50+ Peluang Usaha Mahasiswa Setelah Lulus Kuliah


Dediblog.id - Peluang usaha bisnis setelah lulus kuliah ini dibagikan untuk membuka wawasan mengenai apa saja peluang yang bisa dimaksimalkan dan dimanfaatkan sebagai usaha atau bisnis sambil menunggu mendapatkan pekerjaan yang sesuai.

Saat musim wisuda yang biasanya antara universitas satu dengan universitas lain itu berdekatan wisudanya, antara bulan april-mei dengan september-november, walaupun ada beberapa universitas yang wisudanya itu setiap bulan dikarenakan banyaknya mahasiswa yang sudah saatnya wisuda.

Setelah wisuda itulah kita mencari pekerjaan sesuai dengan apa yang kita inginkan saat kuliah, dengan bermodalkan ijasah S1 kita mencoba melamar pekerjaan kesana dan kesini, namun realita untuk dapat pekerjaan secara cepat harus gugur lebih cepat, mencari pekerjaan jaman sekarang itu sudah susah.

Penyebab susahnya diterima kerja diperusahaan itu dipengaruhi oleh banyak hal, diantaranya adalah kualifikasi atau skill yang tidak sesuai dengan kebutuhan industri perusahaan sehingga perusahaan harus mendidik dan mentraining dahulu calon karyawannya.

Penyebab kedua adalah jumlah lowongan kerja yang tersedia tidak lebih besar dari jumlah orang yang lulus kuliah (pencari kerja) bahkan banyak juga yang resign dari perusahaan sebelumnya dan ingin mencari lagi pekerjaan baru, nah nambah lagi kan bukan hanya yang baru lulus, tetapi yang senior pun bisa jadi juga mencari pekerjaan baru.


50+ Peluang Usaha Mahasiswa Setelah Lulus Kuliah
gambar dari bagi-in.com

Sehingga ketika para freshgraduate tes dan interview dengan pesaing universitas ternama, pesaing skill dan kompetensi lebih unggul, pesaing dengan pengalaman kerja lebih banyak, pesaing dengan kelebihan yang kita sendiri belum memiliki, pantas jika banyak mahasiswa setelah lulus kuliah menganggur.

Solusi dari permasalahan diatas adalah dengan memanfaatkan waktu luang untuk mencoba membuka usaha, usaha kecil-kecilan tidak masalah, yang penting belajar membuka usaha, usaha apa yang tepat untuk mahasiswa lulusan jurusan A, B dan C ? saya akan membagikan apa saja peluang usaha setelah lulus kuliah lengkap dengan jurusan yang diambil.


1. Peluang Usaha Mahasiswa Lulusan Komputer & Teknologi Informasi

Peluang usaha mahasiswa dibidang ilmu komputer dan teknologi informasi adalah termasuk peluang usaha yang paling banyak terbuka untuk saat ini, yaitu mahasiswa lulusan ilkom (ilmu komputer) dapat membuka usaha seperti dibawah ini , saya bagi menjadi 2 bagian , bagian hardware dan software :

a. Hardware (Perangkat Keras)

- Usaha Service Komputer

Usaha service komputer ini bisa menjadi ladang bisnis atau usaha yang menguntungkan, dengan bermodalkan keahlian dan tentunya promosi maka usaha service komputer sudah bisa dijalankan.

Usaha service komputer ini bisa dijalankan dirumah, bahkan hanya perlu satu ruangan kecil untuk menyimpan semua peralatan untuk service komputer. 

Walau saingan usaha ini bukan hanya perorangan bahkan bahkan perusahaan toko komputer yang juga merangkap usahanya untuk melayani service komputer tentunya dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan usaha perorangan, ini yang menjadi nilai lebih, yaitu dengan menawarkan harga yang masih aman dikantong tentunya.

