Tips Menghadapi Eror Saat Ngoding


Ngoding dan eror adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan, semua programmer baik pemula maupun yang sudah expert pun pasti mengalami eror saat ngoding membuat project.


Sumber : medium.com

Nah ada tipsnya nih saat menghadapi eror waktu ngoding, simak tipsnya dibawah ini :

1. Persiapkan mental.
Karena setiap programmer, baik yang baru belajar programing maupun yang sudah expert pasti mengalami eror. karena eror adalah bagian dari programing, jadi ketika mental sudah dipersiapkan dengan baik, maka ngoding akan lebih nyaman dan enak. 

Dan jangan panik - putus asa ketika ada eror di codingan kita, misalkan saat dikelas pelajaran programming codingan kita eror padahal punya teman kita nggak eror itu biasanya bikin putus asa dan males buat ngelanjutin karna merasa script codingan kita udah bener.

Yakin kalo kita bisa menyelesaikan eror yang terjadi.

2. Selalu baca pesan eror yang muncul.
Ini yang penting ! selalu baca pesan eror yang muncul, pada umumnya tipe eror itu ada 3, : sintax eror, semantik eror dan logical eror. Baca pesan kesalahan dan coba selesaikan ya.

3. Googling pesan kesalahan (eror) tersebut
Kalau misalkan nomer 2 diatas belum bisa menyelesaikan, pake tips googling, google itu serba tau bro. Copy aja pesan kesalahan trus paste di google, trus cari jawaban yang muncul, nanti kalian akan diarahkan ke stackoverflow, blog, tutorial, dll.

Dan yakinlah pasti orang lain yang pernah mengalami eror yang sama dan pasti udah ada jawabannya.

4. Cek konfigurasi, software pendukung.
Kalau kalian udah yakin tidak ada script yang berbeda, cek dulu konfigurasi dan versi php berapa. atau misalkan bootstrap versi 3 berbeda class nya dengan bootstrap versi 4, begitu juga dengan php dengan xampp nya.

5. Bertanya ke orang lain
Usaha dulu, kalau misalkan stuck tidak bisa melanjutkan, bisa bertanya ke orang lain, bisa ke dosen, programmer di komunitas, atau ke online misalkan forum, blog, youtube, dll
Sekian tips menghadapi eror saat ngoding, semoga bermanfaat dan terus konsisten ngoding setiap hari.

(Sumber pak dosen sandika galih {unpas});