50+ Peluang Usaha Bisnis 2020 Yang Sangat Menguntungkan


Peluang usaha atau bisnis memang menjadi hal yang selalu kita cari, selalu kita update setiap tahun bahkan setiap bulan, karena yang namanya bisnis pasti ada yang musiman, seperti sejenis minuman dan makanan, tetapi juga banyak sekali bisnis yang tidak musiman, dengan kata lain pasti ada saja setiap saat dan bisa laku jika tepat dalam pemasarannya.

Peluang bisnis sangat banyak sekali disekitar kita, terutama diindonesia, kita jual apapun itu pasti laku, menjadi seorang wirausaha, pengusaha, pebisnis atau apapun itu namanya adalah keinginan kita semua, karena kita pasti tidak ingin untuk bekerja diperusahaan orang lain sepanjang hidup.

Peluang usaha bisnis tahun 2020 ini sangatlah luas, terutama dengan perkembangan teknologi informasi, yang membuat hampir semua hal menjadi berbasis digital, terutama bisnis pun juga sudah berbasis digital baik itu sistem promosi (pemasaran) maupun dalam menjalankan bisnis itu sendiri.


50+ Peluang Usaha Bisnis 2020 Yang Sangat Menguntungkan

50 lebih peluang usaha bisnis ini menggambarkan sangat banyak sekali macam untuk memulai usaha, tinggal ada niat untuk memulai atau tidak, dan harus cukup mental yang kuat juga dalam merintis usaha atau bisnis dari NOL, bukan meneruskan bisnis dari orang tua atau orang lain.

Baca juga :
Contoh Laporan Kewirausahaan Usaha Kecil 
Makalah Analisis Proses Bisnis Usaha Bakery

Mari kita kupas tuntas peluang usaha apa saja yang ditahun 2020 ini akan sangat menguntungkan (masih menguntungkan) dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.


A. Bisnis Menjual produk

Bisnis yang menjual produk adalah usaha atau bisnis yang lazim dilakukan para wirausaha, berjualan, berdagang, dengan barang atau produk yang jelas dan kelihatan, banyak sekali macamnya, contohnya saat kita belanja ke pasar, ke mall, maka yang kita lihat langsung dan yang akan kita beli adalah produknya bukan ? nah itu yang dinamakan "bisnis menjual produk". 

Untuk bisnis menjual produk ini banyak hal yang harus dipersiapkan, mulai dari modal yang tidak kecil (bisa kecil kalau stok produknya sedikit), tempat untuk berjualan, dan harus stay menawarkan kepada konsumen secara langsung (face to face), bisa juga dengan media mulut ke mulut dari tetangga, teman, saudara dan keluarga.

1. Bisnis jual pakaian (fashion)

Dalam bisnis jual pakaian memang kita akan bersaing dengan mall atau toko yang sudah terkenal dalam menjual produk jenis pakaian, tetapi bukan tidak mungkin dengan kualitas bahan dan harga yang lebih bersahabat membuat pelanggan lebih memilih membeli pakaian ditempat kita usaha.

Dalam menjalankan bisnis pakaian ini dibutuhkan mental yang kuat, karena seperti yang kita tau tidak setiap orang membeli baju, celana setiap hari, bahkan untuk membeli dalam waktu sebulan sekali saja sudah sangat jarang ada. Maka pemasaran nya juga harus luas supaya dapat menjangkau lebih banyak orang, terutama dengan tetap memanfaatkan media online seperti instagram dan facebook, bahkan jangan ragu untuk mengeluarkan uang untuk keperluan promosi via online, baik itu google adword (ads), instagram ads dan facebook ads.

2. Bisnis jual produk makeup

Bisnis dibidang kosmetik (makeup) memang sangat menjanjikan jika dilakukan dengan benar terkait pemasaran dan juga pelayanan kepada pelanggan, terutama yang berkaitan dengan kualitas produk yang dijual harus berkualitas bagus,  Banyak produk berkualitas yang bisa dijual contohnya Lorac, L’Real Paris dan lainnya.

BIasanya memang untuk bisnis jual makeup ini dijalankan oleh wanita, karena wanita memang lebih mahir dan paham dalam hal makeup (kosmetik) dari pada laki-laki. banyak hal yang juga harus dipersiapkan untuk memulai usaha jual produk make up ini diantaranya mengenai lokasi yang harus strategis agar dapat menjangkau lebih banyak konsumen, modal yang lumayan besar (bisa dimulai sedikit dulu), target pasar, dan konsep bisnis & pemasarannya yang juga harus dipertimbangkan dan dipersiapkan untuk memulai bisnis jual produk makeup.

3. Bisnis jual perlengkapan bayi

Setiap wanita yang hamil, dan dalam umur kehamilan yang sudah tua (diatas 6 bulan) maka perlu dipersiapkan banyak hal, terutama mengenai perlengkapan si bayi, baik itu baju, celana, daleman, kaos kaki, kupluk, mainan, bedak bayi, sabun bayi, minyak untuk bayi dan semua perlengkapan untuk bayi yang memang tidak bisa dihindarkan apalagi dicicil kecuali jika benar-benar tidak mampu untuk membelinya.