- Usaha Jual Beli Komputer Baru dan Bekas

Usaha menjual komputer baru atau bekas ini bisa juga dijalankan dengan menerapkan sistem reseller atau dropship dengan bekerja sama pihak perusahaan komputer tertentu, modal yang dibutuhkan jika reseller memang cukup besar, maka bisa menggunakan sistem dropship dengan pihak perusahaan produksi komputer.

Tetapi kita juga harus punya beberapa komputer yang di display (ditampilkan) diruangan, agar konsumen lebih percaya dengan penjualan komputer ini.

- Usaha Jual Beli Printer dan Tinta

Usaha menjual printer dan tinta ini juga bisa menjadi ladang bisnis, terlebih jika usahanya lengkap, yaitu jual komputer, jual printer dan tinta, serta melayani service komputer. 

Ketiga bisnis tersebut bisa dijalankan sekaligus dengan hanya modal ruangan, keahlian dan kerja sama dengan pihak vendor penjualan komputer.

b. Software (Perangkat Lunak)

- Web Development

Usaha web development atau jasa pembuatan website ini bisa juga untuk lulusan IT, baik itu pembuatan website dari NOL, atau penambahan fitur baru dari website yang sudah ada.

Bahkan lulusan non IT pun sekarang banyak yang juga mulai belajar mengenai web development ini, karena semakin banyak startup digital, semakin banyak umkm yang ingin go online, semakin luas jaringan internet, maka website menjadi semakin dibutuhkan untuk menjalankan bisnis mereka.

Selain mempermudah bisnis menggunakan website juga dapat memperluas jaringan konsumen (pelanggan) yang awalnya hanya kenalan, teman, keluarga saja yang tau, sekarang seluruh dunia bisa melihat bisnis yang kita jalankan hanya melalui website.

- Membuat Startup


Usaha membuat startup ini tidak bisa sendirian, banyak sekali startup yang gagal berkembang, gagal grow karena didirikan sendirian, kenapa gagal ?

Menurut saya, startup sekarang itu bukan lagi masalah membuat usaha atau bisnis, tetapi lebih dari itu, yang dicari adalah konsumen, kenyamanan konsumen, sehingga untuk membuat konsumen nyaman, maka diperlukan riset.

Riset itulah hanya bisa dilakukan secara tim, baik itu bagian leader, marketing, content creator, desain grafis, programmer, dan lainnya masih banyak lagi.

maka dari itu jika sudah memiliki tim, atau minimal punya modal untuk merekrut karyawan untuk dijadikan tim, maka bisa untuk memulai usaha startup ini, semakin berkembang maka pendanaan bisa dengan mencari investor, seperti startup yang kita kenal saat ini, bukalapak - tokopedia - grab - gojek, mereka semua memiliki pendanaan dari investor luar negeri dan nilainya sangat fantastis.

Apa gunanya dana investor yang banyak tersebut ?

Yaitu agar startup tersebut dapat terus eksis didunia bisnis, dana tersebut digunakan untuk menggaji karyawan, membangun infrastruktur bangunan dan aplikasi (Website dan mobile), untuk bekerja sama dengan pihak lain, untuk promosi (ikan di tv yang butuh duit gede), dan lainnya.

Segera mulai bisnis startup jika yakin ide yang dimiliki bisa sukses dimasa depan.

- Desain Grafis (Visual)

Usaha desain grafis ini biasanya dijalankan oleh anak seni, DKV, karena memang desain grafis ini lebih ke passion, passion menggambar, usaha desain grafis ini bisa dijalankan hanya bermodalkan keahlian, promosi dan komputer tentunya untuk mendesain itu sendiri.

- Mobile Development

Usaha mobile development ini biasanya digabung dengan web development, tetapi dijalan sekarang ini banyak sekali pemecahan dibidang development, baik itu website development dan mobile development yang pasti sangat berbeda jenis platformnya tergantung dari keahlian masing-masing.

