua hari sebelum tanggal 07 Januari 2020 saya mendapatkan info mengenai adanya lowongan pekerjaan di PT Blue Bird sebagai sales counter atau biasa disebut juga dengan dispatcher, dan di info tersebut bahwa pihak PT Blue Bird mengadakan walk in interview di gedung Blues bird pada tanggal sekian pada hari senin hingga jumat.

Dan anehnya ketika saya sudah sampai digedung blue bird, bahkan saya sudah berada persis didepan ruangan interview, waktu itu ada 2 interviewer, dan 1 orang sebelum saya yang harusnya maju, malahan saya ijin ke toilet, bukan buang air, tetapi berfikir bahwa posisi sales counter ini bukan termasuk bagian yang saya suka, dan saya nggak bisa berkembang dibagian sales darimana saya tau ?

Karena saya sudah pernah kerja parttime sebagai sales counter honda, kemudian saya langsung pulang, kembali ke kost, tanpa interview, aneh kan.

PT Ecomindo Saranacipta

Untuk posisi programmer di Ecomindo ini sistemnya harus lolos tes coding dulu sebelum interview, nah pada tanggal 11 Januari 2020 saya mendapatkan panggilan untuk melaksanakan tes coding secara online yakni di Hackerrank.

Soal yang diberikan hanya 2, yaitu :
1. Soal Logic, algoritma, string
2. Soal Database (Query beberapa tabel) menampilkan data sesuai perintah.

Hasilnya saya hanya bisa mengerjakan yang database, untuk yang bagian logic geser string saya gagal mengerjakan, kemudian karena waktu juga mau habis, saya akhirnya submit soal tersebut.

1 jam kemudian saya mendapatkan email dari ecomindo bahwa saya gagal lolos ke tahap interview karena tidak bisa menyelesaikan tugas coding dengan baik, ternyata untuk bisa lolos ke tahap interview harus bisa 100% menyelesaikan tes coding via Hackerrank.

Ansena Play - Ansena Family 

Tepat pada tanggal 16 Januari 2020 saya memenuhi panggilan tes tertulis dan interview di perusahaan ansena, perusahaan dibidang pemasaran franchise, tes tertulisnya hanya tes kejujuran mengenai kelebihan dan kelemahan kita, jika ada masalah bagaimana cara menyelesaikan, dan berbagai pertanyaan yang memang simpel dan harus dijawab jujur.

Kemudian untuk interviewnya itu hanya perkenalan diri, pengalaman kerja, kenapa tertarik dengan perusahaan ini dan berbagai pertanyaan sederhana juga yang bisa dicari di internet, kemudian mengenai info lebih lanjut keterima atau tidak akan diberikan informasi melalui email atau whatsapp 2 minggu setelah interview ini.

Dan lebih dari 2 minggu saya belum mendapatkan email atau whatsapp dari ansena.

Update 27 Januari 2020

PT Guwatirta Sejahtera (Utra)

Tanggal 27 januari 2020, yakni hari senin saya berangkat ke PT Guwatirta Sejahtera atau kita lebih familiar dengan Utra, minuman air dalam kemasan yang biasanya diberikan kepada penumpang bus rosalia indah sebagai bonus saat checkin tiket.

Saya datang kemudian menunggu di ruang tunggu sebentar yang kemudian ada mbak-mbak yang ternyata adalah HRD meminta kami untuk mengikutinya masuk kedalam gedung dilantai 2 menaiki tangga, disana ada ruangan yang sepertinya khusus untuk ruangan tes dan interview.

Tes Tertulis
Kami diberikan beberapa lembar kertas yang terdiri dari kertas biodata diri serta lembar tes tertulisnya, data diri yang perlu diisi adalah nama, tgl lahir, alamat, no. telepon, riwayat pendidikan lengkap, pengalaman kerja, riwayat pendidikan non formal serta referensi dari perusahaan sebelumnya bekerja.

Soal yang diberikan di PT Guwatirta ini mungkin dari januari 2015 belum diperbarui, karena ada bagian belakang tertulis tanggal sekian (januari 2015), berarti sudah 5 tahun tidak diperbarui untuk soal tes tertulisnya, makanya saya tulis disini bocoran soalnya agar pihak perusahaan terutama HRD punya tambahan pekerjaan untuk mengupdate soal tes tertulisnya, karena ini akan merugikan perusahaan juga kedepannya jika soal yang diberikan sama.

Berikut soalnya :
a. Soal Warteg (Psikotest) - Cari diinternet banyak tersedia contoh soal warteg, yakni melengkapi gambar yang disediakan, gambar yang disediakan biasanya hanya coretan kecil dan sedikit dan disuruh untuk melengkapi coretan tersebut menjadi sebuah gambar yang bermakna.

b. Soal Matematika (+, -, *, /, kg, ons, pon, gram, km, m, cm, jam, menit, detik)

c. Soal Teori Pemrograman
- Web based desktop base
- OOP
- MVC
- Inheritence, encapsulation, polymorphism
- View dan Trigger pada database
- Contoh DBMS

Soal teori pemrograman diatas disuruh untuk menjelaskan pengertiannya, perbedaan, contoh, dan lainnya. Silahkan dipelajari tentang materi yang disebutkan diatas tersebut.

Setelah kami selesai mengisi jawaban dari soal yang diberikan, kami kemudian disuruh menunggu lagi di ruang tunggu untuk nantinya dipanggil interview dengan HRD dan User. Oiya selama tes tertulis tadi kami tidak diawasi dan sepertinya dibebaskan untuk membuka internet walaupun kami tidak ada yang berani membuka karena sadar ada CCTV diatas kami, dan juga soal ini akan ditanyakan saat interview user jadi kalau ketahuan nyontek ya pasti akan langsung di suruh out.