Disinilah letak celah kita untuk memulai berbisnis membuka usaha dibidang perlengkapan bayi, dari mulai pakaian, perlengkapan mandi, semua lengkap harus dipersiapkan, karena jika promosi yang dilakukan itu benar dan sesuai maka kita tinggal menunggu keuntungannya.

4. Bisnis jual peralatan rumah tangga

Setiap rumah tangga pasti butuh yang namanya alat bantu, itulah yang dinamakan peralatan rumah tangga, apa saja produk nya ?

- Meja
- Kursi
- lemari
- Kasur
- Tempat buat piring & gelas
- Piring
- Gelas dan sendok
- Ember
- Tempat sampah
- Rice Cooker

Dan masih banyak lagi tergantung ketersediaan dan juga modal yang dikeluarkan untuk bisnis peralatan rumah tangga ini, usaha ini sangat cocok dipasarkan di daerah terpencil atau di desa-desa, karena tempat tersebut biasanya jauh dari toko yang menjual peralatan rumah tangga secara lengkap, maka jika kita membuka usaha ini cukup promosi (pemasaran) melalui mulut ke mulut dari tetangga satu ke tetangga yang lain.

5. Bisnis jual hewan (ikan, burung)

Jika kita pecinta hewan, maka bisnis yang paling cocok adalah dengan usaha jual hewan, dan biasanya jual hewan yang paling besar peluang nya adalah ikan hias dan burung. Usaha ini memang kurang diminati didaerah perkotaan, tetapi usaha ini laris manis didaerah desa yang didukung dengan tempat yang masih asri terutama untuk tempat tinggal hewan peliharaan.

6. Bisnis jual mainan anak

Saya waktu kecil dulu adalah salah satu anak yang hobi mengkoleksi mainan, walaupun mainan murahan, tetapi saya suka dengan koleksi mainan tersebut, usaha ini memang butuh modal yang lumayan besar jika ingin mengambil mainan dalam jumlah yang banyak, tetapi alangkah baiknya jika awalnya dengan cara reseller barang dengan jumlah yang sedikit, jika permintaan pelanggan semakin banyak maka stok dapat ditambah.

jaman sekarang jual mainan anak memang kurang diminati, karena anak jaman sekarang mainannya sudah berbeda, sudah lengkap ada di smartphone yang orang tuanya berikan, sehingga untuk jenis mainan anak ini akan laku jika dipasarkan didaerah terpencil yang belum banyak penggunaan smartphone untuk anak kecil.

7. Bisnis jual makanan (katering)

Bisnis katering ini sangat menjanjikan terutama saat musim nikah, musim banyak sekali pernikahan akan membuat bisnis katering ini kebanjiran order, seperti usahanya anak pak presiden RI (anaknya pak jokowi) juga usaha katering, silahkan searching jika baru tau mengenai ini.

Jenis usaha katering ini banyak sekali yang perlu dipersiapkan, yaitu modal untuk memulai membeli bahan makanan (bisa pakai DP / uang dari konsumen), pekerja/karyawan (bisa sendiri dulu dibantu anggota keluarga), akomodasi untuk mengangkut makanannya (perlu mobil).

Sulit memang untuk usaha katering ini, karena selain modal diatas, juga diperlukan kepercayaan terhadap konsumen, bahwa makanan yang kita olah itu enak dan sehat, selain itu juga waktu order nya harus tepat waktu atau sebelum waktunya lebih baik (tidak boleh telat), dan promosi nya yang harus gencar dengan menawarkan harga lebih murah (promo), dan kelebihan lain yang bisa jadi mencerminkan brand usaha kita.

8. Bisnis kuliner (warteg, warung makan)

Bisnis sejuta umat, apalagi daerah jabodetabek, namanya warteg udah sangat familiar, terutama ketika kita minum teh tawar dan air putih gratis, tetapi kalau diluar jabodetabek saya kurang tau mengenai wartegnya. Bisnis ini memang sangat menguntungkan jika pembelinya banyak dan ramai, hal yang harus dipersiapkan adalah tempat warteg yang strategis, mudah dijangkau dan harus dipinggir jalan raya, karena pembeli yang menjadi target pasar dari bisnis warteg ini adalah orang yang sedang lapar diperjalanan, keuntungan berlipat-lipat akan didapat seiring dengan semakin banyaknya pembeli.

9. Bisnis jual pulsa dan token elektrik

Bisnis yang bisa dijalankan oleh siapapun dengan modal yang sangat minim, dengan uang 100 ribu rupiah, kita bisa membuka usaha jual pulsa dan token listrik, bisnis yang tidak akan pernah mati dan pasti setiap orang butuh pulsa untuk berkomunikasi melalui handphone dan juga token listrik untuk terus tetap dapat tinggal dirumah menggunakan listrik.

Bisnis ini memang kecil secara keuntungan, tetapi jika dilakukan dengan telaten dan pengaturan keuangan yang baik maka bukan tidak mungkin akan bisa sukses dan punya toko sendiri nantinya.