- Blogger

Usaha menulis konten, menulis artikel, membuat postingan tulisan yang menarik dan berkualitas bisa juga menghasilkan uang, yaitu blogger, tergantung jenis niche atau topik apa yang ingin ditulis.


Contoh niche blog : otomotif, teknologi, pendidikan, wirausaha, bisnis online, tutorial, tips dan trik, serta masih banyak lagi contoh niche blog yang bisa dipilih, tentunya sesuai passion dan keahlian ya.

- Instalasi Aplikasi dan Sistem Operasi

Jenis usaha ini lebih bagus jika dijalankan bersamaan dengan usaha service komputer beserta instalasi OS (Operasi Sistem), tentunya pasti akan menambah pendapatan 2 kali lipat.

Instalasi aplikasinya harus up to date, jangan sampai aplikasi sudah kadaluarsa malah diinstal di komputer milik konsumen yang nggak paham teknologi.

Baca juga :
8 Tips Menabung Uang Receh Agar Hasilnya Maksimal 
50+ Peluang Usaha Makanan Yang Menguntungkan


2. Peluang Usaha Mahasiswa Lulusan Keguruan dan Ilmu Pendidikan

a. Membuka Les Privat

Buat lulusan mahasiswa FKIP (fakultas keguruan dan ilmu pendidikan) ini jelas berkaitan dengan ilmu pendidikan, pembelajaran, pengajaran, jadi akan sangat sinkron dengan usaha membuka les privat sesuai dengan keahlian atau jurusan yang diambil.

Contoh mahasiswa pendidikan bahasa inggris, nah usaha yang dibuka yaitu les privat bahasa inggris untuk siswa SD, SMP dan SMA, dengan harga yang berbeda setiap tingkatan karena ilmu yang diberikan juga berbeda.

Misalkan mahasiswa pendidikan teknik informatika, usaha lef privatnya bisa dengan les komputer, les microsoft office, dan aplikasi dibidang komputer lainnya.

b. Membuat Ebook Pembelajaran

Peluang usaha ebook ini masih bisa dijalankan jika materi yang disampaikan banyak dan lengkap, walaupun peminat terhadap membaca ini masih kurang, lebih banyak peminat menonton video di youtube.

Ebook yang dibuat menyesuaikan dengan keahlian dan jurusan yang diambil selama kuliah, agar materi yang diajarkan lebih detail dan lengkap, pemasaran penjualan ebook ini bisa di blog, di website, di toko online, atau marketplace.

c. Blogger Mengenai Ilmu Pendidikan

Jika suka menulis tetapi tidak mendetail lebih baik menulis artikel atau konten di blog saja, dengan menjadi blogger uang pun bisa didapatkan dari adsense, pembuatan artikel, review produk, penempatan iklan pribadi dan lainnya masih banyak yang bisa didapatkan seiring dengan meningkatnya rangking blog yang dijalankan.


3. Peluang Usaha Mahasiswa Lulusan MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam)

a. Membuka Les Privat

Dengan membuka les privat matematika atau bidang ipa (ilmu pengetahuan alam) maka bisa untuk menambah pendapatan sebelum bekerja (sambil menunggu mendapat pekerjaan yang sesuai).

Les privat matematika biasanya ramai kalau musim mau ujian nasional, dan ujian SBMPTN (penerimaan mahasiswa baru), dan ini juga bisa menjadi peluang yang bagus asalkan kualifikasi kita juga memenuhi untuk mengajar les secara professional.

b. Blogger Mengenai Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Matematika memang menjadi momok yang menyeramkan bagi sebagian orang, dengan berbagai rumus yang diberikan guru, tidak semuanya bahkan tidak ada setengahnya yang berhasil dipahami oleh siswa, maka dari itu kebanyakan siswa lebih memilih untuk mencari tempat les matematika, yang benar-benar fokus dengan matematika agar lebih mudah memahami rumus yang ada.

Peluang ini bisa diambil terutama jika rumah kita berdekatan dengan lingkungan sekolah, karena pemasarannya akan lebih mudah dan pastinya lebih terpercaya karena lingkungan.


4. Peluang Usaha Mahasiswa Lulusan Ekonomi & Bisnis

a. Konsultan Bisnis

Bagi pengusaha terutama dibidang umkm, banyak sekali yang kurang memahami mengenai bisnis, yang mereka tau cuma menjual, bukan mengembangkan usaha, sehingga ini bisa menjadi celah yang bisa dimanfaatkan untuk mencari uang tambahan sekaligus untuk membantu mereka pengusaha umkm agar bisnisnya meningkat dan grow up.

Dengan adanya usaha konsultan bisnis ini bisa menjadi cara untuk kita berbuat baik dengan cara memberikan ilmu kewirausahaan, cara menghitung keuntungan, cara meningkatkan pendapatan, cara memperluas target pasar, dan lainnya.

b. Blogger Mengenai Ekonomi dan Bisnis

Menulis adalah passion, jika kita punya passion dibidang menulis dan juga lulusan ekonomi bisnis, maka bisa pula dengan menulis konten artikel di blog yang sudah dibuat.

Sekaligus jika nantinya ada produk yang ingin dijual, maka bisa juga dijual di blog yang sudah kita jalankan, sehingga pembaca akan lebih percaya membeli produk di blog karena sudah membaca tulisan kita sebelumnya.

c. Konsultan Finansial

Peluang usaha yang bisa dijalankan dibidang ekonomi adalah menjadi konsultan finansial, kebanyakan orang indonesia tidak mengerti budgeting, tidak peduli dengan pengeluaran sehari-hari, dan juga tidak mencatat segala pemasukan dan pengeluaran.

Hal tersebut mengakibatkan hidup terus menerus kekurangan uang, uang akan selalu habis jika tidak diatur pengeluarannya.

Peluang ini bisa diambil dengan menjalankan bisnis sebagai konsultas finansial, finansial planner, atau konsultan investasi, semua bisa dicoba tergantung mana yang cocok dengan kepribadian masing-masing.


Baca juga :
50+ Peluang Usaha Bisnis 2020 Yang Sangat Menguntungkan

5. Peluang Usaha Mahasiswa Lulusan Pertanian

a. Usaha Jual Beli Produk Pertanian

Menjual berbagai macam bentuk produk dan alat pertanian, baik itu pupuk, vitamin, alat-alat pertanian yang dibutuhkan dalam proses bertani.

b. Blogger dengan Tema "Agro"

Isi artikelnya dapat berupa tips cara pembibitan, budidaya , penanganan hama penyakit, pemeliharaan, pemasaran produk agro

c. Membuat Aplikasi Pertanian

Mahasiswa lulusan ilmu pertanian dapat bekerja sama (berkolaborasi) dengan mahasiswa lulusan IT (informatika) untuk membuat aplikasi berbasis website dan mobile (android dan ios) yang berisi mengenai info seputar pertanian, edukasi dibidang pertanian baik itu mengenai penyakit, obat, perawatan.


Contoh aplikasi dibidang pertanian yang saat ini sudah berkembang menjadi sebuah perusahaan rintisan (startup) adalah :- SayurBox- Eragano- iGrow- 8villages- Simbah- Karsa - Pantau Harga- TaniHub- Crowde

Dengan banyaknya startup yang bermunculan dibidang pertanian ini bisa menjadi motivasi bahwa pasti ada celah dimana belum ada fitur yang diberikan oleh aplikasi dari startup diatas, bisa dengan menganalisa dan menggunakan aplikasi dalam beberapa kali untuk dapat mengambil kesimpulan bahwa ada fitur yang perlu untuk dikembangkan menjadi lebih baik dan lebih lengkap.


