15 Tips Agar Tidak Mabuk Saat Naik Bus


15 Tips Agar Tidak Mabuk Saat Naik Bus

15 Tips Agar Tidak Mabuk Saat Naik Bus
image from kompasiana.com
Tidak dapat dipungkiri bahwa mabuk saat naik bus atau saat sedang melakukan perjalanan jarak jauh itu sangat menyebalkan, begitupun dengan saya saat masih kecil juga sangat mudah mabuk saat naik bus, sayapun sering menolak ketika ada ajakan untuk piknik atau bepergian keluarga dalam jarak yang cukup jauh karena takut akan mabuk.

Mabuk saat naik bus pun juga malu, seperti aib yang seharusnya kita tutupi, kalau mabuk kita tidak bisa menutupi, bisanya ya hanya kekamar mandi, itupun jika busnya memiliki fasilitas kamar mandi, atau saat kamar mandi bus dalam keadaan kosong, bagaimana jika kamar mandi bus tersebut dalam keadaan penuh bahkan antrean panjang, pasti mau tidak mau ya harus dikeluarkan diplastik yang disediakan dan dibangku kamu duduk yang disebelahmu bisa saja orang lain yang tidak kamu kenal.

Dibawah ini saya bagikan tips agar tidak mabuk saat naik bus, ya walaupun sekarang saya lebih suka naik kereta dari pada naik bus.

1. Tidur yang cukup

Hari sebelumnya diharapkan memang kamu tidak dalam waktu yang cukup, jangan sampai kurang karena akan memiliki efek yang kurang bagus untuk tubuh kamu, dan bisa menyebabkan sakit karna kurang tidur dimalam-malam sebelumnya.

Tidurlah 6 sampai 8 jam dimalam sebelumnya, agar fresh saat perjalanan esok hari dan tubuhpun akan lebih sehat daripada saat kekurangan jam tidur.


2. Cari udara segar

Bus ada beberapa kategori, ada yang tidak ber ac dan ada yang ber ac, untuk yang tidak ber ac biasanya kategori ekonomi dan untuk perjalanan singkat antar kecamatan yang biasanya memakan paling lama waktu 2 jam.

Sedangkan untuk bus yang ber ac selain busway biasanya memang untuk perjalanan yang tergolong memakan waktu cukup jauh sekitar diatas 6 jam, banyak dari golongan orang yang mabuk saat naik bus itu merasakan mual karena tidak cocok dengan ac yang ada di bus tersebut, entah karena terlalu dingin atau karena bau parfum sehingga menyebabkan mual bertambah.

Solusinya adalah dengan kamu keluar bus saat istirahat dirumah makan, selain istirahat diluar bus juga kamu manfaatkan untuk bernapas dengan lega diluar bus tanpa hadirnya ac yang menyengat. atau dengan cara kamu pergi ke kamar mandi untuk cuci muka sekaligus berkumur dan menghirup air bersih melalui hidung kemudian dikeluarkan perlahan agar dapat bernafas kembali dengan lega.

3. Wajib makan (Perut jangan kondisi kosong)

Ini tips juga sangat penting, saat perut kosong maka asam lambung akan naik, yang akan menyebabkan kita pusing terutama saat melewati jalan berlubang atau jalan yang tidak rata, makanlah sebelum berangkat perjalanan minimal agar perut tidak kosong.

4. Banyak minum dan makan (camilan ringan)

Setelah perut tidak dalam keadaan kosong, juga penting untuk kamu membawa makanan ringan (camilan) saat perjalanan seperti snack, keripik, permen, yang membuat perut kita juga tetap terisi dan fresh selama perjalanan.

Terutama saat perjalanan yang ditempuh cukup jauh, menyebabkan perut kita juga akan lapar nantinya, sehingga makanan ringan cukup membantu untuk sekedar mencegah perutmu kosong selama perjalanan.

5. Pilih posisi tempat duduk depan atau tengah

Pilihlah posisi tempat duduk bagian depan samping pengemudi jika memungkinkan, jika tidak memungkinkan maka pilihlah tempat duduk dibagian tengah tepat dibelakang bangku paling depan, karena akan mengurangi atau meminimalisir goncangan yang terjadi.

Jangan sesekali duduk dibagian belakang terutama diatas roda belakang, karena akan sangat terasa goncangan terutama saat melewati jalan yang tidak merata, sehingga akan menyebabkan perut mual dan akhirnya ya mabuk donk.