Bisnis ini biasanya dijalankan oleh mahasiswa dan bisnis sampingan oleh pekerja yang bekerja diperusahaan orang lain.

10. Bisnis jual makanan ringan (kue kering)

Bisnis camilan memang tiada habisnya, semakin banyak orang yang ngemil maka bisnis ini akan semakin berkembang seiring permintaan pasar akan produksi makanan ringan, terutama kue dan sejenis keripik, kacang, dan lain-lain.


B. Bisnis Menjual sistem bisnis

Bisnis yang menjual sistem bisnis, atau usaha menjual sistem bisnis.

11. Bisnis franchise (waralaba) baik makanan atau minuman

Bisnis franchise atau bisa juga disebut dengan waralaba, makanan atau minuman sekarang lagi trend, contoh disekitar kita banyak sekali stand jual minuman "thai tea" dengan harga sekitar 8 ribu hingga 13 ribu rupiah tergantung dari rasa dan jenis minuman yang dibeli.

Bisnis ini cukup menjanjikan karena dengan modal yang tergolong kecil (murah) dan mumpung orang-orang masih menyukai jenis minuman seperti ini terutama saat musim kemarau, maka jenis bisnis franchise minuman ini sangat menjanjikan dan menguntungkan.

Baca juga :
Contoh Laporan Kewirausahaan Menjual Snack di CFD
Penerapan CRM Pada Bisnis Telur Puyuh

C. Bisnis secara online

Bisnis atau usaha secara online memang memberikan nilai lebih bagi kita yang menjalankannya, tidak perlu banyak tempat, modal minim, dan hanya bermodalkan internet, maka bisnis kita sudah berjalan dan berkembang secara cepat tergantung dari kita yang mengelolanya.

Dengan berkembangnya industri 4.0 yang sangat cepat, dengan perkembangan internet yang juga sangat cepat jelas memberikan kita kemudahan dalam mengembangkan bisnis secara online, ditambah dengan orang-orang disekitar kita bahkan kita sendiri sudah terlalu malas untuk membeli sesuatu keluar rumah, pengennya yang serba instan, dengan modal smartphone beli barang melalui online dan barang kitapun dikirim sampai dirumah dalam kondisi yang baik.

12. Bergabung menjadi dropshipper

Dropshipper adalah jawaban bagi anda yang ingin berjualan tetapi tidak punya modal sama sekali, dropshipper adalah cara kita menjualkan produk orang lain dengan merk kita sendiri dan atas nama kita sendiri saat barang itu terkirim ke pembeli, sehingga sepengetahuan pembeli, barang itu adalah dari kita yang memproduksi dan mengemas, padahal kita hanya bermodal promosi, mengatur kapan produk harus dikirim, memastikan barang sudah dibayar, kemudian kita berkomunikasi dengan bagian yang memproduksi dan mengkemas produk untuk mengirim produk tersebut sesuai nama dan alamat yang diberikan.

13. Menjadi reseller (pakaian, makeup, perlengkapan bayi, dan lain lain)

Nah jika diatas adalah dropshipper, menjual barang tanpa kita menyentuh produk tersebut secara langsung. Kali ini adalah reseller dimana kita membeli barang kepihak toko atau perusahaan (pabrik) atau perorangan dalam jumlah yang lumayan banyak untuk dijual kembali dengan menambah nominal harga agar mendapatkan keuntungan.

Menjadi reseller itu butuh modal, uang dan tempat untuk menyimpan produk tersebut, tetapi kelebihannya dengan menjadi reseller kita dapat belajar bagaimana mengemas produk secara langsung dan dapat memastikan bahwa produk tersebut aman dan berkualitas, karena jika dropshipper kita tidak tau pasti kualitas dari produk tersebut dan bagaimana pengemasannya.

14. Berjualan tema blog, tema website

Bisnis berjualan tema suatu blog atau website (personal atau bisnis) ini memang tidak semua orang bisa melakukan, kecuali jika cuma menjual bukan membuat tema, nah untuk dapat membuat tema itu tidak mudah, harus paham sintax bahasa pemrograman minimal HTML, CSS, JavaScript.

Bagi lulusan IT (informatika) pasti tidak asing dengan bahasa pemrograman atau sintax untuk membuat layout template, tetapi untuk membuat tema yang responsive itu yang susah walau sudah banyak tools yang dapat dimanfaatkan dalam membuat tema blog atau website agar tema yang dibuat responsive digunakan dibanyak platform.

Bisnis ini hanya susah dibagian pembuatan tema saja, untuk pemasaran dapat numpang di blog atau website yang sudah besar, yang nantinya hasil penjualan dibagi 2, dan jika 1 tema dihargai 200rb, jika yang membeli 5 ribu orang, sudah berapa uang yang dihasilkan ? pasti banyak bukan.

15. Berjualan ebook (tips dan trik)

Bagi yang suka menulis dan ahli dibidang tertentu, maka bisnis atau usaha berjualan ebook ini bisa menjadi peluang, terutama era digital saat ini , banyak dari kita yang malas membaca buku, tetapi lebih senang membaca melalui ebook (buku elektronik).