Interview HRD
Interview HRD kami dipanggil satu persatu, dan saya dipanggil urutan yang ketiga, saat interview HRD saya hanya memperkenalkan diri, asal kuliah, pernah kerja atau belum, dan pertanyaan umum lainnya. Kemudian pihak HRD menjelaskan mengenai semua perusahaan ini, jam kerja, waktu libur dan cuti, kontrak kerja, training, penalti jika resign sebelum kontrak habis, dan penjelasan lainnya hingga saya merasa cukup jelas.

Kemudian setelah selesai interview HRD, saya menunggu lagi di ruang tunggu untuk dipanggil interview User.

Interview User
Nah saat interview user ini saya ternyata salah, saya fikir saya akan langsung tes coding disini, ternyata masih interview mengenai dunia pemrograman, skill yang saya miliki, jobdesk yang nanti dikerjakan ketika diterima dan tentunya sambil review jawaban saya saat tes tertulis tadi.

Selesai interview user, saya disuruh datang besok hari untuk melakukan tes praktek (mungkin ini tes terakhir sebelum diputuskan apakah saya diterima atau tidak), kenapa saya katakan "mungkin" ? karena saya besoknya tidak lanjut, setelah saya fikir-fikir saya kurang setuju dengan jam kerja dan hari libur yang sedikit (bahkan lebih sedikit dibandingkan dengan kebanyakan pabrik) serta penalti yang diberikan cukup besar (2x gaji) jika nantinya saya resign sebelum kontrak habis.

Semoga yang akan menjalani tes dan interview di PT Guwatirta terutama bagian programmer bisa melihat dan membaca tulisan ini, dan mempelajari materi untuk tes tertulisnya.

Update 31 Januari 2020

PT Rosalia Indah Transport

Kemarin, tanggal 30 januari 2020 saya hadir di PT Rosalia Indah Transport (termasuk dalam perusahaan rosalia group) untuk menjalani tes dan interview.

saya hadir tepat pada pukul 09:00 dan langsung mengisi daftar hadir dan keperluannya (tes dan interview) dengan posisi junior programmer , saya bersama beberapa orang yang juga akan menjalani tes interview menunggu di ruang tunggu kurang lebih 15 menit, kemudian ada mbak-mbak yang menyuruh kami untuk mengikutinya pindah gedung belakang yang merupakan letak para staff berada.

Mengisi Biodata Diri

Kami ada sekitar 15 orang yang terdiri dari beberapa posisi yang dilamar mengisi biodata diri, biodata yang cukup banyak yang perlu diisi, baik itu data diri, orang tua, saudara, pendidikan, kursus/training, pengalaman kerja, dan lain sebagainya.

Tes Kepribadian dan Tes IQ (Mencocokkan gambar)

Selanjutnya kami diberikan beberapa lembar kertas dan waktu mengerjakan 30 menit untuk menjawab tes kepribadian (introvert/ekstrovert) dan tes IQ yang isinya hanya mencocokkan gambar (walaupun susah juga sih harus teliti dan fokus).

Kami ber empat yang melamar posisi programmer junior disuruh pindah keruangan yang berbeda dengan yang lain, tentunya untuk menjalani tes yang sebenarnya.

Tes Tertulis (Programming)

Tes tertulis ini ternyata tidak ada teorinya sama sekali, jadi isinya coding dan sintax SQL.

Contoh soalnya :
- Tuliskan perintah insert, update dan deleter pada pemrograman PHP
- Tuliskan perintah Query builder pada framework Codeigniter
- Tuliskan sintax SQL dengan hasil seperti dibawah ini (jadi disuruh join beberapa tabel - intinya join sih)

Tes Praktek (Programming)

Tes praktek ini menurut saya paling susah dan paling nggak masuk akal, karena kami diberikan waktu hanya 1 jam, menjawab soal CRUD disertai transaksi, dan tanpa searching google atau bahkan lihat dokumentasi codingan kita sebelumnya (pake laptop sendiri).

Saya sendiri dan yang lain merasa belum mampu untuk ngoding bener-bener tanpa lihat dokumentasi, jadi ya hanya sebisanya aja, dan ini nilainya paling besar padahal dibanding tes sebelumnya, ya sudahlah tinggal menunggu hasil, kalau nggak lolos ya coba lainnya lagi.

Update 02 Februari 2020

Interview SDM

Alhamdulillah kemarin hari sabtu, tanggal 01 Februari 2020 saya menjalani interview terakhir, yakni bagian SDM PT Rosalia Indah Transport, dan saya hanya perkenalan singkat dan diberikan pertanyaan umum seputar programmer, setelah itu saya diberikan informasi mengenai jam kerja perusahaan, gaji selama training dan setelah menjadi staff, waktu training, seragam, dan lainnya. saya disuruh senin masuk untuk melaksanakan training, alhamdulillah.

Sekian pengalaman saya melamar kerja, semoga menjadi referensi bagi kalian yang akan menjalani tes dan interview, terutama pada posisi programmer.

Saya yakin, kegagalan bukan akhir dari segalanya, siapa tahu dari banyaknya kegagalan saat melamar kerja, kita malah ditakdirkan untuk menjadi pengusaha, bukan pekerja, yaa siapa tau kan, aamiin.

Semoga menginspirasi dengan banyaknya kegagalan seperti cerita diatas, semangat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel