5 Tips Menulis Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa



Tips Menulis Karya Ilmiah Bagi Mahasiswa

Berikut saya akan membagikan tulisan mengenai karya tulis ilmiah bagi mahasiswa, dulu saat saya semester 2 , saya mengikuti lomba Karya Tulis Ilmiah, kurang lebih diberikan waktu selama 3 mingguan-sebulan, walaupun saya tidak lolos dikti dan tidak dapat melanjutkan karya saya, saya tetap akan menulis ini sebagai tips dan agar ilmunya tidak hilang sia-sia.


Apa saja tips menulis karya ilmiah bagi mahasiswa :

1. Kuasai Topik Tertentu (Satu saja)

Metode yang paling sering saya gunakan adalah metode ATM (Amati, Tiru, Modifikasi), itu adalah metodologi yang paling tepat dalam belajar. Pada langkah 1 kita akan melakukan proses amati. Mulailah dengan memilih 1 topik yang kita senangi. Pelajari dan kuasai topik tersebut secara mandiri dan lakukan diskusi dengan teman. Karena kita tidak bisa berharap banyak dari 15 kali tatap muka di kelas. Untuk menulis 1 halaman karya ilmiah setidaknya kita membutuhkan 10 karya ilmiah terdahulu.


2. Tulis Ulang Bukan Copy-Paste

Ini yang penting, dan harus menjadi perhatian.
Bagi saya langkah ke-2 ini adalah proses yang terdengar sepele tetapi sangat penting. Karena pada tahap ini kita melakukan proses tiru dan modifikasi dari karya ilmiah penelitian orang lain. Sangat Saya tekankan dalam menulis jangan pernah melakukan “copy-paste” tapi lakukan “tulis ulang”. Dengan menulis kita akan mencoba untuk memahami apa yang kita tulis, tetapi dengan copy paste ya kita hanya mendapatkan hasil copas saja.


3. Mulai Segera Menulis

Memulai, adalah hal yang paling sulit , tidak berbeda dengan saat mulai menulis karya tulis ilmiah, itu adalah proses yang paling sulit. Dan itu yang Saya coba lakukan, poin pentingnya adalah jangan mengharapkan sekali tulis akan dapat tulisan yang baik. Kita hanya perlu menulisnya, kita akan membaca tulisan kita sendiri berulang-ulang dan memperbaikinya berulang-ulang juga. Nikmati prosesnya maka kita akan mendapatkan tulisan yang baik.Terkadang sejak awal membuka lebar kerja kita sudah bingung apa yang akan ditulis. Tetapi Dosen Saya pernah menyampaikan, "saat anda menulis pokoknya tulis saja, tulis, tidak perduli seperti apa tulisannya pokoknya tulis saja". 


4. Minta Pendapat Dengan Dosen

Dosen akan senang hati jika kita mau belajar lebih, apalagi hal-hal yang dosen itu expert dibidangnya, misalkan saya dijurusan ilmu komputer, kemudian saya mengambil judul mengenai sistem terbaru dan unik, saya minta pendapat mengenai ide saya ke dosen ilmu komputer saya , maka itu sangat baik, terlebih jika dosen tersebut mampu memberikan lebih banyak gambaran dan pencerahan mengenai karya tulis ilmiah yang ingin kita ajukan.


5. Temui alumni

Maksudnya alumni disini adalah alumni dari kampus kamu yang pernah juga mengikuti karya tulis ilmiah, nah dengan itu kita akan lebih mudah dalam mengerjakan dan akan mendapatkan masukkan yang berkualitas dari sang senior.
.
.
“Menulislah agar orang di masa akan datang tahu bahwa kau pernah hidup di masa lalu” Ustadz Abdul Somad


Demikian semoga bermanfaat.






Kata kunci :

  • Tips Menulis Karya Ilmiah Bagi Mahasiswa
  • Tips Menulis Karya Ilmiah
  • Tips Menulis
  • Tips Menulis Bagi Mahasiswa