Banyak tema yang bisa diambil dari berjualan ebook ini, yaitu tentang Tips dan Trik , Tutorial membuat blog , Cara desain website yang profesional , dan contoh lain sesuai keahlian yang dimiliki.

16. Bisnis dengan menjadi blogger

Suka menulis juga tetapi tidak terlalu ahli dibidang tertentu bisa menjadi solusi dengan menjadi blogger, menulis blog dengan konten yang bermanfaat dan berkualitas akan memancing pengunjung untuk datang dan membaca konten yang kita buat, atau dengan mengandalkan search engine Google agar blog kita dapat muncul dihalaman pertama dalam mesin pencarian.

Pendapatan dari blogger itu bermacam-macam, walau sebagian besar adalah dari google adsense , tetapi ada yang lainnya seperti space iklan , affiliasi , membuka kursus di blog , menjual produk di blog , dan lainnya.

17. Bisnis dengan menjadi youtuber

Tahun 2019 menurut saya menjadi saksi dimana banyak bermunculan youtuber baru dan bisa langsung masuk ke halaman trending youtube disepanjang 2019, terutama para artis dan selebriti, yah artis dan selebriti membuat channel youtube kemudian collabs dengan sesama artis lain sehingga memudahkan mereka untuk mendapatkan jumlah view dan subscriber yang sangat banyak.

Bagi kita sebenarnya bukan hal yang mustahil untuk menjadi youtuber, yaitu dengan cara kita membagikan tutorial , tips , atau pengalaman pribadi mengenai suatu bidang , tetapi memang tidak mudah untuk mendapatkan jumlah view dan subscriber di youtube sekarang.

Perlu promosi yang konsisten, konten yang berkualitas, denga perpaduan suara dan gambar yang jernih lambat laun akan mendapatkan penonton setia, sabar saja seperti menjadi blogger yang susah untuk masuk dihalaman pertama google.

18. Bisnis affiliate marketing

Apa sih affiliate marketing itu ? 

Jadi afiliasi marketing itu seperti makelar online, makelar tapi online karena berbasis website.

Contohnya seperti ini :

"Saya menjual ternak ayam (bibit ayam), nah ketika ada yang ingin membeli ayam ke saya, sayapun menanyakan apakah sudah memiliki kandangnya dan perlengkapan seperti tempat makan dan tempat minum si ayam jika ayam beranjak besar, kemudian pembeli tersebut menjawab belum punya kandang dan peralatannya, lalu saya pun menawarkan bahwa saya punya teman yang jualan kandang ayam lengkap dengan tempat makan minumnya dengan harga lebih murah jika lewat saya (karna teman), kemudian si pembeli mengIYAkan tawaran dari saya, setelah terjadi transaksi ayam dan kandang lengkapnya sayapun mendapatkan komisi dari hasil penjualan kadang dari teman saya berdasarkan jumlah pembelian, semakin banyak ya keuntungan semakin besar".



Begitulah sekiranya gambaran mengenai makelar, dan sama jika diwebsite, caranya adalah dengan saya memasang iklan gambar (banner) di space iklan yang disediakan , biasanya sidebar atau header, kemudian di iklan tersebut ada code refferal yang menunjukan bahwa kode itu adalah kode dari website atau blog kita, sehingga pemilik produk tau dan memberikan komisi kepada kita dari hasil pembelian produk Lewat website blog saya.


D. Bisnis Menjual Jasa

Jika kita tidak punya modal walaupun sedikit lalu bagaimana dengan bisnis yang ingin kita rintis ? 

apakah ada bisnis yang tanpa modal (uang) ?

Jawabannya adalah ada, dan banyak.

Selama kita ada kemauan, niat yang kuat, tekad yang bulat, dan selalu ingin belajar hal baru maka selalu ada jalan. dibawah ini adalah bisnis yang sering kita jumpai disekitar kita, dan mereka menjalankannya dengan jasa, walau seiring berjalannya waktu memang harus mengeluarkan modal demi kelancaran usaha dan demi kenyamanan konsumen.

19. Bisnis jasa laundry

Bisnis seribu umat ini sekarang sudah banyak bertebaran dimana-mana, bahkan di sekitar desa pun sudah banyak yang menjalankan bisnis laundry ini, jika kita sudah punya mesin cuci dan ruangan kosong, maka ini bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk bisnis laundry, sedikit demi sedikit lama-lama akan menjadi bisnis laundry yang sukses dan berkembang menjadi bisnis yang besar dengan konsumen dari berbagai daerah bahkan melayani konsumen dari luar kota (jasa ongkir).

Semakin lama dan semakin berkembang, konsumen semakin banyak maka jika hanya menggunakan 1 mesin cuci saja tidak akan mampu menyelesaikan pekerjaan secara efektif dan efisien, sehingga dibutuhkan mesin cuci tambahan menyesuaikan dari banyaknya pelanggan.

