Apa Itu Water Cannon


Apa Itu WaterCannon

Watercannon mulai banyak diperbincangkan saat ini, terutama saat adanya demo mahasiswa didepan kantor pusat Gedung DPR.

Watercannon menurut meriam-webster adalah nosel besar yang dipasang di truk untuk mengarahkan aliran air bertekanan tinggi (seperti pada kerumunan perusuh atau demonstran)
image from cnnindonesia

Water cannon atau meriam air adalah alat yang digunakan pertama kali untuk memadamkan kebakaran. Pada abad ke-18 di Amerika Serikat, water cannon dipasang di kapal pemadam untuk memadamkan kebakaran yang terjadi di dekat permukaan air ataupun pada daerah terdekat kapal.

Water Cannon yang dipasang di truk dan digunakan untuk mengendalikan massa atau demonstran pertama kali yaitu digunakan oleh jerman pada awal tahun 1930-an.

image from machinedesign
Water cannon memang menggunakan air yang disemprotkan dalam kecepatan tinggi untuk mengendalikan massa. Tapi dalam perkembangannya, air yang digunakan water cannon pernah ditambah dengan material tertentu seperti pewarna dan water cannon listrik.

Jadi kesimpulannya water cannon adalah alat untuk menyemprotkan air dengan kecepatan tinggi, baik itu untuk memadamkan api atau untuk menembakkan ke demonstran.

Sekian semoga bermanfaat.