Proposal Kegiatan Pemilihan Ketua Osis



Proposal Kegiatan Sekolah Perpisahan Kelas 3 ini adalah sebagian kecil dari banyaknya contoh proposal kegiatan sekolah untuk kegiatan perpisahan kelas 3 disemua jurusan, agar pelepasan atau perpisahan menjadi berkesan maka akan diadakan kegiatan yang akan lebih mempererat persatuan dan kesatuan siswa-siswi SMA Bhakti.

Proposal kegiatan sekolah perpisahan ini dapat diedit dan digunakan untuk proposal kegiatan sekolah perpisahan kalian, menyesuaikan dengan tema kegiatan, anggaran dana maupun sasaran siapa saja yang terlibat dalam kegiatan sekolah perpisahan ini.

Baca juga :

1. Sampul Proposal

ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS)
KEGIATAN PEMILIHAN KETUA OSIS 


TAHUN AJARAN 2020/2021

2. Latar Belakang Kegiatan

Sekolah adalah lembaga untuk para siswa pengajaran siswa/murid di bawah pengawasan guru. Sebagian besar negara memiliki sistem pendidikan formal yang umumnya wajib. Dalam sistem ini, siswa mengalami kemajuan melalui serangkaian kegiatan belajar mengajar di sekolah. Nama-nama untuk sekolah ini bervariasi menurut negara (dibahas pada bagian Daerah di bawah), tetapi umumnya termasuk sekolah dasar untuk anak-anak muda dan sekolah menengah untuk remaja yang telah menyelesaikan pendidikan dasar.

Selain sekolah inti, siswa di negara tertentu juga mungkin memiliki akses dan mengikuti sekolah baik sebelum dan sesudah pendidikan dasar dan menengah. TK atau pra-sekolah menyediakan sekolah bagi anak-anak (biasanya umur 3-5 tahun). Universitas, sekolah kejuruan, perguruan tinggi atau seminari mungkin tersedia setelah sekolah menengah. Sebuah sekolah mungkin juga didedikasikan untuk satu bidang tertentu, seperti sekolah ekonomi atau sekolah tari. Alternatif sekolah dapat menyediakan kurikulum dan metode non-tradisional.

Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) adalah suatu organisasi yang berada di tingkat sekolah di Indonesia yang dimulai dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). OSIS diurus dan dikelola oleh murid-murid yang terpilih untuk menjadi pengurus OSIS. Biasanya organisasi ini memiliki seorang pembimbing dari guru yang dipilih oleh pihak sekolah. Anggota OSIS adalah seluruh siswa yang berada pada satu sekolah tempat OSIS itu berada.

Dalam upaya mengenal, memahami dan mengelola OSIS perlu kejelasan mengenai Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Struktur OSIS. Dengan mengetahui pengertian, tujuan,fungsi, dan struktur yang jelas, maka akan membantu Pembina peengurus dan perwakilan kelas untuk mendayagunakan OSIS ini sesuai dengan fungsi dan tujuannya.

Kegiatan pemilihan ketua osis adalah kegiatan tahunan yang wajib untuk dilaksanakan guna pembaruan dan peningkatan kegiatan di osis itu sendiri, baik itu nanti periode berikutnya yang terpilih adalah ketua osis sebelumnya atau ketua osis baru, yang paling penting adalah adanya pembaruan didalam anggota osis itu sendiri, selain sebagai lembaga organisasi induk dari sekolah , osis juga merupakan organisasi yang menjadi panutan bagi siswa-siswi di sekolah setiap harinya. Demi kelancaran dan berjalannya segala kegiatan disekolah, maka dari itu diadakanlah kegiatan pemilhan ketua osis yang setiap sekolah berbeda-beda calon ketua osisnya, ada yang cuma 2 calon, ada yang lebih dari 3 calon, semua itu tergantung dari kebijakan dari penyelenggara pemilihan ketua osis itu sendiri.

Pada kegiatan pemilihan ketua osis ini tidak dapat berjalan sendiri tanpa adanya keterlibatan dari semua pihak, baik itu pihak teman-teman siswa, para guru, sekolah maupun pihak lain yang ingin berpartisipasi dalam kelancaran kegiatan pemilhan ketua osis ini. Maka dari itu kami buat proposal kegiatan pemilihan ketua osis untuk pengajuan kegiatan dan dana demi kelangsungan kegiatan yang akan dilaksanakan satu bulan kedepan.


3. Nama Kegiatan

Kegiatan Pemilihan Ketua OSIS Pada SMA Bhakti.


4. Tema Kegiatan

Tema yang diangkat pada kegiatan pemilihan ketua osis ini adalah "Menjadi pemimpin yang adil dan ikhlas".

5. Tujuan Kegiatan

Tujuan dari kegiatan pemilihan ketua osis ini adalah untuk mencari ketua osis dan mempererat persatuan dan kesatuan siswa di SMA Bhakti, karena dengan diadakan kegiatan pemilihan ketua osis ini diharapkan menjadi patokan seberapa membutuhkannya siswa terhadap pemimpin dan panutan di SMA.

6. Jenis Kegiatan

Jenis kegiatan ini adalah kegiatan sekolah yang dibawahi oleh organisasi siswa intra sekolah (osis)

7. Sarana Promosi

Untuk sarana promosi sendiri kami akan memberikan ruang bagi pemberi dana untuk menempatkan dibeberapa bagian yang kami siapkan untuk mempromosikan (iklan) usaha atau yang ingin dipromosikan.

Adapun tempatnya adalah :
  • MMT (Banner) : Kami akan menempatkan iklan dari pemberi dana dibagian atas dan bawah pada MMT kegiatan yang kami buat, dan ini adalah bagian paling strategis untuk pemasaran.
  • PIN , kami akan membuat aksesoris berupa pin yang akan kami berikan pada anggota osis lama maupun anggota osis baru, yang ada bagian kosong akan kami berikan iklan promosi dari pemberi dana.
  • Stiker, kami juga akan membuat stiker kegiatan pemilihan ketua osis yang kami bagikan untuk tiap kelas dan setiap ketua kelas maupun untuk anggota osis yang baru.



8. Estimasi Anggaran

Estimasi anggaran dibawah ini merupakan gambaran dilaksanakan kegiatan pemilihan ketua osis, sehingga dapat dijadikan acuan apa saja perlengkapan yang akan dibeli, anggaran dana yang sekiranya sudah mewakili perlengkapan dan perlengkapan selama acara berlangsung.

Pemasukkan :

  • Dana dari Sekolah = Rp. 2.200.000
  • Dana dari Sponsor - Rp. 2.000.000
Total = Rp. 4.200.000

Pengeluaran :

  • Penyusunan Proposal = Rp. 50.000
  • Surat Suara 1000 lbr = Rp. 200.000
  • Banner = Rp. 200.000
  • ATK = Rp. 200.000
  • Peralatan = Rp. 300.000
  • Air Mineral = Rp. 200.000
  • Konsumsi = Rp. 2000.000,-
  • Dokumentasi = Rp. 100.000
  • Dana tak terduga = Rp. 200.000
  • Transport Panitia 15 x 50.000 = Rp. 750.000
Total = Rp. 4.200.000

9. Penutup

Demikian proposal kegiatan pemilihan ketua osis ini kami buat dengan sebaik-baiknya, dan dengan harapan bagi penerima proposal ini untuk dapat berpartisipasi dalam kegiatan besar tahunan yakni kegiatan pemilihan ketua osis, sehingga diharapkan memang nantinya kegiatan pemilihan ketua osis ini dapat berjalan dengan baik dan kami mendapatkan hasil ketua osis maupun anggota osis yang amanah dan menjalankan tugas-tugas kedepannya dengan baik.

10. Susunan Kepanitiaan

  1. Penanggung Jawab : Dedi
  2. Penasehat : Doni
  3. Pembina : Dede
  4. Ketua Kegiatan : Didi
  5. Wakil Ketua Kegiatan : Dono
  6. Sekretaris : Diki
  7. Koordinator Pendaftaran : Desi
  8. Koordinator Kampanye : Danang                   
  9. Koordinator Pemungutan Suara : Dino



Penanggung Jawab





Dedi

Ketua Kegiatan                                                                                                       Sekretaris




         Didi                                                                                                                        Diki


Kepala SMA Bhakti




Dr. Dana, S.Pd