20. Bisnis jasa potong rambut

Bisnis jasa potong rambut ini semakin hari juga semakin banyak peminatnya, dan juga model bisnisnya semakin besar, dengan berbagai pelayanan tambahan agar pelanggan setia potong rambut disana, seperti misalnya "plus pijat" bukan pijat plus plus ya, "keramas" .

Walaupun bisnis jasa ini tetap memerlukan modal untuk membangun tempat yang nyaman bagi pelanggan, tetapi modal yang paling utama adalah modal keahlian dalam memotong rambut menjadi bentuk apapun sesuai trend saat ini tentunya.

21. Bisnis jasa pembuatan website

Bisnis usaha jasa pembuatan website ini mulai marak bertebaran dimana-mana terlebih dikota-kota besar misalkan di jakarta, surabaya, jogjakarta, bandung, dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi dan perkembangan ilmu komputer maka bisnis jasa pembuatan website ini dapat dijalankan baik secara personal (individu) atau secara team (organisasi), terutama bagi kalian yang lulusan informatika (Teknik informatika, sistem informasi, teknik komputer, manajemen informatika, SMK rekayasa perangkat lunak - RPL) pasti paham dan mengerti mengenai jasa pembuatan website ini, saya pun juga lulusan sistem informasi.

Bahkan tidak hanya jasa pembuatan website, jasa yang ditawarkan agar lebih dilirik konsumen adalah dengan menawarkan jasa pembuatan aplikasi mobile seperti android dan ios, tentu ini memerlukan skill tambahan yang harus diupgrade menyesuaikan perkembangan bahasa pemrograman, terlebih sekarang setiap bulan pasti ada update mengenai bahasa pemrograman yang terbaru.

22. Bisnis jasa tourguide (pemandu wisata)

Bisnis jasa pemandu wisata cukup tepat jika anda mahir dalam berbahasa inggris dan mandarin, karena dari hasil pengalaman saya berlibur ke tempat wisata, atau naik gunung, pasti banyak sekali bule-bule baik dari inggris, spanyol, cina, jepang, bahkan dari asia tenggara seperti vietnam juga banyak yang sering berkunjung ke indonesia hanya untuk berwisata.

Dengan kekayaan alam yang dimiliki oleh indonesia ini menjadi peluang bagi warganya untuk menjadi pemandu wisara, sekaligus untuk lebih mengenal budaya dan tempat wisata diwilayah indonesia yang kaya akan keindahan, lumayan kan kerja sambil jalan-jalan gratis.

23. Bisnis jasa penitipan anak (bayi)

Bisnis jasa penitipan anak (bayi) ini biasanya lebih banyak ada diperkotaan, dengan keterbatasan waktu yang dimiliki oleh orangtuanya yang sibuk bekerja ditambah dengan kemacetan dikota jakarta yang semakin parah maka peluang bisnis jasa penitipan anak (bayi) ini bisa menjadi pilihan, tetapi harus diperhatikan mengenai keterampilan dalam merawat bayi itu sendiri, misalkan dengan merekrut karyawan yang udh pengalaman menjadi baby sister.

24. Bisnis jasa penitipan hewan

Selain bisnis jasa penitipan anak , juga ada peluang bisnis pada jasa penitipan hewan jika anda suka dengan hewan, hewan yang dipilih bisa bermacam-macam, biasanya adalah hewan kucing yang menjadi pilihan dari kebanyakan jasa penitipan hewan ini, selain kucing adalah hewan yang penurut, juga hewan yang nggak gampang rewel terlebih soal makanan, tinggal kasih ikan asin juga langsung ngiler itu kucing, hehe.

Lumayan kan bisnis jasa penitipan hewan ini, hanya menyediakan makan dan kandang yang kecil (Tidak terlalu merepotkan) tetapi bisa menambah pundi pundi rupiah masuk kantong, buat nambah uang jajan lumayan.

25. Bisnis jasa menulis

Bisnis jasa sebagai penulis lepas bisa menjadi pilihan untuk mengisi waktu luang sepulang kerja, bisa buat sampingan (freelance), dan juga bisa buat kerja full time (Pekerjaan utama), apa saja sih yang bisa dilakukan oleh penulis lepas ?

- Menulis artikel untuk blog atau website tertentu (uang dari pemilik blog atau website)
- Menulis di blog atau website sendiri (uang dari iklan adsense)
- Menulis review suatu produk atau bisnis tertentu (uang dari pemilik produk atau bisnis yang direview)
- Copy writing, yang sekarang sangat penting buat suatu bisnis agar konsumen tertarik dengan bisnis tersebut
- Menulis buku, novel, komik dan bahan bacaan lainnya
- Menulis ebook berbasis PDF, bisa dijual ebooknya, atau bisa menempatkan sponsor didalam ebook tersebut.

Dari semua pilihan diatas buat yang suka menulis dan hoby menulis, sangat disarankan untuk fokus di satu bidang dulu, misalkan fokus di menulis artikel, ya selama beberapa bulan harus fokus, nanti kalau sudah bagus hasilnya baru nambah lagi menulis review, dan begitu seterusnya.