6. Kontrol situasi

Kontrol situasi saat berada didalam bus, kalau misalkan ada temen ngobrol sedangkan kamu ingin tidur ya mending tidur aja, beri pengertian ke teman kamu kalau kamu ngantuk dan mau tidur, karena ada beberapa orang yang jika dalam perjalanan terlalu banyak ngobrol dengan teman duduk sebelah dapat menyebabkan mual dan mengakibatkan mabuk perjalanan.

7. Tidak perlu mengkonsumsi obat anti mabuk

Jangan dulu mengkonsumsi obat anti mabuk jika perlu, ikuti dulu tips ini selain minum obat anti mabuk, karena obat anti mabuk sebenarnya hanya akan menyebabkan kantuk yang berkepanjangan yang malah membuat kamu tidak menikmati perjalanan.

8. Atur mindset

Hindari mindset atau fikiran-fikiran bahwa kamu nanti akan mabuk, biasanya ini terjadi pada seseorang yang sering mabuk perjalanan, dengan mindset pasti akan mabuk inilah yang nantinya menyebabkan mabuk perjalanan beneran.

9. Duduk samping jendela

Duduk disamping jendela jika memungkinkan jendelanya dibuka, tetapi jika busnya ber ac ya ini tips tidak bisa dipake, jika bus yang tipe ekonomi atau yang dapat dibuka jendelanya ya lebih bagus duduk disamping jendela karena akan mendapatkan udara segar dari luar.

10. Konsumsi permen jahe

Konsumsi permen jahe juga dapat meredakan mual dan pusing, jahe juga dapat membuat tubuh kita menjadi lebih hangat dan mengurangi pusing saat perjalanan, coba beli di indo*mart atau alfa*mart terdekat karena banyak disediakan permen-permen jahe, dan ini saya rasa juga sangat manjur dan dapat mengurangi efek mual dalam perjalanan.

11. Hindari membaca buku atau menatap layar hp

Biasanya diperjalanan sering menatap layar smartphone dalam jangka waktu yang terlalu lama, ini sebenarnya dapat mengakibatkan kita hilang konsentrasi dan mudah mual jika sudah beberapa lama didalam bus saat perjalanan, maka hindari berlama2 menatap layar hp.

12. Bawa minyak angin atau freshcare

Minyak angin memberikan efek hangat dalam tubuh atau freshcare yang juga menyegarkan tubuh yang lagi lesu jika dalam perjalanan, oleskan minyak angin atau freshcare didaerah leher dan pusar atau perut agar lebih hangat dan segar tentu saja.

13. Tidur saat perjalanan

Tidur saat perjalanan juga saya rekomendasikan untuk mengurangi bahkan mencegah mabuk dalam perjalanan, kenapa ? karena saat kita tidur itu akan melupakan saat-saat dimana kita pusing dan mual, saat bangun tidur pun biasanya akan lebih segar dan seperti awal naik bus lagi.

Tidur yang saya rekomendasikan itu adalah tidur karena diri sendiri pengen tidur, bukan karena efek obat karena hasilnya pun akan berbeda.

14. Minum obat anti mabuk

Ini tips ke 14, ibarat tips terakhir sebelum konsultasi ke dokter adalah ya minum obat anti mabuk, ketika tips 13 diatas tidak mempan dan masih tetap mabuk juga ya minum aja obat anti mabuk, tapi tetap menggunakan resep dokter ya agar tidak overdosis.

Bahkan ada beberapa orang yang meminum obat anti mabuk pun masih tetap mabuk perjalanan, walaupun bisa menahan sedikit lebih lama dibandingkan dengan saat tidak meminum obat anti mabuk, lalu bagaimana jika minum obat anti mabuk masih tetap mabuk juga ? tips ke 15 akan jadi solusinya.

15. Terakhir, konsultasikan ke dokter

Untuk tips yang terakhir dari saya, walaupun saya sendiri belum pernah konsultasi ke dokter hanya untuk konsultasi masalah mabuk perjalanan (walau tidak bisa dipandang masalah yang remeh). Tapi buat kamu yang sampai dewasa dan sudah menerapkan 14 tips diatas dan masih mengalami mabuk saat naik bus dan kendaraan lain silahkan untuk konsultasi ke dokter, karena dokter adalah orang yang ahli dibidang kesehatan, semoga segera disembuhkan mabuk perjalanannya.

Jangan lupa berdo'a juga kepada allah swt, karena allah lah penyembuh segala jenis penyakit (mabuk pun termasuk penyakit yang susah disembuhkan).

Semoga bermanfaat.