Daftar Google Adsense dan traffic Iklan tayangan tidak valid


Google adsense ? adakah yang tidak mengenal google adsense yang sekarang sangat banyak digandrungi hampir semua kalangan konten kreator, mulai dari penulis blog, video youtube yang notabene akan mendapatkan penghasilan dari iklan google adsense.

Lalu dari mana kita bisa mendapatkan uang dari google adsense ? apa yang harus kita lakukan untuk mendapatkan uang dari google adsense ?


Pertanyaan pertama akan saya jawab, untuk mendapatkan uang dari google adsense, maka kita harus mendaftarkan akun di google adsense, baik itu situs blog atau channel youtube.

Saya akan berbagi pengalaman mengenai awal mula daftar google adsense, karena saya sudah lama menulis blog tapi nggak ada hasil atau pemasukkan walau untuk peringkat blog sendiri sudah cukup lumayan untuk blog gado-gado yang nggak fokus pada satu niche aja.


Pengalaman Mendaftar Google Adsense, Akhirnya Berhasil.
image from yudhaaps.blog

Nah, tahun lalu (sekitar 2018 awal), waktu itu blog ini peringkatnya masih parah banget kurang lebih 6 jutaan sekian dan tidak memiliki peringkat lokal (indonesia), saya memaksa untuk mendaftarkan ke google adsense, tetapi setelah ditunggu beberapa hari hingga minggu berganti , bulan pun berganti, tidak ada tanda-tanda bahwa google mengkonfirmasi melalui email bahwa google adsense telah diterima, mungkin karna waktu itu visitor kadang ada kadang gak ada, dan jumlah artikel atau postingan juga masih sedikit sekali, mungkin itu juga yang membuat google menolak permintaan google adsense.


dediblog.id
"Peringkat Blog Desember 2019"

Tetapi ada yang kurang, bahwa saat itu hanya tampilan loading "Permintaan masih kami proses, waktu ini membutuhkan beberapa hari hingga minggu", tapi tetep aja hingga berbulan-bulan nggak ada perubahan, dan nggak ada konfirmasi bahwa blog ini belum siap untuk menerima penempatan adsense (iklan dari google).


Dan tepatnya bulan desember akhir ini, saya tiba-tiba muncul kembali hasrat untuk mendaftakan lagi google adsense karena sudah lebih dari setahun, mungkin udah 2 tahun kurang dikit dari saat mendaftarkan google adsense yang pertama dan gagal itu.

Nah, saya daftarnya menggunakan akun gmail lain, yang saya buat dulunya untuk menyimpan data game, sekarang akhirnya kepakai untuk google adsense, karena visitor sekarang stabil 50an, dan untuk total pageview minimal 200-300 an setiap hari, mungkin cukup untuk batas minimal mengajukan pendaftaran google adsense.






Setelah mendaftar, nggak lama cuman sekitar satu atau dua jam, muncul email konfirmasi dari google bahwa situs anda atau blog anda tersebut telah siap untuk menggunakan produk google adsense, saya bahagia walau belum tau apakah akan menghasilkan uang atau nggak tapi setidaknya usaha untuk google adsense selama ini (harus menunggu 2 tahun) terbayar sudah.

Nah, setelah itu saya langsung mengutak-atik konfigurasi atau setelan (pengaturan) untuk memasang iklan agar dapat ditampilkan dihalaman blog, dan di halaman google adsense sendiri sebenarnya sudah cukup jelas dan dapat diikuti oleh orang yang awam dan pertama kali (seperti saya) membuat google adsense.

Banyak code yang perlu disalin dan ditempatkan pada halaman html (tema) untuk ditempatkan dibagian <head></head> dan <body></body>, silahkan searching juga tutorial memasang iklan adsense di blog, baik untuk tata letak sebelah kiri, kanan, tengah, bawah atau atas (dalam artikel) dan bagian sidebar, bahkan disebelah atas (header).



Berapa penghasilan blog saat awal-awal mendaftarkan di google adsense ? 

Nih foto penghasilan berdasarkan laporan hari pertama hingga ketiga :


Gambar diatas itu uangnya seribu ya, bukan sejuta , hahaha.
Ya lumayan lah buat beli permen masih dapet juga. Oh iya untuk pengambilan uangnya (pembayaran google adsense dari google) itu harus mencapai uang Rp. 1.300.000 (1.3 juta).

Dan ini yang membuat saya semakin bersemangat untuk membuat konten, untuk menulis, sesuatu yang bermanfaat yang tujuannya dari awal adalah untuk berbagi, karena saya pernah dan sering merasakan susahnya mencari informasi yang diinginkan, walau sekarang untuk mencari informasi apapun lebih mudah dengan adanya search engine google, yahoo, bing, dan lainnya.

Dan untuk unit iklannya sendiri dari google itu ada beberapa macam, berikut saya bagikan contoh unit iklan yang ditawarkan google untuk ditampailkan pada situs atau blog kita :


Pertanyaan kedua, jadi untuk mendapatkan uang setelah kita mendaftar di google adsense adalah dengan jumlah klik dan tayangan iklan google adsense tersebut.


Jadi, semakin banyak jumlah klik pada iklan (klik dari pengunjung) maka akan semakin banyak juga penghasilan yang akan kita peroleh, dan yang pasti kita tidak boleh berlaku curang dengan cara mengklik iklan kita sendiri, karena itu sangat dilarang oleh pihak google.
Kebanyakan blogger yang menulis konten untuk diposting diblog kemudian terdapat iklan disitusnya dan ingin penghasilan meningkat maka caranya dengan mengklik iklan sendiri, dan ternyata itu dapat dideteksi oleh google dengan keterangan "tayangan dan klik tidak valid" dan "traffic tidak valid".

Apa itu traffic tidak valid ?

Traffic tidak valid itu juga termasuk klik dan tayangan yang dilakukan dengan cara yang tidak semestinya dan itu termasuk klik dan tayangan yang tidak valid, baik dilakukan secara sengaja maupun tidak sengaja.

Traffic yang tidak valid itu ada beberapa macam cakupan, walaupun tidak terbatas jumlahnya :
a. klik atau tayangan yang dilakukan oleh seseorang dengan cara mengklik iklan di situs sendiri (iklan yang aktif).
b. Klik atau tayangan iklan berulang kali (refresh atau reload) oleh satu pengguna atau sedikit pengguna.
c. Tools atau alat untuk klik iklan otomatis, baik itu software atau robot atau alat lainnya yang menipu (di browser).

Nah, setelah tau mengenai traffic tidak valid (klik dan tayangan yang tidak valid) lalu apa akibatnya jika kita sudah terlanjur melakukan hal tersebut ?

Pihak google dapat menangguhkan atau bahkan menonaktifkan akun google adsense nya demi untuk melindungi pengiklan dan penggunanya dari berbagai cara untuk menipu (penipuan).

Jadi, jangan sekali-kali dicoba ya, walaupun saya sendiri pernah coba spam klik iklan sendiri dan saya yakin blogger diluar sana juga pasti pernah mencoba untuk mengklik iklan sendiri agar penghasilan meningkat, tetapi setelah mengetahui akibatnya ya kita harus berhenti dan berusaha untuk membuat konten yang lebih baik lagi dan terus berkarya. Biarkan pengunjung blog yang klik iklannya karena benar-benar berminat dengan iklan yang muncul, bukan kita sendiri yang mengklik iklan tersebut.

Semoga bermanfaat, dan jangan lupa klik iklan di blog saya ya, hehe.

LihatTutupKomentar