26. Bisnis jasa pengetikan dan fotocopy

Bisnis jasa pengetikan ini adalah bisnis dengan modal kecil tapi keuntungan yang juga kecil untuk setiap konsumen, tetapi jika konsisten dan menghasilkan konsumen yang banyak setiap harinya maka pendapatan juga akan mengikuti banyak  juga.

Modal biasanya adalah komputer, printer, mesin fotocopy, kertas A4 - F4, jaringan internet. Nah jika dengan modal tersebut sudah berjalan maka dapat ditambah untuk usaha jual peralatan menulis seperti kertas, buku, pensil, bolpoint, penggaris, amplop, dan lainnya bisa dicontoh pada toko alat tulis.

27. Bisnis jasa menjahit

Bisnis yang biasanya dijalankan oleh ibu-ibu , walaupun ada beberapa yang juga seorang bapak-bapak adalah bisnis usaha menjahit. Bisnis menjahit berbagai macam pakaian bisa menjadi pilihan, terutama menjahit pakaian sekolah, pakaian buat pernikahan, pakaian buat karangtaruna, pakaian buat resepsi, dan lain sebagainya masih banyak pilihan.

28. Bisnis jasa kursus (Pendidikan)

Bisnis jasa kursus ini adalah bisnis di bidang pendidikan, mungkin hanya beberapa orang saja yang bisa menjangkau bisnis ini, ya selain harus pintar (dalam artian mahir dibidang kursus tersebut) juga harus bagus dalam mengajar, passion dibidang ini adalah belajar dan mengajar.

Untuk kursus yang paling banyak diminati oleh siswa-siswi adalah kursus Persiapan UN, Lolos SBMPTN dan kursus komputer.

Modal dari bisnis ini adalah pengajar, tempat untuk mengajar, dan materi ajaran atau kurikulum yang diampu agar hasilnya tercapai yaitu sesuai visi dan misi kursus tersebut.

29. Bisnis jasa wedding organizer

BIsnis jasa wedding organizer (WO) ini adalah bisnis yang tepat untuk orang yang suka organisasi dan punya keahlian dibidang manajemen, terutama manajemen SDM nya. Kenapa harus yang suka organisasi ? karena untuk wedding organizer ini kita tidak bisa bekerja sendirian, kita harus punya tim kuat, kompak dan jujur.  misalkan bagian marketing, keuangan, dekorasi ruangan, fotografi, dan lainnya.

Untuk dapat berjalan dengan baik maka bisnis wedding organizer ini harus memiliki konsep yang menarik, team yang tangguh, promosi yang konsisten dan tepat sasaran, dan yang tidak kalah penting adalah "menentukan target pasar", maksudnya adalah siapakah target konsumen kita ? apakah orang kalangan bawah, menengah atau atas, karena itu menyangkut dengan konsep dan keahlian yang dimiliki, konsumen tingkat atas pasti lebih banyak dekorasi ruangan yang mewah, konsep yang harus kreatif dan menarik.

30. Bisnis jasa penerjemah (translator)

Bisnis jasa penerjemah atau translator ini sebetulnya mudah jika kita menguasai bahasa asing, terutama bahasa inggris dan mandarin, kedua bahasa ini cukup banyak diperlukan untuk keperluan bisnis perusahaan, sehingga pihak perusahaan tidak segan segan untuk membayar orang yang mau bekerja sebagai penerjemah, baik tulisan (artikel, berita) maupun lisan (komunikasi).

31. Bisnis jasa cuci sepatu

Bisnis cuci sepatu ini cukup mudah juga untuk dilakukan, siapa sih yang nggak bisa mencuci sepatu ? pasti kita dari kecil sudah diajarkan bagaimana mencuci sepatu dengan baik dan benar, tetapi ini bukan main-main, ini sepatu milik orang lain yang akan membayar kita untuk membersihkan atau mencuci sepatunya.

Pahami jenis bahan sepatu yang digunakan, ini yang penting, karena jika salah pada penggunaan sikat atau sabun cuci maka akan mendatangkan masalah baru, yaitu sepatu jadi rusak atau berubah warna, bisa jadi malah didenda atau minta ganti itu pemilik sepatunya.

32. Bisnis jasa desain

Bisnis jasa desain ini adalah pekerjaan sekaligus bisa menjadi bisnis buat pribadi (personal) bagi kita yang suka dan hobi dengan gambar, visual, grafis, desain. intinya butuh passion dan keahlian dibidang ini untuk dapat menghasilkan desain yang bagus dan menarik.

33. Bisnis jasa print dan fotocopy (dekat kampus)

Bisnis jasa print dan fotocopy ini paling sukses dijalankan didekat kampus, kenapa ? karena pasti setiap hari bahkan setiap jam ada saja yang ingin print tugas, fotocopy jurnal, makalah dan tugas kampus lainnya.

Keuntungan sedikit tetapi jika konsisten maka akan menghasilkan uang yang banyak.

34. Bisnis jasa service elektronik (handphone, laptop) 

Bisnisnya orang elektro dan listrik, karena untuk dapat membuka usaha service elektronik seperti handphone, televisi, laptop, tablet, radio, semua membutuhkan skill dan pengetahuan yang cukup mengenai elektonika dan kelistrikan.