6. Peluang Usaha Mahasiswa Lulusan Peternakan

a. Usaha Jual Beli Produk Olahan Hasil Ternak

Menjual produk olahan hasil ternak memang cukup digemari oleh pembeli (konsumen), karena biasanya berbentuk makanan yang pastinya bergizi.


Apa saja produk olahan hasil ternak ?
- Daging- Sosis- Susu- Pupuk Organik (kotoran ternak)

Selain dijual, produk olahan hasil ternak juga bisa untuk dikonsumsi dikeluarga sendiri, lebih murah (tanpa beli) dan tentunya kita tau bahwa produk ini kualitasnya seperti apa karena kita sendiri yang membuatnya.

b. Penyedia Pakan Ternak

Usaha sebagai penyedia pakan ternak ini pasti selalu laris oleh pembeli, terutama berjualan disekitar warga yang mempunyai banyak jenis ternak, baik itu ayam, puyuh, itik, burung, dan jenis ternak lainnya.

Menjual berbagai macam jenis pakan ternak harus diimbangi dengan promosi atau memasarkan pakan ternak tersebut diberbagai tempat baik itu perorangan atau instansi sejenis tempat peternakan dalam jumlah besar.

Lebih baik lagi jika bisa bekerja sama dengan pihak perusahaan peternakan yang besar, karena pasti pakan yang dibutuhkan pun juga sangat besar untuk menunjang bisnisnya tersebut dan keuntungan yang didapat juga pastinya akan besar mengikuti permintaan pasar.

c. Penyedia Berbagai Jenis Kandang Ternak

Usaha sebagai penyedia berbagai jenis kandang ternak pun bisa menjadi pilihan, selain hanya modal keahlian dalam membuat kandang yang bagus, juga jangan sampai mengesampingkan jenis bahan yang digunakan untuk tempat tinggal hewan ternak.

Agar dilirik konsumen, maka harus terus berinovasi dan berkreasi terhadap jenis kandang ternak, dengan tetap mengandalkan kualitas jenis kandang, dan kreatifitas bentuk kandang yang dibuat agar tidak monoton seperti pada umumnya.

d. Blogger Tentang Ilmu Peternakan

 Yang terakhir adalah dengan menulis artikel mengenai dunia peternakan di blog, baik itu tentang jenis ternak, kandang ternak, pakan ternak, tips beternak, cara perawatan ternak, cara pemasaran ternak dan lain sebagainya.

Jenis blog yang digunakan bisa menggunakan blogger (blogspot) atau wordpress (wordpress.org - cms), tergantung kenyamanan dalam menulis konten.


Kesimpulan

Peluang usaha untuk mahasiswa yang baru lulus ini bisa dicoba sambil menunggu mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, atau bisa juga untuk bisnis jangka panjang, kalau bisnis yang dijalankan sesuai passion dan bisa mendapatkan penghasilan yang tidak sedikit maka bisnis tersebut bisa mempunyai peluang yang sangat baik dimasa depan. Hanya dibutuhkan konsistensi dan fokus sepenuhnya dengan bisnis yang dijalankan.

Peluang usaha diatas baru beberapa yang ditulis, saya akan update konten diatas agar lebih komplit dan lengkap agar bisa menjadi referensi yang lebih baik lagi buat kita semua yang ingin merintis usaha sendiri tetapi bingung dengan ide mau membuka usaha apa.

Sesuai judul 50+ peluang usaha mahasiswa setelah lulus kuliah ini bukan berarti fix 50 lebih usaha, karena jenis usaha yang beragam dan banyaknya peluang usaha yang bisa diambil sehingga 50+ adalah kiasan untuk menggambarkan betapa banyaknya peluang usaha yang ada sekarang ini.

Silahkan berikan saran dan kritik dikolom komentar, semua komentar akan sangat bagus untuk kelangsungan blog ini


Belum ada Komentar untuk "50+ Peluang Usaha Mahasiswa Setelah Lulus Kuliah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel