Proposal Adalah


Proposal sangat penting dilakukan sebelum mengadakan suatu kegiatan, acara maupun usaha / bisnis, tetapi sebelum mengetahui contoh proposal, alangkah lebih baik kita mengetahui apa pengertian dari proposal itu sendiri.

Pengertian Proposal 

Pengertian proposal, pernah dengan kata proposal ? Apa yang dimaksud dengan proposal ? Proposal adalah suatu rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kegiatan dalam bentuk tulisan dan dijelaskan secara sistematis dan terperinci. Proposal umumnya dijadikan pedoman kerja atau acuan dalam pelaksanaan kegiatan yang direncanakan.

Proposal secara bahasa berasal dari bahasa Inggris, yaitu Propose yang artinya permohonan atau pengajuan sesuatu. Suatu pihak baik perorangan atau perusahaan memberikan proposal (pengajuan) untuk menawarkan ide, gagasan, atau rencana kepada pihak lain agar mendapatkan dukungan. Dukungan tersebut dapat berupa ijin, persetujuan, dana, dan lain-lain.
Pengertian proposal menurut Menurut Hasnun Anwar, proposal adalah suatu rencana yang disusun untuk kegiatan tertentu.
Pengertian proposal Menurut Jay,  proposal adalah suatu alat bantu manajemen standar agar manajemen organisasi dapat berfungsi secara efektif dan efisien.
Pengertian proposal Menurut KBBI, proposal adalah suatu rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja, perencanaan secara sistematis, matang dan teliti yang dibuah oleh peneliti sebelum melaksanakan penelitian, baik penelitian di lapangan (field research) maupun penelitian di perpustakaan (library research).



Pengertian Proposal Kegiatan

Proposal kegiatan sering digunakan untuk memulai suatu kegiatan terutama yang melibatkan banyak orang tidak hanya satu atau dua orang saja, Proposal jenis ini sering digunakan di lingkungan masyarakat, karena merupakan proposal untuk mengajukan suatu rencana kegiatan baik itu kegiatan individu maupun perorangan. Misalnya seperti proposal mengadakan perayaan, perlombaan dll.
Proposal kegiatan Ini merupakan proposal untuk melakukan suatu kegiatan. Isi proposal kegiatan adalah pengajuan rencana kegiatan, baik yang sifatnya individu maupun kelompok, misalnya pentas seni dan budaya.

Proposal kegiatan ini sekaligus untuk pengajuan permohonan dana dari pihak tertentu. Dan sebagai kompensasi, penyelenggaran kegiatan akan menawarkan sesuatu yang bermanfaat bagi donatur, misalnya space iklan.


Pengertian Proposal Terlengkap
Image from pengajar

Pengertian Proposal Penelitian

Proposal penelitian merupakan proposal yang sering digunakan pada bidang akademisi seperti penelitian untuk tugas akhir, tesis dan lain-lain. Biasanya proposal penelitian ini digunakan untuk mengajukan suatu kegiatan penelitian yang akan dilakukan.

Proposal penelitian  ini adalah jenis proposal yang umumnya digunakan pada bidang akademisi. Contohnya proposal penelitian untuk membuat skripsi, proposal penelitian untuk membuat tesis, dan lainnya. Proposal ini dibuat sebagai pengajuan kegiatan penelitian.

Pengertian Proposal Usaha / Bisnis

Proposal usaha atau proposal bisnis merupakan proposal yang ada kaitannya dengan dunia bisnis atau usaha, bisa juga yang berhubungan dengan bisnis kelompok ataupun perseorangan. Contohnya seperti proposal usaha dalam pendirian badan usaha, proposal usaha dalam membuat tempat usaha dll.


Proposal usaha atau proposal bisnis adalah proposal yang berhubungan dengan dunia bisnis, baik perseorangan maupun kelompok. Contoh dari proposal usaha adalah proposal pendirian suatu usaha, proposal kerjasama antar perusahaan, dan lain-lain.

