Interview Programmer Saat melamar kerja


Berikut ini saya akan berbagi pengalaman saat melamar pekerjaan pada posisi programmer, untuk contoh tes nya sendiri saya sudah buatkan postingan 70 contoh soal tes programmer silahkan di klik link tersebut dan pengalaman tes dan interview di perusahaan IT Consulting.


Ada beberapa perusahaan yang melakukan perekrutan programmer dengan cara tes terlebih dahulu sebelum interview atau wawancara, tetapi ada juga yang interview dulu & nego gaji kemudian baru tes technicalnya.

Jadi saya akan berbagi mengenai interview programmer diluar tes technical :

1. Perkenalan
kamu akan ditanya mengenai biodata diri yang terdapat pada cv kamu, mengenai nama, keluarga, tempat tinggal, alamat domisili asli, kapan lulus (wisuda), dan lainnya.

2. Pengalaman kerja
Kamu akan ditanya mengenai pengalaman kerja dibidang programmer tentunya, menjadi dilema ketika kamu seorang freshgraduate yang belum mempunyai pengalaman apapun didunia kerja (Saya pernah diposisi itu bahkan sampai tulisan ini diposting), sehingga kamu harus tetap menjawab pertanyaan ini dengan baik, misalkan dengan menjawab bahwa kamu pernah magang di perusahaan IT atau perusahaan non IT, pernah bekerja sama membuat program a, b dan c. atau jika kamu benar-benar tidak punya pengalaman magang ya bilang aja dengan jujur sesuai keadaan saat kuliah.

3. SKILL
Ini yang menjadi penentu diterima kerja atau tidak, biasanya perusahaan akan lebih memilih kandidat yang punya skill segudang bahkan kadang tidak masuk akal.

Dibawah ini saya akan tampilkan skill yang perusahaan butuhkan untuk seorang programmer, saya ambil dari portal pencari kerja aplikasi jobstreet :








4. Perkuliahan
Untuk perkuliahan akan ditanya mengenai kesibukan selain belajar dikelas, pernah magang dimana, mata kuliah yang disukai, organisasi yang diikuti, kegiatan sosial yang diikuti juga, dan semua perkuliahan mu yang selama 4 tahun lebih itu harus dijelaskan dalam waktu yang singkat, jadi perbanyak latihan ya.

5. Tentang Perusahaan
Setelah kamu yang banyak bicara, kemudian HRD akan yang gantian banyak ngmong tentang perusahaan, profil perusahaan, industri perusahaan dibidang apa, hingga kamu udah paham mengenai perusahaan tersebut berjalan.

6. Job Desk
Setelah itu kamu akan diberikan informasi mengenai jobdesk atau deskripsi pekerjaan yang akan kamu jalani nanti, ini yang sangat penting karena jika jobdesk nya ada yang tidak kamu sukai akan membuat kamu merasa tertekan dan tidak nyaman saat bekerja nantinya, jadi harus banyak tanya dibagian ini dan pahami tentang deskripsi pekerjaan ini.

7. Gaji
Bagian ini biasanya yang terakhir dan yang paling penting juga, karena menyangkut dengan keberlangsungan hidup kita, haha. kamu akan dijelaskan secara rinci mengenai gaji pokok, tunjangan, uang makan / transport, dan lainnya.

Pastikan negosiasi gaji hingga kedua belah pihak benar-benar puas dan setuju.
Dan selesai itu tadi mengenai interview dengan HRD, berbeda dengan interview user (technical tes), walaupun ada juga yang berpendapat bahwa interview user itu yang kepribadian dan HRD yang tes technical, tapi apapun itu tetap saja kan interview nya ada 2.

Semoga bermanfaat.


LihatTutupKomentar