Pengalaman Tes & Interview PT XSIS Mitra Utama


Saya akan sedikit sharing pengalaman mengenai Tes dan Interview "Full Stack Technical Consultant Bootcamp Java".

Jadi saya kirim lamaran ke banyak instansi/ perusahaan melalui jobstreet, tinggal apply - apply dan apply aja, terus nunggu ada panggilan dari perusahaan yang dilamar.

Kuncinya sebenarnya kalau di jobstreet itu adalah mengenai CV dan Profil jobstreet yang dikemas dengan cara menarik & menggunakan bahasa inggris, walaupun kamu gak bisa bahasa inggris tidak masalah yang penting ngerti ketika baca tulisan inggris (Pasif).

Kembali lagi mengenai pengalaman tes & interviewnya, jadi waktu itu hari jum'at, tanggal 15 November 2019, jam 08:53.
saya mendapatkan telfon dari perusahaan yang katanya dari PT Xsis Mitra Utama (waktu itu saya nggak tau apa itu PT XSIS, belum pernah denger sebelumnya) kemudian setelah berbincang sebentar, saya meminta untuk mengirim via email saja untuk informasi lengkapnya, kemudian langsung dikirim via email, seperti ini emailnya (Sedikit capture ya) :





Kemudian saya langsung searching via google tentunya untuk cari tau mengenai Xsis Mitra Utama, setelah banyak baca-baca dari blog para alumni bootcamp Xsis saya pun "bismillah" untuk menghadiri tes dan interview di gedung satrio, kuningan, jakarta selatan.

Hari senin, jam 5 saya siap-siap untuk berangkat naik busway, eh ternyata terlalu pagi (kepagian), sampai di gedung satrio tower masih jam setengah 7 dan masih sepii karna orang kerja itu jam setengah 8 atau jam 8 baru sampe gedung, sambil nunggu ya makan bubur ayam dulu disamping satrio tower, tepat waktu jam setengah 8 lebih sampai dikantor Xsis Mitra Utama yang berada dilantai 25 dan masih sepi juga.

Setelah absensi saya dan temen-temen yang juga mengikuti tes & interview pun menunggu diruang resepsionis sampai dipanggil.

1. Kami mengisi data diri, kirim scan ijasah, kk, ktp, foto, dan pengisian semua data itu menggunakan laptop dari kantor jadi nggak usah khawatir yang tidak membawa laptop.

2. Setelah selesai mengisi data diri, kami diarahkan oleh mbak sandra menuju ke ruangan untuk tes.

Nah untuk tesnya berdasarkan pengalaman saya itu ada 3 macam tapi langsung sekali waktu dan menggunakan laptop untuk mengerjakan (bagi yang tidak membawa laptop akan dipinjamkan laptop untuk mengerjakan) :

- Tes Psikotest
Psikotest secara umum lah, cari contoh soal di internet banyak, mengenai kepribadian, pencocokan gambar, matematika, anonim, antonim, dan lainnya.

- Tes SQL
Soalnya pilihan ganda, jadi kita hanya memilih mana query yang benar dari soal yang diberikan, belajarlah bagian select join table.

- Tes Algoritma
Ini algoritma dasar mengenai soal cerita, banyak juga soal di internet yang bisa buat belajar dan bahan referensi buat pemanasan sebelum tes, lumayan.

Dan semua itu dikerjakan selama 180 menit (3 jam), dari jam 9 sampai jam 12 tepat, kemudian kami sholat dhuhur dan kembali lagi ke ruangan resepsionis jam setengah 2.

3. Interview dimulai jam setengah 2, dan interview ini ada 2 macam :

- Interview User (Tes Tertulis)
- Interview HRD (Data diri & pengenalan tentang perusahaan)

Untuk interview user ini kita masuk keruangan lagi untuk mengerjakan soal logic, soalnya tertulis jadi tanpa laptop untuk mengerjakannya.

Soalnya waktu itu saya ada 5, ada deret angka (fibonacci), SQL, membuat pola (segitiga, persegi) menggunakan bahasa pemrograman apapun yang kalian bisa, saya pun lancar mengerjakan soal ini karena sudah latihan dulu 2 hari sebelum tes.

Kemudian setelah mengerjakan soal logic tertulis kami kembali lagi keruang depan resepsionis untuk menunggu giliran interview HRD.

Nah, setelah mendapat panggilan interview HRD saya pun memasuki ruangan yang kecil sepertinya ruangan itu khusus untuk meeting atau interview karna lebih private dan enak buat ngobrol.

Interview ini lebih kepada pengenalan diri, dan pengenalan pihak perusahaan, jadi setelah saya ditanya tentang diri berdasarkan CV, kemudian kuliah saya ditanyain juga, project yang pernah saya buat juga ditanyain, setelah itu kemudian HRD menjelaskan mengenai apa itu "Xsis Mitra Utama" dijelaskan secara detail sampai saya bingung mau tanya apa lagi.

Setelah itu tepat pukul 15:30 saya pulang dan ditengah perjalanan pulang saya langsung mendapatkan email bahwa saya diterima "Bootcamp Java" dan besoknya disuruh datang lagi ke kantor "Xsis" untuk tanda tangan kontrak dan besoknya lagi langsung masuk hari pertama bootcamp.

Okey, saya akan jelaskan sedikit mengenai kontrak Bootcamp di PT Xsis Mitra Utama ini.

1. Bootcamp di perusahaan ini ada Java, Javascript, .NET, PHP Laravel.

2. Bootcamp ini ada yang reguler (bayar) dan ada yang gratis bagi yang lolos tes & interview seperti yang saya jalani.

3. Nilai Bootcamp ini adalah 20 juta, jadi jika sudah tanda tangan kontrak ya harus komitmen untuk tidak mengundurkan diri, jika mengundurkan diri ya wassalam harus menyiapkan 20 juta.

4. Bootcamp ini dilaksanakan selama 7 minggu, yang selama 7 minggu itu terdiri dari 2 evaluasi (filtering) :

- Minggu kedua : Tes Logic, Teori dan SQL (Selama satu hari full, dari jam 8 pagi sampai jam 8 malam, dari pengalaman saya)

- Minggu kelima sampai minggu ketujuh : Tes Mini Project (Dikerjakan selama 2 minggu)

5. Ketika gagal baik itu di Evaluasi satu maupun dua, maka ucapkan salam kepada teman-teman, salam perpisahan karena sudah gugur (eliminasi).

6. Gaji, nah ini yang pasti kalian tanyain kan, jadi bootcamp ini kita tidak bayar tapi malah dibayar dengan syarat harus lolos evaluasi satu, gaji perhari 100rb sesuai kehadiran dan dibayarkan setelah lolos evaluasi satu atau sesuai SOP Perusahaan jika ada perubahan.

7. Niatkan belajar, biaya bootcamp itu mahal, diatas 10 juta, bahkan untuk yang benar-benar trainer bagus & expert itu biaya bootcamp bisa mencapai 20 juta hingga 25 juta lebih.

8. Dipinjamkan laptop selama mengikuti bootcamp jika tidak mempunyai laptop.










# PT XSIS Mitra Utama
# Xsis
# Xsis Mitra Utama
# Xsis Academy
# Bootcamp
# Bootcamp Xsis Academy
# Bootcamp Java
# Bootcamp .Net
# Bootcamp JavaScript
# Xsis Winner


LihatTutupKomentar