Pengertian Proposal Sekolah 

Proposal sekolah merupakan proposal yang ada kaitannya dengan kegiatan didunia sekolah baik sekolah dasar, sekolah menengah sampai sekolah menengah atas bahkan hingga proposal perguruan tinggi. Contohnya seperti proposal pengadaan kegiatan disekolah, proposal seminar di sekolah, proposal workshop di sekolah, dan lain-lain.

Pengertian Proposal Skripsi




Proposal skripsi merupakan proposal yang ada kaitannya dengan pembuatan skripsi, sebelum mengerjakan skripsi maka kita diharuskan untuk membuat proposal skripsi kemudian diseminarkan, setelah lulus proposal skripsi maka dapat langsung dilanjutkan mengerjakan skripsi. Contohnya ya jelas proposal skripsi sistem informasi perpustakaan, dan lain-lain.

Pengertian Proposal Proyek (Pekerjaan)

Proposal proyek merupakan proposal yang ada kaitannya dengan dunia pekerjaan, umumnya berisi serangkaian rencana-rencana dalam usaha atau komersil. Contohnya seperti proposal proyek pembangunan suatu kantor, proposal proyek pembangunan jalan, proposal proyek penambahan luas bangunan, dan lain-lain.
Proposal proyek ini umumnya dipakai pada dunia bisnis dimana isi proposal tersebut tentang rangkaian rencana kegiatan. Contohnya adalah proposal suatu proyek pembangunan.


Syarat-syarat menyusun proposal

- Tujuan pembuatan proposal harus jelas
- Struktur pembuatan proposal harus  jelas dan mudah di mengerti.
- Hasil dari kegiatan tersebut jelas dan memberikan dampak positif.
- Rumusan jenis kegiatan yang dilakukan harus di tulis secara jelas dan detail serta harus benar-benar dapat dikerjakan.

- Jika ada anggaran dana yang di perlukan, maka anggaran dana yang di perlukan harus realistis dengan kegiatan tersebut.
- Penulisan anggaran dana harus jelas tanpa ada kelebihan dana, jika terdapat kelebihan dari dana yang diminta maka harus dimasukkan ke pengeluaran lain-lain (darurat).
- Sasaran kegiatan juga harus jelas, sehingga pengajuan proposal mempunyai sasaran yang jelas.

Fungsi Proposal

1. Di bidang penelitian umum, proposal berfungsi sebagai dasar untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan sosial, budaya, agama, ekonomi, dan bidang lainnya.
2. Di bidang usaha atau bisnis, proposal berfungsi sebagai gambaran dan proyeksi dalam mendirikan suatu usaha.
3. Proposal berfungsi untuk memberikan informasi mendetail tentang suatu kegiatan ketika mengajukan dana untuk pelaksanaan kegiatan, misalnya perayaan, seminar, pelatihan, dan lain-lain.
4. Dalam suatu proyek, proposal berfungsi sebagai dasar melakukan tender, baik dari 5. lembaga pemerintah maupun swasta.
5. Untuk melakukan penelitian yang ada kaitannya dengan sosial, budaya, ekonomi dll.
6. Dapat digunakan untuk mengajukan mendirikan suatu usaha.
7. Dapat digunakan juga untuk mengajukan tender dari berbagai macam lembaga.
8. Dapat digunakan untuk mengadakan acara-acara kegiatan misalnya seperti acara perayaan, seminar, pelatihan, perlombaan dll.

Jenis-jenis Proposal

Jenis proposal ada beberapa jenis, diantaranya :
  1. Proposal Kegiatan
  2. Proposal Penelitian
  3. Proposal Usaha / bisnis
  4. Proposal Sekolah
  5. Proposal Skripsi
  6. Proposal Proyek
Diatas sudah saya jelaskan pengertian dari beberapa jenis proposal tersebut.


Baca Juga :
- Contoh proposal penelitian