35. Bisnis jasa les privat

Bisnis jasa les privat ini hampir sama dengan bisnis kursus, akan tetapi untuk les privat ini lebih kepada personal, kalau kursus bisa sekelompok orang yang dikumpulkan ke kelas untuk kegiatan belajar mengajar. Untuk les privat sendiri sangat tepat untuk kita yang seorang pengajar, misalkan guru atau dosen, yang menyisihkan waktu luang untuk mengajar murid yang meminta les privat dirumah, waktu les privat bisa satu jam, dua jam, atau sesuai kesepakatan kedua belah pihak.

36. Bisnis jasa cuci motor dan mobil

Bisnis cuci steam motor dan mobil ini sangat mudah dijalankan jika memiliki lahan yang cukup luas dan air yang cukup banyak, karena bisnis ini menggunakan air sebagai alat untuk menunjang pencucian motor dan mobil, air yang digunakan juga harus bersih dan tidak kotor sehingga pelayanan pencucian motor dan mobil dapat maksimal.

37. Bisnis jasa makelar property

Seperti halnya affiliate (dalam dunia online), dalam dunia property ini juga ada yang namanya makelar, karena tanpa makelar kita akan kesusahan untuk menjual jenis property seperti tanah, rumah maupun property lainnya yang tidak dapat berpindah, makelar akan diberikan bonus sesuai dengan jumlah produk yang dapat dia jual.

38. Bisnis jasa percetakan undangan, banner

Bisnis jasa percetakan undangan, foto, banner, MMT, dan percetakan lainnya ini memang memerlukan modal yang lumayan, yaitu keahlian desain, dan printer yang mumpuni terutama untuk mencetak banner atau MMT memerlukan alat printer yang cukup besar.


Baca juga :
50+ Peluang usaha aneka makanan


E. Bisnis Persewaan

39. Bisnis sewa pakaian (fashion)

Bisnis sewa pakaian memang kadang ramai, kadang sepi, biasanya pakaian ini untuk acara liburan (jaket, sepatu, dll) dan pernikahan misalkan jas, kemeja dan lainnya.

40. Bisnis sewa perlengkapan mendaki gunung

Bisnis sewa perlengkapan mendaki gunung ini juga sangat laris saat dipasarkan terutama jika alat yang kita sewakan sangat lengkap, 

Misalkan ada : 
tenda, kompor, gas, tas gunung (carrier), jaket gunung, sepatu gunung, sandal gunung, sleeping bag, matras, senter (headlamp), sarung tangan.

Nah, jika perlengkapan sudah seperti diatas, maka bisa dipastikan bisnis kita akan sukses dan ramai tinggal menunggu waktu saja tergantung sejauh mana promosi yang dilakukan

41. Bisnis sewa khusus pakaian pengantin (jas, kemeja, dasi, sepatu, kebaya, dll)

Bisnis sewa khusus pakaian pengantin ini sudah pasti laku dan laris manis jika dijalankan dengan benar, promosi yang tepat, target market yang tepat juga. Biasanya jas, dasi dan sepatu adalah yang paling sering laku disewakan, karena pria memang malas untuk membeli hanya untuk digunakan sesaat, berbeda dengan perempuan yang harus diukur dan menjahit sendiri sesuai selera untuk gaun pengantinnya.

42. Bisnis sewa mobil dan motor (tempat wisata)

Bisnis yang sudah pasti ada di area tempat wisata adalah persewaan motor, saya pernah liburan ke kawah ijen, dan di dekat stasiun karangasem banyuwangi itu ada beberapa rumah yang menyediakan sewa motor dalam sehari, atau lebih. Motor yang disewakan kebanyakan adalah matic, seperti beat, mio, vario, dan nmax. biayanya per motor untuk satu harinya bervariasi tergantung jenis motornya, minimal 70rb hingga 150rb dalam sehari.

Bisnis ini memang sulit jika tidak memiliki modal yang cukup banyak, untuk membeli motor baik baru atau bekas, tempat parkir luas untuk menampung beberapa motor yang akan disewakan.


F. Bisnis bidang ternak (peternakan)

43. Bisnis ternak ayam petelur

Bisnis ternak ayam petelur ini akan sangat menjanjikan dan menguntungkan jika lakukan dengan baik dan benar, ayam petelur yang dijual bagian telurnya ini memang tidak bisa semua orang memelihara ayam petelur, diperlukan modal dalam jumlah yang tidak sedikit untuk membuat kandang, beli bibir ayam, pengairan buat minum, listrik untuk penghangat dan yang paling penting beternak ayam petelur tidak bisa dibelakang rumah yang padat penduduk, harus berada jauh dari pemukiman warga karena ayam petelur menghasilkan bau yang tidak sedap, dari pada nantinya didemo warga karena masalah bau, lebih baik ditinjau dari sekarang apakah memiliki lahan yang cukup jauh dari pemukiman dan modal yang dimiliki sudah cukup untuk memulai usaha ternak ayam petelur.

44. Bisnis ternak ayam kampung

Bisnis beternak ayam kampung yang akan dimanfaatkan dagingnya untuk dijual ini juga menjadi bisnis yang tidak kalah menarik, selain ayam kampung kaya akan gizi rasanya pun juga enak. Harga jualnya pun lebih tinggi dibandingkan dengan ayam broiler dikarenakan masa waktu untuk panen ayam kampung lebih lama dan juga rasa nya lebih enak dan gurih dibandingkan dengan ayam broiler.

Ayam kampung pun juga lebih tahan akan penyakit dari pada ayam jenis lainnya sehingga menurunkan resiko kematian pada ayam kampung itu sendiri dan juga kesehatan yang lebih baik karena tidak mudah stress dibandingkan dengan jenis ayam broiler.

45. Bisnis ternak puyuh 

Bisnis beternak puyuh ini bisa menjadi jawaban jika kita ingin beternak ayam petelur tetapi tidak memiliki lahan yang cukup jauh dari pemukiman, ingin beternak yang menghasilkan telur untuk dijual telurnya. Beternak puyuh pun tidak perlu banyak lahan seperti halnya jika ingin beternak ayam, cukup sediakan kandang 4 x 5 meter persegi sudah cukup banyak menampung puyuh dengan tipe kandang bertingkat 4 hingga 5.

46. Bisnis ternak ikan lele

Bisnis ternak ikan lele juga bisa menjadi pilihan untuk kita yang suka makan ikan lele, ikan yang hampir selalu ada di warteg dan rumah makan padang ini seperti tidak ada yang tidak menyukainya, dan ini menjadi peluang kita untuk terjun bisnis dibidang ternak ikan lele.

Walaupun panen nya tidak bisa setiap hari bahkan mungkin hanya bisa sebulan atau dua bulan sekali tetapi jika jumlahnya banyak hasilnya keuntungannya pun juga akan banyak pula.

47. Bisnis ternak sapi

Bisnis ternak sapi juga menguntungkan untuk dilakukan didesa, biasanya orang tua didesa buat sampingan itu memiliki hewan sapi yang bisa dijual kapanpun selama membutuhkan uang, dan sekali dijual harga bisa diatas 15 sampai 20 juta rupiah, lumayan kan buat tambah isi dompet.

Bahkan jika diseriusin beternak sapi yang banyak pasti akan menghasilkan uang puluhan hingga ratusan juta rupiah setiap tahunnya, untuk penjualan sapi sendiri bisa lebih mudah saat hari raya idul adha.

48. Bisnis ternak kambing etawa

Bisnis ternak kambing etawa, bukan kambing ketawa ya ,  kambing etawa ini adalah jenis kambing yang bisa dimanfaatkan susu, daging dan kotorannya dengan maksimal, terutama untuk dijual. harus tepat dalam penanganan penjualan kambing etawa ini agar mendapatkan keuntungan yang maksimal, dan harus paham harga pasar kambing kapan waktunya harga turun dan kapan waktunya harga kambing naik.

49. Bisnis ternak ikan hias

Bisnis ternak ikan hias ini adalah jenis beternak jenis hewan yang tidak banyak memakan tempat atau lahan yang luas, bahkan hanya perlu wadah berupa aquarium untuk memeliharanya, dan untuk penjualan pun sudah banyak pengepul dipasar ikan yang siap menerima jenis ikan hias yang dijual. Harga pun relatif bervariasi untuk berbagai jenis ikan, ada yang murah hingga mahal pun tersedia untuk para pecinta ikan hias.

 50. Bisnis ternak burung

Bisnis ternak burung ini biasanya dijalankan hanya bagi yang benar-benar suka dengan dunia burung, suka dengan kicauannya dan paham mengenai keunikan setiap burung, bahkan burung dengan kicauan yang bagus dan unik pun dapat dihargai dengan harga yang mahal loh.

51. Next Update


Kesimpulan :

Semua tulisan mengenai peluang usaha bisnis diatas akan sia-sia jika tidak diimplementasikan, karena bisnis itu kan kebanyakan ilmu praktek (maksudnya lebih banyak praktek dari pada teori), akan sangat banyak hal yang kita dapatkan jika langsung terjun ke lapangan, tentunya setelah belajar teori sedikit dan juga analisa bisnis yang akan dijalankan tentunya.

Peluang usaha diatas menunjukkan bahwa bisnis itu sangat beragam jenis dan jumlahnya, tergantung kita mau mencoba dan fokus atau tidak, serta konsisten dalam menjalani bisnis, jika gagal itu adalah sinyal bahwa kita akan sukses dikemudian hari, yang penting terus mencoba bisnis diberbagai bidang hingga kita benar-benar menemukan jalan bahwa ini adalah bisnis yang bisa berkembang.

Semoga bermanfaat, saya akan update peluang usaha bisnis yang sangat menguntungkan ini jika ada yang perlu untuk diupdate, tinggalkan komentar kalian jika ada hal-hal yang perlu disampaikan atau ditanyakan, terima kasih.



Belum ada Komentar untuk "50+ Peluang Usaha Bisnis 2020 Yang Sangat Menguntungkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel